NYU Creme Hair Colour - Cara Mewarnai Rambut Sendiri yang Menyenangkan

by - 5:08 AM

Dari dulu, aku punya keinginan buat mewarnai rambut dengan warna selain hitam tentunya. Cuma enggak jadi-jadi karena anaknya pemalu. Malas rasanya harus dikomentarin blablabla sama orang-orang di sekitar. Makanya, saat memutuskan untuk berkerudung, keinginan buat mewarnai rambut meningkat dua kali lipat. Soalnya enggak ada yang tahu kan kalau aku mewarnai rambut kecuali orang rumah. Nah, supaya lebih hemat, aku nekad mewarnai rambut sendiri di rumah pakai NYU Haircolor.


Kenapa sih milihnya NYU Haircolor. Karena NYU Haircolor ini cat rambut murah. Cocok di kantong aku. Harganya berkisar di antara sebelas sampai dua puluh delapan ribu rupiah aja. Tergantung warna yang dipilih dan di mana tempat belinya. Bisa secara offline kayak di minimarket atau online di official storenya yang ada di e-commerce macam Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dan JD.id. Pssst, di salah satu e-commerce ada yang lagi promo beli dua harganya sama kayak beli satu. Gih kepoin.

Eits, walaupun murah, tapi dia termasuk cat rambut berkualitas karena bebas ammonia. Seriusan aku itu emang sengaja mencari pewarna rambut bebas ammonia. Jadi, alih-alih berbau menyengat dan bisa merusak rambut, NYU Haircolor ini justru aromanya enak lho gengs. Aroma buah-buahan gitu, menyegarkan. Soalnya diperkaya super fruits extracts dari apel, kiwi dan stroberi yang melindungi juga saat proses pewarnaan.

Dan, NYU Haircolor ini ternyata cukup banyak variannya. Ada enam totalnya. Aku sampai galau mau pilih warna yang mana. Tapi akhirnya menjatuhkan pilihan sama NYU Creme Hair Colour yang Blue Black 1.10. Tolong jangan ditertawakan ya gengs. Karena ternyata aku belum terlalu berani keluar dari zona rambut hitam. Makanya kupilih Blue Black karena klaimnya shiny black indoor dan elegant blue black outdoor. Menarik dong ada birunya.

Dari segi kemasan kartonnya ini, aku langsung jatuh cinta gitu deh sama NYU Haircolor ini, benar-benar menampilkan cat rambut yang bagus. Perpaduan warnanya juga enak dilihat. Biru dongker sama biru tosca kalau enggak salah lihat. Di bagian belakang kemasan ada tata cara penggunaan produk, komposisi, tiga nomor BPOM, peringatan, dan tanggal produksi juga tanggal kadaluwarsa.

Petunjuk keamanan : 1. Ikuti petunjuk penggunaan yang terdapat pada leaflet di dalam kemasan. 2. Penggunaan tato temporari "henna hitam" dapat meningkatkan resiko alergi, jangan mewarnakan rambut jika : terdapat ruam pada muka anda atau kulit kepala sensitif, terdapat iritasi atau luka. Jika anda pernah mengalami reaksi alergi setelah pewarnaan rambut sebelumnya. Jika pernah mengalami reaksi alergi terhadap "tato henna" sebelumnya. 3. Gunakan sarung tangan sebelum pewarnaan rambut. 4. Bilas rambut setelah pewarnaan hingga bersih. 5. Jauhkan dari jangkauan anak. 6. Disimpan/hindari sinar matahari langsung dan panas. 7. Tidak boleh dikonsumsi.
Setelah kemasan cantiknya dibuka, ku makin terkesima deh sama NYU Haircolor ini. Soalnya, isi di dalamnya bisa dibilang hampir lengkap. Ada leaflet atau petunjuk penggunaan. Terus ada developer 30 ml dan colour 30 gram. Jadi enggak perlu ditakar lagi. Tinggal dicampur aja nantinya. Terus ada vitaminnya juga dong 1 ml sama sarung tangan plastik. Seriusan ada sepasang sarung tangan plastik dan vitamin membuatku sungguh berbahagia. Sayangnya sih belum ada sisir aplikatornya.

Ingredients : COLOURANT (Type 3) : Aqua (Water), Cetearyl Alcohol, Ethanolamine, Ceteareth-20, Toluene-2,5-Diamine Sulphate, Paraffinum Liquidum, 2,4-Diaminophenoxyethanol HCI, Fragrance, Resorcinol, Ascorbic Acid, Polyquaternium-37, Sodium Sulphite, PEG-12 Dimethicone, m-Aminophenol, Disodium EDTA, N,N-Bis(2-Hydroxyethyl)-p-Phenylenediamine Sulphate, Phenyl Methyl Pyrazolone, PPG-1 Tridetech-6, Hydrolyzed Keratin, Strawberry (Fragaria vesca) Fruit Extract, Apple (Pyrus malus) Fruit Extract, Kiwi (Actindia chinensi) Fruit Extract. DEVELOPER : Aqua (Water), Hydrogen Peroxide, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Sodium Pyrophosphate, Disodium EDTA, Phosphoric Acid, Sodium Lauryl Sulphate, Sodium Stannate. HAIR VITAMIN : Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Dimethiconol, Phenyltrimethicone, Tocopheryl Acetate, Avocado (Persea gratissima) Oil, Jojoba (Simmondsia chinensis) Oil, Argan (Argania spinosa) Oil, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Parfum

Nah, meskipun kamu eh aku aja deh pernah melakukan pewarnaan rambut sebelumnya, tapi amat disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Bisa di area dalam lengan atau kulit di bagian belakang telinga. Oleskan sedikit campuran developer dan colour ke bagian kulit tersebut. Kira-kira sebesar bulatan kelereng kecil. Tapi pastikan dibersihkan terlebih dahulu pakai sabun atau alkohol dan kulitnya udah dikeringkan ya gengs sebelum dioles. Tunggu hingga dua hari dua malam (48 jam). Kalau enggak muncul reaksi gatal, kemerahan, panas dan bengkak di area tersebut, berarti produknya aman buat digunakan.
Mengandung tidak lebih dari 1% Arylamine (as p-Phenylenediamine) pada tiap kemasan pewarna rambut
Aku sendiri melakukan tes alergi di kulit belakang telinga dan aman-aman aja. Jadi, lanjut pewarnaan deh. Setelah sebelumnya mencuci rambut dan mengeringkannya. Tapi, aku enggak sendirian mencobanya, ada seseorang yang secara sukarela kuwarnai juga rambutnya. Untuk kami berdua menghabiskan dua kemasan karton NYU Haircolor, artinya dua developer dan dua colour. Karena rambutku kan pendek banget, jadi cuma habis setengahnya aja. Sementara seseorang yang kuajak, menghabiskan sisa aku ditambah satu kemasan karton karena rambutnya melewati bahu dan cukup tebal. Supaya hasilnya maksimal gitu lho.

Developer sama colournya aku campurkan ke dalam sebuah mangkuk. Untuk warna developernya itu putih susu dan teksturnya agak encer. Sementara untuk colournya berwarna moka dan lebih padat. Ketika keduanya dicampurkan, hasilnya jadi cokelat susu gitu. Dan yang aku suka saat menuangkan dan mencampurkan keduanya, aromanya enak. Kayak yang kubilang di awal, aroma buah yang menyegarkan.

Apakah kamu mempunyai pertanyaan yang sama kayak aku. Kenapa warnanya cokelat susu bukan hitam atau biru. Kalau iya, mari kita tos dulu. Aku juga awalnya heran kenapa warnanya cokelat susu. Tapi pertanyaan itu akhirnya terjawab saat mengaplikasikan cat rambutnya. Jadi, seiring berjalannya waktu, warna cokelat susunya berubah jadi keabuan, abu tua dan akhirnya menghitam. Jadi buka zonk kayak kaleng biskuit isi rengginang lho ya.


Sebelum mengaplikasikannya menggunakan sisir ke rambut, aku tentunya menggunakan kedua sarung tangan plastiknya terlebih dahulu. Biar kedua tangan aman, enggak terkena cat rambutnya. Dan, aku sendiri menggunakan baju berwarna gelap untuk menghindari terkena cat rambutnya. Kalau seseorang yang secara sukarela diwarnai juga rambutnya sih lebih memilih menggunakan kain sarung enggak terpakai dari mulai area leher untuk menutupi baju.
Tips pewarnaan rambut : Gunakan 1 kemasan seluruhnya untuk hasil terbaik. Untuk rambut yang lebih panjang diperlukan lebih dari 1 kemasan. Lakukan pewarnaan pada rambut yang telah dicuci dan benar-benar kering. Tunggu minimal 2 bulan jika rambut pernah diwarnai dengan henna atau pewarna rambut yang mengandung metalic salts.
Ada yang mau aku warnai juga rambutnya?
Setelah merasa melakukan pewarnaan secara merata, maka, akupun menunggu hingga 30 menit (sesuai dengan petunjuk penggunaan) sebelum akhirnya membilas rambut menggunakan air tanpa shampo hingga bersih. Ya maksudnya sampai air bekas cucian rambutnya udah enggak hitam kayak kelunturan. Normal, bening lagi kayak biasanya.

Sesaat setelah dibilas itu, aku merasakan rambut agak sedikit kasar. Makanya langsung deh dipakaikan vitamin oil rambutnya ke batang rambut dalam keadaan rambut setengah kering. Aromanya enak, dan setelahnya rambut terasa lebih lembut, dan hitam berkilau. Untuk hasilnya sendiri, karena udah sore, aku mengabadikan hasilnya dengan kamera ponsel keesokan harinya. Dan yang dipotret merupakan bagian rambut tampak belakang milik seseorang, kayak yang kusebutkan di beberapa paragraf sebelum ini.


Hasilnya, aku dan seseorang itu suka sekali dengan hasilnya. Karena dalam waktu tunggu yang enggak pakai lama, 30 menit aja, rambut jadi terlihat lebih hitam mengkilap (shiny black), enggak kusam seperti sebelumnya. Uban-uban yang muncul juga tertutup sempurna saat dilihat dalam ruangan (indoor), maupun luar ruangan dengan cahaya yang enggak terlalu terang. Kalau cahayanya terang (outdoor) hasilnya tampaklah warna birunya yang lembut nan elegan (elegant blue black). Suka aku lihatnya.
Hasil dari pewarnaan rambut tergantung dari warna alami rambut kamu, jumlah uban dan jenis warna yang dipilih. Jika kamu memiliki lebih dari 20% uban, maka hasil pewarnaan dari jenis warna dengan kode warna di atas 5 mungkin menghasilkan warna yang kurang merata
Ngomong-ngomong, di dalam ruangan juga, kalau penerangannya seterang di luar ruangan, hasil kebiru-biruannya bisa terlihat walau enggak semaksimal di luar ruangan sih terlihatnya. Tapi kan aku jadi bisa memandanginya dan senyum-senyum sendiri depan cermin karena punya warna rambut yang lebih fresh. Lebih berkilau hitamnya, juga lebih lembut. Lebih membahagiakannya lagi, setelah dua kali keramas dalam satu minggu menggunakan shampo warnanya enggak luntur. Coba aku jadi penasaran dia tahan berapa lama. Kamu penasaran juga gengs? Mesti coba sendiri sih.

Before - After (Indoor & Outdoor)
Kesimpulannya, sebagai salah satu cat rambut murah, NYU Haircolor enggak main-main dengan kualitasnya. Dari mulai kemasan, isi dalam kemasan, bebas amonnia dan juga hasil akhirnya tentunya. Mewarnai rambut sendiri enggak pakai repot dan lama. Tapi, menurut aku dan merujuk dari yang kurasakan, hasilnya kembali pada kondisi rambut masing-masing dengan memerhatikan tips pewarnaan rambut, tata cara penggunaan.

NYU Haircolor ini pun enggak ditujukan buat digunakan sama anak di bawah usia 16 tahun. Enggak boleh digunakan buat mewarnai bulu mata dan alis karena bisa menyebabkan kebutaan. Segera bilas dengan air jika mengenai mata. Hubungi dokter jika terjadi iritasi berkelanjutan. Enggak boleh dihirup apalagi sampai ditelan meskipun aroma buahnya emang enak sih gengs. Intinya baca baik-baik peringatan maupun petunjuk yang ada pada kemasan. Dan ... selamat mencoba dan memilih warna yang kamu suka. Biar enggak galau, bisa tuh coba aplikasi tutorial hair colour di situsnya NYU Haircolor. Nanti aku juga mau mencoba warna yang lainnya.


You May Also Like

1 komentar

  1. Kasih tahu suami, ah, tentang NYU Hair Color ini. Soalnya dia yang udah ubanan. Hihihi.

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)