11 Makanan Berserat Tinggi untuk Diet

Sebagai manusia dan seorang wanita, aku termasuk orang yang kurang percaya diri dan kadang insecure kalau melihat di sekelilingku adalah wanita-wanita cantik bertubuh langsing. Apalagi kalau udah ada orang yang nyeletuk "kok kamu sekarang gendutan ih!" Rasanya suka ingin mengubur diri dalam-dalam.

Walaupun begitu, entah kenapa aku belum termotivasi untuk diet. Mungkin karena pakaian masih pada muat sih. Sampai akhirnya di tahun baru ini, keinginanku untuk menurunkan berat badan muncul. Karena sebulanan terakhir rasanya mudah lelah, dan baju mulai kurang nyaman saat dipakai. Ya, daripada beli baju baru enggak ada dananya, lebih baik turunkan saja berat badanku ini.

11 Makanan Berserat Tinggi untuk Diet yang Mudah Didapatkan

Jadi, aku mulai rutin lagi berolahraga setiap harinya, lalu melirik makanan berserat tinggi untuk diet. Karena, kalau olahraga aja tanpa diimbangi dengan pilihan makanan yang tepat, tentunya akan lebih sulit untuk mencapai berat yang ideal untukku.

Kenapa Harus Makanan Berserat Tinggi?

Sudah menjadi rahasia umum jika makanan berserat tinggi dapat melancarkan pencernaan, dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, jenis makanan yang satu ini tentunya bagus untuk membantu menurunkan berat badan atau diet. Sebab, kita jadi bisa membatasi diri untuk enggak sering ngunyah gengs.

Selain itu, makanan berserat juga bagus lho untuk menjaga kesehatan tubuh. Soalnya bisa mencegah penyakit jantung, mengontrol gula darah, mencegah penyakit diabetes, mengurangi kolesterol, mengatasi penyakit wasir, dan kulit lebih sehat.

Daftar Makanan Berserat untuk Menurunkan Berat Badan

Jenis makanan berserat tinggi untuk diet ini tentunya enggak jauh-jauh dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan ya gengs. Tapi, tetap saja enggak boleh sembarang, kita harus selektif supaya hasilnya maksimal. Nah, kalau kamu berniat menurunkan atau menjaga berat badan, bisa dicoba nih rutin konsumsi makanan kaya serat berikut ini!

1. Makanan Berbahan Gandum

Gandum merupakan makanan berserat tinggi yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Seperti bubur, roti, dan biskuit. Umumnya pada satu lembar roti gandum berukuran sedang itu menagandung serat sebanyak 2,2 gram. 

Roti Gandum Merupakan Makanan Berserat Tinggi untuk Diet

Gandum utuh bisa membantu untuk menjaga kesehatan, kenyang lebih lama, dan menurunkan berat badan. Walaupun you know lah rasanya kurang enak sih kalau menurut aku.

2. Pisang

Buah yang satu ini merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemui kan gengs. Universal gitu. Jenis buah pisang pun ada banyak, dari mulai pisang ambon, pisang raja, pisang muli, pisang nangka, cavendish, mas, dan masih banyak lagi varian lainnya.

Lalu, yang bagus untuk diet dan berserat tinggi itu yang mana, ya? Pisang nangka kurang memungkinkan ya gengs, soalnya itu pisang enaknya dijadikan pisang goreng. Buah pisang yang cocok buat diet itu di antaranya pisang cavendish, pisang ambon, pisang mas, pisang raja, dan pisang kepok. Kalau favoritku sih pisang ambon sama raja, soalnya harga terjangkau, mudah pula ditemukannya.

3. Alpukat

Mungkin kamu sering mendengar jika buah alpukat mengandung banyak lemak dan bisa membuat kita bertambah gemuk? Iya memang benar, kalau kita mengonsumsinya secara berlebihan. Soalnya dalam sebelah buah alpukat mengandung 182 kalori.

Namun, jika dikonsumsi dengan cukup, kita justru bisa menurunkan berat badan. Sebab, di dalam buah alpukat ini lemaknya lemak yang bagus lho untuk kesehatan. Terus bisa mencegah kolesterol dan membuat kita kenyang lebih lama. Alpukat juga kaya akan vitamin K dan natrium.

4. Chia Seed

Chia seed merupakan biji-bijian yang sering disebut sebagai superfood karena selain serat, dalam chia seed pun mengandung 9 asam amino esensial, kalsium, fosfor, dan kalium lho. Jadi, kalau kita mengonsumsi 2 sendok makan chia seed, sama artinya dengan memasukkan 132 kalori ke tubuh disertai 9.8 gram serat. Yang artinya kebutuhan serat harian, sudah terpenuhi sebanyak 40 persen.

Chia Seed, superfood sebagai makanan berserat tinggi untuk diet

5. Kacang-kacangan

Almond, kedelai, kacang bisa menjadi pilihan makanan berserat tinggi untuk diet lho gengs. Mau itu dimakan secara langsung, dipadukan dengan makanan lain, ataupun dikonsumsi berupa susu. Dalam satu mangkuk kacang itu mengandung 16,3 gram serat, sementara kacang almond 11,2 gram serat, dan kacang kedelai 10,3 gram serat. Tapi, jangan lupa perhatikan juga jumlah kalorinya ya.

6. Apel

Kamu pasti udah sering dong mendengar diet apel. Jadi, dalam satu hari menu utamanya adalah buah apel. Di dampingi dengan buah lain dan sayuran sehat, telur, dan juga yogurt. Kenapa apel bagus untuk diet? Karena dalam 1 buah apel merah saja sudah mengandung 4,4 grm serat. Selain itu, dalam buah apel pun terdapat senyawa pektin yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh lho. Ini termasuk diet yang paling enak sih buat aku. 

Apel Jenis Makanan berserat tinggi untuk diet

7. Kiwi

Mengonsumsi buah kiwi bisa membuat kita bisa mengontrol makanan yang masuk ke tubuh, karena dia memberikan efek kenyang lebih lama. Dalam kiwi pun terdapat serat larut dan tidak larut serta enzim actinidain yang bikin pencernaan lebih lancar gengs. Untuk 100 gram kiwi ini mengandung 4 gram serat.

8. Brokoli

Brokoli bisa menjadi menu diet yang enak dan tinggi serat. Selain mencegah sembeli, kita pun bisa merasa kenyang lebih lama. Brokoli mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin, mineral, asam folat, dan antioksidan. Dalam satu cangkir brokoli mentah mengandung 2 sampai 3 gram serat.

Buah Berries Jenis Makanan berserat tinggi untuk diet

9. Buah Berries

Strawberry, Blueberry, Blackberry, Raspberry, Blackcurrant merupakan buah berries yang tak hanya tinggi serat, namun beberapa di antaranya masuk sebagai superfood karena mengandung vitamin, mineral, zat besi, dan antioksidan. Selain melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Buah berries pun membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah kanker.

10. Oatmeal

Banyak yang mengira jika gandum adalah oatmeal, padahal keduanya berbeda. Wajar sih, memang keduanya mirip. Bedanya kalau gandum harus diolah dulu jadi tepung baru bisa diolah lagi jadi makanan.Sementara kalau oatmeal punya kulit ari dan bakal biji gengs. Oatmeal masih satu keluarga sama sereal.

Kandungan serat oatmeal yang mudah larut tak hanya membantu kita saat diet saja, tapi juga membantu mencegah terkena penyakit jantung. By the way, protein yang ada dalam oatmeal itu setara sama susu kedelai, daging, dan telur lho. 

Makanan berserat tinggi untuk diet salah satunya oatmeal

11. Pir

Buah pir merupakan buah yang berserat tinggi yang kaya akan manfaat. Tak hanya soal penurunan berat badan saja, namun juga bisa melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan tulang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah pir juga mengandung vitamin, mineral, zat besi, dan fosfor.

Agar makanan berserat tinggi untuk diet ini bisa bekerja sebagaimana mestinya, usahakan jangan memakan menu yang sama setiap harinya ya gengs. Jadi, bisa diselang-seling gitu. Bisa juga dicampurkan jadi smoothies bowl gengs. Udah gitu, kalau kamu ingin ngemil, coba camilannya diganti sama buah-buahan yang dipotong kecil-kecil. Akan lebih baik, untuk jenis buah tertentu, dimakan dengan kulitnya juga.

Jangan lupa juga ya, kalau makan makanan berserat itu, konsumsi air putihnya pun harus seimbang gengs. Karena kalau gak seimbang, atau makan makanan berserat secara berlebihan, yang ada kita malah jadi kena sembelit alias susah buang air besar. 

No comments:

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)

Powered by Blogger.