2/28/2020

Deretan Lagu Andmesh Yang Bikin Nyaman

Jujur aja aku udah enggak lagi mengikuti perkembangan musik dan lagu-lagu baru baik dari musisi dalam negeri maupun luar negeri sejak akhir tahun 2013. Pokoknya ketertarikanku dengan lagu baru enggak sebesar waktu masih usia belasan. Malahan aku lebih kepo ke musik zaman dulu. Bisa dibilang selain kudet, aku juga jadi out of date. Makanya suka bingung saat enggak sengaja denger musik yang nyaman di telingaku pas lewat di suatu tempat atau dari rumah tetangga lha minimal. Untung ada google, cari deh potongan liriknya lalu bertemulah ku dengan judul lagunya. Tapi untuk lagu-lagunya Andmesh Kamaleng bukan kudengar dari tetangga sih, secara tetangga banyaknya muterin lagu dangdut.

Lagu-lagu Andmesh jujur aja aku dengarkan karena LangitMusik bikin kuis streaming dan share Lagu Cinta Andmesh yang bertaburan hadiah. Ya walaupun akhirnya ku enggak menang hadiah utamanya, setidaknya aku jadi tahu kalau suaranya Andmesh dan lagu-lagunya itu cocok sama kupingku, liriknya sederhana tapi mendalam. Walau ada juga yang hiperbola liriknya di judul lagu yang Cinta Luar Biasa.

lagu cinta andmesh

Ngomong-ngomong soal Andmesh ini, ku baru sadar kalau dia adalah juara Rising Star musim 2016-2017 (sumber : wikipedia). Baru berusia 22 tahun tapi udah masuk 5 nominasi di Billboard IMA 2020 dan menyabet 3 piala (juara di 3 nominasi). Di tahun 2019 juga masuk 2 nominasi AMI awards dan menang di salah satu nominasi. Terus menang juga di Mnet Asian Music Award dengan nominasi Best Asian Artis Indonesia. Lagunya juga ada yang dicover NCT 127.

Ya udah, ya udah, kenapa aku malah bahas prestasinya sih. Oke, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah deretan lagu Andmesh Kamaleng yang aku dengarkan dari playlist Lagu Cinta Andmesh di aplikasi LangitMusik dan jujur aja aku suka semuanya. Tapi ku akan urutkan dari yang aku suka banget :

1. Senyumlah
//Bila banyak masalah hidupmu
Ku harap dirimu tak usah mengeluh
Percaya dan yakinkan dirimu
Kau bisa mengubah keluh jadi senyum

Tak ada satupun manusia
Yang tak pernah disinggahi masalah
Mungkin inilah cara yang kuasa
Menjadikanmu lebih dari dewasa//

Itu hanyalah sebagian liriknya, tapi buat aku liriknya jadi pengingat buat aku. Buat lebih banyak bersyukur dan kalau melihat itu harus seimbang antara ke atas sama ke bawah. Terus di saat nanti udah bahagia harus tetap ingat kalau di masa lalu pernah melewati masa-masa sulit. Lebih bagus kalau nantinya bisa diceritakan ke orang lain agar memotivasi. Gitu yang kutangkap dari liriknya. 

2. Nyaman
// Lama sudah kumenanti
Banyak cinta datang dan pergi
Tapi tak pernah aku senyaman ini
Mungkin dirimulah cinta sejati 

........

Cintamu senyaman mentari pagi
Seperti pelangi slalu kunanti
Cintamu tak akan pernah terganti
Selamanya di hati
Aku bahagia milikimu seutuhnya.//

Itu sebagian liriknya dan aku senyum-senyum sendiri mendengar lagunya. Ya gimana, beberapa saat eh bulan yang lalu aku sempat merasa nyaman dengan seseorang walaupun akhirnya enggak bisa memilikiny seutuhnya. Sepertinya cintaku juga bertepuk sebelah tangan, tapi asli aku suka lagu ini. Romantis.

3. Kumau Dia
// Kuharap semua ini bukan sekedar harapan
Dan juga harapan ini bukan sekedar khayalan
.......................................................

Ku mau dia tak mau yang lain
.................................................

Bukan kumemaksa oh Tuhan
Tapi kucinta dia//

Itulah bagian-bagian lirik yang masuk ke aku. Maunya sama dia, walaupun pada akhirnya di aku mah jadinya hanya sekadar harapan dan khayalan. 

4. Cinta Luar Biasa
// Waktu pertama kali
Kulihat dirimu hadir
Rasa hati ini inginkan dirimu
Hati tenang mendengar
Suara indah menyapa
Geloranya hati ini tak kusangka
Rasa ini tak tertahan
Hati ini slalu untukmu//

Ini salah satu lagu terhits dan dicover sama personil NCT gengs. Masuk banyak nominasi juga. Tapi emang enak sih lagunya, liriknya juga sederhana tapi dalem. Walau ada lirik yang hiperbola itu :

"Aku tak punya bunga
Aku tak punya harta
Yang kupunya hanyalah hati yang setia
Tulus padamu."

Tapi yang kutangkap sih dari lirik itu, dengan hati yang setia dan tulus pada seseorang, tentunya akan membuat dia berusaha memberikan yang terbaik pada si seseorangnya itu kan. Seperti sebuah kutipan yang kudapatkan dari Buku Petualangan Seperempat Abad - Haris Firmansyah yang berbunyi : 

"Padahal lelaki yang punya kasih sayang tulus nggak bakal membiarkan perempuannya bersusah hati." - Hal 113

5. Hanya Rindu
//Saat ku sendiri kulihat foto dan video
Bersamamu yang tlah lama kusimpan
Hancur hati ini melihat semua gambar diri
Yang tak bisa kuulang kembali

Kuingin saat ini engkau ada di sini
Tertawa bersamaku seperti dulu lagi
...................//

Enggak tahu kenapa yang namanya lagu berisika rasa rindu kepada seseorang itu suka bikin aku kepincut, termasuk lagu rindu ala Andmesh yang satu ini. Faktanya kalau lagi rindu sama seseorang spesial aku suka melihat fotonya dia terus berharap ada dia di sampingku.

6. Jangan Lupakan Aku
//Ku di sini merindukanmu sangat rindu
Apakah engkau begitu oh sayangku
Bukan berarti ku di sini kumeragukanmu
Oh sayangku jangan kau lupakan aku.//

Ini juga enggak kalah dalem dan romantisnya. Ketika ketemu seseorang, merasa nyaman, lalu mesti terpisah jarak (semacam LDR lha ya) jadinya rindu dan bertanya-tanya seseorang itu rindu juga enggak dan berharap akunya enggak dilupakan.

7. Jangan Rubah Takdirku
//Tuhan ku cinta dia 
Ku ingin bersamanya
Ku ingin habiskan napas ini berdua dengannya

Jangan rubah takdirku
Satukanlah hatiku dengan hatinya
Bersama sampai akhir//

Sesuai banget kan kalau lagi cinta atau ngarep sama seseorang pasti pengennya bareng dia terus, menghabiskan waktu sama dia, dan bersama-sama selamanya. Gemes aku sama lagunya.

8. Sampai Tua Nanti
//Oh percayalah sayang
Hatiku ini hanya untukmu
Berjalanlah bersamaku
Kita nikmati indahnya cinta

Sayangku, cintaku
kuberuntung jadi pemilik hatimu
Sayang kamu cinta kamu
kuberjanji tak akan permainkanmu
Tetap bersamaku sayang
Sampai tua nanti.//

Meleleh aku kalau ada yang nyanyiin eh bilang begini nanti pas ketemu mas jodoh. Biarkan jomlo yang masih single ini berhalusinasi tingkat tinggi.

Sebenarnya di playlist itu ada 9, tapi satu lagi Cinta Luar Biasa versi akustik jadi enggak kutulis ulang karena jelas aama ya gengs. Gimana, kamu suka juga enggak sama lagunya Andmesh, atau baru mau mendengarkannya. Coba nanti bisikkan aku kamu suka yang mana.

2/26/2020

NIVEA Strawberry Shine With Natural Oils

Sebelumnya aku udah mencoba Nivea Lip Butter yang varian Raspberry Rose untuk membantu melembabkan bibirku yang kulitnya pecah-pecah. Akan tetapi sebagai seorang manusia yang penuh dengan dosa ini, aku kurang puas. Kurang puasnya karena meresap ke bibirnya butuh waktu yang cukup lama dan lambat laun ingin kemasan yang lebih praktis. Jadi, bertemulah aku dengan Lip Balm NIVEA Strawberry Shine ini.

Nivea Strawberry Shine With Natural Oils

NIVEA Strawberry Shine ini beratnya 4,8 g dan terdiri dari kemasan luarnya yang bisa digantung juga kemasan lip balmnya yang mirip lipstick dengan perpaduan warna merah dan putih. Enggak tahu kenapa, aku selalu merasa NIVEA itu kemasannya biasa aja, sederhana tapi produknya selalu berhasil memikat aku buat beli. Harganya direntang 15 hingga 25 ribu tergantung tempat belinya.
Komposisi : Ricinus Communis Seed Oil, Polyisobutene, Octyldodecanol, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Hydrogenated Polydecene, Candelilla Cera, Butyrospermum Parkii Butter, Cera Microcristallina, Isopropyl Palmitate, Synthetic Wax, Polyglyceryl-3 Diisostearate, Glycerin, Glyceryl Glucoside, Aqua, Fragaria Ananassa Fruit Juice, Mica, Propylene Glycol, BHT, Aroma, CI 15985, CI 77891, CI 15850

Nivea Lipbalm

Lip balm Nivea yang satu ini punya bahan-bahan istimewa gengs. Dari mulai Avocado Oil, Minyak Jojoba, HYDRA IQ, sampai UVA/UVB filter. Di bagian depan kemasan luarnya terdapat deretan nomor BPOM dan udah kucek. Produk impor yang satu ini udah terdaftar, jadi enggak was-was untuk dicoba. Lagi pula di belakang kemasan ada keterangan bahwa produk ini sudah teruji secara dermatologi. Cuma untuk logo halal MUI ya belum ada. Untuk tanggal kadaluwarsa tercetak di bawah kemasan lip balmnya.

Nivea Strawberry Shine Lipbalm
Klaim/ Manfaat : 1. Membuat bibir terlihat glossy memikat dengan aroma strawberry yang segar. 2. Melembapkan bibir lebih lama dengan kandungan minyak jojoba dan avocado. 3. Bibir tampak cantik dan sehat seharian
nivea with natural oils lipbalm

NIVEA Strawberry Shine Lip Balm ini mengklaim bahwa 24 jam melt-in moisture. Jadi, lembab selama 24 jam dengan aturan diulang diaplikasikan ke bibir setelah 6-8 jam. Lip balmnya berwarna merah ala buah stroberi, aromanya pun rasa stroberi. Cuma ya jangan dimakan juga karena rasanya enggak enak, enggak manis. Sementara itu saat diaplikasikan ke bibir, bibir jadi ada warnanya merahnya sedikit dan lebih glossy. Walaupun glossy, buat aku dia lebih cepat terserap kulit dan bisa jadi penyelamat banget saat bibir kurang sehat. Mudah dibawa ke mana-mana juga tentunya dan lebih higienis karena langsung dioles ke bibir tanpa tersentuh jemari.

2/19/2020

Belajar Dari Rumput Tetangga 2019

Mungkin bukan cuma aku satu-satunya manusia di dunia yang suka punya pikiran, "wah enak ya jadi si x, hidupnya bergelimang harta, karirnya moncer, cerdas, pasangannya juga sempurna!" Jika melihat seseorang di lingkungan terdekat hidupnya 'terlihat' sangat sempurna dari berbagai aspek. Sementara akunya ya begini-begini aja. Bisa dibilang seujung kukunya dia pun enggak ada. Hidup dengan penuh rasa bosan dan penyesalan. Kemudian berandai-andai waktu bisa diputar ulang atau setidaknya ingin merasakan menjadi si x.

Adalah Kirana (Titi Kamal), yang alih-alih dipanggil sayang atau panggilan sayang lainnya oleh sang suami Ben (Raffi Ahmad) malah dipanggil Kir merasa jenuh dengan hidupnya sebagai ibu rumah tangga dengan dua anak berusia sekolah dasar. Dia merasa iri dengan kehidupan tetangganya Lidya dan juga teman sekolahnya dulu, Diana (Donita). Diana sendiri merupakan bekerja di bidang Public Relation (PR) dan karirnya sukses. Sering bolak-balik ke luar negeri dan juga punya klien-klien penting.

Di tengah kejenuhannya sebagai ibu rumah tangga, Kirana juga dihadapkan pada kenyataan bahwa putranya mengidap diseleksia. Pokoknya rasanya dunia sungguh tak berpihak padanya. Belum lagi ART nya yang enggan kembali bekerja di rumah mereka karena Kirana sering komplain soal pekerjaannya. 

Saat bertemu dengan Diana yang baru pulang dari luar negeri, kejenuhan atau bisa dibilang rasa penyesalan Kirana semakin menjadi-jadi. Soalnya Diana ini semacam kayak meracuni Kirana dan membuat Kirana makin iri dengan kehidupan teman-teman satu gengnya saat sekolah. Ada yang punya usaha rendang kalengan sukses lha, dan lain sebagainya. Diana juga sering mengingatkan sayang banget ya Kirana yang di sekolah prestasinya paling bagus, aktif di OSIS tapi cuma ibu rumah tangga aja.

belajar dari rumput tetangga 2019
Selain meracuni Kirana, Diana juga membujuknya untuk ikut reuni tahunan di mana biasanya Kirana dan Ben enggak pernah hadir. Diana bilang Kirana harus datang karena Diana yang merancang acaranya. Akhirnya Kirana datang bersama Ben. Lalu diajak Diana untuk bergabung dengan teman-teman satu geng mereka dulu. Di sanalah Diana berbohong pada teman-temannya, menyatakan bahwa Kirana tak hanya ibu rumah tangga, tapi juga PR konsultan yang hebat. Kirana jadi enggak nyaman. Apalagi saat bertemu seseorang bernama Tama (yang naksir dia dulu) dan berharap Kirana bisa membantunya sebagai PR untuk pencalonannya sebagai wakil wali kota.

Merasa semakin tak nyaman, Kirana keluar dari ingar-bingar reuni, lalu enggak sengaja mendatangi stand tukang ramal bernama madam Srimenyan. Di sanalah semuanya dimulai. Saat Kirana menumpahkan segala penyesalannya dan mendapatkan selembar kartu yang jika warnanya berubah merah maka nasib Kirana bisa berubah.

***
Yash, seperti FTV yang pernah kutonton, di film Rumput Tetangga ini, Kirana dan Diana bertukar nasib. Kirana jadi PR konsultan yang punya kantor sendiri, tinggal di apartemen mewah, punya asisten adik kelas waktu sekolah bernama Hendra (Gading Martin), mobilnya pun ada banyak. Sementara Diana jadi istri Ben, punya dua anak dan seorang ibu rumah tangga. Hendra yang tadinya supir Diana berubah jadi asisten Kirana. 

Mulanya tentu saja Kirana senang, bahkan dia bingung sendiri ketika tahu dirinya punya kantor, klien artis yang disukainya, bahkan dia mengubah suasana kantor yang tadinya super serius jadi santai. Semua orang menyukainya. Kirana juga tentu saja bahagia bisa merasakan apa yang diinginkannya selama ini. Lulus kuliah enggak langsung nikah, dan karirnya moncer. Namun, keesokan harinya, ketika dia berharap kembali pada kehidupannya sebagai ibu rumah tangga tapi dia tetap jadi Kirana yang belum menikah. Di sanalah Kirana merasa frustrasi. Dia rindu keluarganya, rindu Ben dan juga anak-anaknya. Juga merasa sebal ketika tahu Diana yang bertukar posisi jadi dirinya, dipanggil Mami pula oleh Ben.

Film berdurasi 100 menitan ini kalau boleh jujur banyak adegan-adegan yang terkesan membosankan dan enggak ada pun ya udah enggak pa-pa. Namun dibalik itu semua ada hikmah ada pembelajaran yang bisa diambil dari film ini dan relate banget sama kehidupan di dunia nyata. Ya, enggak boleh iri sama kehidupannya tetangga atau teman yang sukses. Kan kita enggak tahu dia mulainya dari mana, cara dia berkembang kayak gimana. Juga cara dia bertahan di posisi tersebut gimana. 

Seperti halnya Kirana dan Diana yang enggak tahu menahu proses masing-masing jadi seperti itu gimana. Kalau tiba-tiba bertukar tempat jadinya bingung juga satu sama lain. Aku jujur aja enggak bisa nebak eh bisa dibilang terkecoh kenapa Kirana susah balik ke posisinya yang dulu, enggak menduga sama ganjalannya. Enggak menduga juga kalau Diana ternyata masih suka Ben sekalipun Ben nolak dia karena sukanya sama Kirana. 

Jadi, akhirnya mereka bisa kembali ke tempat asalnya enggak eh posisi masing-masing? Tonton sendiri aja ya biar greget. Secara keseluruhan film ini mengajak kita eh aku untuk bersyukur dengan kehidupan yang dimiliki. Jangan iri dengan kehidupan orang lain yang terlihat sempurna karena ya itu kita eh aku enggak tahu awal mula si X meniti jalan menuju kesuksesan dan apa yang dimilikinya saat ini itu gimana. Lagi pula Tuhan tahu mana yang terbaik untuk makhluk ciptaannya bukan. Yuk berpikir positif aja! Ini lagi ngingetin diri sendiri lho ya. 

Psst, filmnya bisa ditonton gratis di HOOQ

2/17/2020

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Sejak kecil, aku memiliki masalah telapak tangan berkeringat. Mungkin salah satu di antara kalian pun mempunyai masalah yang sama sepertiku. Jadi, kalau memegang atau menggenggam sesuatu terlalu lama, ujung-ujungnya si benda atau sesuatu tersebut jadi basah oleh keringat. Maka dari itu aku tidak suka kalau harus berlama-lama memegang suatu benda, termasuk crayon, spidol, ataupun kapur tulis. Sebab menghasilkan telapak tangan yang belepotan dan cukup sulit untuk dibersihkan. Oleh karena ini juga, aku pun tak pernah tertarik ikut perlombaan yang mengandalkan kekuatan tangan, seperti tarik tambang, mewarnai dan hal-hal lainnya. Walau tetap sih pernah ikut lomba mewarnai.

Walaupun sudah mengalami hal ini sejak masih kecil, aku tentunya tak pernah memikirkan hal yang macam-macam tentang telapak tangan berkeringat ini.  Tidak tertarik juga untuk mencari tahu penyebabnya apa, sebab kumerasa baik-baik saja, walau memang sedikit menganggu saja kalau sedang berhubungan dengan lembaran kertas.  Cepat basah dan kotor. Sampai tiba pada hari di mana seseorang mengatakan jika telapak tangan mudah berkeringat, tangannya basah itu merupakan pertanda bahwa penderitanya punya lemah jantung.

telapak tangan berkeringat

Aku sadar, sejak saat itu, aku mulai ketakutan, bertanya-tanya dan berdebat dengan diriku sendiri. Pokoknya sebisa mungkin setiap telapak tangan berkeringat, aku langsung lap pakai sapu tangan ataupun tisu, tak mau sampai ada yang melihat. Aku tidak mau mendengar ada orang yang berkata seperti itu lagi padaku, karena aku merasa baik-baik saja. Meskipun sempat jadi kurang percaya diri untuk mencoba wahana ekstrim di taman bermain. Iya, pada akhirnya perkataan itu memengaruhiku, aku ternyata tidak baik-baik saja.

Untunglah di zaman teknologi informasi yang berkembang pesat, aku jadi bisa mencari banyak informasi melalui mesin telusur. Menemukan artikel-artikel kesehatan dari situs yang bisa dibilang  sumbernya terpercaya. Hingga aku pun bisa bernapas lega.

Baca Juga : Aido Health, Cek Kesehatan di Rumah

Dari informasi yang kubaca, telapak tangan berkeringat bukanlah tanda lemah jantung. Lebih tepatnya tidak bisa dipastikan jika telapak tangan berkeringat itu merupakan pertanda seseorang mengidap masalah jantung. Sebab, telapak tangan berkeringat ini bisa saja terjadi atau dialami seseorang karena memiliki kelebihan hormon tiroid dalam darah (hipertiorid). Tak hanya pada telapak tangan, ini juga bisa terjadi pada telapak kaki dan bagian tubuh lainnya yang memang memiliki kelenjar keringat lebih banyak. Termasuk ketiak dan wajah juga gengs.

Lalu kenapa telapak tangan berkeringat sering dihubungkan dengan masalah jantung. Konon katanya karena terjadinya pembakaran berlebih juga pada sel-sel tubuh, sehingga menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, sama halnya seperti saat jantung bermasalah. Namun, selama penderitanya tidak mengalami masalah sesak pada pernapasan bahkan ketika sedang berolahraga dan beraktivitas berat, maka tidak ada hubungannya telapak tangan berkeringat ini dengan lemah jantung. Bisa juga faktor penyebabnya karena keturunan, dan iya sih ibuku pun punya masalah telapak tangan berkeringat ini.

Baca Juga : 3 Tipe Orang yang Butuh Asuransi Jiwa

Selain itu, telapak tangan berkeringat pun bisa disebabkan oleh faktor psikis ketika seseorang sedang cemas atau gelisah ataupun stress. Tuh kan banyak juga ya faktor penyebab tangan  berkeringat ini. Jadi tidak berbahaya selama ada penyebabnya yang melatar belakanginya. Juga tidak berlangsung lama. 

Namun, walaupun telapak tangan berkeringat tidak dapat dipastikan sebagai tanda memiliki lemah jantung, tapi jika disertai rasa sesak pada pernapasan, detak jantung tak teratur, nafsu makan rendah dan gangguan memori, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau layanan kesehatan setempat.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi masalah telapak tangan berkeringat ini. Dari mengurangi konsumsi sejumlah makanan atau diet, menghindari stress hingga menggunakan obat-obatan. 

2/15/2020

Ini Bukan Baso Aci Mantan


Makanan berbentuk bulat dan terbuat dari tepung tapioka dicampur terigu ini udah kukenal sejak masuk SMK. Namun kalau baso aci mantan, sungguh ku belum mengenalnya, sekalipun terkenal banget ya. Enggak apa-apa lha ya, karena buatku yang membekas dari makanan sejenis cilok ini adalah punyanya mang Oleh, mangkalnya depan gerbang SMK YPPT Garut, enggak tahu deh sekarang masih ada atau enggak. Soalnya udah lama enggak main ke sekolah. Yang pasti enak banget, seporsinya banyak, harganya terjangkau dan boleh minta sambal sebanyak apa pun, asal perutnya kuat aja. #malahnostalgia

Kerinduan akan jajanan yang satu ini telah membawaku untuk mencoba kembali membuatnya di rumah. Lha ya gimana, percobaan pertama sekitar dua tahunan lalu malah berakhir jadi cireng. Lengket semua adonannya. Ketahuan juga nih aku anaknya emang jarang ke dapur, sukanya makan dan tidur. Oke sekip. Aku mencoba membuatnya kembali dengan mengandalkan pencarian resepnya dari tutorial di youtube, ditambah beberapa artikel dari mesin telusur.



Akhirnya kumenemukan beberapa cara yang simpel tapi hasilnya maksimal. Ya walaupun akunya kurang yakin bisa membuatnya dengan maksimal atau enggak. Dari video tutorial maupun artikel yang kubaca, rata-rata resepnya menggunakan tepung sagu bukan tepung tapioka. Serupa tapi tak sama bahan dasar tepungnya. Tapioka dari singkong, sagu ya dari pohon sagu. Namun seingatku, dulu pernah membantu teman membulatkan baso yang bukan dari daging ini bahannya pakai tepung tapioka. Jadi, cobain aja lha ya, gitu pikirku dalam hati.

ini bukan baso aci mantan


Akupun memilih 2 tutorial pada akhirnya. Jadi, nyobain dua cara dengan bahan-bahan yang sama. Beda di komposisinya aja sih sebenarnya. Untuk percobaan pertama, aku pakai perbandingan setiap satu sendok makan (sdm) tepung tapioka, dicampur dengan satu sdm tepung terigu. Berhasil sih cuma diprotes sama mama, katanya kurang kenyal. Kurang terasa kekhasan acinya. Ya udah akhirnya aku pakai cara takar yang kedua. Terigunya dikurangi. Hasilnya pun lebih kenyal khas tepung tapioka.

Baca Juga : Resep Buka Puasa, Lobi-lobi Original

Berikut ini alat dan bahan yang harus disiapkan dalam proses pembuatan baso aci ataupun cilok. Iya soalnya mau dikuahin ataupun dibumbu kacang, tetap enak kok, suer. Apalagi kalau diberi isi daging cincang di dalamnya :

Alat :

1. Mangkuk untuk membuat adonan
2. Sendok
3. Piring atau sejenis
4. Panci
5. Alat untuk meniriskan

Bahan :

1. Tepung Tapioka 250 gram (sekitar 20 sdm munjung)
2. Tepung Terigu 90 gram (sekitar 7-8 sdm munjung)
3. Air matang dingin 200 ml (sesuaikan aja kalau masih terasa kurang, asal jangan sampai keenceran)
4. Bawang putih 1 siung
5. Bawang daun secukupnya
6. Merica bubuk 1 sdt
7. Penyedap rasa 1 sdm
8. Garam secukupnya
9. Keju dipotong kecil-kecil

resep baso aci

Cara membuat Baso Aci Keju :

1. Masukkan tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam mangkuk. Kalau susah di gram sih tinggal di kira - kira pakai sendok makan. Setiap 20 sdm tepung tapioka dicampur dengan kurang dari setengahnya (sekitar 7-8 sdm) tepung terigu.
2. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan (aku sih diulek)
3. Masukkan  potongan bawang daun, merica bubuk, penyedap rasa dan garam. Lalu campurkan.
4. Masukkan air secara perlahan sambil adonan diaduk-aduk.
5. Uleni adonan dengan menggunakan tangan hingga kalis.
6. Ambil sedikit kemudian pipihkan, masukkan potongan keju di bagian tengah sebagai isiannya. 
7. Bentuk bulat, lalu simpan di wadah. Ulangi hingga adonannya habis.
8. Panaskan air dalam panci. Lalu masukkan satu persatu.
9. Baso aci ataupun cilok ini udah matang jika mengapung di permukaan air.
10. Angkat, lalu tiriskan, baso aci atau cilok pun siap dihidangkan. Tinggal membuat kuahnya ataupun bumbu kacangnya. Enggak dibumbuin juga udah enak sih.

Baca Juga : Serundeng Kelapa Parut

baso aci keju bukan mantan
adanya keju, ya udah isi keju aja
Kalau kira-kira enggak akan dimakan semuanya secara langsung, baso aci atau cilok yang udah matang ini bisa disimpan di kulkas, kalau mau dimakan lagi ya tinggal dihangatkan lagi aja sebentar. Aku bahagia banget akhirnya berhasil membuat ini, enggak ada akhirnya jadi cireng lagi. Selain itu, aku juga merasakan ternyata menghabiskan waktu membuat camilan sendiri di dapur itu menyenangkan, dan membuatku lebih tenang, dan senang, alhamdulillah.

2/09/2020

Cara Mesin Setrika Hemat Tenaga

Aku sudah membayangkan bahkan memimpikan untuk memiliki mesin setrika otomatis sejak lama. Di mana aktivitas menyetrika atau melicinkan pakaian sehabis dicuci kemudian dijemur ini jadi mudah dan menyenangkan. Mudah dan menyenangakan karena terbebas dari pegal-pegal di bagian punggung, pinggang juga tangan yang sibuk melipat-lipat sehabis menyetrika. Hemat waktu pula karena lebih cepat. Jadi tak perlu ada drama lupa mematikan setrika karena ada keperluan lain sebentar, sehingga pakaian gosong atau bolong di bagian tertentu.

Aku menginginkan mesin setrika bukan tanpa alasan. Aku menginginkannya karena jujur saja dari sekian banyak pekerjaan rumah yang ada, menyetrika atau melincinkan pakaian supaya tak kusut alias rapi ketika dikenakan adalah pekerjaan rumah yang paling malas untuk kulakukan. Selain menyita lebih banyak waktu dan juga perhatian. Menyetrika ya itu tadi, seperti yang kujelaskan di paragraf awal, membuat punggung dan pinggang pegal-pegal. Jadi, kalau punya mesin setrika otomatis yang canggih ini, tinggal tekan tombol dan seluruh pakai pun rapi tanpa garis-garis bekas kucekan tangan saat mencuci.

mesin setrika otomatis

Tentu saja, untuk saat ini, sebagai salah seorang anak manusia dengan penghasilan minimalis. Aku belum bisa untuk memilikinya atau membawa dia pulang ke rumah. Sebab, seperti kata peribahasa atau kata-kata bijak 'ada harga ada rupa.' Maka dari itu, akupun mencari solusi sederhana lain ketika menyetrika pakaian agar tidak terlalu menguras waktu dan tenaga. Juga terhindar dari rasa malas yang merajalela. Berikut ini cara-cara sederhana yang biasa kulakukan di rumah :

1. Memisahkan antara pakaian sehari-hari di rumah dengan pakaian untuk bepergian
Jujur saja, selama ini aku mengikuti caranya ibu supaya tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga dan menghamburkan waktu untuk kegiatan menyetrika. Caranya dengan memisahkan antara pakaian sehari-hari yang digunakan di rumah dengan pakaian untuk bepergian cukup jauh ataupun pakaian seragam. Soalnya menurut kami, pakaian sehari-hari itu tidak perlu disetrika karena sehabis dicuci, dijemur lalu kering. Sore hari atau besoknya sudah dikenakan lagi. Terkecuali memang kusutnya parah. Ini juga berlaku untuk pakaian dalam, tidak pernah kusetrika karena yang dipakainya juga di dalam, terhalang oleh pakaian luar. 

2. Menjemur pakaian menggunakan gantungan pakaian atau hanger untuk kemeja dan pakaian berbahan mudah kusut
Pakaian yang super kusut setelah dicuci kemudian diangkat dari jemuran itu memang menyebalkan. Perlu waktu lebih lama untuk merapikannya kembali. Maka, solusinya adalah menggunakan gantungan atau hanger saat menjemurnya. Jadi tidak langsung dijemur di tali jemuran ataupun rak jemuran.

3. Tidak menumpuk pakaian untuk disetrika dalam waktu lama
Rasa malas menyetrika ataupun pegal-pegal luar biasa saat maupun setelah selesai menyetrika biasanya terjadi karena aku menyetrika pakaian dalam jumlah yang banyak. Dengan kata lain, kebiasaan menumpuk-numpuk pekerjaan eh pakaian. Maka dari itu, sebaiknya dicicil. Jadi, setelah pakaian diangkat dari jemuran dalam keadaan kering, langsung saja disetrika agar tak ada penumpukan pakaian hingga terjadi longsoran baju untuk disetrika.

4. Menggunakan cairan pelicin pakaian
Pakaian yang kusut dengan bahan kain yang berbeda diperlukan suhu setrika yang berbeda pula agar bisa rapi tanpa memerlukan waktu yang lama. Tidak hanya suhu setrika saja sih, bisa juga menggunakan cairan pelicin pakaian yang membuatnya lebih lembut, mudah disetrika dan wangi.

5. Mendahulukan menyetrika bagian dalam dari pakaian
Caraku yang lain agar hemat waktu dan tenaga dalam menyetrika atau merapikan pakaian sehabis dicuci ini adalah dengaj cara menyetrika bagian dalam pakaiannya terlebih dahulu. Dengan kata lain, dibalik agar nantinya tak repot membolak-balik bagian luar yang harus tampak rapi. Selain itu, untuk kaos bersablon, ini adalah cara untuk menghindari lengket.

Selain dengan memiliki mesin setrika otomatis ataupun mengikuti cara-cara sederhana yang biasa kulakukan agar bisa menyetrika dengan dengan cepat dan tak pegal-pegal, kamu bisa mencoba untuk membeli setrika uap. Yang mana harganya tentu lebih ramah di kantong walaupun tak ramah-ramah amat. Tapi, jikalau kamu punya solusi lain yang lebih hemat dan cepat dalam menyetrika, boleh tinggalkan solusinya di kolom komentar ya. 

2/08/2020

Maleficent : Mistress of Evil 2019

Jadi, kumenemukan film Maleficent : Mistress of Evil 2019 di aplikasi HOOQ. Kalau mau nonton harus sewa seharga 29 ribu rupiah. Ya, enggak jauh beda sama tiket bioskop di bioskop yang paling murah. Bedanya di bioskop nontonnya rame-rame, suaranya menggelagar dan layarnya gede, dan harus pas baru-baru tayang kan. Kalau di rumah bisa kapan aja, walau layar paling gede aku nonton lewat HOOQ versi desktop. Enaknya bisa sambil rebahan, makan dan minum sepuasnya, terus bisa dihentikan dulu kalau misalnya kebelet pipis. Bisa diulang juga selama masa sewanya belum berakhir. #okesekip

Di Maleficent tahun 2014 hatiku rasanya sakit, mana mata pedes banget deh. Pedih. Menyaksikan Maleficent dewasa yang diperankan oleh Angelina Jolie ditinggal sama cowok yang dia sukai, udah gitu sayapnya dipotong pula demi ambisi si cowok biar bisa nikah sama putri raja. Padahal Maleficent kecil udah menolong dia dan baik banget lho ya. Ya wajar kalau Maleficent murka dan mengutuk anak cowok itu yang akhirnya jadi raja pas pembaptisan. Seorang putri cantik yang diberi nama Aurora. Dia dikutuk akan tidur selamanya setelah tertusuk jarum pemintal benang dan hanya ciuman cinta sejati yang bisa menyelamatkannya. Itupun dia asal ngomong karena enggak percaya ciuman cinta sejati itu ada. Raja yang ketakutan mengasingkan puterinya ke hutan ditemani tiga peri. Endingnya yang Aurora hidup lagi karena ciuman dari Maleficent sebagai ibu angkatnya gitu pan.

Nah di Maleficent 2019 konflik dimulai ketika Aurora dilamar oleh pangeran Philip dari kerajaan Ulstead. Di mana raja (bapaknya) ingin kerajaan mereka dan Moors bersatu. Awalnya tentu saja Maleficent menolak. Dia enggak bisa kehilangan puteri kesayangannya, dan enggak percaya sama penyatuan antara kerajaan manusia dan peri. Namun, akhirnya hatinya luluh juga dan memenuhi undangan makan malam kerajaan.

maleficent mistress of evil
tangkapan layar di aplikasi HOOQ

Sementara itu di kerajaan sebelah ada ibunda ratu yang dari raut wajahnya aja udah kelihatan jahat dan liciknya. Huh, aku jadi kesal melihatnya. Undangan makan malam berakhir kacau karena ibunda mancing-mancing amarah Maleficent. Maleficent dituduh telah mengutuk raja hingga tak sadarkan diri. Aurora marah besar dan enggak mau ikut pulang. Maleficent marah sekaligus sedih. Akhirnya dia terbang menembus langit malam dan kejadian enggak terduga pun terjadi. 

Maleficent selamat walau tubuhnya luka parah, dan dia diperkenalkan dengan bangsa Fey (sejenis sama dia) yang warna kulit, rambut, serta sayapnya dibedakan tergantung habitat tempat tinggalnya di mana. Mereka yang tersisa karena setiap kerajaan manusia berdiri, mereka pun semakin terdesak dan terancam. Maleficent bahagia melihat anak-anak dari bangsanya yang sedang belajar untuk terbang. Di sana ada yang membujuk Maleficent untuk menjembatani perdamaian antara bangsa peri di kerajaan Moors dengan bangsa manusia, namanya Conall. Sementara yang satu lagi manas-manasin Maleficent untuk mendukungnya menyerang kerajaan manusia dengan kekuatan yang dimiliki Maleficent. Dia juga yang mengabarkan kalau Aurora akan tetap menikah dengan pangeran Philip. Maleficentnya bodo amat gitu, tapi malam sebelum pernikahan, Maleficent merasa ada sesuatu yang buruk di Moors.

Ibunda ratu udah mempersiapkan semuanya serapi mungkin, termasuk mengundang bangsa peri dari Moors. Tapi  namanya juga enggak ada kejahatan yang sempurna, bangkai kalau disimpen bau busuknya kecium. Aurora pun sadar dan menyesal udah marah sama Maleficent. Namun, nasi udah menjadi bubur. Tinggal buburnya mau diaduk dulu apa langsung dimakan *eh. Endingnya aku enggak kuat, pengakuan ibunda ratu juga menyebalkan banget. Lalu, jadi bersatu enggak Aurora sama Philipnya? Nonton sendiri deh biar gereget.

***
Berdurasi 1 jam 54 menit, buat aku filmnya tetap seru, ada rasa haru tapi enggak sedalam waktu Maleficent yang pertama tahun 2014. Yang aku kagum, Akting Angelina Jolie sebagai Malificent yang ekspresinya lempeng itu juara. Gemes waktu dia latihan tersenyum dan menyapa sebelum undangan makan malam terus dikomentarin sama si burung gagak. Film ini semakin memperkuat pernyataan bahwasannya Malificent ini sebenarnya memang peri baik hati. Hanya saja dia merasa tersakiti eh terkhianati oleh cowok yang cintainya kemudian kesal terhadap ulah manusia yang suka menangkap peri-peri tumbuhan dari Moors. Dia juga sayang banget sama Aurora. Efek-efek visual dari film ini juga enggak diragukan lagi sih, keren. Hanya aja aku kecewa dengan chemistry antara Aurora dan pangeran Philip. Pemeran pangeran Philipnya kan diganti eh tapi aktingnya berasa hambar buat aku. Udah sih selebihnya peran ibunda ratu jahat juga pas banget. Gereget ingin nampol. Sukses mainin peran jahatnya.

2/06/2020

Nikmatnya Makan Pakai 2 Varian Sambal Eneng

Sebagai seseorang yang berasal dari suku Sunda, sama seperti yang lainnya, aku enggak bisa terpisahkan dari yang namanya lalapan dan juga sambal. Soalnya di rumah semua orang suka sambal dan lalapan. Aku, mama ditambah kakak ipar dan mertuanya bahkan suka sambal yang pedas. Sebab, sambal yang pedas itu membuat makan tambah nikmat. Sambal yang enak tentunya dan bukan aku yang buatnya. Eh asli aku enggak bakat membuat sambal sendiri. Kalau bukan mama, kakak ipar dan ibu mertuanya kakak yang membuat sambalnya, lebih baik aku beli aja sambal yang siap dicocol.

sambal eneng

Iya, sekarang sambal siap makan udah banyak banget beredar di pasaran dan bisa dibeli secara daring. Tinggal pesan, bayar, besoknya atau beberapa hari kemudian udah tiba di rumah dan siap dinikmati seperti sambal yang baru-baru ini aku coba. Namanya Sambal Eneng. Sunda banget ya. Iyalah orang sambalnya mengangkat kekhasan dari daerah Pangandaran. Pangandaran sendiri terkenal dengan pantainya yang enggak pernah sepi pengunjung, dan oleh-oleh Ikan Asin Jambal Rotinya.

Review Varian Rasa Sambal Eneng dan Harganya

Sambal Eneng ini punya 4 varian rasa. Rasa Cumi Asin, Pete, Ikan Teri dan Ikan Asin Jambal Roti. Harganya bervariasi, ada yang 26 ribu, 28 ribu dan 30 ribu. Tergantung kamu pilih rasa yang mana. Aku kebetulan beli yang Cumi Asin dan Ikan Asin Jambal Roti duluan karena keduanya favoritku. Belinya sore hari di Tokopedia, eh besoknya udah tiba di rumah. Kilat ya padahal pengiriman dari Tangerang. Pengemasan paket sambalnya juga aman. Untuk yang penasaran, link toko tempat aku beli bisa dicek di salah satu video youtube aku. Nanti aku sertakan videonya dalam blogpost kali ini.

tutup sambal
Bahan-bahan rasa cumi asin : Bawang merah, bawang putih, cabe rawit, gula, cumi, garam, natrium benzoat

Kemasan

Setiap varian Sambal Eneng memiliki warna latar berbeda yang menempel di kemasannya. Yang Cumi Asin warnanya merah muda, sementara Ikan Asin Jambal Roti warna merah. Pemilihan jenis huruf dan warnanya aku suka, menarik untuk dipandang. Sementara kemasannya bukan kemasan kaca melainkan plastik. Tentu saja kemasan plastik yang untuk makanan, jadi kamu enggak perlu khawatir ya gengs! Aman kok. Kemasannya berbentuk jar dengan tutup ulir bulat berwarna merah.

sambal cumi asin
Bahan-bahan rasa ikan asin jambal roti : Bawang merah, bawang putih, cabe rawit, gula, ikan asin jambal roti, garam, natrium benzoat
Di bagian belakang terdapat keterangan komposisi bahan, tanggal kadaluwarsa, nomor izin P-IRT (produk industri rumah tangga), berat bersih sambalnya sebesar 150G, dan juga peringatan kalau udah dibuka tapi enggak habis, harus disimpan di kulkas. Kemasan jarnya ini diberikan segel plastik bening yang menutupi hampir seluruh kemasannya.

Baca Juga : Ternyata Dower Tak Sejahat Gledek

Tekstur dan Rasa Sambal Eneng Ikan Asin Jambal Roti dan Cumi Asin

Untuk tekstur dari sambal Eneng seperti sambal rumah pada umumnya. Soalnya sambal Enengnya juga mengklaim jika produknya merupakan produk homemade. Tekstur sambal yang kental, aromanya pun aroma antara cabe, tomat sama terasi gitu yang tercium indera penciumanku dari yang Ikan Asin Jambal Roti. Warnanya merah, cukup pedas kalau untuk pencinta pedas, dan gurih gitu sambalnya. Enak, aku suka.

ikan asin jambal roti

Sementara yang Cumi Asin, teksturnya sama, hanya saja menurutku dia warnanya lebih jingga/oren dan aroma cuminya kuat. Udah gitu ya, di tengah sampai ke bawah gitu, ada potongan cumi aslinya. Asli enak banget dan aku merasa dia lebih pedas dibandingkan dengan yang rasa ikan asin jambal roti.

Baca juga : Mie Goreng yang Pedasnya Ngeledek!


Jadi, cocok banget lha udah sambal Eneng ini jadi solusi kalau enggak ada yang bikinin aku sambal hehehe. Bisa buat oleh-oleh juga nih. Oleh-oleh sambal dengan rasa kearifan daerah Pangandaran. Gimana, ada yang udah mencobanya juga apa belum?

2/03/2020

Coba-coba Situs Online Dating

Halo gengs, apa kabarmu hari ini. Kalau aku baik-baik saja, dan ingin bercerita. Jadi sejak Akhir September 2019 aku iseng bikin akun gitu di salah satu situs online dating. Penasaran aja sih gara-gara baca sebuah artikel di blog mba x (serius lupa baca di mana) yang menyarankan beberapa situs dan juga aplikasi online dating yang bisa dicobain. Kalau dapet jodoh beneran ya enggak pa-pa juga, alhamdulillah . Entah kenapa aku sampai saat ini belum tertarik nyoba tinder ataupun Badoo dan aplikasi lainnya. Kasian memori ponselku yang udah lemah ini eh penuh.

Jadi yang pertama kali kucoba adalah Asian Dating, habis daftar langsung kuanggurin. Eh pas mau login ada penawaran gabung di yang masih satu server gitu. Indonesian Cupid dan Muslima. Yang dua ini lebih rame ternyata. Baru daftar aja udah ada yang ngirim pesan. Dari yang cuma sekadar say hi, nanya nama, tinggal di mana, sampai nanya nomor whatsapp, malah ada yang langsung nyimpen nomornya sekalian di pesan. 

Dari yang kuamati, banyaknya itu mas-mas yang berasal dari India, Pakistan, Arab dan Bangladesh. Yang mana udah banyak artikel yang membahas kalau sebagian besar pria yang berasal dari negara-negara tersebut banyaknya scammer aka tukang tipu. Sebagiannya lagi dari Malaysia, Inggris, dan Denmark. Ya, walaupun mereka masih keturunan timur tengah gitu lha dari wajah-wajahnya. Tapi walaupun ketemu tukang tipu ku enggak akan bisa nolongin dia soalnya :

//Aku tak punya bunga, aku tak punya harta ...// - Andmesh

Sekian banyak yang ngirim pesan, enggak semua aku balas tentunya. Aku menuruti saran artikel mba x, yang mana dia kalau balas pesan dilihat dulu mas-masnya member berbayar atau setidaknya profilnya jelas dan lengkap. Lalu perhatikan juga bahasa Inggrisnya. Scammer cinta biasanya mengandalkan pujian-pujian yang terlalu manis dan bahasa Inggrisnya kebanyakan hasil translate. Bener kok banyak yang ngirim pesan isinya menyanjung, sweet ladies lha, sexy lha (seksi dari mananya ya mohon maaf), beautiful (bener sih kan aku perempuan bukan laki-laki), baby, dear, sweet heart, dan lain-lainnya. 

Akhirnya ada beberapa yang sampai ngobrol di whatsapp gitu lha. Ada mas-mas usia pertengahan kepala 3 yang katanya asli India tapi kerja di Dubai (ku stalking facebooknya sih ya ada jejak-jejak dia kerja di Dubai). Lalu mas-mas berkepala plontos agak kebule-bulean yang kerjaannya ngajar bahasa Denmark tapi dia masih keturunan Irak. Lalu mas-mas yang katanya pengusaha tinggal di Inggris. Ada juga yang berasal dan kerja di Dubai. Ada mas-mas Pakistan yang kerja di Malaysia. Ada juga yang seumuran sama aku, dari dan kerja di Pakistan. 

Itu dari yang situs muslima, kalau yang situs Indonesian Cupid adanya aa-aa ti Sumedang yang kerja di Bandung. Ya, namanya juga Indonesian Cupid, ya banyaknya orang Indonesia, ada juga sih orang luar Indonesia. Lalu dedek dari Makassar. Yang lanjut ke whatsapp maksudnya. Yang gantung di situs sih banyak. Hahaha. Dari mulai yang katanya akhir desember ada kerjaan di Bandung, sampai ada mas-mas Arab yang mau menghabiskan akhir tahun kemarin di Bali, terus kalau ku bersedia menemani, ku akan dibayar. Hiih aku merinding sendiri walaupun mungkin aja maksudnya dia itu jadi pemandu wisata ehehe

Semua mas-mas dari muslima yang chat di whatsapp itu bahasa Inggrisnya rapi, eh maksudnya bagus kalau menurut aku yang justru bahasa Inggrisnya belepotan parah ini. Seketika menyesal suka enggak serius pas mata pelajaran atau mata kuliah bahasa Inggris. Sekarang sungguh ku ingin les bahasa Inggris tapi belum punya cuannya euy. Bukan karena mau cari jodoh orang luar Nagreg eh luar negeri, tapi lebih kepada butuh juga buat mendukung pekerjaan dan biar pas nonton film berbahasa Inggris ku enggak repot nunggu subtitle Indonesianya.

pengalaman online dating

Semua mas-mas yang chat di whatsapp itu beda-beda wataknya dan kebiasaan ngechatnya. Ada yang ngechat sekali lalu menghilang, eh lebih tepatnya sebulan kemudian baru ngechat lagi. Ada yang nanya kebiasaan pas lagi pacaran (aku sampai lupa kapan terakhir punya pacar), lalu kujawab ya biasa aja, ngerjain tugas bareng, dianter pulang, sampai nonton doi futsal. Lalu masnya langsung bilang, maaf kita enggak cocok, saya enggak suka perempuan yang terlalu taat. Jujur, aku mendingan yang ngaku begitu daripada mulanya chat biasa, berlanjut ke video call, lalu ngomongin masalah kebutuhan orang dewasa atau aktivitas jelek. Yang awal-awal aku maklumin, tapi lama-lama jadi apaan sih, biar kata umurku udah 25 plus tapi kan enggak nyaman aja rasanya. Lama-lama jadi annoying. Biar kata dia ilmu agamanya bagus, bahasa Inggrisnya bagus, bisa banyak bahasa, ya jadinya malesin juga.

Ada juga yang tiba-tiba ngeblokir tanpa tahu salahku apaan. Ya udah lah bodo amat. Yang baru dua kali video call terus nanya aku suka sama dia atau enggak juga ada. Asli atuhlah baru juga kenal bentar, mau sukanya kayak gimana coba. Sungguh lieur, akhirnya aku bales sekenanya dan dia menghilang. Lalu yang paling nyambung eh maksudnya mendingan itu adalah yang seumuran. Dia dari Pakistan. Awalnya kayak kanebo kering gitu sih aka kaku. Ternyata lama-lama kocak juga anaknya teh. Dia kerja di Bank sambil lanjut S2 cenah.

Bahasa Inggris dia enggak sebagus mas-mas India yang suka benerin grammar dan pelafalanku entah chat, telepon atau video call. Tapi, jelas lebih bagus dari aku yang apa atuh suka buka google translate dulu wkwkwk. Terus dia kalau ngomong cepet banget, sampe kuulang-ulang dia lagi ngucap apaan (rekaman audio) sebenernya biar bisa kutanggapi. Kalau lewat video call atau telepon sih suka aku minta ulangi kamu ngomong apa, aku enggak denger. Padahal ku sedang mencoba menerjemahkan. Astaga jadi inget film Thailand London Sweeties (2019) yang mbak-mbak Thailand gak bisa bahasa Inggris. Bedanya aku mah masih di Indonesia eh di Nagreg hahaha.

Dari pengalaman chat sama mas-mas luar Indonesia, mereka itu enggak mempermasalahkan mau nama aku yang kayak laki-laki (karena udah biasa kan di luaran sana). Enggak akan ngechat yang isinya basa basi ngingetin hal-hal yang enggak usah diingetin karena udah kewajiban juga kebutuhan (makan, sholat, dll). Semakin bertambah usia, ditanya atau diingetin begitu kadang jadi males aja gitu.  Sejauh ini enggak nemu yang neror lewat chat tiap waktu (maksudnya dari pagi, siang, sore sampe malem say hi good morning, etc). 

Mereka juga ada yang tipenya suka pamer kekayaan, ada yang pamer kesederhanaan. Walaupun yang sederhana ini pas dia tur di dalem rumahnya, rumahnya dua kali lipat rumah ibu-bapakku. Di kamarnya aja bisa ada kursi sofa. Ada juga yang pamer foto jalan-jalannya yang udah sampai ke pulau komodo (atuhlah aku juga ingin keliling Indonesia, keliling dunia wkwkwk) Sebagian besar enggak aktif di media sosial. Yang seumuran aku sih dia profil Linkedln ada, cuma kalau media sosialnya emang jarang digunakan buat unggah-unggah foto apalagi update status enggak penting kayak aku hahaha. Mereka juga enggak akan mentertawakan bahasa Inggris yang belepotan (jadi aku enggak sungkan buat ngomong walau susunan kalimat ataupun pelafalannya amburadul). Jadi lumayan buat belajar bahasa Inggris dikit-dikit. 

Eh ya kejutan banget dong salah satu kenalan di situs online dating Indonesian Cupid, itu orangnya di kehidupan nyata ternyata pernah kerja sama dengan salah satu penulis yang bukunya kebetulan pernah aku review juga di blog ini. Ada informasi yang bikin aku sedikit kaget walaupun sebenarnya aku udah pernah mikir gitu di awal. Jujur, aku anaknya kadang suka suudzon emang. Enggak ingin nanya juga karena itu ranah pribadi ya. Jadi aku memutuskan untuk jaga jarak biar aman (seperti tulisan di mobil yang latihan nyetir).

Di situs online dating sendiri tentu setiap orang punya maksud dan tujuannya sendiri. Jadi beragam, sama aja sebenarnya kayak di kehidupan sehari-hari. Enggak bisa memastikan juga yang mereka tulis itu bener atau hanya sekadar informasi hasil mengarang cerita. Mereka jauh gak ada  dihadapan. Yang dekat aja kadang masih suka ya begitulah. Aku sih yang penting bukan akunya yang nulis informasi bohong. Terus, yang penting kalau pengen aman ya waspada aja mau di manapun itu. Kalau udah waspada tetep terjadi yang enggak diharapkan, itu mah lain lagi ceritanya, takdir yang enggak bisa ditolak. Kalau ada yang sampai berjodoh, menikah, punya anak dan bahagia, ya itu bonus, udah takdirnya ketemu jodoh lewat perantara situs online dating.

Jadi, ada yang pernah nyobain situs online dating juga, enggak? Gimana tuh pengalamannya. Atau pakainya yang aplikasi. 

2/02/2020

Selain Konten, Ini Dia Yang Bisa Dilakukan Untuk Menaikkan Website di Google

Kamu mungkin sering mendengar, ketika seseorang sedang mencari suatu informasi terutama tentang sebuah produk, maka banyak yang menyarankan untuk mencarinya di Google. Jadi, tidak bisa dipungkiri jika Google merupakan search engine atau mesin telusur raksasa yang paling utama digunakan oleh warganet di negeri ini. Maka dari itu akan menjadi keuntungan tersendiri ketika website milikmu terutama website toko online atau perusahaan berada di halaman pertama bahkan urutan teratas Google. Selain kunjungan pada website akan meningkat, website milikmu pun akan lebih dipercaya oleh banyak pengunjung dan tentunya mengundang banyak transaksi yang menguntungkan. Namun, tentu saja untuk mencapai atau mendapatkan hal tersebut harus melalui beberapa tahapan yang sebenarnya cukup sederhana, tapi tidak mudah.

Ya, untuk bisa menempatkan websitemu di halaman pertama Google atau bahkan urutan teratas dari pencarian diperlukan strategi tertentu dan juga konsistensi. Dari mulai tema juga tampilan website yang ringan untuk diakses, bisa diakses secara mobile, dan juga konten berkualitas yang relevan dengan kata kunci. Nah, untuk membuat konten berkualitas yang relevan dengan kata kunci, tentu kamu harus berhubungan dengan elemen-elemen dari SEO (Search Engine Optimization). Salah satunya adalah elemen backlink. Di mana backlink sendiri adalah link atau tautan yang berasal dari website lain ke website kita dengan penggunaan kata kunci yang relevan. Yang terdiri dari dua pilihan, yaitu dofollow dan nofollow. Mana yang paling banyak dipilih, tentu saja yang dofollow karena jenis backlink ini dinilai lebih baik di mata mesin telusur.


Seperti kata pepatah "ada banyak jalan menuju Roma," pun dengan mencari atau pun mendapatkan backlink ini. Ada beragam cara yang bisa ditempuh. Dari mulai yang gratis dengan membuat konten unik dan menarik, yang nantinya mengundang orang lain untuk mengulas di website miliknya dan memberi tautan ke websitemu. Kemudian bisa juga dengan membuat artikel di website pihak ketiga yang mempunyai reputasi baik di mata Google dan tentunya memperbolehkan kamu menyisipkan backlink ke website sendiri, hingga menggunakan layanan dari jasa backlink yang sekarang ini ramai di internet. Untuk mendapatkan backlink berkualitas, jasa backlink tentu lebih menjamin. Namun, tentu saja kamu harus memilih yang tepat ya gengs.

Rajabacklink.com

Salah satu penyedia layanan backlink yang bisa kamu pilih dan udah terpercaya adalah rajabacklink.com. Rajabacklink.com sendiri merupakan market place backlink yang berada di Indonesia dengan konsep yang unik. Yaitu, mempertemukan advertiser (pembeli) dengan blogger/publisher (penjual) backlink. Di mana yang beli backlink dibebaskan untuk memilih sendiri blog yang akan ditanamkan backlinknya. Secara ada ribuan blog dengan beragam tema atau niche dari seluruh Indonesia yang terdaftar di sini. Eits, jangan khawatir, semua blog yang terdaftar di rajabacklink ini udah melalui proses seleksi lho. Tidak semua blog bisa diterima sebagai rekanannya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, karena di rajabacklink semua blognya berkualitas. Dengan begitu, efeknya pun akan baik tentunya untuk meningkatkan traffic website kamu.

Selain mendapatkan backlink yang terlihat alami, ada kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan jika membeli backlink di rajabacklink.com. Ya, kelebihan lainnya, website milikmu bisa mendapatkan ulasan atau review yang positif dari blog yang kamu pilih untuk menanamkan backlink. Yang mana akan membuat websitemu semakin dipercaya oleh banyak orang. Apalagi jika websitemu menjual produk tertentu, review positif akan mengundang banyak orang untuk merasa penasaran kemudian membeli produknya. Jadi, tunggu apalagi, sudah siapkah website kamu untuk bertengger di halaman pertama bahkan naik diposisi pertama pencarian Google. Selain konten, bisa langsung praktekkan memakai backlink dari jasa backlinknya.