6 Tips Mudah Belajar Bahasa Asing Tanpa Bosan yang Harus Kamu Coba


6 Tips Mudah Belajar Bahasa Asing yang Harus Kamu Coba
Sumber : Pinterest.com

Memiliki kemampuan berbahasa asing tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Namun belajar bahasa asing bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang perlu dipelajari agar bisa mengerti kosakata yang terdengar asing. Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa asing yang dipelajari banyak orang. Bisa dibilang bahasa Inggris sebagai bahasa universal. Apalagi di zaman sekarang, berbicara berbahasa Inggris cenderung penting buat memperluas pengetahuan maupun karir. Gak heran jika kini banyak masyarakat tanah air yang mulai mencoba belajar bahasa Inggris.

Cara Belajar Bahasa Asing yang Seru

Bagi kamu yang mau belajar bahasa asing, entah itu bahasa Inggris, Korea, Perancis, China dan lain sebagainya. Kamu perlu usaha dan kerja keras. Semua butuh proses untuk mengerti dan menghafal kosakata asing. Jika kamu merasa belajar bahasa asing di sekolah itu membosankan dan kurang dimengerti olehmu. Kamu bisa mencoba cara-cara seru buat belajar bahasa asing tanpa perlu les dibawah ini.Yuk simak!

1. Pelajari Dulu Kata-Kata Dasarnya


Pelajari Dulu Kata Dasarnya Supaya Lancar
Sumber : Pinterest.com

Sebelum kamu mulai melakukan kebiasaan bahasa asing, sebaiknya pelajari dulu kata-kata dasar dalam bahasa asing yang sering dipakai sehari-hari. Misalnya kata kamu, aku, terima kasih, dan lain sebagainya yang umum dipakai dalam pembicaraan sehari-hari.

2. Dengar Musik Bahasa Asing dan Tulis Liriknya


Dengar Musik Bahasa Asing dan Tulis Liriknya
Sumber: pinterest.com

Secara tidak sadar mungkin kamu mengerti bahasa asing ketika mendengarkan lagu-lagu asing. Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang sering dilakukan buat mengajari bahasa, entah itu anak kecil maupun orang dewasa. Coba pilih lagu yang enak untuk kamu dengar dan pakai headset tanpa kabel saat mendengarkan lagu agar setiap lirik lagunya lebih jelas didengar. Jangan lupa pelajari juga arti dari lirik lagunya buat memperluas pengetahuan kata-kata asing kamu.

3. Baca Buku Berbahasa Asing


Baca Buku Berbahasa Asing
Sumber: pinterest.com

Bagi pemula, cobalah untuk membaca buku anak-anak dalam bahasa asing. Selain memiliki banyak gambar menarik, buku bacaan anak-anak juga umumnya memakai tata bahasa dan kata dasar yang dipakai sehari-hari. Jika kamu sudah lumayan mahir dan mengerti, kamu bisa membaca buku yang lebih sulit, misalnya novel fiksi.

4. Nonton Tayangan Luar

Nonton Tayangan Luar
Sumber: pinterest.com

Tips satu ini sepertinya sudah bukan rahasia lagi. Yup, sering menonton tayangan luar memang bisa menambah kemampuan berbahasa asing. Apalagi kalau nonton tayangan favorit sambil menggunakan wireless headset, bakal bikin semangat buat belajar deh. Supaya kamu makin pintar berbahasa asing, mulailah dengan menonton tayangan tanpa menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Tapi kalau masih kesusahan, pakai subtitle bahasa Indonesia tapi jangan begitu sering. Kalau ada kata-kata yang sulit, tulis dan cari artinya buat menambah skill kata bahasa asing kamu.

5. Latihan Berbicara Bahasa Asing di Depan Cermin


Latihan Berbicara Bahasa Asing di Depan Cermin
Sumber: pinterest.com

Berbicara ke diri sendiri di depan kaca mungkin terkesan aneh. Namun, tips ini disarankan para ahli buat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Gak perlu setiap hari untuk melakukannya kok, terapkan minimal tiga kali seminggu selama kurang lebih 15 menit. Seiring berjalannya waktu, kemampuan bahasa asing kamu bakal semakin lancar!

6. Selalu Sediakan Kamus

Selalu Sediakan Kamus
Sumber: pinterest.com

Selain cara-cara di atas, kamu juga perlu membaca kamus untuk menambah setiap kosa kata bahasa asing kamu. Di zaman yang serba canggih ini, kamu gak perlu repot-repot membawa buku kamus tebal. Cukup mengandalkan smartphone dan aplikasi Google translate, kamu bisa dengan mudah menerjemahkan kosa kata bahasa asing yang tidak kamu ketahui. 

Lakukanlah sejumlah tips yang sudah kita simak diatas dengan konsisten dan rutin, sehingga kemampuan berbahasa asing kamu bisa semakin meningkat secara perlahan!

No comments:

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)

Powered by Blogger.