22 Aug 2022

Aplikasi Kasir iReap Bantu Kelancaran Transaksi di Warung Sembako

Aplikasi kasir android gratis

Warung sembako adalah warung yang menjual kebutuhan sembilan bahan pokok untuk manusia. Warung sembako dikenal juga sebagai toko kelontong yang termasuk ke dalam usaha mikro kecil menengah atau UMKM. Meski sudah banyak minimarket, warung sembako tetap memiliki pelanggan setianya. Selain itu, toko kelontong pernah menjadi pahlawan perekonomian Indonesia saat mengalami krisis tahun 1989 lho.

Permasalahan Umum dalam Mengelola Toko Kelontong

Toko kelontong yang notabene bisa menjadi peluang usaha modal kecil ini sebenarnya dapat memberikan keuntungan maksimal jika dikelola dengan baik. Beberapa permasalahan umum yang sering dihadapi pemilik warung sembako adalah menghitung total belanja pembeli secara manual, tidak melakukan pencatatan keuangan, dan lupa memeriksa ketersediaan barang.

Saya kadang-kadang gemes sendiri saat yang punya warung lupa menghitung di tengah-tengah. Akhirnya dihitung ulang dari awal. Mana pas yang beli rame pula. Pengalaman lainnya yang kadang membuat kecewa saat berbelanja di toko kelontong itu, barang yang biasanya saya beli justru tidak tersedia. Alasannya karena lupa membeli atau telat pesan ke distributor barangnya.

Hal-hal ini mungkin terlihat sepele, namun jika dibiarkan berlarut, tentunya pelanggan bisa kabur ke toko lain. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut? Memanfaatkan teknologi melalui penggunaan aplikasi kasir iReap.

Permasalahan umum dalam mengelola toko kelontong

Mengenal Apa Itu Aplikasi Kasir iReap?

iReap merupakan singkatan dari integrated retail application. Artinya aplikasi kasir iReap adalah aplikasi yang secara khusus dirancang dan dikembangkan untuk membantu pebisnis UMKM dan UKM dalam menjalankan operasional bisnis. Aplikasi kasir iReap ini terdiri atas sistem kasir dan sistem pengelolaan barang. Aplikasi Kasir Android iReap sudah dipercaya oleh 400 ribu lebih bisnis dari 100 lebih negara.

Fitur Aplikasi Kasir iReap Membantu Pengelolaan Penjualan Toko Kelontong

Sebagai aplikasi kasir android dan aplikasi kasir untuk PC, berikut beberapa fitur yang bisa membantu warung sembako dalam meningkatkan pelayanan!

1. Mempercepat Transaksi dengan Penggunaan Barcode Scanner

Drama lupa menghitung atau pembeli harus menunggu agak lama karena yang melayani harus bertanya dulu harga barang ke pemilik toko tidak akan terjadi lagi jika menggunakan fitur barcode scanner. Iya, jujurly kadang yang jaga warung anaknya dan mereka kurang tahu harga untuk beberapa barang. Terus nyari-nyari ibu atau bapak pemilik warungnya dulu gitu. Kan jadinya kurang efisien.

Barcode scanner di aplikasi kasir Ireap untuk toko kelontong

Dengan menggunakan barcode scanner, penghitungan total belanja dan harga barang bisa diketahui secara jelas. Ada 3 jenis barcode scanner yang bisa kamu gunakan di iReap POS. Scan barcode bluetooth, scan barcode menggunakan bantuan USB on the go atau kabel OTG, dan scan menggunakan kamera smartphone apabila kamu ingin menghemat biaya (tidak membeli alat scannya).

Sebelum menggunakan fitur ini, tentu saja kamu harus memiliki data barang beserta scan barcode awal pada master data. Di sini kamu juga bisa memasukkan jumlah stok barang awal yang nantinya otomatis akan berkurang sebanyak jumlah pembelian. Jadi ketika stok tinggal sedikit, penjual bisa langsung pesan ke distributor atau melakukan pembelian di pasar supaya tidak kehabisan barang. Fitur ini bisa digunakan di aplikasi kasir iReap Lite maupun Pro.

2. Menggunakan Product Set untuk Produk Lainnya yang Dijual dengan Satuan Berbeda

Toko kelontong tentunya tak hanya menjual produk dalam kemasan yang diproduksi pabrikan. Ada barang-barang lain seperti beras, telur, gula merah, minyak curah, dan lainnya. Pemilik toko bisa memasukkan barang-barang tersebut pada menu product set. Menggunakan product set akan membuat stok barang yang termasuk komponen product set terpotong otomatis. Jadi stok barang akan diperbarui secara aktual. Kemudian harga jual dan keuntungan bisa diketahui secara pasti.

Misalnya kamu menjual beras karungan atau per 25 kg. Akan tetapi adakalanya pembeli hanya melakukan pembelian sebanyak 1 kg, 1 liter, dan lainnya. Kamu bisa mengaturnya melalui aplikasi iReap for PC (mengunjungi situs www.ireappos.com).

3. Mendorong Pelanggan Melakukan Pembelian Lebih Banyak dengan Penggunaan Kuantitas Diskon  

Ketika melakukan pembelian dalam jumlah tertentu, biasanya kita bisa mendapatkan harga khusus atau potongan harga. Nah, kamu juga bisa membuat pengaturan harga ini melalui fitur kuantitas diskon di iReap POS Pro. Tak hanya perhitungan diskon berdasarkan persentase. Kamu juga bisa set diskon menggunakan nilai.

4. Bisa Memberikan Bukti Transaksi

Jika belanja di warung sembako kecil, biasanya kita harus mencatat sendiri setiap barang beserta harganya supaya tahu rincian dari total belanja kita. Sementara di toko kelontong yang lebih besar atau grosir. Kita bisa meminta bon pembelian yang umumnya ditulis manual jika diperlukan. Nah, dengan menggunakan aplikasi kasir android iReap, kita bisa mendapatkan struk pembelian fisik yang dicetak dengan jelas jika pemilik toko menyediakan print struk atau iReap invoice dikirim ke email pelanggan.

Menu aplikasi kasir iReap android

Perbedaan iReap Lite dan Pro

iReap POS bisa digunakan oleh banyak jenis bisnis. Yup, tidak hanya toko kelontong, minimarket. Aplikasi kasir android ini bisa digunakan pada bisnis warung makan, cafe, restoran, salon, barbershop, bengkel, fashion, butik pakaian, toko sepatu, toko kacamata, klinik kecantikan & spa, jasa profesional, dan distribusi.

Pada aplikasi iReap, baik lite maupun pro, kamu bisa mengakses menu dan melakukan hal-hal berikut:
  • Pengaturan dan Parameter
  • Penerimaan Barang
  • Transaksi Penjualan/Retur
  • Master Data
  • Pengeluaran Barang
  • Laporan
  • Memberikan pilihan pembayaran yang beragam (cash, credit, uang elektronik, QRIS, dan transfer)
  • Scan barcode
  • Print bukti transaksi
Aplikasi iReap Lite adalah aplikasi kasir gratis yang bisa kamu gunakan selamanya tanpa membayar biaya bulanan. Nah, sebenarnya untuk toko kelontong, versi lite pun sudah cukup. Namun, jika ingin menggunakan fitur product set dan kuantitas diskon, pemilik toko harus berlangganan iReap Pro. Harga langganan iReap Pro dengan fitur yang lebih lengkap adalah 99 ribu per bulan untuk setiap perangkat. Jika dibayar pertahun, cukup 41 ribu saja terhitung perbulannya.

Di iReap Pro pebisnis bisa menggunakannya untuk memantau penjualan dan mengatur harga di setiap toko cabang. Kemudian dapat digunakan pada beberapa perangkat android berbeda. Yup, memudahkan jika pegawai tokonya ada sistem shift. Selain itu ada fitur absensi karyawan juga. Penyimpanan databasenya juga bisa lokal atau offline dan online. Kamu bisa melakukan trial atau coba gratis selama 14 hari lho.

Nah, yuk perlancar transaksi bisnis menggunakan aplikasi kasir iReap. Kamu bisa mengunduhnya di play store.

22 comments

  1. Aplikasi ireap membantu pengelola usaha mendapatkan hasil karya kreatif digital buat memudahkan setiap transaksi tercatat dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak pencatatan transaksi jadi lebih baik dan rapi

      Delete
  2. Yang malesin ke toko kelontong memang saat ngitung total juga hal lain..duh memang harus punya nih mereka Aplikasi iReap Lite, aplikasi kasir gratis yang banyak manfaatnya dan bisa digunakan penjual toko kelontong selamanya tanpa membayar biaya bulanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak toko kelontong bisa pakai iReap lite yang gratis dan bikin transaksi jadi sat set

      Delete
  3. Aplikasi kasir iReap ini baru sekali saya tahu. Sangat terpukau dengan kelebihan dan manfaatnya. Apalagi kalau upgrade ke iReap Pro, ya. Wah usaha makin lancar jaya deh. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh kalau pakai yang Pro tambah oke lagi fitur-fiturnya

      Delete
  4. setuju banget
    salah satu kelemahan pelaku umkm adalah sering salah hitung dan gak ada pembukuan
    dengan menggunakan aplikasi iReap, transaksi gak mungkin salah sekaligus tercatat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ambu, kalau pake iReap semua transaksi jadi tercatat dengan baik dan menghitung belanjaan jadi lebih efisien

      Delete
  5. Ini sangat mmbantu banget ya kak.. Gak usah uplek-uplek kalkulator kayak biasanya.. Pasti kalo semua toko kelontong pake aplikasi ini akan berasa minimarket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, gak uplek-uplek kalkulator. Tinggal tap-tap kayak di minimarket

      Delete
  6. Paling ngeselin sih memang pas beli, eh barangnya gak ada.
    Jadinya memang pengusaha kudu banget punya aplikasi ini biar bisa cepet stok barang kala sebentar lagi mau habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kecewa gitu ya kak. Kalau pake iReap, stoknya bisa lebih terpantau. Jadi yg punya toko bisa order barang yang mau habis biar stok selalu available

      Delete
  7. Udah nggak mesti ribet lagi ngurus perkarsiran di toko kelontong ya mba. Karena iReap udah cukup membantu biar kerja jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kasirnya jadi kayak di minimarket. Efisien

      Delete
  8. Ini siapapun bisa jadinya jadi minat deh mba.. kbetulan aku juga punya warung. Mau pasang aplikasi kasir iReap aplikasi yang khusus secara dirancang dan dikembangkan untuk membantu pebisnis UMKM biar lbih tertata nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ayo cobain mba Utie biar toko kelontongnya makin tjakep proses kelancaran transaksinya

      Delete
  9. oh begitu ya
    wuah boleh nih buat ibu aku yang juga buka toko kelontong
    biar pembukuan keuangannya lebih rapi dan semua barang masuk keluar tercatat dengan rapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, aplikasi iReapnya bisa bantu pembukuan keuangan juga

      Delete
  10. Aku jadi inget dulu waktu kecil gemar sekali main kasir-kasiran.
    Tentu zaman dulu belum scanggih sekarang yang sudah sangat terbantu sekali dengan adanya Aplikasi Kasir iReap. Semua masalah barang masuk, keluar hingga alat membayar, bisa dipenuhi melalui fitur Aplikasi Kasir iReap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekarang transaksi dan cek stok barang di toko jadi lebih mudah pakai iReap

      Delete
  11. Warung sembako sampai sekarang bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan ya mbak
    Kalau pakai aplikasi Ireap ini bisa makin berkembang ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak warung sembako banyak dibutuhkan soalnya dan tambah oke kalau proses penghitungan transaksinya pakai aplikasi iReap

      Delete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon