11/15/2020

Cetak Foto Kece dari Hape Di ID Photobook

Selain mengabadikan cerita dari hari ke hari ataupun tahun ke tahun melalui tulisan, aku juga suka banget menyimpan banyak foto dari momen yang sudah terlewati. Makanya saat file foto rusak, hilang ataupun terhapus, mendadak aku jadi agak melow. Apalagi kalau gambar tersebut enggak ada salinannya. Macam foto waktu aku kecil yang klisenya entah ke mana, sementara hasil cuci-cetaknya hilang beserta binder kesayangan yang digondol seseorang.

Cetak Foto Kece dari Hape di ID Photobook Mudah Banget

Mengingat momennya enggak bisa diulang dan kadang penyimpanan semacam memori card, flashdisk, harddisk, ataupun cloud bisa rusak. Media sosial enggak aku anggap karena foto yang diunggah kualitasnya suka jadi ada semutnya saat diunduh lagi. Akhirnya kuputuskan untuk mencetak beberapa foto istimewa sepanjang tahun 2015 hingga saat ini.

Tempat mencetaknya pun aku pilih yang istimewa, di ID Photobook. Iya, biasanya aku cetak sendiri di rumah, cuma ya, setahun disimpan hasilnya memudar. Kan sama aja bohong. Sementara kalau diserahkan ke ahlinya, hasilnya udah enggak diragukan lagi.

5 Alasan Kenapa Cetak Foto di ID Photobook

Mungkin di antara kamu yang enggak sengaja terdampar di sini ada yang bertanya-tanya. Kenapa, dari sekian banyak penyedia jasa cetak foto yang ada di negeri ini, aku pilihnya ID Photobook. So, inilah alasannya!

Album Foto di ID Photobook Bagus Banget

1. Berpengalaman dan Role Model

ID Photobook merupakan perusahaan foto digital yang menyediakan layanan cetak foto melalui aplikasi. Berdiri sejak tahun 2016, di tahun 2018 aja udah resmi diumumkan sebagai perusahaan foto digital terbesar di Indonesia.

Enggak cuma sampai di situ, ID Photobook pun mendapatkan penghargaan internasional sebagai inovator "New Digital Photo Business Model." Enggak heran sih, dalam jangka waktu yang singkat aja udah bisa mengungguli ribuan percetakan besar di Asia Tenggara.

2. Berkualitas

Kenapa aku bisa narik kesimpulan begini? Pertama, karena dalam jangka waktu 4 tahunan, ID Photobook udah punya jutaan pelanggan yang puas dengan hasil cetak fotonya, dan sekarang aku termasuk salah satu di antaranya.

Bayangin, hasil foto dari hape-ku yang "kentang," aja bisa jadi album foto yang keren banget. Termasuk yang enggak sempat aku edit dulu. Enggak ada hasil yang buram, kurang cahaya dan lainnya. Sampai terkesima aku tuh lihatnya.

Contoh punyaku nih. Cover-nya tebal dan udah kayak majalah kekinian aja!

Harga Photobook Hardcover Bersahabat

3. Kekinian dan Banyak Pilihan Layout-nya

Iya udah lihat kan halaman cover album foto punyaku di atas. Itu salah satu pilihan sampul albumnya. Karena, di ID Photobook ada pilihan yang softcover dan hardcover. Keduanya ini dibagi lagi pilihan tampilannya, ada yang portrait, juga landscape. Aku milih yang mana? 

Aku menjatuhkan pilihan ke Hardcover Large Portrait 48 halaman yang pada bulan Oktober kemarin sampai sekarang lagi ada diskon, berbonus pula. Nah, tema sama layout udah tersedia, tinggal pilih yang disukai. Aku yang emang enggak nyeni masalah tata letak jadi enggak repot nentuin sendiri. Praktis banget deh, suka.

ID Photobook Cetak Foto Kekinian

Selain album foto, ID Photobook pun menawarkan cetak foto dalam bentuk lain lho. Mulai dari kalender dinding, kalender meja, edu cards hingga ke photo wall. Buat aku yang paling menarik perhatian adalah photo wall

Kebayang enggak, ruang tamu, ruang keluarga atau kamar sendiri dihiasi photo wall gitu? Aku sih bayanginnya ruangan jadi cakep banget. Ayolah nabung dulu, nanti bikin yang photo wall.

4. Harga Photobook Bersahabat dan Banyak Promo Menarik

Mengusung album foto dan layout-nya yang kece kaya majalah. Harga Photobook yang dicetak termasuk bersahabat alias terjangkau gengs.

Punyaku yang Hardcover Portrait Large 48 halaman aja cuma dibanderol 400 ribu kurang 500 rupiah aja. Kebetulan pas pesan lagi diskon jadi 325 ribu ditambah ada subsidi gratis ongkir. Jadinya free ongkir buat pengiriman album foto yang kupesan.

Album Foto Photobook Promo Gratis Kalender Dinding

Udah dapet harga promo, gratis ongkir, eh berbonus kalender dinding A3 yang juga bisa aku pilih layout-nya dan tambahin foto-foto yang mau terpampang di kalendernya juga. Kalendernya secakep album foto, bahannya glossy dan keliatan mewah.

Untuk promo menariknya bisa kamu lihat di aplikasinya yang bisa diunduh di playstore untuk pengguna android, kemudian di situsnya, dan juga Instagram @id.photobook.

5. Customer Service-nya Cepat Tanggap

Jadi kan ya, aku kadang orangnya suka memastikan kembali saat memesan sesuatu. Walaupun sebenarnya udah terpampang sih di menu cara pesan, cara order sama cetak fotonya. Tapi, customer service tetap menjawab pertanyaan aku dengan ramah dan cepat. 

Cara Pesan dan Cetak Foto di ID Photobook

Nah itulah 5 alasanku kenapa memutuskan untuk cetak foto di ID Photobook. Yuk kamu cobain cetak foto juga di sana. Gampang banget kok.

Nih aku bakal review cara bikin album foto kecenya yang mudah banget dan enggak pake lama. Eits dengan catatan koneksi internet kita pas lagi ngunggah fotonya stabil atau cepat ya gengs.

1. Buka Situs atau Unduh Aplikasinya Dulu

Iya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs ataupun mengunduh aplikasi dari playstore (untuk pengguna android) lewat sini nih --> ID Photobook . Setelah aplikasi atau halaman websitenya terbuka, yuk lanjut ke step berikutnya.

2. Buat Profil Akun

Iya, untuk masuk ke aplikasinya, baik melalui smartphone android maupun halaman desktop situsnya. Jangan lupa lengkapi juga bagian alamat pengiriman supaya saat checkout enggak perlu isi manual lagi.

3. Ketuk/Klik Pesan pada Album Foto yang Disukai

Ketuk pada tombol pesan di bagian album foto pilihan kamu. Aku kemarin pesan di Hardcover Large Portrait 48 Halaman.

4. Ketuk/Klik Bayar Sekarang dan Lanjutkan Proses Checkout

Kalau udah yakin dengan pilihannya, lanjutkan untuk membayar dong. Di sana bisa pilih alamat atau memasukkan alamat lain. Ya siapa tahu kan mau kirim hasil cetak fotonya buat orang lain nun jauh di sana.

Pilih jasa pengiriman yang dikehendaki. Kemarin aku lihat ada 2 pilihan dan durasi pengirimannya pun tertera. Baru setelahnya pilih metode pembayaran.

5. Bayar Sesuai Pesanan

Jangan lupa untuk membayar sesuai nominal yang tertera, termasuk buntut angka di belakangnya. Biar apa gengs? Biar konfirmasinya secara otomatis. Aku kemarin pake virtual account BNI dikasih waktu 24 jam untuk pembayaran.

6. Tunggu Konfirmasi Pembayaran

Nah kalau pembayaran sudah dikonfirmasi gengs, nantinya akan ada pemberitahuan ke email bahwa pembayaran berhasil dan kamu mendapatkan kode order buat kirim foto-foto terbaik yang mau dicetak. Kodenya ini terdiri dari gabungan huruf dan angka, masa berlakunya sampai 3 bulan. Tapi buat aku yang suka lupaan sih mending langsung dikirim aja daripada lupa. Biar cepet dateng juga kan album fotonya.

Jika sudah begitu, maka langkah selanjutnya adalah kembali ke aplikasi ataupun situs untuk melakukan pengunggahan foto. Karena minimal dan maksimalnya 100 foto, maka aku lebih memilih untuk mengunggah melalui dekstop laptop. Enggak memungkinkan buat mengkopi 100 foto ke memori hapeku gengs.

Cara untuk Kirim Fotonya

Untuk mengirimkan foto ini, maka kamu harus masuk menggunakan nomor whatsapp terdaftar serta kode order yang sudah muncul di aplikasi ataupun yang dari email konfirmasi itu. 

Setelah berhasil masuk, maka kamu akan dihadapkan pada kolom untuk mengisi judul, pilih tema, pilih layout, dan tombol upload foto. Kemarin aku pilih tema marble yang covernya simpel. Terus layoutnya milih fancy beauty. 

Tema dan Layout ID Photobook Keren Hardcover

Eh ya, untuk cover foto, aku diingatkan sama customer service-nya kalau foto yang paling awal diunggah itu akan jadi cover fotonya. Tapi enggak usah khawatir, kalau foto cover ada di tengah atau di akhir, tinggal klik aja tanda panah di samping unggahan foto, itu bisa diatur foto mana yang mau dijadikan cover.

Kalau salah unggah foto pun bisa dihapus dengan mencentang terlebih dahulu foto yang salah, lalu klik hapus. Nah, kalau udah fix 100 foto terunggah, kamu bisa klik selesai supaya bisa kembali ke halaman beranda. 

Jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar, maka tombol selesai di beranda yang ada judul foto tadi akan berubah jadi hijau alias bisa diklik, tekan deh dan tinggal tunggu fotonya diverifikasi. Proses verifikasi, layout, produksi sampai pengiriman estimasinya semingguan. Aku kemarin kalau enggak salah inget 5 hari tiba-tiba udah dianterin sama kurir paket. 

Pengirimannya dari Yogyakarta gengs, karena kantor ID Photobook di sana. Tapi, tentunya melayani konsumen dari seluruh Indonesia. Jadi, jangan khawatir, di mana pun pulau tempatmu tinggal, cetak foto tetap bisa dilakukan. Praktis kan.

memory stay forever ready to nostalgic gengs

Semua proses itu bisa kamu lihat di aplikasi ataupun website pada bagian akun, daftar transaksi, klik deh orderannya. Nanti akan ditampilkan status pesanannya.

Jadi gimana nih? Udah siap buat memories stay forever and ready for nostalgic di masa yang akan datang? Udah, jangan banyak mikir, cepet cetak fotonya daripada menyesal kemudian kayak aku. Sebagain foto tak terselamatkan karena mengendap di laptop yang rusak dan belum bisa diperbaiki.

38 comments

  1. Aku juga pernah lho kak cetak foto di id.photobook senang banget karena foto2 pernikahan yang tidak tercetak jadi bisa dilihat2 lagi dan hasilnya juga bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ya mbak liatinnya kalau udah dicetak :)

      Delete
  2. Fotonya bagus2 ya mba, aku mencoba mencernah definisi hp kentang juga, hahaha.. tapi emang bener sih akupun udah coba dan emang bagus2 hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, hasil cetak di ID Photobook kece-kece. Ehehe "kena tanggung" mbak. Inginnya yang spek tinggi tapi liat kantong harganya lum sanggup, baru kebeli yang kentang :D

      Delete
  3. Lucu foto2nya Mbak Gilang. Jadi mupeng pengen cetak foto juga di ID Photobook juga. Aku sudah pernah order di sini juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba. Waaah mbaknya udah pernah order juga di ID Photobook ya :)

      Delete
  4. Wah baru tahu nih kaak. Beneran. Kemarin habis kecewa cetak foto hasilnya duhhh sebel hahah. Kayaknnya mau coba idphotobook deh ni

    ReplyDelete
  5. Ya ampun mbak Gee, udah berapa lama ya aku enggak cetak foto? Kebiasaan potret HP, simpen, aplod medsos atau berkerak di dalam drive PC, mwkkw. Setuju aku, foto yang dicetak lebih memorable

    ReplyDelete
    Replies
    1. Same energy mbak, akupun tuh habis potret simpen, kalau gak diunggah ke medsos ya menuhin harddisk aja :D. Yang dicetak lebih bisa dinikmati ehehe

      Delete
  6. Kadang kadang kalau udah numpuk di HP rasanya malas saya utk lihat2 kembali. Namun kalau dicetak kan bisa dilihat2 lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak kalau di hape tuh suka males skrol-skrol, kecil pula kan kelihatannya. Kalau dicetak jadi terlihat besar dan enak mandanginnya

      Delete
  7. wah, saya malah baru tahu kalo ada cetak photo lewat online ini. Hasilnya kok keren-keren amat, jadi pengen cobain.he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah mas, padahal lewat online ngasih file tuk dicetaknya, tapi kualitasnya tetep oke nih. Yuk cobain :)

      Delete
  8. Awww lucu banget sih foto2nya dicetakin gitu, boleh nih jadiin hadiah ulang tahun atau anniversary sama pasangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bikin album foto di ID Photobook jadi bisa buat hadiah someone special :)

      Delete
  9. Foto emang bisa jadi kenangan di masa yang akan datang ya kak...kebayang udah tua nanti liat foto masa muda...wahh jadi pengen liat foto dulu yg kusimpan di FB ah, kumpulin dulu foto2 nya udah mantap mau jugalah di print

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak buat kenang-kenangan, nanti bisa dilihat sama anak dan cucu hehehe.

      Delete
  10. wiih ini ide keren banget sih emamg... Foto nggak selalu bisa kita nikmati lewat gadget. Justru yg lewat photobook malah lebih artistik dan terkesan memorable gitu ya... cus order.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuls mbak, lewat gadget kadang ketumpuk-tumpuk filenya. Kalau dicetak lewat ID Photobook malah jadi seneng liatinnya. Kuy order :)

      Delete
  11. Dari dulu mau nyobain id book ga jadi-jadi. Liat hasilnya jadi pingin nyoba eksekusi deh! Foto mbak Gilang cakep-cakep😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok mbak segera eksekusi ehehe. Duh terima kasih fotonya dibilang cakep :)

      Delete
  12. Saya udah lama denger IDPhotobook, tapi belum pernah coba cetak for di sana. Prestasinya banyak juga ya, pantas aja sih, lha wong kualitasnya bagus, makanya pelanggannya selalu bertambah....

    Mantap IDPHOTOBOOK, sukses terus buat Kakakkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe, aku juga first time nyobain nih kak, dan kualitasnya memuaskan :)

      Delete
  13. Hiyaaaaaaa... Bisa bikin kalender juga 😍

    Wah wah.. kebetulan nih belum punya kalender 2021. Ubek² foto dulu ah biar sekalian cetak se-almbum 😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak. Ayok bikin kalender dengan foto sendiri :)

      Delete
  14. Bagus juga ini solusinya. Daripada foto cuma tersimpan di HP aja, mending dicetak dan dijadikan album foto ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak, daripada nantinya terlupakan karena file menumpuk, mending dicetak dan jadi album foto supaya memorable

      Delete
  15. cetak foto sekarang semakin mudah dan semakin kece. semua kenangan bisa dimasukkan dalam album dan kalau kepengen dilihat tinggal dibuka buka aja. simpel dehhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, cetak via online, gak repot jadinya.

      Delete
  16. Cetak foto kapan ya terakhir? Kayaknya zaman masih pake kamera rol film itu. Haha...Malah belum pernah dari digital. Keren nih...ID Photobook. Apalagi berbentuk album gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup lama juga ya mbak ehehe, ayok yang foto versi digitalnya dicetak jadi album foto mbak di ID Photobook :)

      Delete
  17. wah benar sekali mbak, aq kmrn da nyoba cetak di ID PHOTOBOOK ini, kece hasilnya

    ReplyDelete
  18. Wkwkw Aku pernah juga bikin kalender dari foto keluarga. Tapi memang bukan di Photobox ini. MAkanya jadi penasaran hasil fotonya di Photobox, pastinya clear ya kalau di cetak untuk kalender.
    Ada harga promo ya ternyata. Ehh kira-kira kalau kirim ke Malang bisa juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok cobain kakak. ke Malang? ah tentunya bisa banget karena pengirimannya ke seluruh Indonesia. ID Photobook kantornya di Jogja lho :)

      Delete
  19. Awal bulan yang lalu saya dapat voucher diskon senilai 100 ribu dari ID Photobook. Jadi ingat nih belum saya gunakan. Masih milih-milih fotonya juga. Yang pasti bakalan lama karena saking banyaknya. Maklum, di rumahku semua gila kamera.

    ReplyDelete
  20. Sayang juga ya kalo banyak foto-foto tapi gak pernah dicetak. Sering banget kehilangan foto di hape. Cuss ahh ke ID Photobox buat cek-cek paketnya

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)