6/14/2020

Ini Lho Maksud Dari ICCU | Kesehatan

Kali ini aku mau membahas maksud dari ICCU. Salah satu jenis ruangan perawatan khusus di rumah sakit. Yang mungkin belum terlalu familiar didengar dan walaupun punya fungsi khusus yang bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan ruangan ICU tidak double C. Bedanya hanya di penyakit yang ditangani dan tambahan alat khususnya. Akan kujelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu ICCU


ICCU adalah singkatan dari Intensive Coronary Care Unit. Ada juga beberapa rumah sakit yang menyebutnya dengan Intensive Cardiac/ Cardiologi / Cardiosvakuler Care Unit.

Maksud Dari ICCU adalah Intensive Coronary Care Unit

Di mana ruanagn ini merupakan unit atau ruang perawatan intensif untuk penyakit yang kritis yang behubungan dengan jantung maupun masalah pembuluh darah. Terutama jantung coroner, gagal jantung, gangguan irama jantung berat, serangan jantung dan gangguan berat pada fungsi jantung yang lainnya. Serta pecah pembuluh darah.

Ruangan ini dikhususkan untuk pasien yang memerlukan perawatan intensif dan terjaga kesterilannya. Sebab pasien dalam keadaaan kritis dan butuh penanganan khusus dengan konsentrasi penuh dari dokter maupun perawatnya.

Perbedaan ICU VS ICCU


Walaupun sama-sama berjudul Intensive Care Unit, mereka tetap memiliki perbedaan. Seperti yang bisa kamu lihat dari pengertian di atas. ICCU dikhususkan untuk pasien dengan penyakit jantung serta pembuluh darah. 


Sementara ICU adalah ruangan perawatan intensif untuk  pasien penyakit umum namun dalam keadaan kritis atau perlu penanganan khusus seperti korban kecelakaan, luka bakar, cedera parah dan lainnya setelah ditangani di UGD atau IGD terlebih dahulu tentunya. 

Selain itu, pasien yang  selesai dirawat di ICU, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut dipindahkan ke ICCU jika akhirnya ditemukan penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Standar Pelayanan ICCU


Sebagai unit perawat intensif penyakit jantung dan pembuluh darah, ICCU pun punya standar pelayanan khusus yang mumpuni. Dari mulai peralatan dan teknologi yang canggih seperti ventilator, alat pemantauan fungsi vital, prosedur diagnostik dan juga darurat. 

Tidak hanya itu tentunya, perawatan di ruangan Intensive Coronary Care Unit pun didukung dengan dokter dan perawat yang kompeten di bidangnya untuk merawat pasien dengan masalah jantung atau kardiovaskuler.

Pasien yang dirawat dalam ruangan ini bisa saja ditangani oleh beberapa dokter dan beberapa perawat. Namun ada juga yang bisa memilih untuk mendapatkan perawatan maksimal dari satu dokter dan perawat khusus dengan harga yang berbeda tentunya. Kunjungan dokter pun bisa sampai 4 kali dalam sehari tergantung kondisi pasiennya.

Selain itu, sama seperti di ruangan ICU, pasien yang dirawat dalam ruangan ini pun tidak bisa sembarangan dijenguk oleh keluarganya. Ada pembatasan tertentu atau peraturan yang ketat karena ruangan harus benar-benar steril. Sehingga pasien pun aman dan tidak terganggu saat menjalani perawatan.

Biaya Perawatan di ICCU


Sama halnya dengan perawatan di ruang inap biasa. Biaya perawatan di ruangan khusus ini pun terbagi menjadi biaya ruangan, biaya dokter, biaya tindakan, dan biaya obat-obatan. Hanya saja, perbedaan terletak pada biaya tambahan berupa alat-alat yang melekat pada tubuh pasien selama menjalani perawatan.

Seperti yang kita ketahui, biaya rawat inap biasa dihitung perhari. Pun dengan biaya perawatan di ruangan ICCU ini, semua biaya dihitung perhari dan tentunya dalam jumlah yang tidak sedikit. Terutama alat-alat yang terpasang di tubuh pasien. Untuk satu alat saja harganya dimulai dari 500 ribu rupiah.


Makanya nih perlu banget punya asuransi kesehatan dan juga asuransi yang mencover penyakit kritis. Untuk kita sendiri maupun untuk orang-orang yang disayangi. Karena yang namanya penyakit kan bisa menyambangi siapa saja. Kalau sudah memiliki asuransi setidaknya kita sudah siap menghadapi satu masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Iya, masalah biaya.

Nah itulah maksud dari ICCU yang kurangkum dari berbagai sumber. Selain ICCU, ICU, UGD, IGD, di rumah sakit pun ada ruangan khusus lain yang namanya PICU, HCU, dan NICU lho. 

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)