Menciptakan Kamar Hotel Sederhana di Rumah

by - 10:54 PM

Untuk meningkatkan kualitas tidur bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menciptakan kamar hotel sederhana di rumah. Sebab tidak dipungkiri jika kamar hotel, terutama hotel berbintang itu bisa membuat tidur jadi lebih pulas karena kenyamanannya. Selain banyaknya tipe kamar yang bisa dipilih, design interiornya serta tata letak furniturnya pun bisa memengaruhi suasana hati dan pikiran untuk lebih tenang atau santai. Sehingga  kita bisa melupakan sejenak keriuhan yang terjadi di sekitar kita. Jadi, agar bisa menikmati kenyamanan itu setiap hari, tidak ada salahnya bukan untuk menciptakan suasana kamar hotel sederhana di rumah. Agar ketika pulang dan menjelang jam tidur, suasana hati yang kurang baik selepas pulang bekerja bisa terobati dengan kenyamanan istirahat di kamar hotel versi rumah tangga. Apalagi jika bisa pillow talk dengan nyaman sebelum tidur bersama teman hidup.

kamar hotel sederhana
Sebelum menciptakan kamar hotel sederhana di rumah, tentu kamu harus  mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan design kamarnya. Dari mulai tipe kamar dan dekorasi seperti apa yang diinginkan. Apakah minimalis, glamour, ataukah kamar ala-ala sultan yang selain luas, terdapat banyak furnitur yang membuatnya terlihat bahkan terasa mewah. Manapun yang dipilih, sah-sah saja. Namun, tentunya harus disesuaikan dengan ukuran kamar yang dimiliki ya. Juga harus dipersiapkan sedikit dana untuk merenovasi atau mengganti beberapa benda di dalam kamar. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa  dilakukan untuk menciptakan suasana kamar hotel di rumah :

1. Pilih warna ruangan yang netral
Sebagian besar hotel, biasanya menggunakan warna yang netral untuk dindingnya. Seperti warna putih, cokelat, dan sentuhan warna hitam juga abu-abu yang membuat ruangan terkesan sederhana namun tetap mewah dan nyaman untuk dipandang mata.

2. Ganti kasur atau tempat tidur lama juga bantalnya
Kasur ataupun tempat tidur merupakan hal paling utama yang dapat menjaga bahkan meningkatkan kualitas tidur nyenyak adalah pilihan kasur atau tempat tidur. Di mana, selain kenyamanan (kasur empuk) dibutuhkan juga kesesuaian antara besarnya kasur dengan ruangan yang dimiliki. Jenis kasurnya sendiri bisa dipilih mau yang single bed untuk kamu yang masih sendiri. Twin bed untuk kamu yang berbagi kamar dengan saudara di rumah. Double bed yang cocok untuk kamu yang sudah berpasangan.

Selain mengganti kasur lama dengan yang baru, jangan lupa untuk mengganti bantalnya juga. Beli atau pilihlah yang mirip dengan bantal di hotel. Jangan lupa untuk rutin mengganti bantalnya agar terhindar dari sakit leher.

3. Pilih seprai berwarna netral
Selain ruangan yang berwarna netral, untuk menciptakan suasana yang  terasa menenangkan dan terkesan romantis bak di hotel berbintang, pilih juga seprai yang berwarna netral. Antara putih, abu-abu ataupun krem. Lengkapi dengan bed cover berbahan halus dan nyaman.

4. Perhatikan Pencahayaan
Jika diperhatikan dan juga dirasakan, pencahayaan di dalam kamar hotel itu sungguh pas. Tidak gelap, namun juga tidak menyolok mata. Ya, gunakanlah pencahayaan secara tidak langsung yang akan membuat mata terasa nyaman. Biasanya pencahayaan warm white (sedikit kuning) yang digunakan di kamar hotel.

5. Tambahkan furnitur atau aksesoris tambahan
Untuk menciptakan kamar yang mirip dengan kamar hotel, maka tambahkanlah furnitur atau aksesoris seperti hiasan dinding, karpet di dekat tempat tidur, cermin yang cukup besar agar membuat ruangan terlihat luas, dan juga sebuah sofa untuk kamarmu yang ukurannya luas. 

Jadi, siapkah kamu untuk menciptakan kamar hotel sederhana di rumah sendiri. Ataukah masih betah dengan kamarmu saat ini. 

You May Also Like

19 komentar

  1. Bisa diterapin nih nanti untuk kamar sendiri. Sebagai orang yang belum berkeluarga dan kerja di tempat yang jauh dari rumah, kayaknya tips ini juga berlaku untuk kamar kos deh. Tapi mungkin yang bisa diatur ya paling kasur dan penataan ruang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya dibuat senyaman mungkin aja kasur dan penataan kamar kosnya :)

      Delete
  2. Pernah kepikiran juga ganti seprei di rumah jd warna putih ala hotel. Secara anakku tuh hobi banget ngajakin ke hotel. Kan boros. Hahaha. Tapi belum terlaksana, masih kepikiran sepreinya gampang kotor hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sama sih mbak, aku pun belum berani pakai sprei putih, malah lebih suka abu-abu atau cokelat biar gak gampang kotor :D

      Delete
  3. Idenya boleh juga nih mbak. Selama ini memang belum pernah coba sih membuat kamar sendiri layaknya kamar hotel hehe

    ReplyDelete
  4. Punya kamar kaya hotel mah jadi ga pengen keluar kamar hehe. Thanks tipsnya!

    ReplyDelete
  5. betul juga, bila ini kita terapkan pasti asik tuhh.. dengan suasana kamar seperti kamar hotel, bisa menjadikan kita makin betah dan tidurpun menjadi nyaman..

    ReplyDelete
  6. Kadang saya mikir, masuk hotel itu, walaupun cuma city hotel kok kesannya ya rapi terus yak. Kadang saya nginap di hotel yang kamarnya justru lebih kecil dari kamar tidur saya di rumah. Tapi kok ya rapinya beda. Hahaha. Tipsnya bagus nih mba. Kalo kamar rapi, kita bobok juga nyaman.

    ReplyDelete
  7. Aku dulu jaman masih semangat bangun rumah, punya rencana yg sama. Misalnya pengen beli bed sheet yang kayak d hotel.Eh ternyata lapisannya banyak dan tebel. Selain jatuhnya mahal, perawatannya euy bikin males ntr kalo nyuci dan jemurnya.

    ReplyDelete
  8. Menginspirasi banget mbak, sejujurnya saya pengen banget ngedekor kamar biar ala" apartemen atau hotel gitu tapi waktunya belum ada hehe

    ReplyDelete
  9. Baca ini jadi pengen renovasi rumah deh jadinya
    Kalau kamar didesain kayak hotel gitu, bisa-bisa aku jadi kaum rebahan terus hahahaha

    Aku tuh pengennya kamar mandi yang desainnya kayak di hotel-hotel. Kayaknya asyik banhey

    ReplyDelete
  10. kamar di rumah jadi pingin seperti kamar di hotel dengan interior yang minimalis dan modern menjadikan kita betah di rumah.

    ReplyDelete
  11. Kamar memang tempat beristirahat yang paling favorit, dan nampaknya ini ide yang bagus.
    Mengingat terkadang merasa jenuh dengan suasana itu-itu aja.

    Sesekali ubah dengan tampilan kamar yang berbeda pasti semakin membuat tidur semakin nyenyak, ehh tapi jangan lupa tuk bangun. Hehe

    ReplyDelete
  12. Nah, saya banget ini Teh..kamar tidur wajib kayak hotel, secara udah capek kerja n ngurus anak, tidur itu harus berkualitas. Istirahat di kamar mesti nyaman n serasa di hotel, hehe.

    ReplyDelete
  13. Wah bahaya sih kalau kamarku seperti ini. Bisa-bisa betah di kasur seharian haha. Btw mantap tips nya

    ReplyDelete
  14. Jadi teringat kamar kami yang jauh bentukannya dari kamar hotel. Tapi membuat kamar di rumah seperti kamar hotel bukan hal yang sulit ya Mbak. Bisa diterapkan tips-tips di atas

    ReplyDelete
  15. boleh juga nih idenya, tanpa harus renov rumah ya, cukup mengubah tata letaknya saja

    ReplyDelete
  16. Pengen nih menata kamar tidur kayak kamar hotel. Means, banyak menghibahkan barang-barang engga perlu. Numpuk nih...Eh, tapi mebelnya warisan mertua nih, dah jadul banget deh...Haha...

    ReplyDelete
  17. Mau aja sih, cuma belum ada budgetnya. Karena harus mengganti tempat tidur, bantal baru dan lain sebagainya.

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)