Iseng Membuat Cilok - Baso Aci

by - 11:30 PM

Bisa dibilang sekitar dua belas harian ke belakang aku benar-benar merasa jenuh. Jenuh berhubungan dengan ponsel dan lainnya. Rasa percaya diri pun rasanya sungguh berada di titik terendah. Akhirnya aku lebih memilih untuk membuat camilan berat sendiri di rumah. Mau beli tapi ya kok aku enggak punya uang buat jajannya, jadi manfaatkan saja bahan yang ada. Kebetulan ada tepung tapioka (sunda : aci). Akhirnya kumemutuskan mau mencoba membuat baso aci ataupun cilok lagi. 

Sebelum memulai, kumencari tutorial membuat baso aci ini di youtube maupun mesin telusur google. Akhirnya kumenemukan beberapa cara yang simpel tapi hasilnya maksimal. Ya walaupun rata-rata yang membuat tutorial ataupun resepnya menggunakan tepung sagu bukan tepung tapioka. Serupa tapi tak sama bahan dasar tepungnya. Tapioka dari singkong, sagu ya dari pohon sagu.

membuat baso aci cilok

Dari tutorial tersebut, akhirnya kumencoba dua cara dengan bahan-bahan yang sama. Beda di komposisinya aja. Untuk percobaan pertama, aku pakai perbandingan setiap satu sendok makan (sdm) tepung tapioka, dicampur dengan satu sdm tepung terigu. Berhasil sih cuma diprotes sama mama, katanya kurang kenyal. Kurang terasa kekhasan acinya. Ya udah akhirnya aku pakai cara takar yang kedua. Terigunya dikurangi. Hasilnya pun lebih kenyal, aci banget.

Berikut ini alat dan bahan yang harus disiapkan dalam proses pembuatan baso aci ataupun cilok. Iya soalnya mau dikuahin ataupun dibumbu kacang, tetap enak kok, suer. Apalagi kalau diberi isi daging cincang di dalamnya :

Alat :

1. Mangkuk untuk membuat adonan
2. Sendok
3. Piring atau sejenis
4. Panci
5. Alat untuk meniriskan

Bahan :

1. Tepung Tapioka 250 gram
2. Tepung Terigu 90 gram
3. Air matang dingin 200 ml (sesuaikan aja kalau masih terasa kurang, asal jangan sampai keenceran)
4. Bawang putih 1 siung
5. Bawang daun secukupnya
6. Merica bubuk 1 sdt
7. Penyedap rasa 1 sdm
8. Garam secukupnya
9. Keju dipotong kecil-kecil

Cara membuat :

1. Masukkan tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam mangkuk. Kalau susah di gram sih tinggal di kira - kira pakai sendok makan. Setiap 20 sdm tepung tapioka dicampur dengan kurang dari setengahnya (sekitar 7-8 sdm) tepung terigu.
2. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan (aku sih diulek)
3. Masukkan  potongan bawang daun, merica bubuk, penyedap rasa dan garam. Lalu campurkan.
4. Masukkan air secara perlahan sambil adonan diaduk-aduk.
5. Uleni adonan dengan menggunakan tangan hingga kalis.
6. Ambil sedikit kemudian pipihkan, masukkan potongan keju di bagian tengah sebagai isiannya. 
7. Bentuk bulat, lalu simpan di wadah. Ulangi hingga adonannya habis.


8. Panaskan air dalam panci. Lalu masukkan satu persatu.
9. Baso aci ataupun cilok ini udah matang jika mengapung di permukaan air.
10. Angkat, lalu tiriskan, baso aci atau cilok pun siap dihidangkan. Tinggal membuat kuahnya ataupun bumbu kacangnya. Enggak dibumbuin juga udah enak sih.

adanya keju, ya udah isi keju aja
Kalau kira-kira enggak akan dimakan semuanya secara langsung, baso aci atau cilok yang udah matang ini bisa disimpan di kulkas, kalau mau dimakan lagi ya tinggal dihangatkan lagi aja sebentar. Aku bahagia banget akhirnya berhasil membuat ini, karena sebelumnya pernah coba tapi karena salah takar dan kebanyakan air, jadinya lengket kan. Berakhirlah adonannya digoreng, jadi cireng. Aku juga merasakan ternyata menghabiskan waktu membuat camilan sendiri di dapur itu menyenangkan, dan membuatku lebih tenang, dan senang, alhamdulillah.

You May Also Like

0 komentar

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)