Makin Populer, Adakah Manfaat Staycation untuk Kesehatan?

Liburan merupakan salah satu cara paling ampuh menghilangkan stres. Terutama di masa pandemi ini yang jadi salah satu trigger kenapa banyak orang mudah stres. Belum lagi soal kerjaan. Ada yang WFH berkepanjangan, dan ada juga yang kehilangan pekerjaan.

Namun liburan di masa pandemi seperti sekarang tentu memiliki risiko yang tidak main-main. Tapi di sisi lain, liburan juga kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Berangkat dari kondisi ini, sekarang staycation pun semakin populer. Staycation sendiri adalah konsep liburan di dalam kota. Bisa dengan stay di hotel maupun sewa apartemen untuk leyeh-leyeh santai dengan suasana berbeda dari rumah.

Manfaat Staycation yang Harus Kamu Ketahui


Staycation yang semakin populer ini ternyata juga punya manfaat bagi kesehatan fisik dan mental lho! Berikut beberapa di antaranya.

1. Menurunkan Risiko Depresi


Stres akibat pandemi yang berkepanjangan ini rentan sekali menjadi depresi, terutama bagi orang-orang yang punya kegiatan rutin yang melelahkan secara fisik dan emosional dan tidak sempat liburan. Kata liburan ini bisa diartikan dengan mengambil cuti dan bersantai di rumah atau staycation di hotel / apartemen untuk mendapatkan suasana baru karena liburan ke luar kota beresiko terpapar virus corona lebih tinggi.

Penelitian dari Universitas Pittsburgh menemukan jika kegiatan liburan dapat secara signifikan meningkatkan emosi positif seseorang sehingga mengusir rasa stress yang jadi cikal bakal depresi jika dibiarkan terus menerus.
 
Inilah manfaat staycation untuk kesahatan kamu dab keluarga
 

2. Meningkatkan Imun Tubuh


Imun tubuh yang kuat menjadi salah satu tameng paling baik dalam melindungi diri di masa pandemi ini agar tidak mudah sakit. Nah, ternyata liburan juga bisa meningkatkan imun tubuh lho! Meski sesederhana hanya stay di apartemen yang masih di dalam kota tempat kamu tinggal, namun suasana yang berbeda tentu membuat kamu seakan sedang liburan di tempat baru, bukan?

Nah, seorang peneliti bidang imunitas, Prof. Fulvio D’Acquisto berpendapat jika lingkungan baru dan menyenangkan bisa bantu menstimulasi sistem imun tubuh bekerja lebih baik lagi.

Selain itu, perasaan senang, bahagia dan santai juga akan meningkatkan mood yang juga bisa membantu pembentukan hormon bahagia lebih banyak ketimbang hormon kortisol  (hormone stres) dan hormone adrenalin sehingga kamu jadi lebih rileks.

3. Waktu Istirahat Yang Efektif


Sering kali saat berada di rumah, kamu begitu terforsir mengurusi kerjaan hingga tidak ingat waktu untuk me time maupun istirahat. Kondisi rumah yang kadang tidak kondusif, misalnya jika kamu sudah berkeluarga pasti anak sering menemani bekerja yang membuat pikiran sulit fokus dan terlalu banyak distraksi.

Namun dengan memilih staycation di apartemen atau hotel, kamu jadi punya suasana baru yang lebih tenang, pemandangan yang berbeda dari biasanya dan bisa bersantai serta menikmati waktu istirahat sesuka hati. Dengan begini, tubuh kamu akan mendapatkan ‘jeda’ dan tidak dipaksa bekerja terus menerus. Pikiran kamu juga jadi lebih jernih dan tenang karena tubuh mendapatkan kebutuhan dasarnya terhadap istirahat dan tidur yang cukup.

Kamu pun akan lebih berenergi saat selesai staycation lho!

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular


Penyakit kardiovaskular adalah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Kedua organ penting tubuh dengan fungsi vital ini dapat terganggu jika kamu sering stress yang memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

Penelitian oleh Framingham Heart Study menemukan jika orang-orang yang berlibur dengan rutin punya resiko lebih kecil terkena penyakit hipertensi, stroke, jantung koroner dan penyakit kardiovaskular lainnya dibandingkan yang minim atau bahkan tidak liburan sama sekali. Hal ini dikarenakan rasa bahagia dan senang saat liburan bisa membuat tekanan darah stabil dan kerja jantung juga stabil.

5. Meningkatkan Kesuburan


Tahukah kamu jika stres bisa mengakibatkan gangguan kesuburan untuk pria dan wanita? Benar sekali! Stres dapat menurunkan kuantitas dan kualitas sperma pria , menurunkan hormon testosteron dan menyebabkan disfungsi ereksi. Sedangkan bagi wanita, stress dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh termasuk hormon kesuburan, mengacaukan waktu menstruasi dan ovulasi sehingga mengganggu sistem reproduksi.

Nah, ternyata liburan bisa menurunkan level stress seseorang. Kamu yang sudah berumah tangga, bisa meluangkan waktu di weekend untuk staycation bersama pasangan dan anak untuk bonding sekaligus bersantai dan mencari suasana baru meski hanya di dalam kota.

Itulah beberapa manfaat liburan dan staycation bagi kesehatan tubuh dan juga mental. Jadi jika ada yang tanya apakah staycation bermanfaat untuk kesehatan, jawabannya adalah iya benar. Jadi jangan ragu rencanakan staycation kamu meski pandemi masih berlangsung ya. Kamu bisa lho booking apartemen harian di Jakarta atau kota-kota lain dengan mudah pakai Traveloka.

Pilihan apartemennya sangat banyak dan bisa disesuaikan dengan budget maupun keinginan. Misalnya Apartemen City Park yang dekat dari akses tol dalam kota maupun ke Bandara Soekarno-Hatta. Kamu bisa pesan dengan beberapa klik di Traveloka. Bahkan ada banyak hotel maupun apartemen yang membuka opsi bayar saat check in jadi kamu tidak perlu keluar uang sekarang. Cukup booking dan bayar saat akan menginap. Menarik kan?
 
Yuk rencanakan staycation kamu untuk refreshing dan liburan seru di dalam kota saja pakai Traveloka!

1 comment

  1. udah lama banget nih Mbak pengen staycation juga, mana Si Kakak ini suka bilang "Ma, nanti ke hotel lagi kan.. Kakak mau bawa ini, ini" disebutin list barang-barang dia.
    tapi masih maju mundur karena kebanyakan hotel disini jadi tempat isoman :(

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon