12 Aug 2022

Cara Masak Tahu Telur Bumbu Rujak Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi

Challenge kreasi merah putih dari Tiga Sapi

Sejak beberapa tahun lalu saya suka iseng ikutan kuis atau challenge. Soalnya kalau menang alhamdulillah, kalau belum beruntung biasanya dapat hikmahnya. Hikmahnya saya belajar hal baru. Nah, beberapa hari lalu, pas saya skroll Instagram eh nemu Challenge Kreasi Merah Putih dari Tiga Sapi. Kebetulan banget nih sejak ditinggal mama pulang ke pemilik-Nya, saya jadi belajar memasak tipis-tipis. Padahal biasanya pemuja mi instant. Jadi pas nemu tantangan ini, kayak oke saya harus coba.

Masak Tahu Telur Bumbu Rujak Makin Nikmat Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi 

Saya dan Bapak punya selera lauk yang bisa dibilang berbanding sekitar 180 derajat. Saya lebih suka makanan yang cenderung berbumbu soft, kalau sayur bening-bening. Pokoknya yang bumbu rempahnya simpel banget gitu gengs. Sementara Bapak suka makanan yang bumbunya kental gitu. Galau dong? Iya galau banget, apalagi kalau ditanya mau makan apa, Bapak jawabnya terserah.

Makanan berbumbu kental identik dengan penggunaan santan untuk menambah cita rasa. Sayangnya terkadang makanan bersantan bikin Bapak diare. Di sini saya galau berat. Akhirnya saya berusaha cari bahan lain yang bisa mengganti santan. Pilihan saya jatuh ke Tiga Sapi Susu Evaporasi.


Tiga Sapi Susu Evaporasi pengganti santan

Bahan-bahan untuk Membuat Tahu Telur Bumbu Rujak

Ya, untuk Challenge Kreasi Merah Putih ini sekaligus bikin lauk untuk Bapak, saya memutuskan untuk mengeksekusi resep tahu telur bumbu rujak. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bumbu dan Bahan yang Tidak Dihaluskan

  • Tahu kuning ukuran kecil (5)
  • Telur ayam yang sudah direbus (5 butir)
  • Gula merah ukuran kecil (2)
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/4 kaldu bubuk
  • Cabe rawit (3)
  • Setengah jari lengkuas digeprek
  • 1 batang serai digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • Sedikit minyak untuk menumis bumbu
  • Air 400 ml
  • Tiga Sapi Susu Evaporasi 100 ml

Bahan-bahan untuk resep kreasi merah putih

Bumbu yang Dihaluskan

  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah tanpa biji 3 buah
  • 1 bulatan kemiri
  • 1 jari kunyit (saya pilih kunyit bubuk soalnya malas kuning-kuning ke tangan)
  • 1 cabe rawit (ini boleh ditambah sesuai selera, karena Bapak enggak suka makanan pedas, jadi saya cuma pakai 1 aja)

cara memasak tahu telur bumbu rujak pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi


Cara Membuat Tahu Telur Bumbu Rujak

1. Haluskan bumbu, boleh diulek atau diblender. Saya sih lebih suka ngulek aja kalau cuma sedikit.
2. Panaskan wajan, beri sedikit minyak.
3. Saat minyak sudah panas, masukan bumbu halus, daun salam, lengkuas, batang serai. Tumis sampai harum dan agak kecokelatan. Saya manut sama mama, kalau masak bumbunya harus ditumis sampai harum biar enggak mudah basi makanannya.
4. Masukan air, tunggu hingga mendidih. Kenapa harus mendidih? Sejauh pengalamanku belajar masak dari mama, kalau bahan makanan direbus setelah airnya mendidih itu bikin makanan lebih tahan lama.

Proses memasak tahu telur bumbu rujak

5. Jika sudah mendidih, tambahkan garam, merica, kaldu, gula merah, gula putih, dan cabai utuh. Lalu koreksi rasa. Soalnya saya pakai tahu yang enggak digoreng dulu, jadi biar enggak banyak ngaduk dan takut tahunya hancur, saya pastikan bumbunya sudah sesuai dulu.
6. Masukan telur dan tahu.
7. Setelah 5 menit, tambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, aduk merata
8. Diamkan selama 5 menit sampai susu evaporasinya mendidih dan bumbu meresap.
9. Tata ke dalam mangkuk, tambahkan potongan tomat dan bawang goreng sesuai selera.
10. Tahu Telur Bumbu Rujak siap dihidangkan.

Resep tahu telur bumbu rujak pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi

Penggunaan susu evaporasi dari Tiga Sapi ini bikin kreasi merah putih saya jadi tambah lezat lho. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini kekentalannya pas, creamy, dan ada rasa manis yang lembut banget gitu. Dia berhasil mengikat bumbu dan membuat aroma masakannya makin menguar. Serius saya sampai shock karena masak telur belum pernah seharum dan seenak ini sebelumnya.

Ini bukan mujiman (muji maneh dalam bahasa Sunda) aka memuji diri sendiri. Soalnya dari 5 telur dan 5 tahu, saya cuma makan 1 telur dan 2 tahu. Sisanya ludes dimakan Bapak. Artinya masakanku kali ini enak. Kalau kurang enak biasanya masakanku dicuekin Bapak atau habisnya sampai berhari-hari.


Kenalan Lebih Jauh Yuk Sama Tiga Sapi Susu Evaporasi

Saya merasa bersyukur banget nemu challenge kreasi merah putih ini, soalnya jadi nemu susu evaporasi yang jadi soulmate saya pokoknya. Ya gimana ya, soalnya Tiga Sapi Susu Evaporasi ini adalah susu evaporasi kemasan kotak pertama di Indonesia. Ditambah lagi tutup ulirnya bikin mudah ditutup kembali setelah digunakan. Karena masih bagus untuk digunakan 2 sampai 3 hari setelah dibuka lho. Simpan aja di kulkas.

By the way udah pada tahu belum susu evaporasi dari Indofood Tiga Sapi itu apa? Belum? Jadi, susu evaporasi ini adalah susu tanpa lemak yang diproses secara higienis dengan cara dilarutkan bersama air hingga memperoleh kepekatan tertentu. Susu evaporasi pada dasarnya sama aja kayak susu sapi gengs. Jadi kandungan gizinya banyak. Ada mineral, vitamin, kalori, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan magnesium. So, bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian.


Manfaat dan Kandungan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Rasa dari Tiga Sapi Susu Evaporasi ini rasanya creamy pas, pasti gurih lezat, dan tentunya lebih sehat gengs. Cocok banget buat campuran masakan atau minuman. Mau itu bikin roti, kopi, puding, soto ayam, tahu telur bumbu rujak, gulai ikan. Bahkan dessert lainnya yang bisa jadi ide usaha kue rumahan. Saya kemarin pakai susu evaporasinya ditambahin yogurt buat salad buah enak banget. Yang terpenting bisa dipakai untuk mengganti santan gengs. Penting banget buat saya ini.

Yuk cobain Tiga Sapi Susu Evaporasi ini. Harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, bisa ditutup kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ Pcs 500g. Isi lebih banyak 25%. Kamu bisa cari di toko kue terdekat, Toserba Griya atau Yogya kalau di Bandung, Borma juga. Kalau yang mageran bisa beli online juga kok di berbagai e-commerce.

Udah Kenal Sama Tiga Sapi Kental Manis Juga. Belum?

Nah kalau Tiga Sapi Kental Manis mudah kutemukan di warung samping rumah. Soalnya warna kemasan dia mencolok sih, perpaduan hijau putih. Menggoda buat dilihat. Merakyat banget di mana-mana ada. Di grosiran, toko kue, minimarket, toserba, supermarket, toko online juga ada. Tiga Sapi Kental Manis lebih praktis dan ekonomis. Memiliki manfaat: sumber kalsium dan vit D3, tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g.

Tiga Sapi kental manis mudah ditemukan di pasaran

Sumber kalsium dari Tiga Sapi Kental Manis tentunya memiliki manfaat dalam pembentukan serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.  Kental manis dari Tiga Sapi ini menurutku kekentalannya pas. Udah gitu rasa manis dan gurihnya enggak menyisakan rasa aneh di tenggorokan setelah dikonsumsi. Saya stok banyak buat Bapak, kebetulan memang suka kental manis. Bisa buat campuran bikin kue-kue, roti, toping, aneka minuman, dan lainnya, termasuk ikutan kreasi merah putih.


Suka Berkreasi Bikin Makanan Tradisional? Ikutan Yuk Challenge Kreasi Merah Putih di Instagram

Suka bikin makanan dan minuman tradisional gengs? Kalau gitu buruan ikutan Kreasi Merah Putih dari Tiga Sapi di Instagram. Caranya follow account instagram dan facebook @lezatnyatigasapi. Terus kamu bikin kreasi makanan atau minuman tradisional khas Indonesia pakai Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi. Mau dikolaborasi keduanya juga boleh.

Bikin kreasi merah putih pakai produk Tiga Sapi

Foto hasil kreasi kamu ke Instagram dan tag @lezatnyatigasapi plus 3 orang teman. Pastikan akun kamu enggak diprivate. Terus pakein hashtag #KreasiMERAHPUTIH pada caption. Psst, pemenang utama akan mendapatkan hadiah total sebesar Rp 5.000.000. Terus setiap minggunya akan dipilih 3 pemenang favorit yang mendapatkan saldo e-wallet sebesar Rp 250.000. Nah, mantul banget kan.

Challenge Kreasi Merah Putih ini hanya berlangsung sampai 31 Agustus 2022. Yuk langsung ikutan biar turut memeriahkan Agustusan tahun ini! Semoga kamu yang beruntung bawa pulang hadiahnya, ya!

25 comments

  1. Pas banget besok pagi mau ke pasar. Jadi ada ide buat masak. Sebagian bahannya udah ada di rumah. Tinggal beli beberapa termasuk susu evaporasi

    ReplyDelete
  2. wah baru tau kalo Indofood juga punya produk susu evaporasi
    beli ah, karena selalu stok bumbu siap saji dari Indofood
    dipadu dengan susu evaporasi 3 sapi, bakal nambah nambah nih keluarga saya karena masakannya tambah enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ambu Indofood punya Tiga Sapi Susu Evaporasi yang bisa bikin masakan tambah yummy

      Delete
  3. Pasti enak banget nih bumbu rujak pakai susu. Apa lagi produknya tiga sapi.

    ReplyDelete
  4. Lezat nih kak Gilang membuat masakannya.
    Jadi pengen menggunakan tiga sapi ini untuk membuat gulai, sepertinya juga bakalan enak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak bisa buat gulai juga Tiga Sapi Susu Evaporasinya pasti tambah enak

      Delete
  5. Ternyata masak telur bumbu rujak juga bisa menggunakan produk Tiga Sapi. Makasih idenya mba, berarti yang bersantan-santan bisa diganti dengan produk ini ya. Pastiya hasil masakan jadi lebih sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, bisa untuk pengganti santan. Lebih nikmat dan sehat

      Delete
  6. penasaran dengan rasanya, kalau masak sayur bersantan di ganti susu evaporasi tetap enak berati ya kak?. Dan serba guna banget ya, bisa buat bikin kue, roti dan lainnya. CAtat ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak rasanya lebih nikmat pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi ini dan bisa untuk pembuatan kue dan roti jugaaa. Cobain deh kak :)

      Delete
  7. Aku belum pernah coba tiga sapi susu. Selain untuk masakan bisa juga untuk buat aneka kue ya kak? thanks resepnya bisa aku coba nih
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bisa untuk masakan gurih dan kue kue juga susu evaporasinya

      Delete
  8. Oooo iniiii.. Kemarin selintas lihat di IG. Sambil ngebatin: emang enak ya susu buat masakan?

    Ternyata memang bisa ya? Maapkan, saiyah ndak gaol soal masakan. Tapi kayanya perlu nytok ini, sebagainya butuh masak yang praktis-praktis aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kak, Tiga Sapi Susu Evaporasi membuat masakan tambah lezat

      Delete
  9. Cocok banget sebagai pengganti santan ya. Keencerannya juga bisa kita atur sesuai selera. Saya juga termasuk orang yang sensitif dengan masakan bersantan. Banyak sedikit saja perut langsung bereaksi. Jadi penasaran pengen nyoba susu evaporasi ini. Siapa tahu cocok dengan lambung saya yang sensitif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bisa sebagai pengganti santan dan malah lebih enak kalau menurut saya

      Delete
  10. Wah, nemu resep baru nih Tahu Telur Bumbu Rujak. Biasanya kalau tahu telur dibikin bumbu kuning Kaya bumbu opor atau kare. Ini pakai Susu Tiga Sapi buat gantiin santan ya. Menggoda banget itu makanannya Teh. Jadi pengen nyicipin langsung masakan Teteh nih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha jadi malu, aku baru belajar masak nih mba. Betul tapi kalau pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi, masakannya jadi tambah nikmat

      Delete
  11. Kirain Tiga Sapi ini santan instan.. ternyata susu kental manis toh.. semakin yakin setelah baca artikelnya Gilang setelah kemarin sempat lihat kang jualan jajan di sekolah Qeis pakai produk Tiga Sapi ini juga.. Jadi tertarik bikin kreasi makanan pakai Tiga Sapi juga nih..

    ReplyDelete
  12. Unik banget tahu telor pakai susu, kayanya enak dan creamy. Penasaran mau mencobanya, sepertinya keluarga bakal suka nih!

    ReplyDelete
  13. Kebetulan tadi beli tiga sapi kental manis, bikin minuman dan kue makin sedap. Eh, aku malah baru tau ada susu evaporasi, sedap banget kayanya tuh masakannya

    ReplyDelete
  14. Baru banget liat ada resep bumbu rujak pake susu. Terlihat sanagt nikmat bahannya sederhana. Auto nyoba sendiri di rumah. Ijin nyontek yaa hehe

    ReplyDelete
  15. Jadinya bisa digunakn sebagai pengganti santan ya kak. Aman nih untuk yang lambungbya gak bersahabat dengan santan.

    Awalnya kukira tiga sapi susu itu daging kemasan. Ternyata bukan hehe

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon