2/28/2020

Deretan Lagu Andmesh Yang Bikin Nyaman

Jujur aja aku udah enggak lagi mengikuti perkembangan musik dan lagu-lagu baru baik dari musisi dalam negeri maupun luar negeri sejak akhir tahun 2013. Pokoknya ketertarikanku dengan lagu baru enggak sebesar waktu masih usia belasan. Malahan aku lebih kepo ke musik zaman dulu. Bisa dibilang selain kudet, aku juga jadi out of date. Makanya suka bingung saat enggak sengaja denger musik yang nyaman di telingaku pas lewat di suatu tempat atau dari rumah tetangga lha minimal. Untung ada google, cari deh potongan liriknya lalu bertemulah ku dengan judul lagunya. Tapi untuk lagu-lagunya Andmesh Kamaleng bukan kudengar dari tetangga sih, secara tetangga banyaknya muterin lagu dangdut.

Lagu-lagu Andmesh jujur aja aku dengarkan karena LangitMusik bikin kuis streaming dan share Lagu Cinta Andmesh yang bertaburan hadiah. Ya walaupun akhirnya ku enggak menang hadiah utamanya, setidaknya aku jadi tahu kalau suaranya Andmesh dan lagu-lagunya itu cocok sama kupingku, liriknya sederhana tapi mendalam. Walau ada juga yang hiperbola liriknya di judul lagu yang Cinta Luar Biasa.

lagu cinta andmesh

Ngomong-ngomong soal Andmesh ini, ku baru sadar kalau dia adalah juara Rising Star musim 2016-2017 (sumber : wikipedia). Baru berusia 22 tahun tapi udah masuk 5 nominasi di Billboard IMA 2020 dan menyabet 3 piala (juara di 3 nominasi). Di tahun 2019 juga masuk 2 nominasi AMI awards dan menang di salah satu nominasi. Terus menang juga di Mnet Asian Music Award dengan nominasi Best Asian Artis Indonesia. Lagunya juga ada yang dicover NCT 127.

Ya udah, ya udah, kenapa aku malah bahas prestasinya sih. Oke, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah deretan lagu Andmesh Kamaleng yang aku dengarkan dari playlist Lagu Cinta Andmesh di aplikasi LangitMusik dan jujur aja aku suka semuanya. Tapi ku akan urutkan dari yang aku suka banget :

1. Senyumlah
//Bila banyak masalah hidupmu
Ku harap dirimu tak usah mengeluh
Percaya dan yakinkan dirimu
Kau bisa mengubah keluh jadi senyum

Tak ada satupun manusia
Yang tak pernah disinggahi masalah
Mungkin inilah cara yang kuasa
Menjadikanmu lebih dari dewasa//

Itu hanyalah sebagian liriknya, tapi buat aku liriknya jadi pengingat buat aku. Buat lebih banyak bersyukur dan kalau melihat itu harus seimbang antara ke atas sama ke bawah. Terus di saat nanti udah bahagia harus tetap ingat kalau di masa lalu pernah melewati masa-masa sulit. Lebih bagus kalau nantinya bisa diceritakan ke orang lain agar memotivasi. Gitu yang kutangkap dari liriknya. 

2. Nyaman
// Lama sudah kumenanti
Banyak cinta datang dan pergi
Tapi tak pernah aku senyaman ini
Mungkin dirimulah cinta sejati 

........

Cintamu senyaman mentari pagi
Seperti pelangi slalu kunanti
Cintamu tak akan pernah terganti
Selamanya di hati
Aku bahagia milikimu seutuhnya.//

Itu sebagian liriknya dan aku senyum-senyum sendiri mendengar lagunya. Ya gimana, beberapa saat eh bulan yang lalu aku sempat merasa nyaman dengan seseorang walaupun akhirnya enggak bisa memilikiny seutuhnya. Sepertinya cintaku juga bertepuk sebelah tangan, tapi asli aku suka lagu ini. Romantis.

3. Kumau Dia
// Kuharap semua ini bukan sekedar harapan
Dan juga harapan ini bukan sekedar khayalan
.......................................................

Ku mau dia tak mau yang lain
.................................................

Bukan kumemaksa oh Tuhan
Tapi kucinta dia//

Itulah bagian-bagian lirik yang masuk ke aku. Maunya sama dia, walaupun pada akhirnya di aku mah jadinya hanya sekadar harapan dan khayalan. 

4. Cinta Luar Biasa
// Waktu pertama kali
Kulihat dirimu hadir
Rasa hati ini inginkan dirimu
Hati tenang mendengar
Suara indah menyapa
Geloranya hati ini tak kusangka
Rasa ini tak tertahan
Hati ini slalu untukmu//

Ini salah satu lagu terhits dan dicover sama personil NCT gengs. Masuk banyak nominasi juga. Tapi emang enak sih lagunya, liriknya juga sederhana tapi dalem. Walau ada lirik yang hiperbola itu :

"Aku tak punya bunga
Aku tak punya harta
Yang kupunya hanyalah hati yang setia
Tulus padamu."

Tapi yang kutangkap sih dari lirik itu, dengan hati yang setia dan tulus pada seseorang, tentunya akan membuat dia berusaha memberikan yang terbaik pada si seseorangnya itu kan. Seperti sebuah kutipan yang kudapatkan dari Buku Petualangan Seperempat Abad - Haris Firmansyah yang berbunyi : 

"Padahal lelaki yang punya kasih sayang tulus nggak bakal membiarkan perempuannya bersusah hati." - Hal 113

5. Hanya Rindu
//Saat ku sendiri kulihat foto dan video
Bersamamu yang tlah lama kusimpan
Hancur hati ini melihat semua gambar diri
Yang tak bisa kuulang kembali

Kuingin saat ini engkau ada di sini
Tertawa bersamaku seperti dulu lagi
...................//

Enggak tahu kenapa yang namanya lagu berisika rasa rindu kepada seseorang itu suka bikin aku kepincut, termasuk lagu rindu ala Andmesh yang satu ini. Faktanya kalau lagi rindu sama seseorang spesial aku suka melihat fotonya dia terus berharap ada dia di sampingku.

6. Jangan Lupakan Aku
//Ku di sini merindukanmu sangat rindu
Apakah engkau begitu oh sayangku
Bukan berarti ku di sini kumeragukanmu
Oh sayangku jangan kau lupakan aku.//

Ini juga enggak kalah dalem dan romantisnya. Ketika ketemu seseorang, merasa nyaman, lalu mesti terpisah jarak (semacam LDR lha ya) jadinya rindu dan bertanya-tanya seseorang itu rindu juga enggak dan berharap akunya enggak dilupakan.

7. Jangan Rubah Takdirku
//Tuhan ku cinta dia 
Ku ingin bersamanya
Ku ingin habiskan napas ini berdua dengannya

Jangan rubah takdirku
Satukanlah hatiku dengan hatinya
Bersama sampai akhir//

Sesuai banget kan kalau lagi cinta atau ngarep sama seseorang pasti pengennya bareng dia terus, menghabiskan waktu sama dia, dan bersama-sama selamanya. Gemes aku sama lagunya.

8. Sampai Tua Nanti
//Oh percayalah sayang
Hatiku ini hanya untukmu
Berjalanlah bersamaku
Kita nikmati indahnya cinta

Sayangku, cintaku
kuberuntung jadi pemilik hatimu
Sayang kamu cinta kamu
kuberjanji tak akan permainkanmu
Tetap bersamaku sayang
Sampai tua nanti.//

Meleleh aku kalau ada yang nyanyiin eh bilang begini nanti pas ketemu mas jodoh. Biarkan jomlo yang masih single ini berhalusinasi tingkat tinggi.

Sebenarnya di playlist itu ada 9, tapi satu lagi Cinta Luar Biasa versi akustik jadi enggak kutulis ulang karena jelas aama ya gengs. Gimana, kamu suka juga enggak sama lagunya Andmesh, atau baru mau mendengarkannya. Coba nanti bisikkan aku kamu suka yang mana.

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)