Cara Meningkatkan Konsentrasi dengan Menyenangkan

 
Cara Meningkatkan Konsentrasi

Terlalu sering multitasking, banyak beban pikiran, hingga sulit mengendalikan monkey mind bisa menjadi penyebab kamu kurang fokus ketika bekerja atau beraktivitas. Tak hanya kurang fokus, kamu juga mungkin saja bisa mengalami sering lupa akan sesuatu dan akhirnya stres sendiri dengan pekerjaan yang tak kunjung usai.
 
Di saat seperti inilah kamu harus berhenti sejenak. Jangan memaksakan diri karena hasilnya tidak akan maksimal. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang membuat kamu merasa senang sekaligus meningkatkan konsentrasi.

Deretan Cara Meningkatkan Konsentrasi


Ada banyak cara meningkatkan konsentrasi dan respons atau gerak tangan atau jemari kamu dengan baik. Apa sajakah itu, yuk simak di bawah ini:

1. Berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang akan membantu kamu untuk lebih rileks. Gerakan-gerakan ringan yang kamu lakukan saat berolahraga pun akan membantu melancarkan peredaran darah. Jadi, asupan oksigen dan kalori ke otak cukup bahkan terjaga. Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa memilih yoga atau sekadar meditasi untuk memulihkan konsentrasi dan lebih sehat tentunya.
 

2. Memperhatikan Asupan Cairan serta Buah-buahan

Kamu mungkin sering mendengar celetukan teman berupa kalimat "kurang Aqua" bukan ketika mengalami gagal fokus dalam pekerjaan? Ya, asupan cairan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Ingat, sebagai manusia kamu membutuhkan setidaknya minimal 8 gelas air mineral perhari.

Selain cairan, perhatikan juga asupan buah untuk tubuh. Ini demi menjaga kesehatan kamu dan kebutuhan vitamin dalam tubuh. Yang mana berguna juga untuk menjaga kesehatan mata. Terlebih jika kamu bekerja dengan layar gadget seharian.
 

3. Mengganti Suasana Kerja

 
Ruangan atau meja kerja yang berantakan bisa menurunkan tingkat konsentrasi dan suasana hati lho. Oleh sebab itu, segeralah rapikan ruangan atau meja kerja kamu. Jika perlu tambahkan beberapa dekorasi yang bisa memanjakan mata. Akan lebih bagus jika menyimpan pot berisi tumbuhan di tempat kamu bekerja. 
 
Selain menjadi dekorasi, tumbuhan hidup pun bisa menambah kesejukkan dan menjaga suasana hati kamu. Pastikan juga sirkulasi udara di tempat bekerja kamu cukup, sehingga kebutuhan oksigen lancar.

4. Beristirahat Sejenak

 
Istirahat menjadi salah satu pilihan terbaik ketika kamu merasa lelah. Biarkan diri dan pikiran kamu rileks tanpa memikirkan apa pun untuk beberapa saat. Jangan terlalu memaksakan diri karena bisa menyebabkan tingkat stress yang lebih parah atau depresi. Ambil jeda 15 hingga 30 menit sebelum kembali bekerja.
 

5. Bermain Game

Saya pernah menulis beberapa game yang buat saya bukan sekadar permainan di blog ini. Karena saya menyadari setiap permainan yang diciptakan punya dampak positif selama kita bisa memanage waktu bermain (alias tidak kebablasan) dan juga saat ini untuk game tertentu bahkan bisa jadi sumber penghasilan dan profesi. Eits jangan salah, saya juga pernah memainkan game yang bisa mendapatkan hadiah nyata bukan fatamorgana.

Selain menjadi hiburan dan pilihan menghilangkan stress, ada manfaat bermain game lainnya lho. Mulai dari mengembangkan fungsi otak kanan atau meningkatkan kemampuan problem solving, melatih fokus atau konsentrasi, dan daya ingat.

 

Rekomendasi Games "Jadul" yang Bisa Membantu Berkonsentrasi dan Melatih Respons Cepat


Sejak kecil saya senang bermain game melalui perangkat yang tersedia di rumah. Lalu, kesukaan itu bertambah saat memasuki sekolah menengah pertama. Momen di mana akhirnya mengenal mata pelajaran TIK (komputer) di sekolah dan akhirnya tahu tentang internet juga. Kala itu saya senang sekali karena bisa memainkan permainan super mario bross, tetris, dan soltaire setiap selesai mengerjakan soal praktikum excel.

Jadi, begitu ada teman yang memberitahukan bisa mengakses game-game jadul melalui situs plays.org, saya rasanya merasa nostalgia dan hidup kembali. Ya, plays.org adalah situs penyedia game online gratis, kamu bisa memainkan game secara online di sana tanpa perlu mengunduh aplikasinya. Jadi, kamu tak perlu khawatir soal memori laptop atau smartphone.

Plays.org ini menggunakan teknologi games web based. Kamu bisa mengaksesnya melalu browser di komputer atau laptop maupun smartphone. Tapi, untuk pengalaman lebih memuaskan, saya sarankan dari laptop atau tablet. Ada banyak permainan yang bisa dipilih di situs web plays.org. Mulai dari game jadul seperti Tetris, Solitaire, Super Mario Bross, Frogtastic, hingga permainan moderen.
 

Super Tetris Logic Puzzle Game dan Tetra Blocks

 
Disadari atau tidak, bermain tetris maupun tetra blocks akan membuat kamu berkonsentrasi dan menyelaraskan antara pikiran, mata, hingga gerak tangan dalam menyusun setiap balok berwarna-warni agar tidak game over.
 

All Solitaire Games

 
Permainan kartu yang satu ini juga akan membantu kamu mengasah otak. Mengapa? Karena kamu akan mencari jalan terbaik atau memilih strategi terbaik supaya bisa menyelesaikan permainannya hingga habis, sehingga meningkatkan fungsi otak kanan.

permainan soltaire di plays.org
 

Frogtastic


Kodok yang menembak bola warna-warni tentu jadi salah satu permainan iconic untuk kita selaku generasi Y, bukan? Ya, di plays.org juga terdapat permainan yang terinspirasi dari kodok Zuma, namanya Frogtastic. Permainan ini juga bisa membantu kamu meningkatkan konsentrasi dan kecepatan mata juga tangan dalam menembaki warna yang sama.

Tak hanya ketiga game yang saya jabarkan di atas saja yang bisa menjadi cara meningkatkan konsentrasi dengan menyenangkan. Ada juga game pinball, super mario, dan lainnya. So, bermain game sebenarnya bisa memberikan dampak positif selama dimainkan sesuai porsinya.

Add Comments

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon