Traveloka Xperience : Sebuah Jawaban Untuk Liburan Hemat Dan Mudah Sambil Cari Jodoh

by - 10:20 PM

"Mobil yang biasa direntalkan tidak ada. Jadi, rencana liburannya batal!"

Telingaku berdenging, enggan bekerja sama untuk mendengarkan kalimat-kalimat mereka berikutnya. Mereka yang diajak mama untuk berlibur bersama kami ke suatu tempat wisata. Mereka yang menawarkan diri untuk menyediakan transportasi menuju ke sana sementara tiket wisatanya ditanggung oleh kakakku. Tapi mereka sungguh tak bertanggung jawab. Baru memesan kendaraan di hari keberangkatan. Dan itu sungguh membuat dadaku rasanya penuh sesak. Rasa sedih, kecewa dan marah bercampur menjadi satu. Bayangan untuk menikmati kembali berbagai wahana permainan yang seru pun pupus. 

Akhirnya aku memilih kembali mengurung diri di dalam kamarku. Mengambil tiket dari dalam tas dan memerhatikan masa berlakunya yang terlihat mengabur dalam pandanganku. Perlahan, akupun mulai merobeknya satu persatu. Membuatnya menjadi serpihan yang beterbangan di atas tempat tidur. Seiring dengan itu, bulir bening pun mengalir di pipiku. Semakin lama semakin deras. Aku menangis sejadi-jadinya. Rasanya hidup sungguh tak adil. Begitu pikirku yang baru remaja usia belasan tahun. Mau liburan ke luar kota diluar libur semester saja kok susah sekali terwujud.


Sejak saat itulah, aku jadi malas untuk pergi berlibur atau berwisata dengan orang-orang diluar keluarga kecil kami. Rasanya trauma aja gitu. Udah beli tiket ratusan ribu, eh akhirnya enggak terpakai. Ya, walaupun di zaman sekarang beli tiket wisata udah gampang dan ada yang bisa direfund kalau beli di Traveloka. Tetap aja aku enggak mau. Lagipula, beberapa tahun ini terbiasa pergi ke mana-mana sendiri telah menimbulkan perasaan lebih nyaman cari hiburan sendiri. Dari mulai jalan-jalan di dalam kota, nonton bioskop, sampai nonton konser pun rasanya lebih seru bersama dengan orang yang baru dikenal di tempat. Enggak repot dan enggak ada yang namanya selisih pendapat.

Pertama kalinya nonton konser dan menikmati wahana permainan dengan orang yang sebelumnya belum pernah bertemu
Eh ya gara-gara nonton konser dan menikmati beberapa wahana di Trans Studio Bandung bersama orang yang baru dikenal saat tiba di lokasi tahun lalu. Ku jadi berpikir untuk merencanakan liburan bersama dengan orang yang enggak kukenal sama sekali. Open trip gitu. Karena dalam benakku akan sama serunya kalau menikmati tempat wisata bersama orang-orang baru. Lebih hemat juga kan kalau open trip. Dan siapa tahu aja bisa jadi pembuka jalan untuk bertemu dengan jodoh atau rezeki yang lain gitu . Walau pada awalnya enggak tahu kalau mau daftar open trip untuk mendapatkan #XperienceSeru ini harus lewat mana. Aku benar-benar bingung sampai rajin banget mencari tahu di mesin telusur. Karena enggak dipungkiri aku juga punya perasaan takut kena tipu.

Setelah kepo di mesin telusur tidak terlalu membuahkan hasil. Mencari tahu soal open trip ternyata lebih susah dibandingkan mencari tahu tentang orang yang ku suka dong. Ah, aku memang paling amatir soal urusan berwisata. Akhirnya jadi bosan sendiri dan meneruskan kebiasaan iseng melihat harga-harga hotel, dan aneka pertiketan di aplikasi Traveloka. Biar apa coba, biar bisa merencanakan biaya untuk mencoba staycation atau sekadar mempersiapkan total biaya perjalanan untuk panggilan tes kerja yang kadang enggak terduga. Tapi niat kepo harga itu batal ketika kumenemukan beberapa menu baru di halaman berandanya. Salah satu yang menarik perhatianku adalah Traveloka Xperience.


Ternyata, Traveloka Xperience ini adalah produk dan layanan yang diluncurkan oleh Traveloka sejak pertengahan tahun 2019 untuk memenuhi kebutuhan seputar liburan dan juga gaya hidup. Dalam fitur Traveloka Xperience ini ada 12 layanan yang akan memudahkan aktivitas liburan ataupun gaya hidup di Asia Tenggara. Dan juga menikmati ribuan pilihan pengalaman wisata di seluruh dunia. Di mana kumenemukan layanan yang memudahkanku untuk mewujudkan open trip, terutama di wilayah Jakarta. Salah satu kota yang ingin kujelajahi sejak lama tempat wisatanya.

Mewujudkan #XperienceSeru selama liburan bagi seorang jomblo dengan pilihan layanan Tur

Untuk aku yang masih sendiri. Ya, boleh lah kalau kamu mau bilang jomblo. Eh aku tadi mau bilang apa ya. Oh iya, biar kuulangi. Untuk aku yang masih sendiri dan punya sifat malas mengagendakan liburan secara detail, pilihan layanan Tur di Traveloka Xperience ini sungguhlah amat berjodoh denganku. Karena dalam layanan Tur ini, berbagai kegiatan selama liburan baik seorang diri dan bergabung dengan orang lain yang tak dikenal dengan cara open trip ataupun memilih bersama-sama orang yang sudah dikenal di private tour udah ada detail agendanya. Tinggal pilih aja mau tur di kota mana, dan kategori yang mana. Kategorinya ada banyak, dari mulai kuliner, wisata alam, sampai seni dan budaya dengan durasi yang berbeda-beda tentunya. Dari mulai yang hitungannya 0-6 jam sampai di atas 6 jam.


Dan untuk mewujudkan #XperienceSeru di liburan mendatang yang kurencanakan, aku udah menjatuhkan pilihan pada Tur Wisata Alam 2 Hari 1 Malam : Berjelajah di Pulau Tidung & Pulau Payung secara open trip. Enggak sabar rasanya untuk menyelam ke dalam air jernih dan melihat pesona kecantikan makhluk-makhluk air yang ada di kedua pulaunya. Termasuk terumbu karang yang berwarna. Ditambah ku akan mengikuti tur ini dengan orang-orang yang enggak dikenal atau belum pernah ditemui sebelumnya. Eh tapi enggak menutup kemungkinan juga sih bisa bertemu dengan orang yang udah dikenal. Yang pasti sebagai seseorang yang masih sendiri, ikut open trip gini akan membuat liburanku enggak sepi dan galau sendiri. Mana harganya ramah kantong pula. Dengan 350 ribu rupiah aja udah bisa tur 2 hari 1 malam di Pulau Tidung dan Pulau Payung. Hemat banget deh!

Selain daripada itu, aku pilih paket Tur Wisata Alam ini karena agenda wisatanya udah jelas, ada rinciannya di aplikasi. Titik penjemputan juga lengkap keterangannya. Udah gitu mendukung pembatalan gratis dari 50% kalau dua hari sebelum, bisa sampai 100 % dari harga dasar kalau dilakukan tiga hari sebelum jadwal kunjungan atau Tur berlangsung. Senangnya lagi, walaupun open trip, tapi kubisa memilih jadwal sesuai keinginan, sekalipun di bulan berikutnya.

Berkenalan dengan 11 layanan Traveloka Xperience Lainnya
Nah, selain layanan Tur yang kupilih, tentunya masih ada 11 layanan lainnya yang bisa membuat liburan ataupun gaya hidupmu semakin menyenangkan dan dimudahkan lho. Dari mulai Atraksi, Bioskop, Event, Hiburan, Olahraga, Spa & Kecantikan, Tempat Bermain, Transportasi, Pelengkap Perjalanan, Makanan & Minuman, Kursus & Workshop.

1. Atraksi
Siapa yang suka mencoba wahana-wahana menantang di taman hiburan. Aku sih suka, cuma kadang enggak tahan sama antrian masuknya. Nah, di layanan atraksi ini kamu yang suka bermain di taman hiburan bisa terbantu dengan adanya fitur Easy Access khusus pelanggan Traveloka. Udah gitu, bisa mendapatkan harga yang lebih hemat. Walaupun namanya atraksi, tapi di dalamnya enggak hanya menyediakan tiket pertunjukkan aja lho. Tiket masuk taman hiburan, taman air, dan lainnya yang sejenis ada di dalam fitur ini.

2. Bioskop
Ini membantu sekali untuk yang mau nonton bioskop tanpa antri. Bisa pilih kursi duluan juga kan jadinya. Dan bisa pesan untuk hari berikutnya, tapi tergantung filmnya sih. Yang pasti, kalau beli lewat Traveloka Xperience ini udah jelas enggak was-was kehabisan tiket.

3. Event
Mau lebih up to date soal konser musik, teater, dan acara seru lainnya di berbagai kota ataupun negara. Udah tepat deh kalau kamu menggunakan layanan event ini. Selain jadi tahu akan ada event apa aja, bisa langsung beli tiketnya juga tentunya.


4. Hiburan
Bingung mau menghabiskan waktu singkat tapi ingin seru bersama teman, sahabat, keluarga, pacar, keponakan, gebetan. Coba aja cari di bagian hiburan. Anak banyak pilihan hiburan seru dan populer yang bisa dilakukan bersama-sama orang tersayang dari mulai karaoke, permainan, escape room, ice skating dan hiburan jenis lainnya.

5. Kursus dan Workshop
Mau menghabiskan waktu untuk hal yang berbau seni, kursus memasak ataupun kursus lainnya. Tapi, setelah ku cari tahu lebih lanjut. Untuk saat ini, pilihannya lebih banyak kursus memasak dan workshop seni untuk anak-anak.


6. Makanan dan Minuman 
Suka bingung mencari tempat makan unik atau mau beli oleh-oleh makanan di mana. Kamu bisa banget mencoba layanan yang satu ini. Nanti ada rekomendasinya bermunculan sesuai kota yang kamu pilih. Bisa bayar lewat Traveloka langsung. 

7. Olahraga
Ada yang sama sepertiku enggak sih. Mau olahraga terutama ngegym tapi bingung pilih tempat dan was-was sama harganya. Padahal olahraga kan bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Bisa bikin badan dan pikiran lebih fresh. Eits tenang, sekarang mau olahraga apa pun di manapun jadi lebih mudah karena ku bisa mencari tahu berbagai jenis olahraga yang tersedia di dekat tempatku berada, sekaligus beli tiket masuknya.

8. Pelengkap Perjalanan
Kemarin aku nonton salah satu film Thailand gitu. Ceritanya tentang orang-orang yang enggak bisa berbahasa Inggris tapi melakukan perjalanan ke London, Inggris. Di salah satu adegannya ada cewek yang enggak bisa berpisah dengan koneksi internet. Begitu sampai minta langsung dibelikan kartu sim lokal di sana dan ingin langsung dipasang. Biar apa coba, ya biar bisa pakai fitur terjemahan bahasa dan mengetahui kabar seseorang nun jauh di negara asalnya. Nah, buat kamu yang enggak mau repot mencari kartu sim lokal atau ingin pakai wifi selama di luar negeri. Coba deh layanan pelengkap perjalanan ini. Selain soal koneksi internet, di sini kamu bisa rental perlengkapan lainnya. Ada layanan bandara dan layanan fotografi juga lho.

9. Spa dan Kecantikan
Enggak dipungkiri kalau aktivitas sehari-hari itu melelahkan. Ya enggak sih. Perlu banget kan melakukan kegiatan yang membuat tubuh kembali rileks. Entah ke salon, pijat, dan aktivitas lainnya untuk mempercantik diri. Nah, sekarang udah bisa reservasi ke salon, barbershop, pijat & spa, perawatan kecantikan, perawatan kulit & wajah, alis & bulu mata, juga penghilangan bulu lewat Traveloka Xperience.

10. Tempat Bermain 
"Ini! Yang ini! Ini!!!"

Duarr, kepalaku rasanya mau meledak kalau keponakan main di game master, tapi suka pindah-pindah dari satu permainan ke permainan lainnya sesaat setelah kartu game master baru ditempelkan dan saldonya berkurang. Apalagi saat ibunya lagi ke toilet misalnya. Mau enggak dituruti takut mengamuk kemudian menangis. Tapi kalau dituruti saldonya cepat habis. Kan aku jadi galau. Harap maklum ponakanku masih batita, mau melarang sambil dipelototin ya enggak berpengaruh. Akhirnya sih dituruti juga permintaannya, dan isi ulang saldo game master. Untung sekarang udah bisa isi ulang lewat layanan Traveloka Xperience. Jadi isi dalam dompet lebih aman. Harganya jauh lebih murah.

Dan enggak bisa dipungkiri kalau layanan tempat bermain ini bisa memudahkan aku yang masih sendiri tapi udah jadi tante-tante ini dalam menentukan mau mengajak keponakan menghabiskan waktu di mana.

11. Transportasi
Selain memudahkan wisatawan untuk melakukan pembelian tiket pesawat baik di dalam maupun luar negeri. Di Traveloka Xperience ada beberapa layanan transportasi terbaru lho. Di antaranya layanan transportasi antar jemput ke bandara, tiket terusan kereta api dan bus di luar negeri, bus tur keliling kota, sampai ke penyewaan sepeda dan segway dengan durasi tertentu juga bisa.

Cara Menggunakan Traveloka Xperience
Aku itu bahagia banget kalau bisa akses semua layanan yang memudahkan hidup tetap dalam satu aplikasi yang sama. Seperti Traveloka Xperience yang ada di dalam aplikasi Traveloka. Tinggal buka aplikasi Traveloka terus pilih deh menu Xperience, langsung lah keluar 12 jenis layanan yang bisa dipilih. Tapi sebelumnya, masukkan kota atau negara tujuan kamu ya gengs di kolom pencarian.


Jadi, gimana. Udah ada yang mencoba atau bahkan udah sering menggunakan Traveloka Xperience juga enggak di sini? Gimana. Lengkap dan seru ya. Atau di sini ada yang sedang merencanakan open trip juga seperti aku. Yuk atuh open trip di tanggal yang sama biar seru. Siapa tahu yang jomblo jadi bertemu jodoh di perjalanan wisata. Habis #XperienceSeru eh bersanding di pelaminan kemudian.

You May Also Like

1 komentar

  1. Traveloka Xperience emang memudahkan banget. Segalanya serba ada dan gampang diakses. Tinggal jodoh aja emang yang gak bisa sekali klik, tapi semoga dipermudah. Amiin.

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)