3/07/2020

Cara Mengetahui Kode Untuk Transfer

Seperti yang kita ketahui jika ingin melakukan transfer antar bank atau ke bank yang berbeda dari akun atau rekening yang kita miliki itu diperlukan kode untuk transfer. Kode transfer bank ini berupa tiga digit angka yang berbeda untuk setiap bank. Yang kemudian diletakkan sebelum nomor rekening bank tujuan saat proses transfer. Namun, dengan banyaknya lembaga perbankan ataupun layanan keuangan elektronik yang ada di Indonesia, tentunya banyak pula kode bank yang harus diketahui. Sungguh melelahkan ataupun memusingkan bukan jika kita harus mengingat semua kode tersebut. Sebenarnya tidak harus diketahui semuanya sih, sesuaikan saja kode dari bank mana yang sering kamu butuhkan, itulah yang kamu catat.

Cara supaya tahu kode untuk transfer antar bank

Nah, untuk mengetahui kode masing-masing bank tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh seperti berikut ini :

1.  Melihatnya di mesin ATM
Masukkan kartu debit milikmu ke mesin ATM, lalu pilih menu lainnya, pilih transfer, kemudian transfer ke bank lain. Nah, sebelum memasukkan kode bank diikuti nomor rekening tujuan. Kamu bisa melihat kode banknya melalui menu daftar kode bank. Cari deh nama bank yang kamu butuhkan

2. Mencarinya di internet
Mencari nama bank beserta kodenya di ATM ini untuk diriku pribadi sungguh menguras kesabaran dan juga memakan waktu. Belum lagi jika di luar ada yang mengantri ingin memakai ATM juga. Maka dari itu cara terbaik untuk mendapatkan kodenya adalah melalui internet. Banyak lho artikel yang menuliskan kode bank yang ada di Indonesia secara lengkap. Mulai dari Bank BUMN, BUMD, Swasta dan bahkan Layanan keuangan digital atau eletronik. Tinggal di salin saja ke Microsoft Excel agar memudahkan untuk dicari nama banknya ketika dibutuhkan. 

3. Gunakan menu *141#
Jika kamu sudah mendaftarkan nomor ponsel untuk layanan SMS Banking, maka cobalah mengakses *141# Nanti akan tampil daftar bank yang bisa kamu pilih beserta jenis transaksinya menggunakan angka yang tertera. Namun yang perlu diketahui, setiap bank memiliki daftar menu yang berbeda. Ada yang menyediakan menu cari kode bank saat memilih menu transfer antar bank. Kamu hanya perlu menuliskan nama banknya, sistem akan mencari dan memberitahukannya melalui SMS atau pesan singkat berisi kode yang terkait nama bank tersebut, termasuk jika banknya memiliki perbankan syariah.

kode untuk transfer


Kode untuk transfer antar bank atau kode bank ini diperlukan ketika akan melakukan transfer uang melalui mesin ATM ataupun SMS Banking. Tanpa kode tersebut, maka proses transfer tidak bisa dilakukan. Namun, untuk kamu yang tidak mau repot mencari tiga digit kode untuk setiap bank, ada cara lain kok yang lebih memudahkan kamu untuk proses transfer antar bank ini.

Cara Transfer Tanpa Repot Mencari Tahu Kode Banknya

1. Transfer melalui teller atau setor tunai
Jika kamu melakukan transfer antar bank melalui teller atau setor tunai, tentunya kamu tidak memerlukan yang namanya mengetahui kode untuk transfer. Hanya perlu mengisi formulir transfer antar bank saja dan katakan nominalnya, maka teller akan memproses transfernya. Sayangnya, terkadang transfer antar bank melalui teller ini membutuhkan waktu yang lebih lama. 

2. Setor Tunai melalui gerai yang bekerja sama dengan bank
Sekarang ini transfer antar bank pun bisa dilakukan melalui gerai perbankan yang bekerja sama langsung dengan sebuah bank, bisa juga melalui salah satu jasa pengiriman paket dan tempat gadai barang. Proses transfernya pun hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

3. Menggunakan Mobile Banking ataupun Internet Banking
Kecanggihan serta perkembangan teknologi informasi ini memang membawa kemudahan untuk berbagai sendi kehidupan, termasuk transaksi perbankan. Tak hanya SMS Banking, sekarang ini sudah ada internet banking dan juga mobile banking. Dengan menggunakan internet banking ataupun mobile banking, proses transfer antar bank bisa dilakukan tanpa perlu mengetahui kode banknya lho. Iya, cukup pilih saja menu transfer ke bank lain, pilih nama banknya, masukkan rekeningnya. Selesai deh. Praktis!

Bagaimana, kamu mau pilih cara yang mana. Cara manapun yang kamu pilih sama saja kok. Namun, walaupun ada cara yang lebih mudah, tetap saja, cara yang merepotkanpun harus dicoba ya. Mana tahu mobile atau internet banking sedang perbaikan atau gangguan, cara manual tentu dibutuhkan dan kodenya lebih baik disimpan. Jika kamu memiliki cara lain untuk memudahkan transfer antar bank, yuk sharing di kolom komentar.

21 comments

  1. Yang saya hapal luar kepala itu 002 mbak, kode BRI buat transfer ibuk biasa he hehe.transfer langsung keep teller nggak kuat antrinya mbak, nyerah heheheh

    ReplyDelete
  2. Saya pilih mobile banking mbak. Heheh... Mudah banget. Klo antar Bank biar gak kena biaya admin sekarang transfer via aplkasi flip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mobile banking tinggal pilih nama bank, gak usah apalin kode. kode2an kan cm bikin penasaran apa maksudnya, ambigu. wkwkw maaf saya baper

      Delete
  3. Aku baru tahu yang *141# itu lho hehe. Kalau sekarang sering transfer pakai jenius atau flip jadi tidak perlu tahu kode bank bisa langsung transfer. Sekarang kalau transfer beda bank jadinya gak perlu repot dan gak pelru keluar biaya tambahan lagi.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya kak, sekarang aku jadi tau, soalnya dulu aku sering banget kebingungan kalau mau transfer uang di bank, soalnya pakai rekening orangtuaku, jadi pengetahuanku tentang bank masih sedikit hihi, Bookmark ah..

    ReplyDelete
  5. Saya gak pernah hapal tuh kode-kode bank. Paling kalau ke banknya mau transfer, tinggal cari aja di menu mesin atmnya

    ReplyDelete
  6. Cuma hafal 2-3 bank yang sering transfer aja. Baru tahu ada kode menu*141# lho. Baru kemari malah belajar transfer via Jenius. Ternyata gampil banget, engga perlu melipir ke ATM

    ReplyDelete
  7. Saya kalau kirim uang sekarang sudah pakai mobile banking saja. Karena selain tidak perlu hapal kode bank lain, buktinya bisa saya screenshot ga tercecer.

    ReplyDelete
  8. Kalau saya biasanya lihat di mesin ATM, soalnya transfernya juga lewat ATM. Sampai sekarang belum pakai aplikasi m banking

    ReplyDelete
  9. betul juga ya mana tahu mobile/internet banking sedang dalam gangguan bisa kita pakai cara manual untuk tahu kode bank ini

    ReplyDelete
  10. Saya pengguna mbanking dan inet banking mba. Dulu pernah daftar flip tapi males ngurusin proses pendaftarannya. Soalnya br awal2 dulu masih agak ribet dan pakenya cuma sekali kali aja hehe.

    Makasih loh infonya ya bantu banget ..

    ReplyDelete
  11. Aku sih biasanya tinggal lihat list aja
    Kalau di ATM atau mau lewat mobile banking juga khan biasanya disediain tuh list kode banknya. Tinggal klik aja deh

    ReplyDelete
  12. Aku memilih untuk menggunakan ebanking atau make e-wallet mbak kalau buat transfer. Apalagi buat transfer antar bank ...

    ReplyDelete
  13. Sepertinya lewat teller yang paling aman. Hanya korban waktu dan tenaga. Nah, pilihan ini bisa diganti dengan kemudahan berinternet. Hehe

    ReplyDelete
  14. Cara paling cepat transfer beda bank kalo sy pake aplikasi transfer pihak ketiga kak..misal aplikasi Flip ..jd kita ga perlu repot mengingat kode bank hehe

    ReplyDelete
  15. Nah ini penting banget. Karena kadang hal simpel begini masih ada juga yang belum mengerti seperti papa saya, hihihiii ... ntar saya share pada beliau.

    ReplyDelete
  16. Terimakasih infonya,aku sih sering transfer pake mobile dan internet banking jadi gak terlalu ribet liat kode antar banknya. hehehe..

    ReplyDelete
  17. Naah saya sering banget kelupaan masukin kode bank klo mau transfer ke bank yg berberda. Kadang jadi repot mesti minta bantuan pak satpam. Iih pokoknya sebel dah.

    Tapi klo pake mobile dan internet banking jd gak repot dengan kode-kode bank

    ReplyDelete
  18. sangat berguna nih artikel, tapi sekarang saya kalo mau trasfer lebih ska dari ovo. lebih simpel dan mudah aja tanpa memasukan kode kode

    ReplyDelete
  19. Kebetulan saya belum pernah transferke antar bank jadi bisa tambah ilmu berkat tulisannya

    ReplyDelete
  20. Saya baru tahu kalo bisa diakses dari *141#.. Lumaya buat menghemat kuota internet sih kalo nyari kode bank lewat dial number tersebut.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)