9 Mar 2020

Oleh-oleh Unik Khas Semarang dan Tempat Membelinya

Oleh-oleh Unik Khas Semarang dan Tempat Membelinya. Ketika orang mengunjungi Semarang, Jawa Tengah, tidak ada keraguan bahwa mereka tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan lezat yang terkenal dan juga khas di kota ini. Lagipula sekarang ada tiket kereta jakarta semarang murah. Pergi dari ibu kota ke Semarang semakin mudah dan nyaman untuk dijangkau.

Tiket Kereta Jakarta Semarang Murah bisa untuk beli oleh-oleh unik khas Semarang

Makanan yang cukup populer di kalangan wisatawan maupun orang-orang di Semarang biasanya berasal dari akulturasi makanan Jawa dan Cina.

Apa Itu Lumpia Semarang


Lumpia Semarang menjadi salah satu makanan yang banyak dicari oleh banyak orang atau wisatawan karena rasanya yang enak.

Lumpia semarang adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari kecambah bambu dan juga udang sebagai isian untuk makanan yang dibungkus dengan kulit lumpia ini. Biasanya disajikan dengan dilengkapi oleh saus manis ditambah acar, cabai hijau segar, dan lokio segar.

Jika orang mencari makanan lezat ini, ada beberapa tempat yang bisa mereka tuju. Akan tetapi, jika mereka mencari lumpia dari penjual atau toko tertua di Semarang, mereka harus pergi ke Gang Lombok.

Untuk mencapai tempat ini. Dari pusat kota, kamu hanya perlu menemukan kuil Tay Kak Sie dan toko yang ditempatkan tepat di samping kuil. Dimiliki oleh keturunan Thoa Thay Yoe yang merupakan pelopor Lumpia Semarang. Orang bisa memilih lumpia goreng atau lumpia yang belum digoreng untuk dimakan langsung atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.


Oleh-oleh Unik Khas Semarang dan Tempat Membelinya yang juga tak kalah unik

Makanan khas semarang ternyata bukan hanya lumpia seorang tentunya. Akan tetapi ada juga makanan khas lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai beberapa makanan khas Semarang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya itu, di sini juga akan dibahas mengenai beberapa tempat belanja murah di Semarang. Atau tempat khusus untuk membeli oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga, saudara maupun teman.

Tempat Berburu Oleh-oleh Khas Semarang


1. Tahu Bakso
Tahu bakso adalah suvenir terkenal dari Semarang. Tahu ini  berbentuk kotak dan isinya daging cincang dan dicampur seperti bahan untuk membuat bakso. Salah satu merek tahu bakso terkenal adalah Tahu Baxo Bu Pudji yang tereletak di jalan sukun raya, no. 11.

2. Roti Ganjel Rel
Makanan khas Semarang yang lainnya yaitu Roti Ganjel Rel. Roti ini berbentuk log yang besar dan padat dengan tekstur yang agak keras. Nama asli kue ini adalah roti gambang, tetapi oleh masyarakat setempat kue ini disebut rel kereta api karena menyerupai bantalan rel yang panjang dan tebal. Biasanya, di bagian atas roti cokelat ditaburi wijen dan memiliki rasa kayu manis yang khas. Kalian dapat menemukan kue ini di Pasar Johar, Jalan KH Agus Salim atau Waroeng Semawis.


3. Lontong Spekkoek
Selanjutnya yaitu adalah lontong spekkoek waiki. Sepertinya tidak lengkap saat berlibur ke Semarang, tidak mencicipi dan membawa oleh-oleh dari Lontong Spekkoek Waiki. Dari namanya, bisa kita bayangkan ini adalah olahan beras yang dibungkus daun pisang. Tapi ternyata ini adalah kue lapis yang dibungkus terlihat seperti lontong.

Memiliki rasa yang lezat dan tekstur lembut menambah kenikmatan saat mencicipinya. Untuk mendapatkan Lontong Spekkoek Waiki, Anda bisa datang langsung ke Jalan Senjoyo 2 no 1 Semarang dan menyiapkan sekitar Rp. 18.000 untuk satu biji Lontong.

4. Roti Brilliant
Yang terakhir yaitu roti brilliant atau yang biasa disebut Brillian Super Cake menjadi oleh-oleh yang banyak dicari oleh para wisatawan di Semarang. Yang satu ini sangat populer karena memiliki rasa yang lezat, terbuat dari bahan pilihan terbaik dan yang paling unik adalah menggunakan resep kuno yang masih dipertahankan keasliannya. Roti brilliant dapat bertahan lama bahkan tanpa bahan pengawet, bahkan hingga 60 hari.


Oleh-oleh unik khas Semarang dan tempat membelinya bagi kalian yang rumahnya jauh dan perlu menghabiskan lebih banyak waktu di jalan, tidak perlu khawatir jika roti ini akan cepat basi karena bisa bertahan lebih lama.

Nikmati berbagai rasa mulai dari cokelat, keju, almond hingga kismis. Kaian bisa mendapatkan roti brilliant langsung di Brilliant Palace, Jalan Simpang Lima, Semarang dan menyiapkan Rp. 100.000 untuk setiap dusnya.

Itulah review singkat aku mengenai oleh-oleh khas Semarang yang wajib dibawa pulang sebagai buah tangan. Kalau kamu punya rekomendasi oleh-oleh unik khas kota ini lainnya. Kamu bisa tinggalkan pesan di kolom komentar.

3 comments

  1. Ah jadi kangen oleh-oleh Semarang kesukaanku, mochi Gemini Semarang.. isinya banyak dan harganya murcee

    ReplyDelete
  2. Pulang dari lokasi tersebut harus bawa oleh oleh, kalo nda kayak belum pernah kesana. Jadi wajib wkwkw :D

    ReplyDelete
  3. Aduh.... aduh.... jadi pengen main ke Semarang dan makan-makanannya itu....

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon