Hal-hal yang Bisa Mendukung Perkembangan Otak Anak

by - 11:00 PM

Sebagai calon orangtua di masa yang akan datang, akupun punya harapan yang sama seperti orangtua lainnya di muka bumi ini. Ya, aku menginginkan anak yang cerdas dan banyak akalnya. Di mana bagian tubuh yang paling utama untuk mendukung itu adalah otak. Ibarat komputer, otak merupakan sebuah prosesor yang memproses segala informasi untuk kemudian diteruskan ke seluruh tubuh. Untuk itu, mulai dari sekarang, aku mencari informasi seputar hal-hal atau faktor yang bisa mendukung perkembangan otak anak.

Ternyata dari informasi yang kudapatkan, ada banyak hal yang harus diperhatikan juga dilakukan tentunya dalam rangka mendukung perkembangan anak termasuk pada bagian otak. Mulai dari aktivitas fisik hingga asupan makanan bergizi yang mengandung nutrisi penting bagi perkembangan otak anak. Berikut ini yang telah kucatat :

1. Istirahat yang cukup
Aku sengaja mengurutkan istirahat yang cukup atau tidur di urutan pertama, karena tidur yang baik atau istirahat yang cukup itu diperlukan agar dapat beraktivitas atau bergerak secara maksimal. Sebab terasa sendiri lho, sebagai seseorang yang sering tidur larut malam, aku kesulitan atau malas beraktivitas di pagi harinya. Rasanya sunggu letih. Apalagi jika ini terjadi pada anak-anak. Aku rasa itu sungguh tidak baik untuk tumbuh kembang anak jika kurang istirahat.

2. Mengkonsumsi makanan bergizi
Mengkonsumsi makanan bergizi atau kaya akan nutrisi diperlukan dalam proses perkembangan otak anak. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak,  vitamin, zat besi, mineral, kalsium, Iodium. Jenis-jenis bahan makanan yang bisa dipilih pun tergolong mudah didapatkan. Seperti ikan, telur, buah beri, sayuran berwarna, kacang hijau, gandum, hingga selai kacang. Tak hanya bergizi, makanan kaya nutrisi pun tentunya akan menjadi energi untuk anak beraktivitas.

Selain ditunjang dengan mengkonsumsi makanan bergizi atau kaya akan nutrisi. Minum susu untuk perkembangan otak anak juga penting tentunya untuk menambah kecerdasan anak. Apalagi susu yang kaya akan nutrisi seperti Bebelac.

Bebelac sendiri merupakan susu pertumbuhan yang dilengkapi nutrisi seimbang yang dapat mendukung anak tumbuh menjadi anak cerdas dan hebat. Bebelac mengandung banyak energi dan protein, 12 vitamin dan 9 mineral, tinggi kalsium, zat besi, zinc, vitamin D. Bebelac juga mengandung FOS : GOS yang dapat membantu mempertahankan kesehatan saluran cerna. Diperkaya DHA , omega 6 dan omega 3.

4. Melakukan aktivitas sederhana yang seru
Ada banyak aktivitas sederhana namun menyenangkan yang bisa membantu menstimulasi perkembangan otak anak di usia 3 hingga 5 tahun. Di mana kegiatan ini memerlukan koordinasi antar anggota tubuhnya. Jadi anak akan berinteraksi secara verbal, juga belajar memecahkan masalah ataupun mengeluarkan idenya ketika bermain. Selain itu kegiatan ini akan mendekatkan antara anak dengan orangtuanya.

Pilihan aktivitasnya bisa berupa permainan pasir dan air, lego atau mainan blok, petak umpet, masak-masakan, mewarnai, dan membaca buku cerita. Permainan atau aktivitas seru ini tentunya akan membantu menstimulasi perkembangan motorik anak, dan membangkitkan daya imajinasinya.

Nah itu setidaknya beberapa hal-hal yang bisa mendukung dalam perkembangan otak anak, yang informasinya kudapatkan dari beberapa artikel yang kubaca. Juga kudapatkan dari hasil berbincang dengan beberapa ibu-ibu di rumah. Jikalau teman-teman di sini, ada yang tahu hal-hal apalagi yang bisa meningkatkan perkembangan otak anak. Coba bisa bisikkan aku melalui kolom komentar di sini. Agar bertambah pengetahuanku soal hal-hal yang bisa mendukung perkembangan kecerdasan anak.

You May Also Like

0 komentar

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)