Ini Lho Usaha Kecil Menengah yang Bisa Dimulai Dari Rumah

by - 11:02 PM

Tidak terasa tahun 2019 sudah mencapai ujungnya ya. Adakah resolusimu yang belum tercapai. Misalnya resolusi untuk membuka usaha tapi masih bimbang ingin membuka usaha apa atau malah sudah punya ide usaha namun terkendala lokasi untuk memulainya. Tenang, jika iya, maka kamu tidak sendiri kok. Selain itu, kamu bisa menengok beberapa usaha kecil menengah (UKM) di bawah ini. Yang bisa dibangun meskipun kamu tinggal di pedesaan.:

1. Toko Kelontong
Sebagai seseorang yang hidup eh bertempat tinggal di desa, aku sungguh merasa terbantu oleh kehadiran toko kelontong ini. Selain memudahkan untuk memenuhi  kebutuhan sehari-hari, toko kelontong juga menawarkan harga yang tetap ramah di kantong. Maka dari itu dia menjadi primadona di kalangan masyarakat pedesaan. Kemudian dalam mendirikan usahanya pun bisa dimulai dari teras atau halaman rumah lho. 

2. Kuliner
Selama masih hidup di muka bumi ini, manusia akan butuh yang namanya minum dan makan. Itu sudah menjadi kebutuhan pokok kan. Nah, untuk itu, bisnis kuliner akan menjadi bisnis yang tidak ada matinya dengan catatan makanan atau minuman yang kamu jual memiliki citarasa yang lezat. Selain itu harus rajin berinovasi juga untuk menarik perhatian pembeli. Termasuk menyediakan layanan pesan antar yang bisa membuat pembeli semakin terbantu agar tetap kenyang tanpa harus repot memasak dan keluar rumah. Bisnisnya bisa berupa warung kopi, warung seblak, mie ayam dan lain sebagainya.

Selain itu, jika memilih untuk berbisnis kuliner. Kamu jadi punya kesempatan untuk bersilaturahmi dengan orang-orang di sekitarmu, sekaligus menyaksikan kehangatan jalinan pertemanan sembari mereka menikmati sajian menu di warung kulinermu.

usaha kecil menengah
usaha kecil menengah
3. Otomotif
Ada banyak hal yang bisa dijadikan lahan bisnis dari bidang otomotif ini, sekalipun lokasinya hanya berada di depan rumahmu yang berada di pedesaan. Dari mulai bengkel, pom bahan bakar mini, hingga jasa cuci kendaraan bermotor. Semua bisa dimulai dari depan rumahmu sendiri lho. 

4. Fashion
Sama seperti halnya makanan atau bisnis kuliner. Bisnis di bidang fashion juga tidak ada matinya. Tentu saja karena fashion atau setidaknya pakaian pun merupakan bagian dari kebutuhan pokok manusia yang hidup di muka bumi ini. Untuk jenis bisnis yang bisa dimulai dari rumah itu seperti jasa menjahit, jual beli barang fashion (tas, pakaian, dan lainnya) dari brand ternama ataupun bukan. Bisa juga proyek menjahit item fashion tertentu seperti kerudung atau tas. Semua bisa dimulai dari rumah. Ditunjang dengan layanan pembelian secara online, tentunya akan mempermudah para pembeli.

5. Kecantikan
Sudah berapa kali menonton tutorial ataupun review perawatan wajah dari mulai skincare makeupnya kakak. Menonton di youtube atau instagram. Gimana, sudahkah teracuni untuk membeli produknya. Atau malah gara-gara sering mempraktekkan berbagai macam produk sesuai dengan anjuran beauty vlogger kamu jadi jago mendandani diri sendiri dan orang lain. Tidak ada salahnya menjadikan hobi merias atau mendandani wajah ini sebagai suatu usaha. Selain menjadi MUA, bisnis dari kecantikan ini dapat berupa kamu penjualan produk-produk perawatan tubuhnya baik secara manual alias secara langsung maupun online melalui platform e-commerce dan membuat akun instagram sendiri sebagai pemasarannya 

Bagaimana, adakah salah satunya merupakan bisnis impianmu. Atau kamu memiliki ide bisnis lain yang out of the box. Apa pun bisnis yang kamu inginkan, pada akhirnya, selain dibutuhkan modal berupa dana. Bisnis juga tidak akan pernah menjadi bisnis apabila tidak pernah dicoba. Untuk itu, coba saja terlebih dahulu. Karena di mana ada niat, kemauan dan kerja keras, tentu akan ada jalan untuk membuka bisnis apa pun yang diinginkan. Walaupun tidak dipungkiri tentu akan ada masanya jatuh bangun, laris dan sepi. Itu memang sudah risiko bukan. Namun, setidaknya dengan mencoba kamu jadi tahu bisnis mana nih yang cocok untukmu.

Jangan lupa juga untuk memulai dari bisnis yang punya keterkaitan dengan kesukaanmu agar nanti tidak menjadi beban dalam menjalankannya ya gengs!

You May Also Like

0 komentar

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)