Atasi Bayi Penderita Dermatitis

by - 9:23 AM

Sensitifnya kulit bayi seringkali menyebabkan berbagai permasalahan kulit. Bintik merah yang keluar pada kulit bayi tentunya menjadikan orangtua khawatir. Apabila bintik merah pada kulit bayi tak kunjung hilang bisa jadi merupakan tanda – tanda dermatitis pada bayi. Maka dari itu orang tua harus memberikan perhatian yang lebih untuk bayi agar lekas sembuh.

Tak dapat dipungkiri memang akhir – akhir ini dermatitis pada bayi sering terjadi. Kurang lebih 20 persen dari bayi akan mengalami dermatitis karena sensitifnya kulit. Gejala bayi yang terkena dermatitis dapat dilihat dari ciri fisik seperti ruam pada kaki, lengan, dada, kepala dan pipi. Bahan ada yang sampai bersisik dan kering karena gejala dermatitis. 



Tips Mengatasi Bayi Yang Terkena Dermatitis 

Dermatitis pada bayi akan menyebabkan gatal pada kulit bayi sehingga membuat bayi sulit untuk tidur. Maka dari itu orangtua jangan sampai membiarkan hal tersebut terjadi. Atasi dengan beberapa cara berikut ini :

1. Pakai produk bayi yang lembut
Kulit bayi sensitif membutuhkan produk untuk kulit yang lembut. Biasanya saat perkembangan bayi 8 bulan dipakaikan berbagai produk yang lembut oleh ibu, mulai dari pelembap atau krim hingga deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian bayi. Hindari penggunaan produk deterjen yang tidak baik untuk mencuci pakaian bayi.

2. Mandi sampai bersih
Mandi rutin secara bersih dapat mengurangi tingkat penyakit dermatitis pada bayi. Selain itu, bayi akan merasa nyaman dan terlihat segar dengan mandi. Untuk memandikan bayi gunakan air hangat agar kulit tidak cepat kering.

3. Menjaga kulit bayi agar tetap sejuk
Pada saat perkembangan bayi 8 bulan sangat penting bagi ibu untuk menjaga dan merawat kulit bayi agar tetap sejuk. Cara yang biasa dilakukan ibu adalah memakaikan baju berbahan katun dan menghindari baju dengan bahan wol karena akan membuat gatal pada kulit bayi. Tak hanya itu, tempat penyimpanan baju bayi pun juga harus dipertimbangkan oleh ibu agar tidak terkena debu. 

Beberapa cara tersebut dapat dilakukan dengan mudah oleh ibu untuk mengatasi penyakit dermatitis pada anak sehingga anak pun lebih nyaman untuk beraktivitas tanpa gatal – gatal.

You May Also Like

6 komentar

  1. alhamdulillah waktu anak2ku masih bayi, ga ada terkena penyakit kulit dermatitis ini... aku tau ini ganggu banget utk bayi.. kasian mereka jd rewel juga.temenku ada yg anaknya menderita ini, jd segala sesuatu produk yg dipakai, harus yg bener2 khusus utk kulit sensitiv ato yg kering banget..

    ReplyDelete
  2. Yang paling penting kalau punya bayi dermatitis itu kulit harus selalu lembab dan hindari produk dengan wewangian.

    Soalnya aku ada 2 anak dermatitis atopik. Heheh

    ReplyDelete
  3. Uuh...ini yaa...yang namanya Dermatitis?
    Kemarin gendong anaknya temen juga kayanya kena Dermatitis deeh...selain bersisik, wanginya juga beda loo..
    Huhuu~

    ReplyDelete
  4. Anakku sempet ruam2 dibagian pipinya. Kering agak mengelupas gitu. Kesian dehhhh. Trus aku kasih lotion yang bisa ngurangin kemerahan dan kulit keringnya. It works. Untungnya juga sampai saat ini ngga pernah merah2 lagi.

    ReplyDelete
  5. Untuk anak memang kita harus selektif pilih aegala sesuatu yang aman di kulitnya yaa bisa iritasi.
    Seperti bahan pakaiannya, alat cucinya, dan sebagainya.
    Soalnya menyiksa banget tuh kalo sampai kena ruam kulit.

    ReplyDelete
  6. Kulit bayi memang sensitif banget ya dermatitis atopik ini penyakit langganan bayi deh kayaknya

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)