5/05/2020

3 Jenis Perusahaan Jasa Logistik di Indonesia

Ada begitu banyak jenis perusahaan di Indonesia, pun di bidang pengiriman. Kamu pasti sudah akrab dengan beberapa di antaranya. Apalagi jika sering mengirimkan atau menerima barang berukuran kecil, sedang dan tidak terlalu berat dari dan ke seseorang nun jauh di sana. Untuk mengirimkan dan menerimanya pun bisa dilakukan dari rumah dengan layanan antar jemput tanpa minimal berat dan ukuran barang yang akan dikirim. Namun, jika kamu membutuhkan pengiriman logistik ataupun benda yang lebih besar dengan biaya lebih murah, tentunya tidak bisa mengandalkan pengiriman biasa.

jasa logistik

Untuk pengiriman dalam jumlah besar bisa dilakukan melalui perusahaan jasa logistik. Jika melakukan pengiriman dengan cara ini, maka akan dikenakan biaya lebih hemat karena berat barang yang kirim ada jumlah minimal yang harus dipenuhi. Di Indonesia sendiri ada 3 kategori perusahaan pada bidang cargo ini.

Lead Service Provider (LSP)
Sebagai kategori paling dasar, jenis perusahaan pengiriman barang cargo di sini hanya memiliki atau menyediakan satu layanan saja. Entah itu hanya pengelolaan warehouse atau gudang penyimpanan atau justru menyediakan jasa kurir saja

Lead Logistics Provider (LLP)
Jika jenis perusahaan LSP  ciri-cirinya adalah perusahaan dengan menyediakan satu layanan aja, lain lagi dengan LLP. Lead Logistics Provider ini adalah perusahan logistik tunggal, di mana seluruh proses distribusi dilakukan oleh satu perusahaan saja. 

Three Party Logistics (3PL)
Terakhir, ada kategori perusahaan Three party logistcs atau disingkat 3PL. Merupakan kategori perusahaan logistik yang lengkap. Soalnya, dalam kategori ini, perusahaan mempunyai layanan warehouse dan freight forwarding yang juga bekerja sama dengan perusahaan transportasi. Baik itu transportasi darat, laut, maupun udara. Sehingga proses pengiriman, penyimpanan dan pengelolaan gudang barang menjadi lebih mudah.

Untuk bentuk dan berat bendanya pun tidak terbatas, asalkan memenuhi kriteria minimal berat yang ditentukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Jadi, selain melayani pengiriman untuk dokumen dan paket dengan ukuran yang besar, perusahaan jasa logistik pun melayani pengiriman barang berat yang ukurannya terlalu besar untuk dikirimkan melalui layanan kargo biasa.

Salah satu perusahaan jasa logistik end to end yang terpercaya di negeri ini adalah SERA. SERA, atau nama lengkapnya PT. Serasi Autoraya. SERA yang merupakan bagian dari anak perusahaan Astra Internasional ini sudah dikenal luas sebagai satu layanan transportasi dan logistik di Indonesia melalui brand SELOG. Dari mulai contract logistics, shipping services, shipping agency, freight forwarding, warehouse dan yard management, dan courier services, semua ada di sana.

Tips Menerima Paket Saat Pandemi COVID dari SERA


Berbicara tentang SERA, di masa pandemi COVID-19 ini, PT. Serasi Autoraya sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan logistik ini memiliki beberapa tips aman saat menerima paket. Ada 6 langkah yang harus kamu lakukan.

1. Meminta kurir untuk meletakkan paketnya di luar. Jadi, kalau ada kurir yang datang itu jangan ditemui secara langsung.

2. Membiarkan paket di bawah sinar matahari atau terpapar sinar matahari dalam waktu minimal 30 menit.

3. Jika di rumah tersedia cairan desinfektan, maka semprotlah paketnya terlebih dahulu. Namun, bila tidak mempunyainya, kamu bisa menggantinya dengan cara cuci tangan pakai sabun.

4. Buka paket dan cuci barang-barang dari dalam paketnya menggunakan air sabun ataupun lakukanlah disinfeksi pada permukaan barang. Eh tapi lain ceritnya kalau barang eletronik ya.

5. Segera buang sampah atau pembungkus paketnya. Jangan lupa lakukanlah pemilihan. 

6. Jika sudah selesai, maka cuci tanganlah menggunakan sabun antiseptik kembali agar kuman, bakteri maupun virus yang mungkin masih menempel atau tertinggal di pembungkus paket terlepas dari tangan kamu.

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu