Cara Tepat Menghilangkan Noda di Ketiak Baju

Sebagai pengguna deodoran, kadang saya merasa risi ketika menemukan bekas nodanya di baju, lebih tepatnya di ketiak baju. Umumnya noda bekas pemakaian deodoran ini berwarna kuning, atau putih. Namun, yang paling mengganggu adalah nodanya mengeras. Jika disentuh menggunakan jemari, maka bagian yang menguning atau putih tersebut terasa keras.

Saya awalnya sempat bingung, kenapa deodoran bisa menyebabkan noda di ketiak baju, sampai akhirnya saya membaca artikel yang membuat saya paham. Bahwasannya noda ini dipicu oleh timbunan deodoran atau antiperspirant di serat-serat kain. Nah, untuk proses menghilangkan noda seperti ini perlu disesuaikan dengan bahan baju, juga warna kain.

Cara Menghilangkan Noda Mengeras di Ketiak Baju

Cara tepat menghilangkan noda di ketiak baju ini tidaklah sulit gengs. Kamu hanya perlu sedikit usaha dan pantang menyerah dalam mempraktikkan tips berikut ini. oh ya, pada tips menghilangkan noda di bagian ketiak pakaian ini pun, nantinya ada yang untuk noda di baju berwarna, dan baju putih lho. Jadi, mari skrol sampai habis.

1. Sikat Baju

Menyikat bagian baju yang bernoda bisa kamu lakukan dengan menggunakan sikat gigi bekas. Kemudian sikat gigi ini dibasahi air cuka putih. Setelahnya, bilas deh bajunya menggunakan air bersih tentunya.

2. Rendam dengan Spiritus

Jika menyikat baju menggunakan cuka tidak berhasil untuk menghilangkan noda bekas deodoran, maka cobalah menggunakan trik kedua ini. Ya, rendam area bernoda di dalam cairan spiritus (methylated spirit/denatured alcohol) selama kurang lebih satu jam lamanya. Jangan lupa untuk menggangtung bagian baju yang tidak bernoda lebih tinggi, sehingga spiritus tidak terserap ke bagian tersebut.

Cara Tepat Menghilangkan Noda di Ketiak Baju dan bahannya murah

3. Cuci Seperti Biasa

Jika sudah melalui step yang kedua, perendaman dengan spirtus. Kamu harus membilasnya dengan air bersih. Barulah kemudian cuci seperti biasa, memakai mesin cuci dan deterjen cair ataupun merendam dan menguceknya secara manual untuk menghilangkan sisa noda dan juga cairan penghilang noda.

Cara Menghilangkan Noda Di Baju Berwarna

Sama halnya seperti baju yang terkena luntur, terdapatnya noda pada baju kesayangan sangatlah menyebalkan. Perlu waktu dan tenaga untuk membersihkan bajunya dari noda, apalagi menghilangkan noda deodoran di baju. Tapi, kamu tidak boleh menyerah gengs, pasti ada jalan. Ya, walaupun mencuci pakai sabun cuci saja tidak cukup. Kamu membutuhkan bahan-bahan alternatif lain. Apa sajakah itu? Tenang, bahan-bahannya tidak sulit kok. Yuk simak di bawah ini.

1. Bubuk Soda Kue atau Baking Soda

Sudah menjadi rahasia umum nih kalau bubuk soda kue atau baking soda ampuh buat menghilangkan noda dari pakaian. Lho, caranya gimana? Gini, kamu tinggal siapkan saja wadah berisi air. Kemudian kamu tuang bubuk soda kue, secukupnya saja jangan banyak-banyak. Tapi, sebelum memasukkan baju ke dalam wadah berisi baking sodanya, Kamu juga harus menyiapkan pasta bubuk soda kue.
 
Pastanya dari mana? Eits pastanya ini dari bubuk soda kue yang diberikan air sedikit, terus, kamu aduk deh sampai mengental. Nah, oleskan pasta baking soda yang udah selesai diracik ke titik noda yang ada di ketiak baju. Setelahnya, rendam baju ke dalam larutan sebelumnya selama satu malam. Kalau udah semalam, kamu bisanbilas baju dan cuci seperti biasa menggunakan deterjen anti noda.

2. Gunakan Air Cuka

Selain baking soda, kalau belum mempan membersihkan nodanya, kamu bisa lanjut pakai air cuka. Air cukanya diapakan? Jadi gini, pertama, kamu harus menyiapkan wadah atau ember berisi air dan tuang cuka secukupnya. Masukkan baju yang bernoda ke dalam ember larutan cuka selama kurang lebih satu jam lamanya. Setelahnya kucek bagian yang ada noda putihnya. Step terakhir, cuci baju seperti biasa. Pakai mesin cuci boleh, manual juga boleh.

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Sejauh yang kuamati, noda bekas deodoran yang menempel di baju warna putih akan mengering dan warnanya berubah jadi kuning. Dan jujur saja ini sangat annoying buat saya. Ya walaupun berhijab, tapi di waktu-waktu tertentu saat harus beraktivitas yang mengangkat tangan terus kelihatan noda kuningnya kan enggak banget. Jadi saya cari-carilah cara menghilangkan noda kuning bekas deodoran ini.
 
Jadi gengs, saya menemukan tiga cara menghilangkan noda kuning di bagian ketiak pakaian. Walaupun ada pemutih ya, tapi saya suka penasaran dengan penggunaan bahan-bahan lain, terutama yang alami. Soalnya pemutih kalau dipakai ke baju berwarna bisa membuat saya malah nangis guling-guling. Yup, pemutih lebih cocok untuk baju berwarna putih saja.

Menghilangkan noda di ketiak baju karena deodoran

Dari beberapa artikel yang saya baca di internet, bahan-bahan alami yang saya tuliskan di bawah ini katanya sudah terbukti ampuh untuk membantu menghilangkan noda kuning bekas deodoran di baju putih. Penasaran? Yuk langsung kepoin saja:

  • Punya stok lemon di rumah? Lemonnya jangan cuma diminum saja. Yup, lemon punya banyak kegunaan lain. Salah satunya jadi pembersih noda. Caranya gimana? Caranya campur perasan air lemon ke dalam ember atau wadah apa pun berisi air hangat. Setelah  siap, rendam baju putih milikmu ke dalam wadah berisi cairan lemon tersebut selama beberapa menit. Lalu, kucek-kucek deh sampai nodanya memudar. Jangan lupa, kamu juga harus cuci mencucinya menggunakan deterjen juga ya.
  • Garam. Bubuk putih yang rasanya asin ini bisa juga membantu dalam menghilangkan noda kekuningan di ketiak baju. Caranya? Gampang gengs, siapkan 1 liter air hangat, lalu masukkan 5 sendok makan garam ke dalamnya, aduk rata. Step berikutnya, masukkan pakaian ke dalamnya selama satu jam sampai terendam, tapi sambil dikucek-kucek lho ya. Terakhid, cuci baju seperti biasanya.
  • Aspirin. Obat yang satu ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda di baju berwarna putih. Ya, kamu perlu menyiapkan dua buah aspirin, terus digerus sampai halus. Baru, setelahnya campurkan bubuk halus aspirinnya dengan setengah mangkuk air hangat. Mangkuk kecil saja lho ya, jangan terlalu besar. Karena nantinya larutan aspirin ini dituangkan ke rendaman baju yang menggunakan air hangat. Waktu merendamnya kurang lebih 3 jam. Baru deh bisa dicuci seperti biasa.

Cara Menghindari Timbulnya Noda Bekas Deodoran di Ketiak Baju

Untuk memininalisir risiko noda di baju, alangkah lebih baiknya dihindari atau dicegah. Bener tidak gengs? Ya, sebaiknya saat menggunakan deodoran atau antiperspirant, kamu biarkan dulu sampai kering sebelum akhirnya berpakaian. Kalaupun kamu senangnya pakai deodoran atau antiperspirant yang semprot, tetap ingat, jangan menyemprotkannya setelah pakai baju.
 
Tapi, kalau sudah terlambat, tak apa, mari berjuang menghilangkan nodanya menggunakan beberapa tips di atas yang kudapatkan dari berseluncur di internet. Semoga membantu ya, dan semangat mencucinya!

1 comment

  1. aku kayaknya harus stok baking soda nih hehehehe terima kasih infonya ya kak

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon