3/05/2020

Dibangunkan Jeritan di Pagi Hari

Waktu sekolah dasar (SD), jarak antara sekolah ke rumah hanya sekitar 15 meter. Jadi dengan jalan kaki pun bisa ditempuh dalam waktu kurang dari lima menit. Kalaupun bangun kesiangan enggak jadi masalah, kan dekat. Malah setiap waktu istirahat aku akan pulang ke rumah buat nonton tayangan Teletubbies di Indosiar kala itu. Pokoknya sekolah dekat rumah itu enggak berat diongkos dan mau datang pagi atau pas-pasan jam masuk pun enggak masalah. Mulai berbeda ketika masuk SMP.

Ya, kalau waktu SD bisa tidur lagi setelah sholat subuh, lain cerita saat sudah SMP. Jam bangun, mandi dan berangkat sekolah jadi berbeda, harus ngongkos pula. Maka dari itu, mama memberikanku sebuah benda yang akan menjerit nyaring di pagi hari. Yang mana enggak berhenti menjerit selama bermenit-menit lamanya. Maaf ya ini bukan jeritan yang berasal dari makhluk tak kasat mata. Ini adalah jeritan yang berasal dari jam weker.

Jadi, semenjak masuk SMP mama memberikanku sebuah jam weker. Bukan yang bunyinya kriiing tapi tinit-tinit gitu lha. Bentuknya juga lucu-lucu, dan yang aku unggah di sini merupakan jam weker terakhir yang kupunya. Berbentuk rumah-rumahan. Soalnya sebelum yang ini ada 2-3 jam weker yang udah rusak. Yang ini masih kusimpan karena masih bisa dipake sih. Walahpun sekarang udah enggak kupake, karena jam tidur ancur-ancuran dan udah ada alarm hape.

Dulu, jam weker ini sangat membantu untuk membangunkanku di pagi hari, sebelum adzan subuh. Tinggal diputer aja itu jarum yang beda warnanya ke waktu yang diinginkan. Sama seperti halnya alarm hape, dia bisa terus membangunkan di jam yang sama, dengan catatan tombol on nya lupa diaktifkan sebelum tidur. Soalnya kalau on setiap waktu, dia bisa bunyi juga di jam bukan waktu bangun tidur, jam setengah 5 sore misalnya. Walau ya aku suka lupa sih, akhirnya suka kaget gitu kalau sore-sore bunyi jam weker. Apalagi kalau suasana lagi hening dan sendirian.

Ini sebenarnya merupakan blogpost yang lagi-lagi cuma nostaligia aja. Enggak tahu kenapa rasanya aku kangen masa kecilku, masa remajaku. Di mana tidur dan bangun tepat waktu. Kalau sekarang ya itu tadi berantakan. Dibangunkan alarm hape pun biasanya suka aku matikan dan tidur lagi.

1 comment

  1. Hahahahaa.....
    Sama...
    Semenjak udah ada yg namanya HP, alarm pun jadi ngandelin HP.
    Aku aja udah lupa kapan terakhir punya jam beker tuh....

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)