11 Jan 2020

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Berbagai Jenis Makanan untuk Diabetes yang baik dikonsumsi. Makanan untuk Diabetes menjadi perhatian yang harus dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Sebab, dengan mengkonsumsi berbagai aneka makanan ini, tentu penyakit diabetes ini dapat berkurang maupun untuk kamu yang ingin terhindar dari diabetes. 

Mengkonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mengontrol asupan makanan dan secara tidak langsung dapat mengontrol diabetes. Nah, di bawah ini adalah aneka makanannya :

Aneka Makanan untuk Diabetes

1. Sayuran

Salah satu Makanan untuk Diabetes yang baik dikonsumsi yaitu sayuran. Sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Seperti brokoli, bayam, kembang kol, terong, labu, asparagus, wortel dan juga zucchini. Kandungan yang ada di dalam sayuran ini berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan serat yang tinggi tentunya bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, maka, nafsu makan dan gula darah akan lebih terkontrol.

makanan yang baik untuk penderita diabetes

2. Daging dan Ikan

Makanan untuk diabetes yang tidak kalah baik dan lezat berikutnya adalah daging dan ikan. Kedua makanan ini memiliki kandungan protein tinggi yang sangat penting untuk penderita diabetes. Daging dan ikan juga mengandung serat sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Energi yang tersedia akan lebih lama dan tentunya gula darah akan terkontrol.
 

3. Susu dan Produk Susu

Seperti yang kita ketahui bahwasannya susu itu mengandung kalsium dan juga protein yang tinggi. Di mana kandungan tersebut sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun tentu saja tidak seluruh susu boleh dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Susu yang diperbolehkan yaitu keju parmesan, cottage, ricotta, susu skim atau susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak. Jadi, tak bisa sembarang susu ya teman-teman.
 

4. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh mengandung karbohidrat yang seratnya tinggi. Sehingga gula yang terkandung di dalamnya mudah dicerna oleh tubuh secara perlahan. Inilah beberapa jenis biji-bijian yang dianjurkan untuk penderita diabetes yaitu Quinoa, pasta gandum, roti gandum, oatmeal, amaranth dan millet.
 
Baca Juga: Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan Taurin

Berbagai produk makanan tersebut kini tidak lagi sulit ditemukan. Kamu dapat membelinya secara praktis maupun Langganan Catering agar makan kamu jadi terjadwal. Untuk para penderita diabetes yang berada di Jakarta dan sekitarnya dapat memesan di Gorry Gourmet yang menyajikan berbagai menu Makanan untuk Diabetes yang rendah gula namun tetap lezat untuk dinikmati.

20 comments

  1. Nah baiknya buat yang punya potensi diabetes, pemakanannya harus dijaga. Boleh lah katering untuk sendiri. Karena mengandalkan makanan rumah kadang gak sesuai seleranya dengan anggota keluarga yang lain..

    ReplyDelete
  2. pada dasarnya ternyata nggak jauh beda ya dengan makanan orang yang non diabetes. intinya menu makanan sehat akan berdampak pula pada kesehatan kita.^^

    ReplyDelete
  3. Diabetes salah satu penyakit turunan juga nih. Kebetulan papaku diabetes, maka anak-anaknya sekarang dalam status warning karena kami berlima ada gen diabetes juga. Masalahnya akunya nih yang susah masih untuk mengurangi asupan gula, secara ngopinya kenceng banget. Tapi abis baca artikel ini, sepertinya aku mesti mulai juga konsumsi makanan-makanan sehat ini sambil berusaha keras mengurangi konsumsi gula

    ReplyDelete
  4. Kakekku diabetes, tapi dietnya kenceng, dan tiap pagi dulu rajin jalan kaki 2 km. Konsisten engga nasi, tapi kentang. Dan lauknya rebusan. Duh...aku hrs belajar nih...

    ReplyDelete
  5. Saya berasal dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes, karena saya memiliki kemungkinan besar akan diabetes turunan maka saya selalu melakukan tes darah setiap tahunnya dan alhamdulillah saya bebas dari diabetes, walaupun tidak memiliki penyakit diabetes saya selalu menjaga pola makan setiap harinya.

    ReplyDelete
  6. waaah para penderita diabetes bagusnya makan oatmeal ya. sip, abis ini bakal beli buat ayah. selama ini bingung cemilannya apa ya, bikin cookies dr oatmeal jadi aman baginya kan

    ReplyDelete
  7. Aku saat ini kalo setiap sarapan, udah mulai mengurangi asupan nasi putih dan menggantinya dengan oatmeal. Apalagi kehadiran sayuran hijau berguna banget bagi kesehatan dan tentunya untuk yg terkena Diabetes

    ReplyDelete
  8. Di jakarta semua ada, ya, sampai langganan catering tuk diabetes. Memang kebutuhan akan menu ini cukup banyak sehingga dijawab dengan usaha. Keren. Inovatif.

    ReplyDelete
  9. Kalau ada yang meng kususkan diri menjadi penyedia makanan untuk penderita diabetes, jadi memudahkan ya. Nggak perlu repot-repot memilih menu, nggak perlu repot cari info makanan ini itu boleh atau nggak, tinggal pesan aja

    ReplyDelete
  10. Kata orang kalau sudah kena diabetes susah banget untuk makan enak hehe

    ReplyDelete
  11. Penderita DM, ga boleh makan sembarangan.... taoi untuk beberapa kota besar pilihan Langganan katering sudah tersedia kok... beberapa teman menggunakan jasa ini, lumayan terkontrol kesehatan mereka.

    ReplyDelete
  12. Susu ini susu segar dan non tambahan pemanis ya mbak Gilang? Oatmeal saat ini sudah mudah diperoleh di Indonesia, memang sebaiknya terus dikenalkan kepada diabetesi.

    ReplyDelete
  13. Saudara saya mengalami diabetes tapi makanannya tidak berusaha di kontrol dan akhirnya sering masuk RS. Sebenarnya tujuan menjaga makanan adalah untuk menjaga keseimbangan asupan tubuh sehingga kita tetap bisa mengendalikan penyakit yang diderita.

    ReplyDelete
  14. Benar mbak, sebaiknya bagi penderita diabetes harus menjaga pola makan. Dan makanan yg baik untuk dikonsumsi utamanya sayur-sayuran

    ReplyDelete
  15. Ibuku nih, sejak kena diabetes makanannya jadi terbatas dan hati-hati sekali
    Memang sih sebenarnya mengkonsumsi apapun jangan berlebihan, semua ada takarannya

    ReplyDelete
  16. Satu hal lagi sering berolahraga agar tidak terkena penderita diabetes dan jadi hidup sehat selalu hehe

    ReplyDelete
  17. Kalau penderita diabetes itu dianjurkan menghindari gula ya Mbak. Tidak hanya gula beneran, nasi pun mesti dikurangi karena mengandung glukosa

    ReplyDelete
  18. kalau sudah terserang suatu penyakit memang tidak enak. kebebasan kita seakan-akan terbatasi. apalagi bagi penderita diabetes yang harus benar-benar mengontrol makanannya...

    ReplyDelete
  19. Makanan untuk pemderita diabetes memang harus diatur ya...agar bisa mengontrol kadar gulanya. Untungnya sudah ada katering yang menyediakan menu khusus penderita diabetes. Praktis dan sangat membantu.

    ReplyDelete
  20. Kmren ibu aku belikan alat buat periksa kadar gula. Eh trnyata tinggi. Begitu pula pas periksa..
    Akhirnya skrg ibu hanya makan sayur dan nasi merah tiap hari.. Moga stabik terus gulanya. Mksih mbakk

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon