Status Terbaru Vaksinasi Covid 19 di Indonesia

By Gemaulani

Sesuai dengan misi Indonesia untuk mengalahkan Covid 19, gerakan untuk mempercepat proses vaksinasi masyarakat pun ditingkatkan. Dengan target 2 juta vaksinasi per Agustus, tingkat infeksi di Indonesia pun telah menurun setelah sempat memuncak di Juli.
Informasi vaksinasi covid 19 di Indonesia terupdate bisa disaksikan emlalui siaran langsung metro tv

Di Indonesia telah tercatat 4 juta kasus infeksi Covid 19 dan lebih dari 100.000 kematian semenjak pandemi dimulai. Indonesia telah mengantongi sekitar 80 juta dosis vaksin, dengan asumsi setiap orang membutuhkan 2 dosis, jumlah vaksin akan mencukupi sekitar 16% populasi Indonesia. Sejauh ini Indonesia telah berhasil memberi vaksinasi sekitar 1 juta dosis. 
 
Selain pengiriman dosis vaksin yang tertunda, hal ini terhalang oleh aktivitas masyarakat yang mendukung penyebaran dan penularan virus. Kondisi ini bisa dilihat melalui siaran langsung metro tv.

Maka dari itu PPKM (Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia) dilanjutkan selama pertengahan bulan Agustus. Sekolah dan kantor masih diprediksikan dilakukan secara daring sampai akhir tahun. Sesuai dengan rekomendasi WHO, imunitas massal yang dikejar hanya akan efektif apabila tingkat vaksinasi sudah menyentuh 70%. 

 
Bila dibandingkan dengan negara lain seperti Australia yang sudah menyentuh angka 53% untuk dosis pertama, Indonesia berada jauh di belakang garis akhir. Akan tetapi bila semua pihak baik masyarakat, pemerintah, dan korporat dapat terus meningkatkan kerja sama dan sinergi untuk skema vaksin di Indonesia. Hal ini bukan tidak mungkin, buktinya kasus Covid 19 di Indonesia telah perlahan turun sebanyak 33% per akhir minggu ini.

Penyesuaian PPKM juga diberlakukan untuk pulau Jawa dan Bali. Jumlah daerah yang dikategorikan level 4 berkurang dari 67 kota/kabupaten menjadi 51 kota/kabupaten. 

 
Jumlah daerah dengan kategori level 3 meningkat dari 59 ke 67 kota/kabupaten dan begitu juga dengan level 2 menjadi 10 kota/kabupaten yang sebelumnya berjumlah 2. Untuk kondisi di luar Jawa dan Bali, PPKM level berkurang menjadi tujuh provinsi. Berita selengkapnya tentang status PPKM yang baru dapat disaksikan melalui siaran langsung metro tv.

Walaupun vaksin tidak berarti membunuh virus Covid 19 secara keseluruhan, tetapi dapat menurunkan risiko penularan dan gejala yang parah sehingga terhindar dari kematian. Dengan begitu, kedepannya seluruh dunia dapat hidup berdampingan dengan virus Covid 19.

0 thoughts on “Status Terbaru Vaksinasi Covid 19 di Indonesia”

  1. Aku berharaaaap banget pandemi ini bisa berakhir. Target vaksin tercapai, jadi virusnya juga ga bermutasi mnjadi lebih kuat lagi :(. Alhamdulillah aku sekeluarga udh komplit vaksinnya. Tingga nunggu vaksin utk anak2 di bawah 12 THN kluar, baru aku tenang mba.

    Sebelum anak2ku vaksin, aku ga tertarik utk traveling dulu

    Reply

Leave a Comment