Jadwal Makan Untuk Si Kecil Yang Baru Mulai MPASI

Halo bunda, apa kabar? Siapa di sini yang saat ini memiliki bayi yang mulai masuk dalam tahapan Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MPASI. Ketika bayi akan mulai memasuki tahapan MPASI, terkadang masih bingung bagaimana harus mempersiapkannya. Ibu terkadang bingung soal kapan saja waktu bayi harus makan, Menu MPASI 6 bulan yang baik seperti apa, hingga takaran makan si kecil dan lainnya.

Ibu perlu membuat jadwal makan agar si Kecil mudah beradaptasi dengan perubahan jenis makanannya. Jadi baik Ibu maupun bayi Ibu tidak kaget dengan rutinitas baru ini. Jadwal makan teratur juga bisa membuat Ibu lebih mudah memprediksi kapan si Bayi lapar dan saat ia sudah kenyang. Kapan harus makan dan kapan diperbolehkan untuk menyusui. 

Berikut Ini adalah Jadwal Makan Untuk Si Kecil Yang Baru Mulai MPASI


Ketika sudah mulai MPASI bukan berarti Ibu tidak boleh memberi ASI lagi. Ibu tetap bisa cara menyusui bayi yang benar dengan membuat jadwal makan dan menyusui yang tepat. Jadwal makan teratur membuat sistem pencernaannya lancar.

Di website Kementrian Kesehatan RI, telah diatur jadwal makan bayi 6 bulan. Ibu tinggal menerapkannya saja sesuai panduan. Berikut panduan jam dan jumlahnya untuk makanan si Kecil:
 
Pukul 06.00 merupakan jadwal minum ASI. Si Kecil bisa minum ASI sampai cukup. Lanjutkan pukul 09.00 sebagai jadwal MPASI. Makanan yang bisa bunda berikan adalah puree buah atau jus dengan takaran 2-3 sendok makan. Nah bunda dapat meningkatkan secara perlahan takaran makanan hingga 125 ml MPASI setiap makan.

Nah, di jam 12.00 kembali menjadi jadwal ASI. Bayi bunda bisa minum ASI sampai ia merasa cukup. Barulah pukul 15.00 menjadi jadwal MPASI kedua. Menu yang bisa diberikan puree buah atau jus. Takarannya 2-3 sendok makan dan Ibu bisa meningkatkan secara perlahan hingga 125 ml MPASI setiap makan.

Lanjutkan pada pukul 18.00 dengan jadwal ASI sampai si kecil merasa cukup atau kenyang. Disusul pukul 21.00 jadwal ASI lagi sampai si kecil merasa cukup.
 
Pemberian makanan si Kecil haruslah yang mudah dicerna. Usahakan juga untuk mengenalkan berbagai jenis buah dan sayuran yang mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, zat besi, dan beragam vitamin lainnya. Jika si Kecil sudah dibiasakan makan sesuai jadwal, Ibu juga dengan mudah dapat membentuk pola makan sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal. 

Selain memperhatikan kandungan nutrisi si kecil, Ibu juga harus memperhatikan kenyamanan si kecil saat beraktivitas sehari-hari. Untuk membuatnya nyaman gunakanlah popok Merries yang memiliki daya serap baik.

No comments:

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)

Powered by Blogger.