Macam-macam VPS Hosting

Di era society 5.0 sekarang ini sangat penting bagi suatu bisnis untuk melakukan digital marketing atau pemasaran digital. Baik melalui media sosial maupun official website. Nah, untuk memiliki website bisnis yang bagus, maka kamu membutuhkan hosting.

Tentunya ada banyak jenis hosting berikut penyedia layanan yang saat ini bisa kamu pilih. Namun, untuk membuat situs web yang bagus, VPS hosting merupakan salah satu pilihan terbaik. Mengapa?

Pengertian VPS dan Fungsinya


Virtual Private Server atau disingkat VPS adalah salah satu tipe server yang menggunakan teknologi virtual untuk membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual yang berada pada hosting dan infrastruktur fisik yang sama. 
 
Dulu, sistem admin yang bekerja secara tradisional hanya memiliki satu server fisik dan penggunaannya pun hanya untuk satu tujuan saja. Hal ini berbeda dengan adanya virtualisasi. Yang mana menawarkan kemudahan untuk meng-host beberapa server pada satu server fisik. Selain itu, server virtualnya dapat memiliki tujuan masing-masing, bahkan sistem operasi yang pun dapat berbeda satu sama lain.
 
 
Inilah macam-macam vps hosting dan kelebihannya


Jika dibandingkan dengan shared hosting yang populer akhir-akhir ini, VPS menawarkan kualitas jaringan yang lebih stabil dan aman. Alasannya tentu saja karena semua resource yang terdapat pada server hanya bisa diakses oleh satu pengguna saja.

Jika dilihat, umumnya VPS sering digunakan oleh pemilik website dengan traffic mengenah hingga tinggi. Yang mana sudah melewati batas yang ditawarkan oleh layanan shared hosting.
 

Fungsi VPS Hosting

1. Server Website

 
Sebagian besar pengguna internet menggunakan VPS sebagai server atau pusat data untuk website. Yang mana sering disebut juga web hosting. Mengapa website membutuhkan website? Karena situs web terutama e-commerce dan toko online bisa mendapatkan traffic yang cukup besar. Jadi, inilah yang mendorong pengelola website beralih ke VPS yang memiliki resource dan spesifikasi hardware yang lebih memadai dibandingkan shared hosting.
 

2. Sebagai File Hosting

 
VPS berguna juga sebagai file hosting. Sudahkah kamu mengetahui apa itu VPS file hosting? Logikanya begini, selain untuk menyimpan file halaman website, VPS juga dapat difungsikan untuk menyimpan file pribadi. Tujuannya agar dapat diakses secara online melalui koneksi internet.
Walaupun sebagian besar layanan shared hosting melarang pengguna untuk menyimpan file pribadi yang tidak terkait dengan website karena dapat membebani server.
 
Namun, ketika kamu menyewa sebuah VPS, kamu dapat menggunakannya untuk meyimpan file pribadi. Hal ini di karenakan resource untuk server virtual sudah sepenuhnya menjadi hak kamu dan tidak akan berdampak terhadap penyewa lain.
 

3. Server untuk Remote Desktop

 
Apa itu VPS untuk remote desktop? Virtual private server yang satu ini bisa dibilang merupakan komputer jarak jauh yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Beberapa usernya bahkan sering mencoba menggunakan VPS untuk menghasilkan pendapatan dari cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum. Kemudian sebagian besar penyedia layanan VPS melarang penggunaan server untuk mining karena risiko kerusakan hardware yang lebih tinggi.
 

4. Sebagai Layanan VPN

 
Beberapa pengguna menggunakan VPS mereka sebagai suatu server untuk Virtual Private Network (VPN). VPN adalah jalur koneksi pribadi yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah terdaftar, juga memiliki akses.
 

5. Untuk Hosting Aplikasi

 
Sudah menjadi rahasia umum jika developer sering menyewa VPS untuk dijadikan sebagai hosting aplikasi buatan mereka. Sebagai jenis web hosting yang memiliki kapasitas besar dan hardware dengan spesifikasi tinggi, VPS memang bisa menjadi solusi hosting yang tepat untuk pembuatan aplikasi mobile.
 

6. Sebagai Backup Server

 
VPS pun bisa berfungsi sebagai server cadangan. Banyak dari para pengelola website, aplikasi, dan database sering menyewa layanan VPS sebagai server cadangan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kehilangan data. Karena tidak dipungkiri jika dalam lingkup server dan database, kehilangan data sering terjadi karena kesalahan konfigurasi, hacker, percobaan software baru, dan berbagai hal lainnya.
 
VPS dapat digunakan sebagai server cadangan ketika server utama kehilangan data atau mengalami kesalahan yang mengharuskan terjadinya penghapusan data.

Macam-macam VPS Hosting

Di bawah ini merupakan macam-macam VPS Hosting cloud server Indonesia yang bisa kamu pilih:

1. Open Vz


Open Vz adalah jenis VPS yang paling banyak dijual dan digunakan saat ini. Penggunaannya berdasarkan sistem operasi yang bekerja pada shared kernel server. Sayangnya, Open Vz ini hanya mendukung penggunaan sistem operasi berbasis Linux saja. Oleh sebab itu, jika kamu membutuhkan VPS Windows, maka kamu harus  memilih jenis VPS lainnya. Dalam hal pengunaan open resource, Open Vz ini lebih rendah jika dibandingkan dengan VPS jenis lainnya, sehingga banyak penyedia VPS Indonesia yang menjual VPS Open Vz ini dengan harga yang lebih mahal.


2. KVM


Jenis VPS yang satu ini merupakan kepanjangan dari Kernel Based Virtual Machine atau KVM. Keunggulan VPS KVM ini adalah kemampuannya untuk melakukan komunikasi dan terhubung dengan hardware.


3. HVM


Jenis Virtual Private Server atau VPS HVM yang satu ini sistem virtualisasinya berada pada tingkat kernel. Hardware Virtual Machine atau HVM ini akan memberikan kebebasan kepada pengguna hardware atau perangkat kerasnya secara full. Jika dilihat secara fitur, HVM ini cocok digunakan untuk website besar maupun toko online yang membutuhkan kemampuan server yang mumpuni.


4. Microsoft Hyper V


Jenis VPS server yang terakhir adalah Microsoft Hyper V. Sistem operasi VPS ini tentunya menggunakan windows. Kelebihan dari VPS Hyper V ini akan memberikan kamu kemudahan dalam pengunaannnya. Mengapa? Karena semua panel sudah menggunakan Graphic User Interface atau GUI. Selain itu, dari segi biaya pun lebih mahal dari VPS Linux, karena tentu saja Anda perlu membeli lisensi Windows.

Nah, sudahkah kamu tertarik untuk memilih salah satu VPS hosting di atas?


Add Comments

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon