1/10/2020

Manfaat Karet Gelang | Selain Mengikat

Benda lentur bernama karet gelang yang satu ini tentu sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama saat kita membeli makanan yang dibungkus kertas nasi, seperti nasi uduk, nasi kuning, nasi goreng, gado-gado, ketoprak, lotek dan masih banyak lagi yang lainnya.

Biasanya saat memesan aneka makanan tersebut dalam jumlah banyak dan tingkat pedasnya berbeda, maka diberikan tanda menggunakan ekstra karet pada pembungkusnya. Yang pedas biasanya berkaret dua. Walau sekarang ini lebih banyak yang menggunakan staples sih daripada karet gelang.

karet gelang

Selain itu, penggunaan karet gelang biasanya terlihat pada plastik pembungkus minyak curah, dan plastik pembungkus minuman seperti cendol, cingcau ataupun goyobod. Namun, selain sebagai pengikat suatu kemasan, nyatanya karet gelang punya banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari lho.

Dari mulai yang memudahkan sampai menyehatkan. Nah, dalam blogpost kali ini aku akan membahasnya satu persatu. Berdasarkan pengalaman aku ya. Ku juga akan melampirkannya reviewnya dalam bentuk video, kutaruh di tengah-tengah ya.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai cuap-cuap mengenai fungsi karet gelang yang biasanya teronggok atau bahkan berserakan di dapur rumah :

1. Mempermudah membuka halaman buku dan menghitung lembaran uang
Siapa yang suka kesal kalau mau buka halaman buku tapi susah, atau sedang menghitung lembaran uang tapi malah uangnya menempel satu sama lain. Nah, daripada menjilat jari telunjuk untuk memudahkannya, kamu bisa menggunakan karet yang yang diikat sampai habis di jari telunjuk.

2. Membuat buku tidak terlipat saat dimasukkan ke dalam tas
Hobi bawa buku bacaan ke mana-mana dan dimasukkan ke dalam tas. Suka sedih enggak sih kalau bagian ujung bukunya jadi terlipat. Nah, supaya aman, kamu bisa menggunakan karet gelang untuk membuat bukunya tetap rapi saat dimasukkan ke dalam tas dengan cara menempatkannya secara horizontal di dekat pinggiran bukunya. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di videoku ya. 

3. Menjadi karet penghapus untuk tulisan menggunakan pensil
Daripada kamu meminjam penghapus orang lain tapi lupa mengembalikkan, lebih baik kamu pakai penghapus dari karet gelang. Caranya sederhana banget kok. Tinggal ikatkan karet gelang pada bagian bawah pensil sampai habis. Namun, penghapus ini enggak cocok kalau untuk ujian ya gengs.

4. Bisa untuk permainan loncat tali dan olahraga skipping
Aku yakin di masa kecil, hampir semua anak pernah bermain loncat tali. Nah, tali untuk loncatnya ini terbuat dari hasil menyatukan karet gelang. Selain untuk main loncat tali, bisa untuk olahraga skipping juga lho. 

5. Pengunci tutup gelas buatan
Enggak punya tutup gelas di rumah. Eits enggak pa-pa sih, cuma agak beresiko habis minum dihinggapi lalat atau dimasukki debu tak kasat mata. Biar hemat, penutupnya bisa dibuat sendiri dari tisu, plastik ataupun kertas. Ikat deh dengan karet gelang.


6. Solusi untuk kacamata agar tak melorot
Suka sebal kan ya kalau batang kacamata mulai susah diajak kompromi. Jadinya melorot-lorot gitu ke hidung. Nah, untuk mensiasatinya. Kamu bisa mengikatkan karet gelang di kedua sisi dekat ujung batangnya.

7. Dibuat ketapel tangan
Waktu masih kecil, aku paling bahagia lho kalau nemu karet gelang. Kenapa, selain bisa dibuat untuk loncat tali, bisa untuk menjaili atau iseng pada orang lain. Dijadikan ketapel gitu. Lumayan menyakitkan lho kena ketapel karet gelang ini.

8. Solusi sendok sayur tak berenang
Sendok sayur yang melengkung itu tak semuanya memiliki batang yang berbentuk pengait. Jadi, yang batangnya lurus-lurus aja, biasanya suka berenang gitu kalau ditempatkan di dalam mangkuk. Untuk membuatnya enggak berenang, bisa lho mengikatkan karet gelang di dekat ujung batang atasnya. 

9. Membuat barang bawaan lebih rapi
Aku adalah jenis manusia yang paling ribet urusan packing baju. Bawaannya harus pakai tas yang besar gitu. Makanya kumencari cara supaya baju ganti untuk tiga hari muat dalam satu tas ukuran sedang. Caranya digulung lalu diikat karet gelang. Selain tas lebih lapang, baju juga ternyata lebih rapi lho.

Selain yang kusebutkan di atas, masih banyak lho fungsi karet gelang lainnya yang mempermudah hidup, namun belum sempat kucoba. Seperti menjadikannya pembatas supaya cat dari kuas yang dicelupkan tidak luber ke mana-mana. mempermudah membuka tutup selai, penanda gelas, dibuat menyerupai beberapa menara, kunci lemari yang rusak hingga membuat apel yang dipotong tetap segar. Namun yang paling sering kugunakan sih dijadikan ikat rambut darurat. Enggak ngerti lagi aku paling teledor menyimpan ikatan rambut.

4 comments

  1. Banyak banget emang fungsinya karet gelang itu. Makanya suka saya kumpulin kalo dapat dari penjual nasi goreng dan semacamnya, hahah..

    ReplyDelete
  2. Karet gelang biasanya aku bikin iket kabel charger wkwkwkkw. Kalau jaman sekolah dulu sampe beli seplastik trs dibikin jd mainan karet gt. Seruuu deh.

    ReplyDelete
  3. Begitu banyak manfaat gelang karet ya. Aku masih sering make untuk ngiket rambut. Hehe

    Jaman kecil punya banyaak buat mainan sama temen temen. Terus bangga kalo bisa punya banyak karet tu.

    ReplyDelete
  4. Iya karet gelang perlu banget ada, biasanya dapat gratisan dari bungkus gadogado, yang pedes karetnya dua hehehe

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)