Oleh-oleh unik khas Semarang dan tempat membelinya

by - 2:18 PM

Ketika orang mengunjungi Semarang, Jawa Tengah, tidak ada keraguan bahwa mereka tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan lezat yang terkenal dan juga khas di kota ini. Dan sekarang ada tiket kereta jakarta semarang murah. Makanan yang cukup populer di kalangan wisatawan maupun orang-orang di Semarang biasanya berasal dari akulturasi makanan Jawa dan Cina. Lumpia Semarang menjadi salah satu makanan yang banyak dicari oleh banyak orang karena rasanya yang enak. Lumpia semarang adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari kecambah bambu dan juga udang sebagai isian untuk makanan yang dibungkus dengan kulit lumpia ini. Dilengkapi dengan saus manis dengan acar, cabai hijau segar, dan lokio segar.

Jika orang mencari makanan lezat ini, ada beberapa tempat yang bisa mereka tuju tetapi jika mereka mencari lumpia dari penjual atau toko tertua di Semarang, mereka harus pergi ke Gang Lombok. Untuk mencapai tempat ini dari pusat kota, orang hanya perlu menemukan kuil Tay Kak Sie dan toko ditempatkan tepat di samping kuil. Dimiliki oleh keturunan Thoa Thay Yoe yang merupakan pelopor Lumpia Semarang. Orang bisa memilih lumpia goreng atau lumpia yang belum digoreng untuk dimakan langsung atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Lumpia Semarang

Makanan khas semarang ternyata bukan hanya lumpia loh, tetapi juga ada makanan khas lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai makanan khas Semarang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dan tempat belanja murah di Semarang khusus untuk oleh-oleh. 

Tahu Bakso, tahu bakso adalah suvenir terkenal dari Semarang. Tahu ini  berbentuk kotak dan isinya daging cincang dan dicampur seperti bahan untuk membuat bakso. Salah satu merek tahu bakso terkenal adalah Tahu Baxo Bu Pudji yang tereletak di jalan sukun raya, no. 11. Makanan khas Semarang yang lainnya yaitu Roti Ganjel Rel. Roti ini berbentuk log yang besar dan padat dengan tekstur yang agak keras. Nama asli kue ini adalah roti gambang, tetapi oleh masyarakat setempat kue ini disebut rel kereta api karena menyerupai bantalan rel yang panjang dan tebal. Biasanya, di bagian atas roti cokelat ditaburi wijen dan memiliki rasa kayu manis yang khas. kalian dapat menemukan kue ini di Pasar Johar, Jalan KH Agus Salim atau Waroeng Semawis. 

Selanjutnya yaitu adalah lontong spekkoek waiki. Sepertinya tidak lengkap saat berlibur ke Semarang, tidak mencicipi dan membawa oleh-oleh dari Lontong Spekkoek Waiki. Dari namanya, bisa kita bayangkan ini adalah olahan beras yang dibungkus daun pisang. Tapi ternyata ini adalah kue lapis yang dibungkus terlihat seperti lontong. Memiliki rasa yang lezat dan tekstur lembut menambah kenikmatan saat mencicipinya. Untuk mendapatkan Lontong Spekkoek Waiki, Anda bisa datang langsung ke Jalan Senjoyo 2 no 1 Semarang dan menyiapkan sekitar Rp. 18.000 untuk satu biji Lontong. 

Yang terakhir yaitu roti brilliant atau yang biasa disebut Brillian Super Cake menjadi oleh-oleh yang banyak dicari oleh para wisatawan di Semarang. Yang satu ini sangat populer karena memiliki rasa yang lezat, terbuat dari bahan pilihan terbaik dan yang paling unik adalah menggunakan resep kuno yang masih dipertahankan keasliannya. Roti brilliant dapat bertahan lama bahkan tanpa bahan pengawet, bahkan hingga 60 hari. Jadi bagi kalian yang rumahnya jauh dan perlu menghabiskan lebih banyak waktu di jalan, tidak perlu khawatir jika roti ini akan cepat basi karena bisa bertahan lebih lama. Nikmati berbagai rasa mulai dari cokelat, keju, almond hingga kismis. Kaian bisa mendapatkan roti brilliant langsung di Brilliant Palace, Jalan Simpang Lima, Semarang dan menyiapkan Rp. 100.000 untuk setiap dusnya.

You May Also Like

3 komentar

  1. Ah jadi kangen oleh-oleh Semarang kesukaanku, mochi Gemini Semarang.. isinya banyak dan harganya murcee

    ReplyDelete
  2. Pulang dari lokasi tersebut harus bawa oleh oleh, kalo nda kayak belum pernah kesana. Jadi wajib wkwkw :D

    ReplyDelete
  3. Aduh.... aduh.... jadi pengen main ke Semarang dan makan-makanannya itu....

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)