Pentingnya Melakukan Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan di masa sekarang ini sangatlah penting untuk dilakukan. Terlepas apakah kamu sudah memiliki keluarga ataupun masih berstatus single. Mengapa begitu? Sebab, perencanaan keuangan yang dilakukan saat ini akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan kamu serta keuangan di masa depan lho.

Nah, berikut ini adalah alasan lainnya mengapa kamu perlu merencanakan keuangan atau melakukan financial planning sedini mungkin!

3 Alasan Mengapa Harus Merencanakan Keuangan

1. Memiliki Gambaran Keuangan yang Lebih Jelas

Jika kamu mulai melakukan perencanaan keuangan, maka kamu akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang kondisi keuangan kamu yang sebenarnya. Jadi, kamu bisa menyesuaikan lifestyle yang sesuai dengan finansial yang dimiliki saat ini.

Kamu pun akan lebih mudah dalam mengetahui berapa banyak pengeluaran atau dana yang sudah digunakan, dan berapa yang masih utuh. Hal ini akan membantu untuk mengukur batas kemampuan finansial kamu.

Berikut ini adalah Pentingnya Melakukan Perencanaan Keuangan

2. Belajar Berhemat dan Mengalokasikan Dana

Nah, ketika kamu bisa mengetahui secara jelas tentang batas kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kamu akan lebih mudah untuk mengatur keuangan atau mengalokasikan dana. Mulai dari dana untuk makan, membayar sewa rumah, entertaintment , hingga membeli kendaraan bermotor. 

Selain itu, kamu pun bisa mengetahui atau mengontrol jika mulai ada pengeluaran yang lebih besar di luar dari kebutuhan yang sudah tercatat. Secara tidak langsung, belajar mengalokasikan dana akan membantu kamu untuk mulai berhemat.

3. Termotivasi untuk Mencapai Target atau Tujuan

Dalam hidup, sebagai seorang manusia, kamu tentu memiliki banyak keinginan dan tujuan yang hendak dicapai, bukan? Dan tentu saja, untuk mencapai target tersebut, kamu tak hanya membutuhkan waktu yang cukup saja, namun juga dorongan secara materi. 

Nah, melakukan perencanaan keuangan tentu akan membuat kamu lebih termotivasi dalam mencapai target atau tujuan yang diinginkan.

Lalu, apa sajakah yang harus ada dalam perencanaan keuangan? Yuk disimak di bawah ini!

3 Hal Penting yang Harus Masuk dalam Perencanaan Keuangan

1. Asuransi

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup, benar bukan? Walaupun begitu, kamu bisa lho melindungi diri dan aset yang dimiliki dengan bantuan asuransi. Selain melindungi, asuransi pun bisa memberikan banyak manfaat dalam perencanaan keuanganmu.

Mengapa begitu? Sebab suransi memiliki peran yang penting, apalagi di era perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dengan memiliki asuransi, maka kamu akan mendapatkan perlindungan pada setiap objek yang diasuransikan jika terjadi risiko yang tak diinginkan di masa mendatang. 

Perlu diingat, proteksi asuransi yang dibutuhkan bukan hanya untuk kamu saja. Melainkan set lainnya seperti kendaraan, rumah, bisnis pun harus diberikan perlindungan asuransi. Fungsinya tentu saja untuk meminimalisir jika kamu terkena musibah.  

Saat ini ada berbagai jenis produk asuransi yang bisa dipilih berdasarkan keperluan dan keinginan kamu. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, kecelakaan diri, kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, hingga asuransi harta benda.

2. Dana Darurat

Kamu mungkin sudah menyisihkan uang untuk menabung ataupun deposito. Namun pertanyaannya adalah, apakah kamu sudah menyiapkan dana darurat? Dana darurat ini berbeda lho dengan tabungan. 

Karena sesuai dengan namanya, dana darurat adalah dana khusus yang memang sengaja dipersiapkan dan digunakan untuk keadaan-keadaan darurat. Misalnya saja seperti keperluan biaya rumah sakit yang tak terkover asuransi. 

Bisa juga membantu kamu stabil meskipun kehilangan pekerjaan karena pandemi, dan tentu saja keadaan tak terduga lainnya. Selain terpisah dari tabungan, dana darurat harus disiapkan sebesar minimal tiga kali lipat dari gajimu perbulan sebagai dana cadangan (cash reserve) dan juga pengeluaran tak terduga (unexpected expenses). 

Walaupun harus dipisahkan dari tabungan. Namun idealnya dana darurat ini disimpan dalam bentuk tabungan terpisah, deposito, ataupun reksa dana pasar uang. Kamu hanya perlu memilih produk keuangan yang aman, lalu aksesnya mudah, dan bisa cepat dicairkan.

3. Investasi

Setelah asuransi dan dana darurat masuk ke dalam daftar perencanaan keuangan milikmu, maka yang berikutnya perlu dipertimbangkan atau masuk sebagai bagian perencanaan keuangan generasi masa kini adalah investasi. 

Jangan khawatir, saat ini ada banyak sekali pilihan investasi yang dapat membantu kamu dalam membangun perencanaan keuangan. Jika dibandingkan dengan tabungan konvesional, investasi dinilai cukup menguntungkan dan bisa memberikan manfaat jangka panjang. 

Bagaimana? Apakah kamu sudah melakukan perencanaan keuangan saat ini? Jika belum, maka jangan ditunda lagi ya gengs!

No comments:

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)

Powered by Blogger.