Cara Membuat Nasi Kebuli Anti Ribet

Masih bingung dengan menu buka puasa di hari-hari terakhir ramadan tahun ini? Atau ingin menu lain di hari raya nanti selain ketupat, lontong sayur, opor ayam, sambal goreng ati, dan rendang? Kalau begitu, bagaimana dengan menu nasi kebuli?

Kebetulan nih bund, saya baru saja menemukan cara membuat nasi kebuli anti ribet, terutama dalam menyiapkan bumbu nasi kebuli. Penasaran? Tapi sebelumnya mari saya jelaskan dulu apa itu nasi kebuli dan dari mana sih awal mulanya. Ya, siapa tahu ada yang belum mengenal makanan yang satu ini.

Cara Membuat Nasi Kebuli Anti Ribet

Pengertian Nasi Kebuli dan Tempat Asalnya

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang rasanya gurih, dan mudah ditemukan di Indonesia. Dalam proses memasaknya, beras dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan juga minyak samin.

Setelah matang barulah disajikan bersama potongan daging kambing goreng, dan terkadang ditaburi irisan kurma atau kismis. Hidangan yang satu ini sangat populer di kalangan warga Betawi, dan warga keturunan Arab di Indonesia.

Nasi kebuli ini berasal dari Yaman. Sedikit mirip dengan nasi biryani. Walaupun begitu, mereka tetap serupa tapi tak sama. Nah, di dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli umumnya disajikan saat ada perayaan keagamaan Islam. Misalnya saja seperti lebaran atau idul fitri, idul adha, dan maulid nabi. 

Cara Membuat Nasi Kebuli dengan Mudah

Sediakan bahan-bahan berikut ini!
1 kg daging kambing, boleh yang bertulang atau tanpa tulang
1 liter beras Basmati atau beras Pera IR 42
250 gram bawang bombay dipotong dadu kecil
6 siung bawang putih dipotong kecil
4 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
3 sdm minyak samin/mentega
air secukupnya
garam sesuai selera

Proses Memasak

  1. Pertama-tama, tumis bawang bombay yang sudah dipotong dadu ke dalam panci dengan minyak samin/mentega hingga layu, Baru setelahnya masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna menjadi kecokelatan.
  2. Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food lalu tumis sebentar hingga aromanya menguar atau tercium kuat.

    Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food Harga Terjangkau

  3. Masukkan air secukupnya. Kira-kira sekitar 1.2 liter, tergantung jenis beras yang digunakan. Jika  menggunakan beras Pera IR 42, maka gunakan air sebanyak 1.2 Liter. Namun, apabila menggunakan beras Basmati, maka gunakanlah 1.4 Liter air. Semua kembali pada selera kamu, bisa tambahkan lagi air jika ingin lebih basah.
  4. Masukkan daging kambingnya, lalu rebus hingga empuk. Jangan lupa untuk selalu menjaga volume air agar tidak berubah selama proses merebus daging ini. Perlu diingat, daging kambing membutuhkan waktu berkisar antara 45 menit hingga 2 jam, tergantung umur dan jenis kambing. Cobalah untuk selalu cek, dan coba tusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging sudah empuk atau masih keras/alot.
  5. Jika daging sudah empuk, silahkan cuci beras beberapa kali hingga bersih, lalu masukkan ke dalam panci. Khusus untuk beras Basmati, kamu harus merendam beras terlebih dahulu dalam air selama kurang lebih 5-10 Menit. Baru setelahnya tiriskan, dan masukkan ke dalam panci. Namun, jika kamu menggunakan beras Pera IR 42, maka bisa langsung memasukkannya ke dalam panci setelah beras dicuci dan ditiriskan.
  6. Lanjut, masak nasi Kebuli hingga matang.
  7. Setelahnya, sajikan dengan acar, emping, sambal, dan bawang goreng, bisa juga kismis jika kamu menyukainya

Tips Agar Tekstur Nasinya Pas

  • Karakter beras dan kebutuhan airnya selalu berbeda, perhatikan hal ini agar kamu nantinya bisa mengatur volume air dalam nasi, supaya tidak pulen.
  • Setiap merek garam memiliki kadar asin yang berbeda. Jadi, tentu saja berpengaruh pada takarannya.
  • Jangan lupa rendam beras Basmati sebelum dimasak.
  • Boleh menambahkan santan atau susu ke dalam air.

Kenapa Menggunakan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic dari Cairo Food?

Kenapa saya memilih menggunakan bumbu nasi kebuli aromatic dari Cairo Food? Karena selain rasanya enak, Yang membuat bumbu ini semakin istimewa adalah karena bahan-bahannya terbuat dari 100% rempah alami, bukan kimia atau perisa. Kemudian juga bebas msg, tanpa pewarna, pengawet, serta anti kempal alami, dan halal.

Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food

Bahan yang ada dalam bumbu nasi Kebuli Aromatic Cairo Food mengandung: kayumanis, biji kelabat, bunga lawang, biji ketumbar, cumin, biji pala, lada hitam, cengkeh, lengkuas, jahe putih, serai, kapulaga putih, daun salam, kapulaga hijau, daun jeruk purut, caraway, kunyit kuning, beras putih.

Harganya untuk berat 140 gr ini hanya 35 ribu rupiah saja lho. Terus kadaluarsa produk sekitar 15 bulan hingga 24 bulan, tergantung dari kualitas rempah, seperti musim, jenis, dan metode pemrosesan awal. Kadaluarsa akan tercantum berbeda setiap batch.

Selain itu, bumbu kebuli dari Cairo Food pun sudah dipakai & dipercaya sebagai standar oleh para restoran, hotel dan catering lho. Bumbu nasi kebuli ini bisa dibeli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia atau di website resmi atau juga bisa melalui WhatsApp ke 081218222610.

Nah, mudah banget kan bund membuat nasi kebuli tanpa repot meracik bumbunya sendiri. Dan rasanya pun dizamin mantap.

Add Comments

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon