29 Aug 2022

Ini 8 Daftar Perlengkapan Umroh Wanita yang Perlu Dibawa

Daftar perlengkapan umroh wanita ke tanah suci

Pergi melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah merupakan salah satu impian besar bagi setiap muslim. Agar bisa berjalan lancar, tentu ada persiapan yang perlu diperhatikan dengan baik. Mulai dari persiapan mental, fisik, biaya, hingga perlengkapan umroh yang tidak boleh terlewat. Lalu, apa saja perlengkapan umroh wanita yang penting untuk dibawa?
 

8 Daftar Perlengkapan Umroh Wanita

Bagi wanita, inilah beberapa perlengkapan umroh yang sangat penting untuk dibawa:
 

1. Baju Ihram

Baju ihram ini adalah pakaian wajib yang harus dibawa saat beribadah umroh. Ketentuan untuk baju ini adalah menutup aurat dan tidak membentuk atau memperlihatkan lekukan tubuh. Minimal setiap jamaah wanita membawa 2 hingga 3 pasang baju ihram selama berada di tanah suci, gunanya untuk berjaga-jaga jika baju ihram ada yang najis atau kotor.

2. Baju Pergi

Selain membawa baju ihram, jamaah wanita juga perlu menyiapkan baju pergi. Pakaian yang akan dikenakan ketika akan bepergian ini usahakan tetap sesuai ketentuan yakni menutup aurat dan syar’i. Bawalah baju pergi sesuai dengan kebutuhan ketika berada di tanah suci.

baju ihrom dan baju pergi untuk perlengkapan umroh wanita

3. Baju Tidur

Baju untuk tidur juga cukup penting untuk disiapkan. Setidaknya setiap orang membawa 2 atau 3 baju tidur yang nyaman untuk dikenakan. Tidur ketika beribadah umroh sangat penting agar tubuh bisa istirahat cukup sehingga melakukan rangkaian ibadah pun bisa lancar.
 

4. Pakaian Dalam

Jangan sampai lupa untuk membawa pakaian dalam agak banyak. Bisa juga dengan menyiapkan setidaknya pakaian dalam untuk 3 hari. Jadi nanti ada jarak waktu untuk mencuci pakaian dalam yang kotor sehingga tidak sampai kehabisan.

5. Pembalut

Bagi jamaah umroh wanita, pembalut ini sangat penting dan wajib untuk dibawa. Tamu bulanan meski sudah diantisipasi dengan obat dari dokter, namun tetap harus ada persiapan jika sewaktu-waktu tamu bulanan datang ketika beribadah umroh.
 

6. Mukena, Al-Qur’an, dan Sajadah Kecil

Jamaah umroh yang masih belum sepenuhnya menghafal bacaan ketika melaksanakan ibadah umroh bisa membawa buku do’a atau Al-Qur’an yang berukuran kecil. Biasanya ada buku atau Al-Qur’an yang dapat dimasukkan saku sehingga lebih mudah dibawa. Pastikan juga untuk menyiapkan mukena traveling yang biasanya lebih ringan dan praktis untuk dibawa, bahkan ada yang satu set dengan sajadah kecilnya. Perlengkapan tersebut wajib untuk dibawa agar ibadah umroh bisa lancar.

7. Obat-obatan

Ketika pergi jauh dari rumah apalagi ketika ibadah umroh, sebaiknya siapkan obat-obatan pribadi. Jadi misalnya sakit yang biasa diderita kambuh di tanah suci, jamaah tidak perlu lagi bingung mencari dan membeli secara mendadak di sana. Setiap orang tentu memiliki jenis obatnya sendiri yang cocok dan sesuai dengan dirinya masing-masing. Oleh karena itu jangan sampai tertinggal obat-obatan pribadi agar selama di tanah suci tidak ada kesulitan mencari obat.

Pentingnya membuka tabungan umroh di bank Danamon

8. Alat Mandi dan Kosmetik

Cuaca di Indonesia dan tanah suci tentu tidak sama. Ini biasanya akan membawa dampak tersendiri bagi jamaah umroh wanita yang punya kulit sensitif. Siapkan alat mandi dan kosmetik yang biasa digunakan untuk bisa menjaga kesehatan kulit selama di tanah suci. Jika sampai ada masalah kulit atau kesehatan tubuh tentu nanti akan menjadi kendala dalam melaksanakan ibadah umroh. Jadi pastikan untuk membawa kosmetik dan alat mandi juga.

Itulah beberapa perlengkapan umroh wanita yang sangat penting untuk dibawa. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk melaksanakan umroh, sebaiknya segera persiapkan dana yang akan digunakan sedini mungkin. Salah satunya, bisa Anda lakukan dengan membuka tabungan umroh di Bank Danamon. Ada produk BISA umroh iB yang memang diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menabung untuk biaya pergi umroh ke tanah suci.
 
Nasabah bisa menentukan sendiri jangka waktu menabung beserta besar jumlah setoran rutin setiap bulannya. Tak hanya itu, nasabah juga bebas untuk memilih travel yang akan digunakan untuk pergi ke tanah suci. Bisa menggunakan travel rekanan dari pihak Bank atau pilihan sendiri Jadi tunggu apalagi? Mari wujudkan keinginan beribadah umroh dengan Bank Danamon sekarang juga!

Add Comments

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon