Aneka Sajian Pindang yang Patut Untuk Dicoba

by - 9:35 PM

Apa yang terbayangkan olehmu saat mendengar kata pindang. Ikan yang dimasak dengan cara direbus, dibumbui, digarami lalu diasapi agar tahan lama atau dengan kata lain diawetkan. Kalau aku sih malah langsung terbayang masakan ikan yang tulangnya lunak dengan kuah bumbu yang enak banget apabila dipadukan dengan sepiring nasi hangat. Rasanya membuat ketagihan dan tak rela daging ikan termasuk tulang juga bumbunya tersisa di piring. Bumbu kuahnya sendiri bisa bermacam-macam, ada yang bersantan, bumbu kuning, asam manis, pedas, balado, atau malah lebih cenderung manis. Tergantung selera dan dibuatnya berdasarkan resep asal daerah mana. Ya, kuliner di negeri ini memang banyak pilihannya. Tidak pernah ada habisnya dan patut untuk dicoba satu persatu.

Ada beberapa jenis ikan yang biasanya dibuat menjadi pindang atau dibumbu pindang. Dari mulai ikan yang sering dijumpai di pasar seperti ikan mas, ikan patin, ikan bandeng, ikan tongkol, ikan tenggiri dan ikan gabus. Sampai ikan tuna pun bisa lho. Semua ikan-ikan tersebut enak untuk dijadikan pindang. Namun yang menjadi favoritku adalah pindang ikan mas dan ikan patin. Entahlah, kedua ikan tersebut rasanya sungguh cocok di lidahku. Bahkan nih, di daerah tempat tinggalku saat ini, ada sebuah restoran yang sejak dulu terkenal sekali dengan pindang ikan masnya.

pindang
pindang - ikan mas
Oh ya, berbicara tentang pindang, nyatanya tidak hanya ikan saja lho yang bisa dibuat pindang atau dibumbui berkuah seperti pindang ikan. Ada cukup banyak bahan makanan lain yang juga cocok untuk dipindang dan dijadikan sajian istimewa untuk keluarga ataupun usaha katering rumahan. Nah, berikut ini, jenis olahan pindang dengan bahan selain ikan yang patut untuk dicoba :

1. Pindang daging
Seperti halnya ikan, daging sapi ataupun daging domba cocok dijadikan pindang dengan beraneka bumbu. Baik balado, bersantan, asam manis ataupun bumbu kecap manis. Untuk potongan dagingnya sendiri bisa dibuat dadu ataupun potongan biasanya sesuai selera. Selain bisa dibuat sendiri di rumah, menu pindang daging ini nyatanya sudah tersedia di beberapa rumah makan dan restoran lho. Bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tidak menyukai ikan.

2. Pindang ayam
Selain daging sapi dan daging domba, daging ayam pun bisa diolah menjadi pindang. Biasanya ada yang dipindang bumbu kuning, kecap manis ataupun pedas. Pindang ayam sendiri berbeda lho dengan opor ayam. Walaupun kalau dilihat sekilas sama-sama berkuah.

3. Pindang telur
Sebagai salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi aneka masakan sederhana maupun istimewa. Telur juga bisa dipindang. Bedanya, pindang telur tidak berkuah seperti pindang ikan, daging, ataupun ayam. Pindang telur dibuat dengan cara direbus. Bedanya dengan telur rebus biasa, pindang telur diberikan beberapa bumbu dan pewarna alami dari teh, daun jati ataupun daun jambu untuk membuat kulitnya menjadi kecokelatan. Selain menjadi salah satu oleh-oleh khas suatu daerah, pindang telur ini cukup sering ditemukan dalam nasi kotak dengan ciri khas cangkang yang sedikit retak.

pindang telur
pindang - telur ayam

4. Pindang tulang
Nyatanya baik sapi ataupun domba, tidak hanya dagingnya saja yang enak untuk diolah atau dinikmati. Bagian tulang iganya pun enak untuk dijadikan pindang. Ya, walaupun tulangnya tidak akan bisa lunak seperti tulang ikan. Namun rasanya tak kalah lezat dan patut untuk dicoba. 

5. Pindang tempe
Untuk kamu yang tidak terbiasa atau menghindari makanan berjenis daging, sajian pindang tempe tentunya cocok untuk kamu nikmati. Uniknya, pindang tempe ini bisa dibuat dengan kuah bening ataupun kuah yang kaya akan rempah-rempah hingga membuatnya kecokelatan.

6. Pindang terong
Jika kamu memiliki terong baik terong ungu maupun terong hijau di rumah, dan bosan membuatnya dengan menu yang sudah-sudah. Mungkin sudah saatnya kamu mencoba membuat terong menjad menu yang lain seperti pindang terong. Jangan lupa tambahkan sedikit ikan ataupun daging untuk membuatnya lebih sedap.

You May Also Like

16 komentar

  1. Tempe tuh jadi menu favorit anak-anak di rumah. Dibuat orek atau goreng tepung, hmmm ... mereka bisa makan berkali-kali. Baru tahu nih kalau tempe pun enak juga dimasak pindang. Patut dicoba nih, anak-anak sih suka ya sama orek tempe atau tempe goreng tepung, tapi kan yang masaknya udah blenger, hahaha ...

    Makasih banyak infonya ya, Mbak ... Eksekusi nih ...

    ReplyDelete
  2. Apalah aku yang selama ini taunya kalau pindang itu ya enaknya pakai ikan patin. Ternyata pakai tempe sama terong juga bisa. Pakai tulang dan daging juga. Hmm ... pindang tempe boleh nih dicoba, mumpung punya tempe di rumah.

    ReplyDelete
  3. Oh macam macam ya sajian pindangnya. Alangkah baiknya ada gambarnya hasil masakannya mbak, biar tambah ngiler hehe

    ReplyDelete
  4. Saya malah baru tahu, Mbak. Biasanya di sini yang disebut pindang ya ikannya. Ikan pindang. Ada pindang tongkol, dll. Thanks for share, ya.

    ReplyDelete
  5. Nyam nyaaammm daku sueneengg banget makan pindang ikan, Mba
    Duh, tambahin sambel yg pedess, jadi makin endeusss

    ReplyDelete
  6. Tadinya aku juga bingung kalo masak pindang ternyata bukan ikan pindang 😂 ternyata ini nama salah satu cara mengolah makanan ya hehehe dan sekarang br rau juga kalo banyak pilihan bahan untuk dimasak pindang. Selama ini taunya cuma ikan dan daging. Tfs mbak

    ReplyDelete
  7. Dari semua sajian di atas, yang paling sering saya santap tuh Telur Pindang. Kalau udah dimasak pindang gitu kan jadinya lebih awet juga, telurnya bisa jadi lauk untuk dimakan beberapa hari.

    ReplyDelete
  8. Favorite ku mah pindang sampeu alias cassava alias singkong :D
    Enakkkk.... pisan,
    Sayangnya, sedang ngurangin karbo nih supaya lutut ga tambah nyeri
    Kalo ngga, auto bikin nih :D

    ReplyDelete
  9. Baru tahu lho kalau daging, telur, ayam bisa dipindang. Suami adekku seneng banget dimasakin ikan kuah pindang, kuahnya warna kuning gitu....
    Kapan2 harus dicoba karena blm pernah ketemu pindang selain ikan.

    ReplyDelete
  10. Teh Gilang... kalau orang melayu Deli di kota Medan, ada pindang juga namanya Pindang Rusuk atau Iga Sapi, kapan2 deh pingin posting juga sekalian mengenalkan. Seger bangett kuahnya disruput asem2 gurih gituu. hmm jd laper deh. Nice info yaa Teh Gilang

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak ya varian masakan pindang..
    Sejauh ini baru nyoba yg ikan, daging dan tempe saja..
    Makasih tipsnya mbak, bisa jadi altermatif menu di rumah

    ReplyDelete
  12. Selama ini tahunya cuma ikan pindang saja. Ternyata ada banyak jenis pindang ya. Bisa nih praktikkan berbagai jenis pindang yang terbuat dari bahan selain Ikan

    ReplyDelete
  13. Aku pernah bikin pindang telur aja, Mbak...Yang lain belum pernah. Ternyata banyak bahan buat pindang ya Makasih infonya ya. Bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  14. Maunya ada fotonya mbak karena kami nggak ada makanan pindang ini di Aceh.😁

    ReplyDelete
  15. Wah belum kebayang tuh mba pindang terong kaya apa. Jadi penasaran deh. Sm pindang tempe tuh. Sebenarnya masakan Indonesia tuh kita bs kreasi macem-macem ya

    ReplyDelete
  16. Wah, baru tahu ada pindang telur dan pindang terong, selama ini sukanya pindang daging dan tulang doang. Pindang ayampun belum pernah mencoba. Ternyata banyak ya ragamnya pindang.

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)