7 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia yang Menarik

Akhir-akhir aku merasa kayak capek banget dan butuh liburan deh. Makanya tiba-tiba bahas tempat wisata di Kuala Lumpur Malaysia. Buat menghibur diri gengs, mengingat sepanjang tahun 2020 hingga saat ini pandemi Covid-19 masih belum juga berakhir.

Iya, kedepannya, saat pandemi udah mereda, ya kali hujan reda, aku ingin sekali mengunjungi negeri jiran, Malaysia. Terutama ibu kotanya. Soalnya ada beberapa destinasi wisata di Kuala Lumpur yang menarik perhatianku sejak lama. Lalu, apa saja destinasi wisata Malaysia yang menarik perhatianku itu, yuk aku ceritakan di bawah ini!

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Kuala Lumpur Malaysia

Setelah berseluncur di internet dan melihat-lihat berbagai tempat wisata di negara tetangga tersebut, aku pun menemukan wisata kota, wisata kuliner, dan wisata medis yang tempatnya berdekatan. Iya, aku sengaja milihnya yang masih satu kota, atau enggak terlalu jauh lokasinya. Soalnya kalau ada umur, mau perginya bersama ibu. Jadi enggak mau yang terlalu banyak menghabiskan waktu dan energi gitu lah gengs.

Twin Tower Menara Petronas Rekomendasi Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia

1. Menara Petronas

Iya, jadi tempat pertama yang akan menjadi tujuanku nanti adalah Menara Petronas atau Twin Tower Malaysia. Ya gimana dong, ini kan ikonik banget, gak afdol kalau enggak punya foto dengan background Twin Tower kalau ke Malaysia.

Apalagi kalau di malam hari gengs, itu kan indah banget Menara Petronasnya. Aku juga ingin naik ke menara dengan total 88 lantai dan setinggi 452 meter ini. Biar bisa menikmati pemandangan di sekitar dari atas menara.

2. Kuala Lumpur (KL) Tower

Walaupun sama-sama menara, tapi kan di dalamnya beda fasilitas. Jujur aku penasaran sama elevator yang di Menara Kuala Lumpur yang tinggi towernya 421 meter ini. Katanya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 54 detik saja untuk bisa sampai ke tempat observasi, dan 52 detik agar bisa kembali ke titik semula atau ke lantai dasar.

Yang membuatku tertarik ingin ke KL Tower ini karena ingin nyoba simulasi F1, zona binatang, naik kuda poni. Terus mau lihat akuarium koral, dan teater XD. Di menara ini juga ada restoran mewah dengan desain unik. Restorannya berputar 360 derajat di ketinggian 282 meter. 

Kuala Lumpur Tower Rekomendasi Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia

3. Aquariua KLCC

Aquaria KLCC ini posisinya enggak terlalu jauh dari menara petronas. Menariknya, akuarium raksasa di Kuala Lumpur yang punya lorong sepanjang 90 meter ini termasuk top 5 aquarium di Asia lho. Di dalamnya terdapat lebih dari 5000 spesies flora dan fauna.

Selain itu, kita juga bisa melihat ikan langka kayak Sand Tiger Shark, Piranha perut merah, sampai Penyu hijau, serta memegang teripang-teripang yang ada di touch pool.

4. Batu Caves

Oke yang satu ini memang enggak di Kuala Lumpurnya banget, tapi ... enggak terlalu jauh dari KL, jaraknya sekitar 13 kilometer aja, di Selangor. Kenapa ingin ke sini? Karena Batu Caves merupakan salah satu destinasi wisata yang populer juga di Malaysia.

Batu Caves adalah tempat suci bagi umat Hindu. Jadi, untuk menikmati keindahan bukit kapur dengan usianya yang sudah berabad-abad, kita harus menaiki 272 tangga yang disertai angka di setiap tangganya. Entah kenapa aku merasa ini akan seru untuk dicoba.  Apalagi ada gua warna-warni dan rumah laba-laba langkanya.

Di sana juga suka ada Festival Thaipusan di waktu yang sudah tentukan, sesuai kalender Thai katanya. Harus intip-intip dulu berarti kalau ingin bertepatan dengan pelaksanaan festivalnya.

Batu Caves Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia yang Masuk Rekomendasi Liburan Sehat Malaysia Healthcare

5. Kuala Lumpur City Gallery

Aku bukan pencinta seni sih, tapi penasaran sama Kuala Lumpur City Gallery ini karena bangunannya yang masih tempo dulu. Lokasinya juga strategis, dan ada ikon I LOVE KL yang sayang banget untuk dilewatkan. Harus foto di sana pokoknya. Di dalamnya ada miniatur kota Kuala Lumpur, dan pemutaran video seputar KL.

6. Jalan Alor

Jalan Alor merupakan pusat kuliner yang banyak diburu wisatawan di Kuala Lumpur, jadi enggak boleh dilewatkan dong. Apalagi jam bukanya pun seperti 24 jam gitu, dari pagi sampai ketemu pagi lagi. Bisa diandalkan buat memanjakan perut, ya kan? 

Jalan Alor biasanya makin ramai saat senja datang. Pedagang kaki limanya beragam, mulai dari es buah sampai seafood ada semua. Terus makanan khas Malaysia, India, Thailand, China, semua ada di sini. Aku sih penasaran banget sama seafoodnya gengs. Mengingat baru beberapa tahun bebas alergi seafood.

Berburu Kuliner di jalan alor malaysia Destinasi Wisata di Kuala Lumpur

Jalan-jalan Sehat di Malaysia

Nah, ini nomor tujuhnya gengs. Habis puas jalan-jalan ke beberapa tempat wisata yang tak hanya mengenyangkan mata, tapi juga perut. Aku mau lanjut liburan sehat sama ibu. Apa istilahnya itu? Oh ya, sekali mendayung, dua tiga pula terlampaui. Saat berlibur ke Malaysia, jangan lupa cek kesehatan juga dong.

Jadi, sudah menjadi rahasia umum kalau Malaysia merupakan salah satu negara dengan teknologi medis yang lengkap dan up to date. Udah gitu praktisi kesehatan atau tenaga medisnya pun berpengalaman. Jadi, dijamin deh semua fasilitas kesehatan di Malaysia itu berkualitas.

Supaya lebih memudahkan dalam wisata medis di Malaysia, kamu bisa menghubungi Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). 

Apa Itu Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)

Jadi, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) adalah sebuah organisasi yang didirikan kementerian Kesehatan Malaysia di tahun 2009. Total ada 69 rumah sakit swasta di Malaysia yang bekerja sama dengan MHTC. Malaysia Healtcare diberikan kepercayaan serta bertanggung jawab dalam mengelola dan juga memfasilitasi perjalanan kesehatan negara.

Bisa dibilang secara enggak langsung pemerintah Malaysia menghubungkan rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta dengan para pasien yang berasal dari Malaysianya sendiri maupun dari negara lain, seperti Indonesia tentunya. 

Kelebihan Layanan Wisata Medis Melalui Malaysia Healtcare

Selain fasilitas yang lengkap, serta tenaga medis yang berpengalaman. Berikut ini adalah kelebihan laayanan Malaysia Healthcare!

1. Memberikan Pilihan atau Rekomendasi Rumah Sakit Terbaik di Malaysia

Dari 69 rumah sakit yang terhubung dengan MHTC itu terdiri dari 22 elite members dan 47 ordinary members. Selain itu, rumah sakitnya pun tersebar di dekat tempat-tempat wisata populer di Malaysia. Misalnya nih, aku kan punya tujuan wisata di Kuala Lumpur, nah salah satu rumah sakit yang bisa dipilih itu ada Gleneagles Hospital yang enggak jauh dari Jalan Alor ataupun Bukit Bintang. 

gleneagles hospital kuala lumpur malaysia healthcare travel council
Sumber : Situs Medical Tourismm Malaysia - Indonesia

Selain itu, kita juga akan dibantu untuk mendapatkan kemudahan jadwal kunjungan dokter selama menjalani perawatan di rumah sakit. Pemeriksaan ataupun layanan kesehatannya pun beragam banget gengs. Dari mulai penyakit dalam, kanker, ortopedi, dan lain sebagainya.

2. Estimasi Biaya Sesuai Kebutuhan Perawatan

Dulu aku selalu beranggapan kalau berobat di luar negeri pasti bakal mahal, apalagi di Malaysia yang fasilitas medisnya udah lengkap gitu. Ternyata ya, kalau melalui program Malaysia Healthcare ini, biaya pasien dari luar Malaysia bisa sama terjangkaunya dengan warga lokalnya gengs. Jadi enggak perlu khawatir biaya mahal deh.

3. Ada Layanan Malaysia Healthcare Meet and Greet Sevices (MGS)

Maksudnya itu, untuk kamu yang memang melakukan perjalanan wisata medis, maka akan dilakukan penjemputan di bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan bandara International Penang (PIA). Ada semacam loungenya. Dan izin visa kedatangan pun pengurusannya bisa lebih cepat lho.

Nah gimana gengs? Banyak banget kan keuntungan kalau kamu pilih liburan sehat bersama MHTC. Perawatan medis atau kesehatannya dapet, jalan-jalannya juga dapet. Paket komplit banget dan enggak pakai ribet.

Untuk kamu yang memerlukan informasi lebih lanjut dan up to date terkait #LiburanSehat atau wisata medis melalui Malaysia Healthcare Travel Council ini bisa langsung ke situsnya www.medicaltourismmalaysia.id atau ke Instagramnya @medtourismmy.id

17 comments:

  1. Seneng ya mbak andai bisa jalan jalan sekalian medical chek up jadi kondisi hati juga senang dan bahagia.

    ReplyDelete
  2. Beberapa kali main ke Kuala Lumpur, memang mayan menariiik sih negeri jiran ini.
    Hanya saja, panasssnyyaaaa cuaca di sana amboii :D

    Tapii, kalo sekalian buat wisata medis, kudu diakui, MHTC dan segenap timnya MANTUULLL ABIS!
    Salut ama program2nya. Keren!

    ReplyDelete
  3. saya juga mauuuuu ..... :D :D
    setuju dengan tulisnnya, banyak teman yang berobat ke Malaysia karena dokternya kompeten, biaya terjangkau, bisa sekalian jalan-jalan.
    Hebat emang Malaysia merancang pariwisata, patut ditiru

    ReplyDelete
  4. Nah iya memang Kuala Lumpur ini banyak destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Saya familiarnya dari nomor 1-3. MHTC ini jadi rekomendasi buat berobat di sana.

    ReplyDelete
  5. Kalo ke Malaysia itu udah pasti deh kuliner ke Alor. Hehehe. Berasa lagi di manaaaa gitu. Hebat ya Malaysia, bisa mengakomodasi segala macam tipe wisata, khususnya medical tourism. Saya yakin medical tourism ini jadi tren terbaru beberapa tahun ke depan, walau fakta ya ini tuh udah lama di Malaysia, tapi buat negara lain pasti baru, berhubung masih dalam suasana pandemi begini. Ya kan.

    ReplyDelete
  6. Satu tempat yang masih penasaran saya kunjungi itu JALAN ALOR. Belum kesampaian. Ada aja kejadian yang membuat batal pergi ke sana.

    Malaysia ini kreatif ya. Menjadikan dunia kesehatan sebagai bagian dari misi pariwisata mereka. Karena pada kenyataannya banyak orang kita yang berobat ke sana. Karena katanya biayanya lebih murah dan pelayanannya juga lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Paling suka ke Jalan Alor malem-malem, bisa menikmati aneka kuliner enak-enak, abis dari sana pergi belanja, baru balik ke hotel.
    Wisata kesehatan Malaysia memang the best, diakui dunia. Teman dan keluarga kalau berobat juga pernah ke sana.

    ReplyDelete
  8. Menara petronas, ini juga impianku banget mbak.
    Jalan-jalan setelah itu sekalian cek kesehatan. Ini sih sesuai kata pepatah, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui ya mbak

    ReplyDelete
  9. Pandemi ini memporak-porandakan rencana..Akupun dah ada niatan mau melancong ke negeri Jiran. Dan list2 nya pun ga jauh berbeda.
    Bicara wisata sehat, aku sempat dengar Malaysia dinobatkan sebagai salah satu negara yang punya pelayanan medical yg bagus

    ReplyDelete
  10. Sambil berobat, sekalian menikmati wisata di Kuala Lumpur ya, jadinya terasa menyenangkan hehe

    ReplyDelete
  11. kalau udah ada di sekitaran jalan Alor suka bingung mau makan yang mana, saking banyak dan ramenya juga
    rasanya semua kok enak enak

    ReplyDelete
  12. Penasaran nih sama jalan alor dan aquarianya. Moga sempat jalan2 ke sini sambil menikmati faskesnya

    ReplyDelete
  13. Semoga pandemi ini segera mereda dan aktivitas bisa dilakukan dengan perasaan tanpa was-was, secara mau jalan-jalan untuk menghilangkan stres ya.
    Rekomendasi wisata negeri jiran ini dicatat juga sebagai daftar kunjungan jg. Semoga kesampaian. Perjalanan kalau melakukan check up dulu terasa jauh lebih aman ya.

    ReplyDelete
  14. Kalaupun aku ke KL, aku cuma mau ke Batu Caves itu.. btw, ntr aku mau berobat juga ke sana. Tapi, kalau ada duit 😁

    ReplyDelete
  15. Batu caves banyak yang mengunjungi ya. Aku pengin ke akuarium KLLC nya nih Mba. Apalagi bawa bocah pasti happy banget dia. Semoga bisa liburan ke Malaysia.

    ReplyDelete
  16. Nah bener, sekali mendayung dua tiga pulau terlampau. Bawa orang tua check up kesehatan sekalian jalan-jalan biar makin hepiii

    ReplyDelete
  17. Ini konsepnya keren banget
    Kok bisa sih ada ide wisata medis kayak gini. Inovatif bener
    Jadi wisatanya dapat, berobatnya juga sekalian
    Paket lengkap ya

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)

Powered by Blogger.