Inilah Beberapa Obat dan Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh untuk Anak

by - 3:14 PM

Memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan membantu kita untuk melawan penyebab penyakit sehingga tak mudah menghinggapi. Obat dan makanan menjadi hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun terutama untuk anak. Obat-obatan yang dimaksudkan disini adalah vitamin dan mineral yang banyak dibutuhkan terutama saat berada dalam keadaan sakit atau setelah sakit. Misalnya, saat Anda selesai melakukan perawatan medis namun tubuh belum fit secara sempurna seperti merasakan mual muntah setelah operasi, pemberian buah, sayur hingga vitamin dan zat besi akan membantu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh cepat kembali bugar.


Buah dan sayuran adalah makanan yang dikenal kaya akan vitamin serta mineral yang baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Konsumsi buah dan sayur yang dikombinasikan dengan lauk pauk bergizi lengkap dan seimbang akan mempercepat peningkatan daya tahan. Selain itu jika masih memerlukan bantuan suplemen dari luar, maka Anda bisa memberikan pada si kecil tablet multivitamin ataupun tablet zat besi sesuai dengan kebutuhan gizi yang ia butuhkan.

Salah satu ciri tubuh mengalami penurunan daya tahan adalah anak mudah terserang pilek hingga mengalami hidung tersumbat. Untuk pilek, jangan buru-buru memberinya obat karena Anda bisa mencoba meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan makanan, vitamin dan istirahat cukup. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda berikan ketika si kecil mulai terserang pilek :
  • Teh hangat dicampur madu.
  • Madu murni 2 hingga 3 sendok setiap hari.
  • Minuman jahe.
  • Sayuran hijau.
  • Buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan E.
  • Melakukan aktifitas pagi di bawah sinar matahari langsung



Sedangkan untuk obat hidung tersumbat yang aman untuk anak, Anda bisa memberikan si kecil air hangat dan memintanya untuk mencium uap air. Memberikannya stick dekongestan juga bisa dilakukan agar lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Jangan lupa lindungi anak Anda dari pengaruh cuaca buruk seperti kehujanan, kedinginan dan terlalu lama main air agar suhu tubuh anak tidak naik turun secara drastis.

You May Also Like

0 komentar

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)