Door Lock Korea 2018

by - 10:30 PM

Kamu seorang perempuan dewasa yang tinggal di apartemen sendiri. Oh tidak, sebenarnya tidak benar-benar sendirian. Ada seorang pria yang setiap malam menyusup tidur satu ranjang denganmu, bahkan dalam keadaan telanjang. Pria yang setiap malam, sebelum tidur selalu mengatur alarm pada jam tangannya. Bahkan setiap pagi menikmati sarapan sembari memperhatikanmu.

Film ini dimulai dengan adegan seorang perempuan muda baru pulang bekerja, naik kendaraan umum, tinggal di sebuah apartemen dengan kamar yang sistem pengunciannya udah canggih. Bukan cuma pakai kata sandi tapi juga pakai kartu. Tinggal tap, terbuka deh kunci pintunya. Sayangnya kecanggihan itu tak menjamin kamarnya tetap aman dari penyusup. Dia sudah menunggumu pulang di dalam sana.

Setelah insiden tersebut, scene beralih ke seorang wanita dan pria tidur satu ranjang. Yang tentunya kuberpikir mereka kalau enggak suami istri ya minimal pacaran. Tapi si perempuan kebo banget tidurnya. Eh tahunya enggak gitu gengs, tahunya yang aku tuliskan di paragraf pembuka itu. Jadi laki-laki penyusup sekaligus psikopat ini bisa tahu password pintu korbannya. Biasanya menyusup sebelum si korban pulang kerja. Tapi kadang-kadang terlambat datang hingga Kyung-min ketakutan dan rajin mengganti password, tapi tetap aja setiap malam itu kunci pintunya bunyi. Sampai dia lapor polisi tapi polisi menganggap Kyung-min berlebihan.

Kyung-min yang seorang banker ini selalu terbangun dalam kondisi kepala yang terasa pening. Enggak sadar dia ada kolor laki-laki atau sepatu pantofel laki-laki di samping sepatunya. Di bank tempatnya bekerja, karir Kyung-min biasa aja tapi cenderung aman dan nyaris diangkat sebagai pegawai tetap meskipun sempat ada insiden nasabah ngamuk karena dia menolak diajak ngopi. Dibantulah dia sama manajernya yang cakep. Eh si nasabah rese itu masih aja ngejar-ngejar dia sampai ke halte bis. Kebetulan manajernya lewat dan diantarlah Kyung-min pulang.

door lock korean movie 2018
tangkapan layar dari VIU
Nah, waktu nganter pulang itu dompet Kyung-min ketinggalan. Dianterin lah ke kamarnya. Jadi Kyung-min yang masih shock makin enggak keruan awalnya saat pintu kamar diketuk. Untunglah manajernya manggil dia dan mengatakan kalau dia mengantar dompetnya. Di sinilah kuterbawa ngeri dan berpikir seperti apa yang dipikirkan Kyung-min. Mikir pak manajernya yang selama ini menyusup. Kyung-min lapor polisi. Polisi datang, dan tahunya pas pintu kamar dibuka, manajernya udah wafat. 

Setelah kepergian pak manajer ini, Kyung-min kehilangan pekerjaannya. Semua orang membicarakannya di bank kecuali sahabat dekatnya, Hyo-Joo. Setelah kasus pembunuhan manajernya itu, dan dia mencurigai nasabah rese. Kyung-min makin mantap pindah apartemen. Nah, pas beres-beres barang, dia menemukan kunci apartemen di kolong meja. Dia cobainlah dari lantai teratas sampai lantai dengan nomor kamar 700 an, dan ketemu dong. Ada kamar yang pintunya berhasil terbuka. Dia masuk ke dalam kamar seseorang. Yang mulanya dia curigai sebagai kamar pelakunya. Nyatanya enggak sesederhana itu gengs.

Penemuan itu justru membawa Kyung-min dan Hyo-Joo dalam bahaya. Terutama Kyung-min sih. Deg-degan parah aku itu di scene dia melihat pelakunya sedang memutilasi seseorang. Terus ketahuan dan dikejar-kejar. Untunglah mereka selamat. Nah, di sini Kyung-min mencurigai si nasabah rese pelakunya. Karena dia punya jam tangan yang sama. Dilaporkan deh ke polisi. 

Akhirnya Kyung-min beneran pindah apartemen karena merasa udah gak aman. Sialnya meskipun pindah apartemen, dan terduga pelaku udah ditangkap. Kyung-min tetap merasa enggak aman. Dia pun memasang kamera tersembunyi berbentuk pinguin yang diberikan Detective Lee. Ya jelas terduganya bebas karena kurang bukti.

Habis ini semuanya makin serem dong. Aku sampe gigit bibir biar gak teriak. Ngeri banget atuhlah. Itu pelakunya psikopat banget. Enggak nyangka banget pelakunya itu yang itu. Bukan si nasabah rese yang kerjanya jadi tukang kayu. Terus di beberapa scene diperlihatkan hal yang bikin Kyung-min pas bangun pagi pusing. Endingnya deg-degan parah. Tapi jelas aku salut sama Kyung-min yang berusaha menyelediki siapa penyusup di kamar apartemennya. Dibantu sama sahabatnya. Jadi Detective sama polisi akhirnya percaya kalau penyusupnya itu nyata. Pokoknya yang suka genre thriller coba deh tonton ini.

Ngomong-ngomong, Door Lock ini remake dari film Sleep Tight (2011) Spanyol. Aku belum pernah nonton, cuma kalau aku baca review yang beredar di mesin telusur. Jalan ceritanya sama. Beda di sudut pandang sama pekerjaan tokohnya. Kalau di Sleep Tight dari sudut pandang pelakunya, kalau Door Lock dari korbannya. Durasi 1 jam 43 menitnya membuatku tegang selalu dong, tapi penasaran ingin nonton sampai akhir.

You May Also Like

2 komentar

  1. salam kenal mbak, ni kategorinya apa ya, drama atau horror ya

    ReplyDelete
  2. Aku harus nontoooooon :D. Kayaknya menarik mba. Makin bikin deg degan, makin seneeeng :D. Di viu yaaa... Udh lama aku ga nonton film yg bnr2 bikin sport jantung ngeliatnya :D.

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)