Bikin Custard Ekonomis Dari Kental Manis Indomilk

by - 10:00 PM

Dunia sedang berguncang karena virus Corona atau COVID-19 termasuk negeri ini, Indonesia tercinta. Setiap muncul pemberitahuan baru di ponsel soal pemberitaan Corona ini aku mulai kleyengan karena jadi was-was. Walaupun tinggal jauh di pedesaan tapi kan tetap aja, enggak tahu juga setiap ada yang namu ke ibu-bapak kan siapa tahu ada yang habis dari luar Nagreg atau luar kota, terus virusnya kebawa. Yang pasti setiap habis apa-apa pasti langsung cuci tangan pakai sabun.

Selain mengikuti anjuran kayak cuci tangan pakai sabun, salaman ala Sunda, jaga jarak 1 meter dan lain sebagainya, aku juga jadi lebih memilih tambah kepo ke akun-akun youtube maupun cookpad buat mencari resep yang bisa dimodifikasi sesuai bahan yang kupunya di rumah tapi rasanya tetap enggak kalah enak. Salah satunya mencoba bikin custard kental manis Indomilk yang kuberi toping jagung manis dan juga pisang. Ngomong-ngomong soal custard, aku jadi teringat seseorang yang pernah ngirim gambar custard. Lha makin melebar ke mana-mana ini blogpost. Udah ah sekip.

custard kental manis

Custard yang kubikin ini sengaja kubiarkan mengental lebih dari yang seharusnya supaya selain bisa dinikmati langsung bagai puding, juga bisa dijadikan vla atau isian roti kopi cokelat kental manis yang kubuat. Nanti kuceritakan pengalaman pertama bikin rotinya di blogpost yang lain. 

Oke, tanpa berlama-lama lagi, ini dia deretan bahan yang dibutuhkan untuk membuat custard kental manis. Kutekankan begitu karena custard biasanya berbahan susu cair.

Alat dan Bahan

Alat :
1. Sendok untuk mengocok
2. Panci
3. Mangkuk
4. Kompor dan bahan bakarnya


Bahan :
1. 1 butir telur
2. 1/2 sdm tepung maizena
3. 2 sachet kental manis Indomilk putih ( boleh ganti kental manis yang lain)
4. 1/2 sdm gula pasir (enggak ditambah gula lagi juga teu nanaon alias enggak apa-apa gengs)
5. Air 220 ml
6. Jagung manis dan pisang secukupnya (sesuaikan dengan selera aja buah-buahan atau toppingnya, kalau aku yang ada di rumah aja)

Udah siap alat dan bahannya, yuk mari kita buat custard ala-ala alias ekonomisnya. Tapi jangan terlalu banyak dan sering juga ya. Soalnya biar bagaimanapun, sesuatu yang berlebihan itu enggak baik, tambahin buat kesehatan kalau makanan mah.

Cara membuat :

Pertama-tama, masukkan dua sachet kental manis Indomilk (74 gr) ke dalam panci, lalu masukan airnya dan panaskan hingga hampir mendidih.

Langkah kedua, campurkan gula pasir dan tepung maizena ke dalam wadah berukuran sedang. Setelahnya baru deh masukkan si kuning telur. Iya, jadi telurnya jangan dipakai sama putihnya, butuh kuningnya aja. Aduk deh sampai tercampur rata. 

Langkah ketiga, campurkan kental manos yang tadi sudah dipanaskan ke dalam wadah berisi campuran gula, tepung maizena dan kuning telur tersebut. Jangan lupa untuk diaduk lagi gengs.

Langkah keempat, pindahkan kembali seluruh campuran bahan ke dalam panci, panaskan dengan api sedang hingga mendidih dan custardnya mengental.

Langkah terakhir, matikan api, sajikan ke dalam wadah dan ditaburi topping jagung juga pisang. Custard kental manis siap dinikmati.


Dengan takaran bahan di atas, akan menghasilkan custard kira-kira 5-6 sendok makan dengan takaran rata dan aku menghabiskannya dalam waktu 4 hari dan sebagiannya kujadikan vla roti. Disimpan di kulkas dia baik-baik aja kok gengs. Rasanya enggak berubah. Kenapa enggak kuhabiskan langsung, ya karena sebenarnya aku enggak terlalu suka makanan manis, aku anaknya micin eh petsin banget. Lebih suka yang gurih pedas, cuma kadang pengin juga makan makanan manis. Jikalau kalian punya resep makanan atau camilan yang mungkin kusukai, bisa tinggalkan saran di kolom komentar ya. Mumpung aku lagi suka ke dapur hehehe.

You May Also Like

0 komentar

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)