Alasan Mengapa Dana Pendidikan Anak Itu Penting

Walaupun belum berkeluarga apalagi memiliki anak, terkadang aku suka memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan setelah pernikahan, dan punya keturunan. Gara-gara itu, aku jadi suka mencari-cari artikel maupun informasi seputar kehidupan berumah tangga.

Dari mulai tentang mengurus rumah, komunikasi antar pasangan, membaca aneka menu masakan, cara mendidik anak. Terus juga mencari tahu permainan apa yang bisa dilakukan bersama anak di rumah. Sampai ke cara menjadi bundahara eh bendahara rumah tangga, dan pendidikan anak.

Dana pendidikan anak. Itulah yang akhir-akhir ini melintas di kepalaku, dan entah kenapa. Rasanya menarik aja mencari tahu lebih lanjut mengapa hal ini penting untuk dipersiapkan oleh para orang tua. 

Mengapa Dana Pendidikan Anak Itu Penting?


Setelah aku mencari ke sana-kemari soal masalah ini, akhirnya aku pun menemukan beberapa alasan yang tepat. Paling tidak aku jadi sepakat kenapa sih harus dipersiapkan. Enggak lagi menyangkal kalau tabungan biasa aja udah cukup deh. 

Alasan Mengapa Dana Pendidikan Anak Itu Penting

Karena udah nemu, maka daripada lupa, aku mau tuliskan di sini saja. Biar jadi catatan pengingat buat aku. Iya, soalnya aku tipe orang yang nulis sendiri, lalu nanti dibaca lagi sendiri. Udah ah, intronya kepanjangan ya. Yuk simak alasannya!

1. Biaya Pendidikan Naik dari Tahun ke Tahun
Aku memang tak memiliki adik, belum juga mempunyai anak seperti yang sudah disebutkan di awal. Namun, aku cukup sering mendengar keluh kesah orang tua di sekitar tempat tinggalku tentang biaya sekolah yang lumayan membuat kalang-kabut karena mereka tak mempersiapkannya sejak dini.

Bukan hanya mereka sih, dulu, sewaktu aku sekolah, apalagi saat bertepatan aku masuk SMP dan kakak masuk SMK, orang tua kami pun sama. Akan berbeda tentunya dengan orang tua yang sudah mempersiapkan dana pendidikan anak. Paling tidak, tak akan terlalu dipusingkan karena kekurangannya sedikit.

Ya, boleh jadi, kita merasa sudah mengumpulkan biaya pendidikan anak dengan cukup pada saat ini, namun, biaya pendidikan mengalami kenaikan setiap tahunnya, terutama jika ingin menyekolahkan anak di sekolah swasta. 

Untuk itu, jika kita mempersiapkan dana pendidikan anak dari sekarang, baik itu berupa tabungan pendidikan ataupun asuransi pendidikan, tentu itu akan membuat kita merasa lebih tenang karena biaya sekolahnya sudah siap. Termasuk untuk kemungkinan kita meninggalkan mereka secara tiba-tiba. 

2. Membantu Orang Tua untuk Lebih Hemat
Tanpa disadari, sebagian dari kita mungkin melakukan hal-hal yang boros. Seperti membeli benda-benda atau apa pun yang bersifat konsumtif, sehingga menimbulkan pembengkakan pengeluaran.

Nah, dengan memiliki tabungan ataupun asuransi, tentu sebagai orang tua, kita akan dipaksa untuk menyisihkan 10 hingga 25 persen dari penghasilan untuk menabung atau membayar asuransi pendidikan tersebut. Jadi, secara tidak langsung membantu kita untuk berhemat demi masa depan pendidikan anak yang lebih baik.

3. Bisa untuk Investasi
Jika kita memilih asuransi pendidikan, maka kita secara tidak langsung kita tak hanya menabung untuk pendidikan anak, namun juga menanam uang di produk asuransi pendidikan lho. Mengapa begitu? Sebab, dalam asuransi pendidikan tersebut, merupakan gabungan dari tabungan dan asuransi jiwa berjangka.

4. Bisa Mendapatkan Proteksi Lain
Beberapa penyedia asuransi pendidikan biasanya menyediakan layanan yang lebih dari sekadar dana pendidikan anak. Ada juga penawaran asuransi kesehatan dan lainnya menyangkut anak. Jadi, ketika misalnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada anak kita. Sakit, kecelakaan, dan lainnya. Kita tak perlu memikirkan bagaimana biayanya karena sudah ter-cover. Tentunya jika kita memilih layanan tambahan juga.

Nah, dengan alasan 4 poin di atas, sebagai orang tua saat ini ataupun menjadi orang tua di masa depan, tentunya tidak akan menjadi hal yang merugikan jika mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin.

Namun jangan lupa, hal paling dasar untuk mempersiapkan dana pendidikan anak ini adalah ... saling sepakat dulu dengan pasangan. Sebab, hal apa pun itu harus saling dibicarakan dan disepakati bersama, apalagi menyangkut soal masa depan anak.

No comments:

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)

Powered by Blogger.