Cara Tepat Merawat Lemari Es Berteknologi Econavi

by - 7:19 PM

Halo gengs, apa kabarmu hari ini. Apakah di tempatmu hujan. Kalau di tempatku enggak nih. Malah siang tadi panas banget. Membuat diri ini mudah gerah dan inginnya menikmati minuman dingin. Sementara lemari es di rumah rusak karena udah terlalu tua. Sedih banget aku itu. Ingin punya lemari es yang baru. Apalagi sekarang udah semakin banyak pilihan berbagai seri lemari es dari berbagai produsen yang telah dibekali oleh teknologi terkini dan canggih. Sebut saja lemari es dengan sensor econavi dari Panasonic Prime Fresh NRBB211Q yang mampu membuat konsumsi energi listrik berkurang. Idaman banget deh yang hemat listrik begini.

sumber gambar : pixabay
Namun, harus diingat juga, meskipun memiliki kulkas modern, kita tentu dituntut untuk dapat mengoperasikan dan menggunakan kulkas sebaik mungkin ya gengs. Soalnya nih, kalau kita jarang merawat kulkas, bukan tidak mungkin membuat kulkas kita yang seharusnya bertahan belasan tahun namun hanya bertahan kurang dari 10 atau bahkan 5 tahun. Kan sayang banget jadinya. Makanya aku mau berbagi tips nih cara tepat merawat lemari es.

1. Membersihkan bagian kondensor kulkas

Bagian kondensor bisa dibilang merupakan bagian yang sangat jarang atau hampir belum pernah dibersihkan oleh banyak orang. Pasalnya, letak kondensor yang di belakang dan sangat berhubungan dengan mesin kulkas membuat orang sudah ketakutan terlebih dahulu untuk membersihkannya. Takut rusak. Nah, untuk membersihkannya, tentu kita harus mematikan aliran listriknya terlebih dahulu. Barulah selanjutnya kondensor dibersihkan dari debu dan sebagainya menggunakan lap kering.

2. Rutin Membersihkan Kulkas

Kamu kalau membersihkan kulkas biasanya berapa kali dalam sebulan. Hayoloh, jangan-jangan udah bertahun-tahun enggak dibersihkan. Padahal ya, minimal jadwal membersihkan bagian dalam kulkas adalah satu bulan sekali. Soalnya kalau jarang membersihkan interior kulkas ini, dikhawatirkan akan membuat kulkas kotor sehingga menjadi sarang penyakit. Namun, yang harus diperhatikan sebelum membersihkan bagian dalam kulkas ini, sebaiknya kulkas dibersihkan terlebih dahulu. Dikeluarkan isinya maksudnya. Kemudian manfaatkan busa dan cairan pembersih piring untuk mengelap dinding dan permukaan dalam kulkas.

Untuk menghilangkan bau tak sedap, kamu bisa menggunakan larutan hangat air garam dan dilap di seluruh permukaan kulkas. Selain itu, kami juga bisa lho memanfaatkan baking powder untuk mengelap permukaan interior kulkas dengan sensor econavi ini.
3. Penggantian karet penutup

Sadarkah kamu bahwa ada beberapa bagian pada kulkas yang dapat mempengaruhi suhu dalam kulkas. Sebut saja karet penutup yang biasanya terletak di samping pintu kulkas. Karet penutup yang sudah enggak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan suhu dalam kulkas terpengaruh. Sehingga kompresor harus bekerja lebih ekstra. Untuk itu, kamu harus segera ganti karet penutup jika sudah rusak. 

Gimana, enggak sulit kan merawat lemari es ini. Ngomong-ngomong, kalau ingin konsumsi lemari es kamu lebih hemat, maka segera beralihlah pada Panasonic Prime Fresh NRBB211Q yang telah dibekali sensor econavi pada lemari es. Sensor ini mampu mengurangi konsumsi energi listrik hingga 10%. Yuk ah move on biar lebih hemat listriknya.

You May Also Like

7 komentar

  1. Tipsnya ok banget nih mbak, terutama untuk menghilangkan bau di kulkas.
    Pengen ku coba ah..

    ReplyDelete
  2. Baca ini aku baru ngeh kalau karet kulkas lagi rusak, tapi belum sempet ngehubungi tukang servis buat benerin

    ReplyDelete
  3. Aduh aku jd tertampar hahahha. Jd sadar kalau jarang merawat kulkas. Padahal kulkas dipake tiap hari n isinya makanan. Ya udh deh bsk korve benerin kulkas. Makasihhh sdh diingetin mba.

    ReplyDelete
  4. Aku nggak pernah bersihkan kondesor kulkas mbak, takut kesetrum wkwkkw. Ternyata musti dibersihin yaa, okay next ku coba untuk bersihkan deh. Thanks infonya yaa

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)