Bahaya Cacingan dan Cara Mencegahnya

Tahu enggak kenapa pemerintah bekerja sama dengan dinas kesehatan (dinkes) di berbagai provinsi rutin membagikan obat cacing secara gratis, setiap enam bulan sekali? Iya, karena penyakit cacingan ini merupakan masalah kesehatan yang serius. Kalau enggak dicegah dan ditangani dengan tepat serta cepat, bisa mengakibatkan stunting.

Udah tahu kan stunting itu apa? Stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada anak, sehingga menyebabkan fisik anak tidak tumbuh sempurna. Seperti misalnya postur tubuhnya pendek, kekurangan gizi, serta bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, termasuk kemampuan kognitifnya di masa yang akan datang dan kecerdasannya.

Bahaya Cacingan dan Cara Mencegahnya

Di Indonesia sendiri, angka penderita gangguan pertumbuhan ini masih di atas batas toleransi dari WHO lho. Nah, di antara sekian banyak penyebab stunting, cacingan termasuk di dalamnya.

Kenapa Cacingan Bisa Sebabkan Stunting?


Sederhananya ketika anak terinfeksi oleh cacing, maka penyerapan zat-zat atau nutrisi yang bergizi pada usus halus bisa terganggu. Selain itu, saat anak cacingan, umumnya anak akan kehilangan nafsu makan, mudah mengantuk, mual, muntah, perut kembung, diare hingga feses berdarah. Jadi, harus segera diobati menggunakan obat cacing untuk anak.

Nah, kalaupun keluarga kita tidak mendapatkan obat cacing gratis nih moms, kita bisa coba menyediakan Konvermex obat cacing keluarga di rumah. Kenapa Konvermex? Nanti aku akan menjelaskannya setelah menuliskan beberapa penyebab cacingan.

Penyebab Cacingan yang Harus Diketahui

Tentunya ada beragam penyebab infeksi cacing dialami oleh orang-orang terdekat maupun di sekitar kita. Iya lho, cacingan ini tak hanya menyerang anak-anak saja, tapi juga orang dewasa. Serius orang dewasa bisa terkena cacingan? Serius, maka dari itu ada obat cacing orang dewasa. 

Kok orang dewasa bisa cacingan? Ya karena infeksi cacing bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

1. Tidak mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan

Terkadang baik anak-anak maupun kita sebagai orang dewasa suka lalai memperhatikan kebersihan, termasuk tangan kita. Misalnya saja sudah memegang handel pintu, uang, ataupun benda lainnya yang kotor dan bisa saja menempel telur cacing di sana. Jadi, saat kita tak mencuci tangan sebelum makan, maka kemungkinan kuman serta telur cacing masuk atau tertelan ke dalam tubuh lebih besar.

Konvermex 125 Suspensi rasa Jeruk untuk Anak

2. Tidak mencuci bahan makanan dengan benar

Selain mungkin mengandung pestisida yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, tidak mencuci bahan makanan seperti buah ataupun sayur dengan benar, maka ini bisa menjadi jalan cacing masuk ke dalam tubuh. Karena bisa saja pada bahan-bahan makanan tersebut.

3. Tidak mengenakan alas kaki

Waktu kecil, eh sampai sekarang sih saya kadang suka lupa untuk mengenakan alas kaki saat keluar dari rumah untuk menjemur atau mengangkat jemuran. Padahal saya tahu, di tanah yang saya injak tentunya terdapat banyak kuman, termasuk telur cacing atau malah cacingnya sendiri.

4. Berinteraksi dengan penderita cacingan

Penderita cacingan, apalagi orang dewasa yang bisa tanpa gejala tentu akan membuat kita tanpa sadar berinteraksi dengan penderita yang belum diobati. Nah, saat bersalaman, atau hal apa pun yang membuat kulit kita bersentuhan, atau makanan yang kita makan disediakan oleh orang tersebut, itu bisa memindahkan cacingnya ke tubuh kita, dan akhirnya kita ikut terinfeksi. Makanya butuh Konvermex menghancurkan cacing di tubuh.

Cara Mencegah Cacingan yang Efektif

Cara Mencegah dan Mengatasi Cacingan 

Bila melihat penyebab cacingan di atas, cara mencegahnya tentu bisa dengan melakukan kebalikannya. Seperti selalu mencuci tangan menggunakan sabun serta air mengalir setelah melakukan berbagai aktivitas. 

Kemudian mencuci bahan makanan dengan benar, menggunakan alas kaki ketika berkegiatan di luar rumah. Lalu memberikan obat cacing ke hewan peliharaan juga, jika memiliki hewan peliharaan di luar rumah.

Konvermex 250 Tablet untuk Dewasa

Selain itu, tentunya bisa dengan rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali. Kenapa Konvermex? Sebab, Konvermex mengandung aktif Pyrantel Pamoate yang setara dengan Pyrantel base. Bahan ini dapat menghancurkan cacing kremi, gelang, tambang dan Trichostrongylus colubriformis dn Orientalis. 

Konvermex obat cacing yang tepat untuk mencegah dan mengatasi cacingan dalam tahapan masih normal ya moms. Sebab, kalau sudah keluar feses bercampur darah, kita harus segera memeriksakan diri ke dokter atau pusat kesehatan terdekat.

Ayo saling jaga! Dengan selalu sedia Konvermex obat cacing keluarga di rumah ya Moms! Ada Konvermex 125 Tablet, dan Konvermex 125 Suspensi rasa Jeruk untuk anak. Sementara untuk yang dewasa, ada Konvermex 250 Tablet, dan Konvermex 250 Suspensi rasa Vanilla.

No comments:

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)

Powered by Blogger.