Bahasa Inggris dan Mahasiswa

Sejak dulu, penguasaan bahasa Inggris sangat penting bagi seorang mahasiswa. Karena bisa menunjang dalam segala hal, baik kelancaran pendidikan, seperti membaca modul, membuat abstrak, dan lainnya. Kemudian penting saat mahasiswa tersebut lulus dan masuk dunia kerja.

Walaupun penting, sayangnya masih banyak mahasiswa yang belum menyadari perlunya penguasaan bahasa Inggris. Keterampilan ini bukan semata-mata karena bahasa Inggris lebih tinggi dan dianggap bonafit daripada bahasa lain. 

Melainkan kita tidak dapat memungkiri bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Lebih jauh lagi, apa pentingnya dan manfaat bahasa Inggris atau skor TOEFL bagi seorang mahasiswa, berikut adalah pembahasannya untuk kamu :

1. Syarat Meraih Gelar Sarjana

Bagi seorang mahasiswa, bahasa Inggris merupakan salah satu prasyarat untuk memperoleh gelar sarjana. Kamu pun mungkin pernah mencoba tes TOEFL saat masih menjadi mahasiswa, bukan? 

Bahasa Inggris dan Mahasiswa merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan di era bisnis 4.0 sekarang ini

Sebagai informasi, untuk saat ini, seorang mahasiswa harus mendapatkan nilai atau skor 500 pada ujian TOEFL-nya. Jika di bawah 500, mereka harus mengulang hingga bisa mendapatkan skor minimal 500 untuk meraih gelar sarjana. Tentu sangat menyedihkan jika ada mahasiswa yang harus menunda skripsi karena nilai TOEFL-nya tidak cukup.

Oleh karena itu, selain belajar bahasa Inggris di kampus, sebaiknya kamu pun mengikuti les bahasa Inggris di tempat kursus yang terbaik.

2. Syarat Melamar Pekerjaan

Setelah lulus sebagai mahasiswa, kamu tentunya akan memasuki dunia kerja, baik itu sebagai employee maupun pengusaha, bukan? Nah, saat ini atau di era bisnis 4.0, kemampuan bahasa Inggris juga sering digunakan sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan lho. 

Bahkan boleh dikatakan bahwa hampir semua pekerjaan profesional membutuhkan kompetensi bahasa Inggris yang baik. Apalagi perusahaan internasional yang gajinya sangat tinggi juga membutuhkan karyawan yang kompetensi bahasa Inggrisnya bagus. 

Kalaupun pada perusahaan yang kamu lamar tidak mengharuskan bisa berbahasa Inggris, sebagai seorang lulusan universitas atau sarjana, seseorang yang mengerti bahasa Inggris, tentu akan mendapatkan posisi yang lebih baik dalam pekerjaannya, maupun usaha yang dirintisnya. Di sinilah penting dan manfaatnya bahasa Inggris mahasiswa.

3. Penting untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Berikutnya

Sarjana yang mutlak harus menguasai bahasa Inggris adalah sarjana yang berencana melanjutkan studi hingga S2, kemudian S3 atau ingin kuliah di luar negeri. Untuk melanjutkan ke jenjang pascasarjana atau S2 Anda harus memiliki TOEFL 480-500 lho. 

Mengapa begitu? Sebab, studi pascasarjana biasanya dilakukan oleh calon dosen atau dosen, baik sebagai guru besar maupun dosen. Selain itu umumnya diinginkan juga oleh karyawan yang ingin menaikkan jenjang karirnya.

Untuk itu, tentu kamu harus menguasai bahasa Inggris, sebab dosen ataupun pimpinan setingkat manager, dan di atasnya tidak boleh kalah dari segi berbahasa Inggris dibandingkan dengan mahasiswanya atau rekan kerjanya.

Nah, itu sedikit keuntungan dari belajar bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris dan mahasiswa. Selain menambah khasanah ilmu pengetahuan dan kesempatan meraih pekerjaan yang lebih baik atau pendidikan tinggi, kemampuan bahasa asing juga bisa meningkatkan kecerdasan kita lho gengs. 

Lalu, ketika kamu berhasil mendapatkan skor TOEFL yang mumpuni dan kemampuan bahasa Inggris yang baik, jangan lupa untuk selalu menggunakannya dalam keseharian agar penguasaan bahasa asingmu semakin lancar.

1 comment

  1. dari waktu kuliah dulu cita citanya pengen TOEFL diatas 500, sampe ikutan les bahasa inggris nggak cuman di 1 lembaga aja
    tapi aku rasa sampe sekarang, kemampuan aku masih biasa aja

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon