4/03/2020

3 Cara Mendapatkan Buku Bacaan Gratis

Sebagai orang yang suka baca, terutama fiksi. Tapi terkendala belum bisa beli, di zaman dimudahkan teknologi, aku jadi bisa punya buku bacaan gratis. Gratis di sini maksudnya tanpa harus meminjam ke teman, gedung perpustakaan, nongkrong berjam-jam di toko buku yang udah jelas letaknya jauh dari rumah, ataupun membelinya baik dalam bentuk cetak maupun e-book. Bisa dibilang sejak tahun 2016 aku selalu punya novel buat dibaca walaupun enggak beli. Tentunya ada sedikit usaha yang dilakukan. Sungguh dalam relung hati terdalam, inginnya sih beli semua buku yang ku sukai, tapi ya gimana, isi dalam dompet belum mampu. Doain aja nanti jadi kaya raya juga kaya hati supaya bisa beli buku-buku yang diinginkan setiap waktu.

buku bacaan gratis

Walaupun enggak beli, tapi udah kapok buat  berupa e-book dengan format PDF yang bertebaran di internet. Soalnya itu pdf enggak jelas asal usulnya. Selain takut disisipi virus, di sisi lain juga itu pdf bukan berasal dari penulisnya. Ku enggak mau terus merasa berdosa karena menikmati karya orang lain lewat jalan yang salah. Terasa sih sama diri sendiri kalau nulis sebuah cerita apalagi novel itu enggak mudah. Bahkan ada yang butuh waktu sampai bertahun-tahun dulu sebelum akhirnya terbit.  Makanya begitu tahu bisa mendapatkannya tanpa bayar tapi legal, ya aku juga ingin memberitahukannya pada siapa saja yang mungkin enggak sengaja terdampar di sini.

1. Ikut giveaway atau booktour di media sosial penerbit ataupun bookworm

Jikalau kamu menginginkan punya buku bacaan versi cetak tanpa membayar, cukuplah kamu ikutan giveaway di media sosial penerbit, ataupun bookworm. Cari aja di instagram, twitter dan facebook deh. Dari mulai penerbit Twigora, Mizan, BIP, Divapress dan masih banyak lagi yang lainnya suka bagi-bagi buku lho. Yang sering aja kepoin akun-akunnya.







"Manusia memang sok tahu. Tuhan sudah melarang, tapi tetap bersikeras. Mengabaikan kata-kata-Nya dengan sadar. Tapi, kita salah. Tuhan melarang karena memang itu yang terbaik untuk hamba-Nya." - 101 *** Di imamin sholat sama babang Duncan Maxwell, Di masakin makanan lezat, diajarin masak plus di sayangin babang Duncan ... aku rela ngahaha #ngayal. Kalau di #loveinedinburgh jadi tahu seputar parfum. Di sini jadi tahu seputar gaun pengantin, sama bikin sponge cake. Auckland nggak kalah syantik sama Edinburgh ๐Ÿ˜ Babang Duncan itu nggak suka dikasih kejutan tapi ngasih mulu kejutan nih di tiap lembarnya. *** Kelly-Sherwin, Duncan-Nuke. Nuke itu temen SMA-nya Kelly. Bogor emang super sempit ๐Ÿ˜ข konfliknya asik buat diikuti. Ada part yang bikin kesel, ngeri, kecewa, sedih, senyam-senyum sendiri, kaget. Nano-nano. Endingnya sama sekali di luar dugaanku. ๐Ÿ‘ Pokoke suka sama Love in Auckland ๐Ÿ˜˜ #loveinedinburgh #loveinauckland #aroundtheworldwithlove #aroundtheworldwithloveseries #batch2 #2016 #gramediapustakautama #gramedia #indahhanaco #happyreading๐Ÿ“š 3/3 Thanks to kak @indah_hanaco & kak @rizkymirgawati ๐Ÿ˜Š
Sebuah kiriman dibagikan oleh Gilang (@gemaulani) pada


Untuk bookworm maupun bookbloggernya bisa kepoin @NovelAddict_, @RizkyMirgawati, @lucktytgs, @inokari_ dan masih banyak lagi aku lupa akunnya. Banyak tuh giveaway buku dengan persyaratan yang enggak ribet. Selain itu, bisa ikut booktour di blog bookworm yang ditunjuk penerbit biasanya ada cukup banyak buku berjudul sama yang dibagikan dengan rentang waktu berbeda-beda.

Baca Juga :  Serunya Launching Buku Aku dan Alam Semesta

Cuma yang perlu diingat, jangan patah semangat buat ikutan giveawaynya! Kalau itu buku udah rezeki kamu, pasti kamu yang menang. Kalau belum menang, ya udah tandanya itu belum berjodoh sama kamu. Coba lagi yang lainnya, jangan menyerah.


2. Pinjam di aplikasi perpustakaan online

Berkunjung ke perpustakaan bagiku menyenangkan selama ada novelnya. Ya gimana ya, aku kan anaknya suka fiksi dibandingkan non-fiksi. Kalaupun terpaksa baca non-fiksi, sebagian besar karena berurusan sama tugas (waktu sekolah). Dan sekarang seneng banget karena ada perpustakaan online.   Aku jadi bisa pinjam kapan saja, di mana saja, sambil rebahan pun bisa. Caranya hanya perlu membuat akun dengan mendaftarkan email untuk meminjam buku. Setiap buku yang dipinjam diberikan durasi 3 hari. Setiap hari diperbolehkan meminjam maksimal 3 buku.

Ijakarta Ipusnas

Untuk aplikasi perpustakaan daring favoritku adalah iJakarta (Jakarta), iPusnas (Perpustakaan Nasional, dan iJogja  (Jogjakarta). Selain tiga aplikasi di atas tentunya masih banyak lagi yang lainnya dan belum aku coba. Ya gimana dari tiga aplikasi aja aku minjemnya suka mabok (bingung saking banyaknya yang ingin dibaca) Udah enggak terhitung juga berapa banyak yang udah kupinjam. Beberapa belum sempat diselesaikan bacanya. Untuk file buku yang diunduh juga enggak besar kok makan kuotanya dan yang pasti ini enggak bikin dosa bertambah karena unduh-unduh file pdf sembarangan.

Baca Juga : Please Be Mine

Cuma, yang perlu digarisbawahi, untuk buku yang ngehits, biasanya diperlukan waktu cukup lama untuk akhirnya mendapatkan kesempatan buat baca. Iya, harus antri, sama aja kayak di perpustakaan pada umumnya. Terkadang ada juga yang udah diunduh tapi enggak kebuka, enggak bisa dibaca entah kenapa. 

3. Baca di aplikasi atau platform khusus baca novel dan cerita lainnya

Selain ikut giveaway, booktour ataupun pinjam di perpustakaan digital, kamu juga bisa baca novel di aplikasi khusus baca dan menulis novel seperti wattpad, storial.co, NovelToon, cabaca, NovelMe dan masih banyak lagi yang lainnya. Terkhusus kamu yang suka bacaan romance dan juga cerita dewasa. Iya, seriusan sebagian besar cerita yang banyak penggemarnya ya cerita romance dan kategori dewasa. Sebagian besar juga tulisannya udah banyak beredar di toko buku dalam bentuk cetak tapi biasanya ada tulisannya "sudah dibaca sekian juta di aplikasi xxxx." Dan kalau udah beredar dalam bentuk cetak biasanya beberapa bab dihapus di platform tersebut atau berubah jadi premium.

Tapi ya gengs, walaupun ada platform baca yang enggak berbayar gini, harus hati-hati juga sih, karena di salah satu platform pernah ada kasus yang ngetik ulang dari novel-novel milik penulis lain. Suka ada yang nackal memplagiat. Kalau sekiranya nemu novel yang udah beredar di pasaran dan penulisnya beda, bisa jadi plagiat, bisa direport aja alias dilaporkan.

storial noveltoon wattpad

Ngomong-ngomong, aku juga punya cerita absurd di Wattpad dan storial.co yang belum kelar-kelar hehehe, siapa tahu kamu mau baca juga. Judulnya untuk dikenang dan Kotak Pesan . Tinggal klik aja di bagian judul yang kutulis jikalau kamu ikhlas terhubung ke cerita buatanku.

Gimana-gimana, enggak sulit kan untuk mendapatkan bahan bacaan di zaman sekarang ini secara legal bagi kaum rebahan. Jujur aja, dulu aku pernah unduh beberapa novel dalam bentuk pdf yang katanya dibagikan oleh penulisnya padahal enggak. Enggak lama setelahnya kuberjanji pada diriku sendiri untuk enggak mengulanginya lagi. Ya walaupun sampai saat ini ku masih pakai sistem operasi bajakan sih di laptop, jujur aja. Belum sanggup beli akunya gengs (doain suatu hari nanti sanggup beli sistem operasi yang enggak bajakan) #dilemparsendalsamanetizen ini mah. Ya siapa tahu ada yang teriak "halah, masih pake sistem operasi bajakan di komputer/laptop aja so so an."

Ya udah aku jujur tuh masih pake sistem operasi bajakan di laptop. Namun setidaknya untuk masalah buku bacaan, mp3 ataupun film aku udah gak unduh sembarangan karena udah banyak pilihan lain yang legal. Suka kepikiran juga, siapa tahu disisipi virus gitu file-filenya, was-was juga sebenernya aku sama sistem operasi bajakan yang kupakai saat ini.  Aku tahu kamu mau bilang apa lagi, suruh ganti ke sistem operasi tetangga sebelah kan. Mohon maaf dari zaman sekolah di jurusan TKJ, itu sistem operasi masih belum kumengerti seperti perasaanku terhadap seseorang.

2 komentar

  1. Thanks banget untuk info2 tempat yg ada buku, novel gratis. Aku ketawa baca "kaum rebahan".

    BalasHapus
  2. wahh cocok ini untuk mengisi waktu luang, apalagi sekarang work from home

    BalasHapus

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu