5 Persiapan Lahiran Sesar yang Harus Diperhatikan

Hingga saat ini setidaknya 7 metode melahirkan yang bisa dipilih oleh calon ibu. Dua di antaranya yang paling umum adalah persalinan normal biasa dan cesar atau disebut juga sesar. Nah, untuk calon moms yang berencana melahirkan secara sesar, tentunya harus melakukan persiapan lahiran sesar agar nantinya tidak terlalu cemas saat hari-h tiba.

 

Selain mengurangi kecemasan, persiapan persalinan sesar dilakukan demi kelancara operasinya nanti moms. Terlebih jika tindakan medis yang satu ini adalah kali pertama dilakukan. Moms juga lebih siap untuk melewati masa-masa pemulihan yang tentunya sedikit lebih lama dari persalinan normal.
 
5 persiapan lahiran sesar yang harus diperhatikan
 

Persiapan Lahiran Sesar yang Wajib Kamu Ketahui



Berikut beberapa step persiapan lahiran caesar yang wajib moms ketahui nih.
 

1. Memilih Dokter yang Berpengalaman

 

Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru yang berharga, dan membuat kita lebih yakin serta percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja atau risikonya bisa lebih diminimalisir jika ditangani oleh ahlinya.

Apalagi operasi caesar merupakan tindakan medis invasif. Jadi membutuhkan tim dokter yang sudah terbukti berkualitas dan berpengalaman agar moms bisa lebih tenang saat proses melahirkan secara sesar berlangsung. Oleh karena itu, akan lebih baik jika moms mencari informasi tentang dokter yang akan melakukan tindakan operasi tersebut secara lengkap.

Misalnya saja moms bisa meminta referensi dari keluarga atau teman yang sudah berpengalaman melahirkan secara sesar. Selain itu, bisa juga melakukan riset online di berbagai blog atau forum. Meyakini bahwa Mama ditangani dengan tim dokter yang berpengalaman tentu akan meminimalkan rasa cemas menjelang caesar.

2. Menyiapkan Dokumen yang Diperlukan


Pastikan moms sudah menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat administrasi sebelum tindakan operasi caesar dilakukan. Jadi moms tak perlu lagi semakin cemas karena urusan administrasi dan menunggu lama jika misalnya ada kekurangan syarat untuk tindakan operasi. Anggota keluarga yang akan menemani moms pun akan lebih fokus pada moms dan tidak ikut cemas karena dokumen-dokumen penting penunjang proses kelahiran sudah lengkap.
 
Akan lebih baik lagi jika dokumen-dokumen dan urusan administrasi tersebut sudah lengkap dari jauh-jauh hari.

3. Siapkan Mental Mama dengan Tetap Berpikir Positif


Selain memilih dokter terpercaya dan menyiapkan dokumen pendukung untuk melahirkan secara sesar, yang harus ada dalam persiapan lahiran sesar moms adalah mental moms sendiri. Ketakutan, cemas, dan rasa ingin menangis memang wajar menjelang wajar jika menjelang operasi caesar.
 
Namun moms harus ingat untuk tetap bersikap dan berpikir positif. Bagaimana caranya agar bisa terus berpikir positif? Salah satu caranya adalah dengan berada di lingkungan yang juga memberikan dukungan dan aura positif. Hindari mendengarkan cerita yang menegangkan terkait operasi sesar dari teman atau keluarga yang pernah menjalaninya.

Alih-alih takut, pada saat menunggu prosesnya berlangsung, Moms bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berdoa dan membayangkan betapa bahagianya ketika si kecil nanti menemani moms melihat indahnya dunia. Melakukan hal seperti ini akan membuat moms lebih optimistis dan bahagia lho menuju operasi caesar.

4. Menyiapkan Pakaian Ganti dan Perlengkapan Mandi


Umumnya persalinan dengan operasi sesar membutuhkan masa pemulihan yang lebih lama jika dibandingkan persalinan normal. Jadi, moms bisa mulai menyiapkan tas bawaan berisi perlengkapan yang dibutuhkan sejak awal. Seperti perlengkapan mandi dan pakaian ganti. Baik untuk moms maupun calon buah hati.
 
Mempersiapkan perlengkapan sendir dari jauh-jauh hari akan membuat moms tidak terlalu cemas terkait kelengkapannya. Siapkan perlengkapan atau tas khusus untuk rawat inap sekitar 3 hingga 5 hari.
Selain baju dan alat mandi, boleh banget lho moms membawa barang-barang favorit seperti buku bacaan dan lainnya yang bisa membuat moms tidak merasa bosan selama proses pemulihan.

5. Selalu Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Tinggi Serat


Memilih untuk persalinan secara caesar bukan berarti membuat moms lengah terhadap asupan makanan selama kehamilan. Karena baik normal maupun caesar, moms harus tetap memiliki kondisi kesehatan yang prima, fit. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir sampai saat ini. 
 
Nah, agar kesehatan moms terjaga, pastikan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan kaya serat. Pokoknya kebutuhan nutrisi harian ibu dan bayi harus tercukupi melalui Mama dengan memilih menu bergizi seimbang.

Moms harus menyeimbangkan asupan protein, karbohidrat, vitamin, dan lainnya melalui konsumsi sayuran dan buah juga moms. Banyak mengonsumsi buah dan sayur berserat tentunya bisa membantu pencernaan yang lebih lancar.
 
Nah, are you ready untuk persiapan persalinan sesar moms?

Add Comments

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon