1 Jul 2022

Gamers, Ini Checklist Persiapan Streaming Game Biar Makin Seru

Sekarang ini, tren live streaming game sudah berbeda dan tidak seperti dulu lagi. Tidak selalu menggunakan perangkat yang kompleks, cukup dengan smartphone saja Anda sudah bisa memulai karir menjadi streamer game. Namun tentu saja Anda tetap harus memulainya dengan berbagai persiapan streaming game yang memadai. Lalu, apa saja persiapan tersebut?

Berbagai Persiapan Streaming Game


checklist persiapan streaming game

Bagi gamers pemula, inilah beberapa persiapan streaming game yang bisa Anda ikuti:

1. Siapkan Semua Peralatan

Hal paling utama yang perlu didahulukan adalah koneksi internet yang cepat dan stabil. Setelah itu, smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni juga sangat diperlukan. Tujuannya untuk menjamin streaming Anda agar berjalan dengan mulus.

Anda juga harus menyiapkan smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup besar agar sesi streaming menjadi lebih panjang. Kemudian sejumlah fitur spesifik, seperti AI Game Booster pasti akan sangat membantu sekali. Selain itu, perlengkapan pendukung seperti lighting atau pencahayaan serta microphone juga perlu disiapkan agar kualitas live stream bisa maksimal.

2. Download Aplikasi Streaming

Teruntuk Anda yang baru saja memulai dunia streaming game, Anda bisa gunakan aplikasi seperti Nimo TV, Game.ly, Youtube, maupun Facebook. Berbagai platform ini cocok untuk semua pemula. Bahkan ini dapat dilakukan tanpa memerlukan bantuan PC ataupun laptop. Selain itu, Anda juga bisa memilih platform lain untuk streamer yang lebih berpengalaman seperti Twitch.

3. Memulai Streaming

Setelah menyiapkan peralatan dan mengunduh aplikasi, Anda bisa langsung memulai streaming di aplikasi tersebut. Misalnya di Game.ly yang bisa Anda akses dengan cara klik ikon bergambar kamera, dan dilanjutkan dengan opsi Go Live. Kemudian, klik tombol Home dan lihatlah apakah sudah muncul notifikasi Game.ly is running. Jika sudah, artinya live streaming Anda siap dimulai.

Persiapan Streaming untuk Gamers yang Lebih Advanced


persiapan streaming gamers advanced lebih detail

Kategori advanced tidaklah sama dengan yang pemula. Pasalnya, komponen esensial pada kategori ini akan bertambah menjadi tiga, ada laptop, PC berspesifikasi tinggi, lalu software live streamingnya.  Untuk software live streamingnya, Anda bisa menggunakan seperti OBS atau Open Broadcaster Software. Sementara itu, yang berbayar yaitu vMix atau XSplit Broadcaster.

Di beberapa kondisi, streamer kategori ini kadang menggunakan perlengkapan ekstra, seperti headphone, mikrofon, ataupun sistem lighting. Khusus kategori ini, maka hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mengaktifkan fitur seperti USB Debugging lewat menu Developer Options yang ada di menu Settings.

Namun, jika Anda tidak bisa temukan menu ini, cobalah masuk ke menu About Phone. Kemudian klik Software Information dan gulir layar ke bawah. Kemudian klik Build Number hingga 7 kali. Nanti menunya akan muncul sendiri di bawah About Phone. Anda juga perlu memastikan kalau output video yang disiarkan hanya tampilan smartphone saja. Nah, dari sinilah software tadi berfungsi.

streaming game seru

Jika video sudah kelar, begitu pun dengan audio, maka ini saatnya Anda untuk memulai live streaming dengan setup yang lebih advanced.  Ada satu hal yang harus Anda perhatikan, yaitu jangan lupa untuk salin dulu streaming key dari platform yang sedang digunakan. Kemudian cantumkanlah kodenya di menu pengaturan OBS supaya bisa tersambung. Jika sudah, maka tinggal lakukan live streaming game.

Kira-kira begitulah berbagai persiapan streaming game yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk menggunakan smartphone maupun PC dengan spesifikasi yang mumpuni agar kegiatan live bisa berjalan dengan lancar. Ketika sedang live, Anda bisa memainkan permainan seru saat kumpul dan ditemani hidangan yang lezat seperti Pizza Hut. Varian menu yang beragam dengan pilihan topping berkualitas, dijamin membuat kegiatan live bisa semakin asyik dan menyenangkan.

Add Comments

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon