4/17/2020

Manfaat Minyak Kasturi Untuk Kesehatan

Dikarenakan sedang ramai lagu Aisyah Istri Rasulullah, maka akupun mau bahas minyak kasturi, minyak wangi kesukaan Rasulullah beserta manfaatnya untuk kesehatan. Ya siapa tahu ikutan jadi trending topic juga. Soalnya, minyak yang satu ini benar-benar banyak manfaatnya lho. Baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Namun, khusus kali ini aku mau bahas soal manfaat dari sisi kesehatannya.

minyak kasturi
ilustrasi
Rasulullah menyukai minyak kasturi yang masih asli, tanpa campuran karena aromanya wewangian yang satu ini harumnya lembut, tidak menyengat tapi wanginya awet alias tahan lama. Oleh karena itu cocok digunakan pria maupun wanita. Nah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa manfaat minyak kasturi bagi kesehatan :

1. Aroma terapi
Aroma minyak kasturi yang lembut membuatnya bisa dipakai atau dijadikan sebagai aroma terapi atau penghilang stress. Cocok banget nih kalau dipakai saat masa pandemi yang membuat sebagian manusia merasa was-was dan stress apalagi beberapa pemberitaan membuat kepala tambah pening. Coba hirup atau oleskan minyak yang satu ini. Digunakan sebelum di sekitar pelipis bisa membuat tidur nyenyak lho.

2. Menghangatkan tubuh dan mengobati masuk angin
Selain berfungsi sebagai wewangian bahkan dijadikan salah satu bahan campuran parfum, minyak yang satu ini bisa juga lho dipakai untuk menghangatkan tubuh saat kamu merasa kedinginan atau kurang enak badan. Selain itu bisa juga lho dioleskan ke tubuh sebagai penghilang angin yang berlebihan alias masuk angin. 

3. Antiseptik
Banyak beraktivitas fisik baik di luar maupun di dalam rumah tetap saja beresiko terluka. Misalnya tergores pintu lemari, tergores pisau saat memotong dan luka-luka lainnya yang membuat kulit terluka bahkan terluka hingga mengeluarkan cairan berwarna merah kental yang dinamakan darah. Nah, jikalau kamu mempunya minyak kasturi, dia pun bisa lho digunakan sebagai antiseptik atau pengobat luka setelah sebelumnya daerah yang terluka dicuci bersih dulu menggunakan air. Tinggal oleskan saja menggunakan kapas ke kulit yang terluka.

4. Pereda Nyeri
Siapa di sini yang masih muda tapi punya masalah sakit di area persendian. Eh ini aku maksudnya, aku sih jujur aja suka rematik kalau kedinginan, baik karena kehujanan atau terkena angin malam. Nah, minyak yang satu ini punya senyawa yang bisa meredakan rasa sakit pada bagian persendian lho ataupun bagian tubuh yang bengkak. Dengan catatan harus minyak kasturi yang asli.

5. Penawar racun
Seperti halnya terluka, kita juga tidak bisa memastikan untuk tidak digigit serangga ataupun hewan beracun seperti ular. Nah, minyak kasturi ini mempunyai kandungan atau senyawa yang bisa dijadikans sebagai penawaran racun. Benar-benar kaya akan manfaat ya.

Selain lima manfaat yang kutuliskan di atas, masih banyak lagi lho manfaat minyak kasturi ini untuk kesehatan. Sementara untuk kecantikan, minyak ini bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit. Dari mulai kulit kering, jerawat, keriput, bahkan hingga memudarkan stretch marks karena minyak kasturi ini mengandung vitamin A, retinol, omega 3 dan omega 6. Pokoknya kaya akan nutrisi deh. Baik itu yang berbahan hewani dari rusa atau kijang jantan maupun nabati dari beberapa jenis tumbuh-tumbuhan seperti garden angelica atau seledri liar yang tumbuh dua tahunan. Kemudian  muskwood dan musk monkeyflower.

Jangan salah ya, rusa atau kijang jantan yang menghasilkan minyak kasturi ini enggak sembarangan. Hanya ada di negara-negara tertentu saja. Selain itu harganya pun terbilang mahal. Oleh karena itu untuk kamu yang ingin mencoba aroma wewangian ala minyak kasturi dan beberapa manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan kulit dengan harga terjangkau, bisa lho mencobanya pada sabun cair maupun sabun batang dari lifebuoy kasturi musk.

11 comments

  1. Ternyata minyak kasturi itu banyak manfaatnya ya, bisa dijadikan aroma therapy juga. Wanginya yang khas memang dapat menenangkan.

    ReplyDelete
  2. Oohhh saya kira kalau Kasturi itu berasal dari tanaman yang bernama Kasturi, ternyata bahkan dari hewan pun minyak Kasturi ini bisa dihasilkan. Saya pun baru eungeuh kalau minyak Kasturi bisa untuk masuk angin.

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau ttg minyak kasturi ternyata banyak manfaatnya ya mbak

    ReplyDelete
  4. Wanginya memang enak minyak kesturi ini. Sabun mandi dengan harum kesturi aja wangi banget

    ReplyDelete
  5. Penasaran dengan minyak kasturi, ternyata diproduksi kijang /rusa
    Trus kijang yang hidup di kebun raya bogor bisa menghasilkan ngga ya?

    ReplyDelete
  6. Masya Allah, ya. Dari hal yang nggak terpikirkan bisa jadi kasturi yang wanginya lembut dan cocok buat semua orang. Saya belum pernah coba varian lifebuoy kasturinya. Penasaran juga seperti apa wangi kasturi itu. Next harus beli kalau belanja ke supermarket...

    ReplyDelete
  7. Belum pernah coba minyak kasturi. Jadi ada di Varian lifebouy, ya? Memang khasiatnya banyak, ya. Bermanfaat banget. Kalau minyak kasturi aslinya kira-kira di mana dapetinnya? Kayaknya jarang, ya

    ReplyDelete
  8. Ya Allah Mba, aku pikir minyak kasturi itu dihasilkan dari jeruk kasturi. Aduh malu akuu.
    Ternyata dari kijang.

    ReplyDelete
  9. Ternyata khasiat dari minyak kesturi ini ada banyak ya bukan cuma aromanya saja yang kuat tapi bisa juga dijadikan antisptik dan jadi obat pereda nyeri bahkan bisa digunakan sebagai oenawar racun. Noted nih.

    ReplyDelete
  10. Masya Allah manfaat minyak kasturi banyak sekali. Dan aku baru tahu kalau ada sabun cair maupun sabun batang dari lifebuoy kasturi musk.Ku mau coba ah minyak dan sabunnya

    ReplyDelete
  11. MasyaAllah, banyak banget ya manfaat minyak kasturi yang disenangi Baginda Rasulullah Muhammad SAW., ini. Jadi pengen juga ini cium wangi kasturi. *emang seriusan belum pernah.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)