12/21/2019

Manfaat dan Cara Mencuci Boneka Secara Manual

Kita tentu terbiasa melihat bayi yang sejak lahir dibelikan boneka oleh orang-orang terdekatnya. Hingga pada akhirnya boneka-boneka itu menjadi koleksi yang memenuhi kamar sang anak. Apalagi jika anak yang terlahir berjenis perempuan. Bonekanya akan terus bertambah setiap waktu, apalagi jika kelak ia mempunyai pacar dan sering mengunjungi game master. Niscaya bonekanya akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Dari mulai yang berukuran kecil sampai berukuran besar melebihi postur tubuhnya pun ada.  Coba lihat area kamarmu, mungkin kamu salah satunya. Yang kelak ketika sudah menjadi mantan pun bonekanya akan tetap dipertahankan karena malas untuk mengembalikan tapi kalau disumbangkan, dijual apalagi dibuang ya sayang juga rasanya.

Boneka yang identik dengan anak perempuan memang menggemaskan karena memiliki banyak bentuk, warna dan juga ukuran. Bisa dijadikan properti untuk berfoto ataupun dipeluk saat rebahan karena bisa memberikan kehangatan dan membangkitkan kenangan bersama pemberinya. Yang kadang membuatmu senyum-senyum sendiri layaknya orang sedang jatuh cinta. Sayangnya, dibalik semua keindahan dan kegemasan itu, boneka menyimpan banyak debu, kuman, dan bakteri yang tentu saja tak kasat mata. Apalagi jika bonekanya dibiarkan terpapar udara bebas dalam waktu yang lama. Yang mana bisa menjadi sumber penyakit bagi tubuhmu sendiri. Apalagi jika di rumah ada adik atau anak kecil yang sering bermain dengan bonekanya. Jadi, sebagai kolektor boneka termasuk boneka pemberian para mantan, perlu sekali untuk rutin mencucinya dan merawatnya agar tak mudah rusak ataupun kotor. Karena mencuci boneka memiliki banyak manfaat untukmu.

Manfaat dan cara mencuci boneka

1. Bonekanya terbebas dari debu dan kuman
Ketika kamu memutuskan untuk mencuci boneka, maka tentu saja bonekanya akan terbebas dari debu dan kuman-kuman yang selama ini berserang di sana. Kalau sudah bersih kan jadi enak untuk dilihat dan dipeluk-peluk lagi.

2. Salah satu bentuk olahraga ringan
Untuk kamu yang malas berolahraga, mencuci boneka bisa jadi salah satu alternatifnya karena kamu harus menggerakan tangan dan otot-otot lainnya selama proses mencuci. Terutama jika kamu mencucinya secara manual.

3. Belajar bertanggung jawab
Berani memiliki, tentunya harus berani bertanggung jawab. Nah, mencuci boneka secara rutin dan merawatnya agar tidak mudah rusak akan mengajarkan kita tentang bertanggung jawab ketika memiliki atau memilih sesuatu.

4. Semakin kompak dengan si kecil
Jika kamu seorang kakak ataupun ibu yang memiliki puteri kecil. Mencuci boneka tentunya bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang dilakukan berdua dan membuat kalian semakin dekat juga kompak. Sekaligus sebagai proses mengajarkan tanggung jawab terhadap benda-benda yang dimilikinya.

cara mencuci boneka
cara mencuci boneka

Dalam proses mencuci boneka ini sendiri, kita mempunyai dua pilihan. Yang pertama bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan, dan kedua menggunakan bantuan mesin cuci. Namun yang akan aku bagikan di sini adalah cara mencuci boneka secara manual karena ku tidak memiliki mesin cuci. Mari dimulai dari :

1. Menyediakan ember dan lainnya yang sejenis
Untuk mencuci boneka secara manual, tentunya diperlukan wadah yang sesuai ukurannya dengan boneka yang akan dicuci. Boleh ember, atau apa pun yang kamu miliki di kamar mandi. 

2. Masukkan deterjen dan air secukupnya
Seperti halnya mencuci baju, mencuci boneka juga diperlukan air dan sabun alias deterjen. 

3. Pastikan tidak ada bagian yang robek dan pisahkan boneka dengan aksesorisnya
Sebelum meredamnya dalam ember berisi deterjen. Pastikan bahwa boneka milikmu tidak ada bagian yang robek. Kemudian lepaskan aksesoris seperti pin, pita atau apa pun yang mempel pada bonekanya dah bisa dilepaskan. Yang tak bisa dilepaskan tolong jangan dipaksakan.

4. Rendam boneka sambil dipijat-pijat lembut
Ketika merendamnya, jangan ditinggal seperti saat kamu merendam pakaian ya. Justru saat direndam ini bonekanya harus sambil dipijat-pijat lembut agar debu dan kotoran yang menempel bisa terangkat. 

5. Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan noda membandel
Jika ada noda yang sulit dihilangkan hanya dengan menggunakan pijatan tangan. Sama halnya seperti menghilangkan kenangan indah bersma mantan. Maka, kamu butuh bantuan sikat gigi untuk menghilangkannya. Kenapa sikat gigi, karena sikat gigi bulunya lembut. Jadi tidak akan merusak bulu bonekanya selama kamu tidak menggosoknya dengan keras. Menyikatnya juga harus satu arah untuk menghindari kerusakan bulunya ataupun bulunya menggumpal.

6. Angkat boneka, bilas dengan air bersih dan peras airnya dengan cara ditekan pelan
Setelah terlihat dan dirasa bersih, angkat boneka dari air rendaman deterjen, bilas dengan air bersih. Kemudian peras airnya dengan cara ditekan dari berbagai sisi secara bergantian dan pelan.

7. Keringkan dengan handuk atau kain yang menyerap air
Keringkan menggunakan handuk ataupun kain yang mudah menyerap air agar tidak terlalu lama dalam proses menjemurnya.

8. Jemur di tempat yang teduh atau tidak terkena matahari langsung
Hindari menjemur boneka yang baru dicuci di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak warna dan membuat bulunya menggumpal. Jadi, jemurlah di tempat yang teduh. Tidak diperkenankan juga menggunakan hairdyer karena panasnya bisa membuat bulu-bulu boneka berguguran alias rontok.

cara mencuci boneka
9. Sisir boneka secara searah untuk merapikan bulu-bulunya
Jika sudah kering, maka sisirlah bulu boneka secara perlahan dan satu arah agar terlihat rapi kembali.

10. Simpan dalam lemari kaca atau bungkus menggunakan plastik
Sebagai manusia yang sedikit rajin banyak malasnya. Apabila boneka tidak sering digunakan. Maka sebaiknya disimpan di tempat tertutup namun tidak lembap seperti lemari kaca atau memasukkannya dalam plastik bening dan mengikatnya dengan pita. Dengan begitu boneka tidak mudah terkena debu dan kotor kembali, juga membuat boneka tidak mudah rusak. Kelak bisa diwariskan turun temurun bonekanya.

Nah, tidak sulit bukan untuk mencuci boneka sendiri. Namun untuk boneka yang berukuran besar memang diperlukan kesabaran serta tenaga ekstra untuk membersihkannya. Selamat mencuci boneka!

20 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Sepakat untuk membina kebersamaan dengan si kecil... ketimbang laundry di warung sebelah yang pastinya akan ngeluarin biaya lagi.. ini cuci sendiri.. dapat manfaatnya...hemat uangnya... kreatif...

    BalasHapus
  3. Kak Gilang, kalo gak di bawah matahari langsung takutnya gak kering trus boneka nya jadi bau apek.
    Hiks gimana ya kak.. Apalagi ni masih musim hujan di Medan. Atau nunggu panas aja dulu ya..
    Biar bisa di jemur di tempat yang agak teduh

    BalasHapus
  4. Ternyata cuci boneka bisa dilakukan sendiri dan gak harus ke laundry ya. Sekalian mengajarkan anak untuk bertanggung jawab sama mainannya sendiri. Mantab deh . . .

    BalasHapus
  5. Belum pernah coba cuci boneka sendiri nih, soalnya takut engga kering dalamnya. Paling dilap dikit-dikit saja luarnya.

    BalasHapus
  6. Saya rutin mencuci boneka anak-anak, apalagi sejak ada adik kembarnya yg masih bayi. Sterilisasi sih tepatnya karena boneka itu sarangnya debu. Cuma saya gak pernah pede mencuci sendiri boneka-boneka si kakak karena takut apek. Jadinya ujung-ujungnya bawa ke laundry. Hehehe. Terima kasih tipsnya mba. Mungkin bisa saya praktikkan dicoba dari boneka-boneka yg ukurannya mini dulu.

    BalasHapus
  7. Nah bener boneka yg dicuci sendiri melibatkan si kecil bikin si kecil ikut bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan boneka nya karena kan berkaitan juga dengan kesehatan si kecil ya..cuma klo lagi musim hujan gini gmn ya itu boneka sdh pd apek kotor tp mau nyuci sendiri ga ada panas matahari mau laundry mahal pasti ..duh solusinya gmn nih kak?

    BalasHapus
  8. Kalau bonekanya kecil sih masih gampang ya ? Karena kadang kana da tuh boneka yang besar banget. Kudu ekstra banget nyucinya. Kalau udah kena air bisa tambah berat. Untuk menghilangkan debu, mungkin bisa pakai vaccum cleaner ya buat alternatif mencuci. Tapi kalau udah dirasa kotor, baiknya emang dicuci

    BalasHapus
  9. Kalau libur sekolah dulu tugas saya mencuci semua boneka (1 lemari) yang bisa menghabiskan waktu sampai seharian. Sekarang sudah ga punya boneka lagi, jadi kangen huuhuhu

    BalasHapus
  10. Aku kadang masih pakai mesin cuci sih hahahaha. Tapi sekarang udah stop cuci cuci boneka karenaaa musim hujan hiks. Bisa lama keringnya

    BalasHapus
  11. Ya ampiunn untunf baca artikelnya Teh Gilang nih,, scr boneka²nya anak² saya itu udah 2 lemari, huhu... Jd pe er nih nyucinya satu per satu. Skalian decluttering x ya, biar disumbangkan aja ke org lain. Tfs

    BalasHapus
  12. aku malah kepikiran terus kalo nanti ada boneka gitu di rumah buat anak, malah rutin masukin ke laundry hehe. Padahal bisa ya melatih bonding anak tapi akutuh takut ga kering gitu mba kalo boneka dicuci manual

    BalasHapus
  13. Sering khawatir dengan boneka memang karena debunya itu yang jadi alergen buat kami. Ternyata memang harus dicuci gitu ya

    BalasHapus
  14. Bener banget mbelalukan aktivitas mencuci boneka bersama anak bisa menumbuhkan bonding. Sebenarnya tak sulit ya mb. Tp terkadang kita tidak sempat untuk mencuci boneka scara manual. Hihi, makadih sharinnya y

    BalasHapus
  15. keluarga aku punya banyak boneka beruang, Mbak. Lucunya dulu aku tu selalu laundry in d luar karena pas nyoba nyuci sendiri kok hasilnya jelek. Eh trs aku nemu caranya, cuci di mesin cuci yg front loading, masukin boneka ke jaring, kemudian pakai sabun cair yg lembut dikit aja dan pelembut pakaian.

    Voila bersih lho Mba!

    BalasHapus
  16. Di rumah saya ada boneka yang dimainkan adik, udah kusam banget, gak tau gimana cara nyucinya. Ternyata ada langkah-langkah khusus juga ya

    BalasHapus
  17. wah saya belum pernah mencuci boneka secara manual. kebetulan boneka anak saya ukurannya kecil-kecil, jadi kalau kotor ya di cuci di mesin cuci.

    BalasHapus
  18. Berhubung anakku laki, jd ga ada boneka2an dirumah. Ternyata bisa jd bonding time ya mencuci boneka atau mainan bersama anak.

    BalasHapus
  19. Banyak sekali persiapan yang musti dilakukan untuk mencuci boneka secara manual, jika hal ini dilakukan dengan cara yang otomatis apakah boleh? misalnya mencuci boneka menggunakan mesin cuci..

    BalasHapus
  20. dulu aku punya banyak boneka Hello kitty juga mba *toss
    tapi karna sempet pindahan jadi boneka nya di sumbang2in deh
    noted deh kalau misal punya boneka lagi harus rajin di bersihkan ya...

    BalasHapus

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu