4/15/2020

Playlist Lagu Galau, Glenn Fredly

Kali ini aku mau menuliskan playlist lagu galau dari salah satu musisi Indonesia yang udah enggak ada di dunia. Asli, kaget luar biasa saat melihat story whatsapp teman tentang berita Bung Glenn Fredly tiada. Antara percaya enggak percaya, tapi begitu kutelusuri lebih jauh. Beneran udah meninggal karena beberapa saat kemudian pemberitaannya mulai ramai. Berasa de javu kayak waktu Mike Mohede meninggal. Bedanya Bung Glenn ini sakitnya udah cukup lama, cuma minta ditutupi, gitu kan kata Dr Tompi. Pantes aja enggak tampil bareng Trio Lestari di konser di rumah aja. Memang ya usia mah enggak ada yang tahu. Aku aja enggak tahu ini besok masih ada apa enggak.

Seumur-umur suka dengerin lagu Glenn Fredly, baru November 2019 kemarin lihat langsung sosoknya di Konferensi Musik Indonesia (KAMI) yang diadakan di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang. Walaupun ku cuma melihatnya dari tempat duduk yang cukup lumayan jaraknya sama panggung sih dan enggak nyanyi. Tapi ku senang sekali. Pokoknya jadi salah satu kenangan manisku di penghujung 2019.

playlist lagu galau

Ya baiklah, tanpa berlama-lama lagi, inilah deretan lagu Glenn Fredly favoritku. Sebagian besarnya didominasi lagu patah hati tentunya. Dan aku mendengarkannya enggak saat patah hati doang. Di hari-hari biasa pun suka kuputar sesekali.

1. Terserah

//Terserah kali ini 
sungguh aku tak kan peduli
ku tak sanggup lagi
jalani cinta denganmu//

Aku memaknai lagu ini sebagai lagu yang mengisyaratkan kalau cinta itu ya jangan sampai bikin kita selalu mengorbankan perasaan. Kalau udah disakiti berkali-kali itu ya mending udahan aja, enggak usah bertahan terus-terusan. Pokoknya ya enggak usah dipeduliin lagi orang yang bilang sayang, bilang cinta tapi menyakiti terus-terusan, enggak setia. Percuma aja gitu diterusin pun. Makan hati.

2. Januari

//Kasihku, sampai di sini kisah kita
Jangan tangisi keadaannya
Bukan karena kita berbeda
Dengarkan, dengarkan lagu
Lagu ini melodi rintihan hati ini
Kisah kita berakhir di Januari//

Walaupun ku tak punya kisah cinta yang berakhir di bulan Januari, tapi aku suka sama lagu ini. Liriknya, musiknya, suara Glenn Fredly yang penghayatannya maksimal. Pokoknya suka banget sama lagu perpisahan yang satu ini. Berpisah itu berat, tapi kalau enggak berjodoh, bukan cinta sejati ya akhirnya harus berakhir kan gengs.

3. Akhir Cerita Cinta

//Kini harus aku lewati 
Sepi hariku 
Tanpa dirimu lagi//

Sakit banget ya kan udah menjalani kisah cinta sekian lama dengan seseorang yang bahkan sering dibangga-banggain depan teman. Pasti sepinya merayapi seluruh sendi dengan luar biasa. Udah gitu kudu berjuang buat melupakan si dia.

glenn fredly deretan lagu patah hati

4. Bagai Tetes Embun Pagi

//Bagai tetes embun pagi
Sejuk di hati
Kau hapuskan sepi

....

Sering kau ciptakan bahagia
Sering kau musnahkan nestapa
Hanya dirimu yang menggugah
Isi sanubariku//

Yang ini bukan lagu patah hati deh ya, tapi aku suka sejak pertama kali mendengarnya di salah satu FTV SCTV enggak ingat tahun berapa. Pokoknya jadi soundtrack FTV yang ceritanya si cewek punya penyakit kanker gitu deh. Pokoknya lagu tentang ungkapan rasa cinta ini rasanya dalem banget.

5. Sedih Tak Berujung

//Ini aku, kau genggam hatiku
simpan di dalam lubuk hatimu
tak tersisa untuk diriku, 
habis semua rasa di dada

Slamat tinggal, kisah tak berujung
kini ku kan berhenti berharap
perpisahan kali ini untukku
akan menjadi kisah sedih yang tak berujung.//

Soundtrack patah hati buat yang ditinggal menikah. Ya dengerin aja lirik di baris pertamanya. Ada dituliskan menjelang hari bahagiamu. Mau bagaimanapun ditinggal nikah sama orang yang dicintai secara tiba-tiba pasti menyakitkan. Lagu ini mewakili perasaan itu sekaligus menyadarkan buat berhenti berharap.

Baca Juga : Lagu Daur Ulang, Pengantar Tidur

6. Sekali Ini Saja

//Bersamamu kulewati 
Lebih dari seribu malam 
Bersamamu yang kumau 
Namun kenyataannya tak sejalan

Tuhan bila masih ku diberi kesempatan Izinkan aku untuk mencintanya 
Namun bila waktuku telah habis dengannya 
Biar cinta hidup s'kali ini saja.
//

Enggak tahu lha, aku speechless banget sama lagu ini. Nangis bombay jadinya.

7. Kasih Putih

//Biarkanlah kurasakan
Hangatnya sentuhan kasihmu
Bawa daku penuhiku
Berilah diriku kasih putih
Di hatiku.. (kudatang padamu kekasihku//

Ini tuh romantis banget dan nyatu banget sama suaranya Bung Glenn. 

8. Cukup Sudah

//Cukup sudah
kukatakan
untuk ke sekian kali
aku sayang kamu//

Eaaa, lagu yang cocok buat pernyataan cinta, kalau bahasa gaulnya 'nembak,' sekaligus gak bisa berpindah ke lain hati.

9. You are My Everything


//I'll come running to you

Fill me with your love forever

I'll promise you one thing
That I would never let you go
'Cause you are my everything//

Aku enggak tahu film Cinta Silver yang mana, nah lagu ini adalah soundtracknya. Yang ku tahu sejak mendengarnya di tahun 2012, padahal ini lagu 2005. Aku langsung suka enggak pake alasan a,b,c,d,e ...z. Sebab enggak semua yang kita sukai harus ada alasannya kan.

10. Terpesona feat Audy

//Terpesona ku pada pandangan pertama
Dan tak kuasa menahana rinduku
Senyumanmu slalu menghiasi mimpiku
Ingin kupeluk dan kukecup keningmu
Oh indahnya.//

Ini adalah lagu Bung Glenn featuring mba Audy yang pertama kali kudengar dan ku langsung suka suaranya juga lagunya yang manis sekaligus ada bumbu-bumbu cerianya.

11. Sakitnya Di sini (Trio Lestari)

//Apa gunanya wangi bila slalu patah hati
Apa gunanya cinta bila slalu kau khianati
Bukan bukan bukan sekedar luka
Bukan bukan bukan sekedar kecewa//

Ketika Bung Glenn, Dr Tompi dan mas Sandhy Sandoro bersatu dalam Trio Lestari dan melahirkan lagu yang satu ini. Aku langsung suka. Suara mereka yang punya ciri khas masing-masing menyatu dengan indah.

Nah, itulah 11 lagu favoritku dari bung Glenn, walau kenyataannya buat aku pribadi, semua lagu-lagunya emang enak sih, easy listening , terutama buat manusia yang sering atau sedang patah hati kayak aku. Eh ya, kalau kamu pencinta lagunya Glenn Fredly juga enggak. Kalau iya, sukanya yang mana aja nih?

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)