1/22/2020

HEMAT LISTRIK

Ketergantungan kita sebagai masyarakat terhadap listrik bisa dikatakan cukup tinggi sekarang ini ya gengs. Sebenarnya bukan hanya listrik saja sih, ketergantungan kita terhadap berbagai energi hasil bumi yang tidak dapat diperbarui untuk keberlangsungan hidup kita juga begitu besar. Apalagi sejak kehadiran gadget sebagai penemuan di bidang informasi dan teknologi yang kini sangat digandrungi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena itu, dengan semakin tingginya kebutuhan ini, sekarang  juga semakin banyak ajakan untuk menghemat listrik.

Kita menyadari, ketergantungan yang tinggi terhadap sumber daya alam ini begitu besar dan enggak menutup kemungkinan suatu saat energi ini akan habis dan enggak bisa diproduksi lagi. Jelas kita akan kesulitan untuk beraktivitas bila pola pikir dan pola hidup kita masih berkutat pada barang-barang hasil kecerdasan buatan manusia ini. Meskipun saat ini sudah ditemukan berbagai energi alternatif yang bisa menggantikan posisi sumber daya alam, seperti listrik dan juga bahan bakar kendaraan. Jumlah energi alternatif ini masih tergolong sangat sedikit bahkan belum ada perusahaan yang memproduksi dan menjualnya kepada masyarakat umum. Secara enggak langsung pun sebenarnya kita diarahkan dengan kurang tepat untuk bergantung pada sumber daya alam yang jelas akan habis suatu saat nanti bila kita enggak segera memutuskan untuk menghemat sumber daya tersebut ataupun menggunakan bantuan energi alternatif.

hemat listrik 

Terlepas dari ada enggaknya perusahaan yang memproduksi energi alternatif di tengah gencarnya permasalahan energi sekarang ini di seluruh dunia. Keberlangsungan hidup setiap manusia sejatinya adalah tanggung jawab diri kita sendiri. Artinya terlepas dari kenyataan bahwa keberadaan dunia yang masih diarahkan untuk bertanggung pada sumber daya alam yang enggak bisa diperbaharui ini, kita sebenarnya bertanggung jawab kepada diri kita sendiri untuk memenuhi kebutuhan dan ketergantungan kita terhadap olahan hasil bumi ini.  Nah, sebenarnya nih, tanpa perlu menyuarakan pendapat maupun didengarkan oleh masyarakat di seluruh dunia mengenai pentingnya menggunakan energi alternatif mulai dari sekarang, kita juga bisa kok membuat perubahan dan menularkan sedikit demi sedikit kepada orang-orang di sekitar kita melalui sebuah kebiasaan hidup yang baik dengan menggunakan berbagai macam energi alternatifnya.

Alternatif lain yang mungkin bisa dilakukan dalam penghematan energi  ini, misalnya kita bisa membeli alat listrik hemat energi yang dikeluarkan salah satunya oleh Sewatama. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan lho. Selain bisa menghemat energi, kita juga bisa menghemat pengeluaran bulanan. Menghemat pengeluaran bulanan juga enggak kalah pentingnya bukan untuk masa depan yang lebih cerah dan menenangkan.

2 comments

  1. Penting banget memang pilih alat2 listrik yang hemat listrik. Trus kita juga menggunakan listrik ini seperlunya ya

    ReplyDelete
  2. betul mba, ya kita juga harus memulai dari diri sendiri sih utk sadar hemat listrik

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)