25 Oct 2022

Yuk Jualan Online! Begini Cara Mencari Produk yang Sedang Trend

Yuk Jualan Online produk yang sedang trend

Kamu wanita muda berusia 18-30 tahun? Mau punya penghasilan tambahan? Yuk jualan online produk yang sedang trend. Kenapa wanita muda cocok untuk jualan online produk yang sedang booming dan bagaimana cara mencari produk yang sedang trend? Simak yuk ceritaku kali ini.

Keunggulan Menjual Produk yang Lagi Ngetrend

Menjual produk yang sedang trend menjadi peluang bisnis menguntungkan bagi wanita muda bukan tanpa alasan. Coba deh kamu perhatikan, sebagian produk yang booming bahkan viral saat ini pangsa pasar terbesarnya adalah perempuan remaja dan dewasa muda. Usia di mana kamu enggak mau ketinggalan trend.
 
Sebagai penjual, jika kamu berada di rentang usia target pasar, kamu akan lebih mengerti kebutuhan calon pelanggan. Kamu bisa merekomendasikan produk yang cocok dengan mereka saat melakukan strategi digital marketing livestreaming. Dengan begitu, calon pelanggan akan lebih mempercayai bisnis kamu.

Tak hanya itu, menjual produk yang sedang trend akan memudahkan kamu dalam mempromosikan produk, mendapatkan konsumen, dan keuntungan lebih tinggi. Kenapa? Karena produk kamu sedang viral dan banyak dicari. Artinya konsumen akan datang sendiri untuk menuntaskan rasa penasaran mereka.

Saat kebutuhan produk atau konsumen meningkat, kamu sebagai pelaku bisnis bisa memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan harga produk. Dengan begitu, keuntungan bisnis online bisa lebih tinggi. Nah, yuk jualan online produk yang booming, tapi simak dulu cara risetnya di bawah ini.

Cara mencari produk yang sedang trend memanfaatkan google trends

5 Cara Mencari Produk yang Sedang Trend

Contoh produk yang trend saat ini, di antaranya skincare, fashion, makanan kekinian, minuman, tas, benda-benda aestetik, merchandise kpop hingga multivitamin organik. Tapi produk-produk tersebut mempunyai banyak varian dan brand ya ladies. Jadi enggak semuanya jadi trend. Untuk itu, kamu perlu belajar cara mencari produk yang sedang trend berikut:

1. Mencari Review Produk di Marketplace atau Media Sosial

Untuk mengetahui produk yang sedang trend di kalangan masyarakat, terutama yang target pasarnya sesuai dengan usia kamu. Kamu perlu membaca setiap review atau ulasan produk di marketplace. Cari tahu produk yang banyak dibeli dan mendapatkan review positif dari pelangganmu.

Kamu juga bisa memperhatikan media sosial selebgram (Instagram), TikTokers (TikTok), Vlogger, hingga YouTuber (YouTube). Pantengin yang niche kontennya spesifik. Bisa juga yang selalu mengikuti trend. Misalnya untuk per skincare-an kamu bisa cari tahu akun Tasya Farasya, Rach Goddard, Hanum Mega, Alifah Ratu, dan lainnya.

Biasanya para influencer akan mengulas produk yang sedang hype di pasaran. Disadari atau tidak, pendapat mereka berperan besar mendorong para pengikutnya untuk membeli produk yang sama. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk tahu mana produk yang bisa menguntungkan kamu.

2. Intip Produk Terlaris di Marketplace

Setiap marketplace biasanya memiliki menu atau kategori khusus untuk produk best seller. Ini bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui varian produk yang laris atau banyak dibeli.

Untuk hasil yang lebih akurat dan mendapatkan produk terbaik, cobalah membandingkan setiap marketplace. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi toko online atau official brand untuk mengetahui jenis produk dan strategi harga yang mereka tawarkan.

Intip produk terlaris dan belajar di Lazada club

3. Memanfaatkan Google Trends

Google Trends adalah tools yang banyak digunakan para seller atau pemilik bisnis online untuk melakukan riset. Kamu cukup mengunjungi halaman Google Trends lalu mengetikkan (keyword) yang ingin kamu cari. Misalnya kamu ingin menjual sunscreen untuk remaja. Kamu dapat mengetik kata tersebut di Google Trends. Nantinya akan ada grafik pencariannya di internet yang muncul.

Ketika melakukan riset melalui Google Trends, pastikan kamu sudah mengganti lokasi negara menjadi Indonesia. Selain itu, pada periode waktu pencarian, sebaiknya pilih 7 hari atau 30 hari terakhir.

Melalui penggunaan Google Trends, kamu bisa mengetahui lokasi atau kotamu termasuk yang banyak mencari kata kunci tersebut atau sebaliknya. Jika tidak tampil di hasil pencarian, bisa jadi produk tersebut sepi peminat dalam kurun waktu yang kamu pilih.

4. Membagikan Kuesioner

Keberadaan teknologi akan memudahkan kamu untuk membagikan kuesioner secara online. Kamu dapat memanfaatkan Google Form, lalu membagikan link-nya di media sosial toko online-mu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan info terkait trend belanja online mereka.

Dalam membuat kuesioner, kamu perlu menyusun pertanyaan yang tidak bertele-tele supaya mudah dipahami. Jangan lupa, pilih responden yang sesuai target pasarmu. Kamu bisa menawarkan hadiah terbatas sebagai ucapan terima kasih. Informasi pemberian hadiah bisa menarik lebih banyak orang untuk mengisi kuesionermu.

Fitur Bocoran peluang di Lazada bisa kamu manfaatkan untuk mencari produk yang sedang trend

5. Manfaatkan Bocoran Peluang di Lazada

Apakah kamu sudah mencoba jualan di Lazada aka menjadi Seller di Lazada? Kalau begitu, kamu bisa memanfaatkan fitur yang disebut Bocoran Peluang. Apa itu Bocoran Peluang? Bocoran peluang adalah fitur yang bisa memberi rekomendasi ide produk baru untuk kamu jual di tokomu.

Melalui fitur ini kamu akan menerima rekomendasi produk berdasarkan produk yang laris di Lazada dengan GMV lebih besar dan produk yang belum ada di Lazada.

Kamu bisa melakukan filter sesuai kategori dan harga yang kamu inginkan. Cara mengakses fitur ini juga mudah. Kamu harus masuk ke halaman Seller Center Lazada, tekan menu Produk di samping kiri dan pilih Bocoran Peluang. Nah produk trending akan tampil di layar kamu. Mudah banget, kan?

Nah asyik banget kan jualan di Lazada? Ada fitur Bocoran Peluang yang bisa kamu manfaatkan. Masih banyak lho kelebihan jadi Seller di Lazada buat young ladies. Simak terus ya ceritaku sampai akhir.

Oh iya, kalau kamu mau tahu tips yang lebih lengkap seputar trend, kamu bisa mempelajarinya melalui artikel berjudul Cara Mencari Produk yang Sedang Trend di website/blog Yuk Jualan Online dari Lazada.


Yuk Jualan Online di Lazada Biar Cuan Makin Mengalir

Lazada adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Sebagai marketplace yang diakuisisi oleh Alibaba (perusahaan teknologi asal China). Jadi enggak heran kalau platform belanja online Lazada mempunyai banyak fitur canggih. Fitur-fitur ini dapat kamu manfaatkan untuk menjadi pebisnis yang naik kelaz dan menghasilkan banyak cuan.

Alasan kenapa kamu harus coba jualan di Lazada

8 Alasan Kenapa Kamu Perlu Jualan di Lazada

Biar makin mantap, simak nih beberapa keunggulan bergabung menjadi seller Lazada:
  • Proses pendaftaran jadi seller Lazada mudah dan gratis (tidak dikenakan biaya).
  • Market share atau pangsa pasarnya luas. Bahkan Lazada menjadi destinasi belanja terbesar di kawasan Asia Tenggara.
  • Keuntungan maksimal karena enggak ada potongan komisi dan penalti. Malah tersedia layanan gratis ongkir lho.
  • Ada dukungan khusus bagi seller yang baru bergabung. 
  • Memiliki Lazada University yang siap membantu para pebisnis online dalam mengembangkan toko online mereka di Lazada. Bisa dibilang Lazada University adalah kelas online dan offline yang menyediakan beragam materi seputar cara berjualan online dan meningkatkan penjualan tokomu.
  • Banyak program menarik yang membantu kamu untuk mendapatkan lebih banyak customer. Misalnya Harbolnas dan Festival Ulang Tahun.
  • Terdapat program jualan melalui fitur livestreaming. Aku pernah bahas ini di artikel Jualan Online Lewat Livestreaming biar Naik Kelaz.
  • Ada fitur Bocoran Peluang untuk mengetahui produk yang lagi viral.

Yuk Jualan Online di Lazada dan gabung di Lazada Club biar nambah ilmu

Cara Jualan di Lazada

Gimana, udah siap buat memulai bisnis online kamu di Lazada? Kalau gitu, mari membuat toko online kamu dengan cara:
  • Kunjungi situs https://www.howwesell.asia/id/yukjualanonline/
  • Pilih menu “Mulai Berjualan”
  • Kamu akan dialihkan ke halaman Lazada Seller Center
  • Masukkan No Handphone Aktif dan tekan tombol “Selanjutnya”. (Apabila memiliki akun sebagai pembeli di Lazada, kamu bisa pilih login by app buyer)
  • Masukkan 6 digit kode verifikasi yang diterima, lalu tekan next.
  • Isi semua data dengan benar pada kolom yang tersedia. Siapkan berbagai dokumen, seperti KTP, data buku tabungan dan lainnya. Dokumen ini disesuaikan dengan tipe penjual pilihan kamu. Marketplace perorangan, marketplace perusahaan, distributor resmi, atau pemilik brand (distributor tunggal).
  • Baca kemudian menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di Lazada.
  • Klik tombol daftar dan tunggu verifikasi dari pihak Lazada selesai.
  • Apabila sudah selesai verifikasi, toko online kamu pun sudah jadi. Siap kamu isi dengan beragam pilihan produk sesuai trend.

Kesimpulan

Menjual produk yang sedang trend cocok untuk digeluti oleh para wanita muda. Sebab, pasar produk yang booming atau viral banyak ditujukkan untuk usia remaja dan dewasa muda. Kaum yang lebih mudah melakukan pembelian produk karena tak mau ketinggalan trend.

Supaya berhasil menjual produk yang sedang trend, tentunya kamu perlu mengetahui cara mencari produk yang sedang trend. Salah satu cara terbaik yang bisa dicoba adalah memanfaatkan fitur Bocoran Peluang di Lazada.

Ingin bisa mencoba fitur Bocoran Peluang? Kalau begitu, yuk daftar jadi seller dan mulai jualan di Lazada. Yuk jualan online di Lazada. Ini bukan cuma ajakan biasa lho ya.

Saat kamu menjadi seller di Lazada, kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang penting untuk mengembangkan bisnis sesuai perkembangan zaman. Apalagi saat mengunjungi website/blog Yuk Jualan Online dari Lazada. Ada banyak artikel menarik dan up to date seputar bisnis online, mulai dari tips dan trik sampai cara jualan di Lazada biar Naik Kelaz.

42 comments

  1. Salah satu kunci laris manis jualan online, yaitu menjual produk yang sedang trend ya, Mbak. Soalnya produk itu sedang banyak dicari orang. Otomatis penjual juga meningkat, cuan pun semakin berlimpah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, menjual produk yang sedang trend itu lebih laris manis, hanya saja perlu melakukan riset supaya maksimal hasilnya

      Delete
  2. Asyik ya jadi seller lazada bisa dapat bocoran peluang buat tau produk yang lagi tren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul mba, asyik banget jadi seller di Lazada karena bisa memanfaatkan fitur bocoran peluang untuk tahu produk yang sedang trend

      Delete
  3. Fitur Bocoran Peluang di Lazada unik dan pastinya bikin penasaran. Tapi secara tidak langsung kita ikut belajar ya, bagaimana bisa menentukan produk yg bisa kita jadikan ladang usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh fiturnya unik dan bisa bantu seller untuk menemukan ide usaha yang sesuai trend

      Delete
  4. Yap kalau mau cepet cuan mending pilih jualan barang2 populer ya kak. Kayak dulu lg trend baju turun naik, ya ampun hope banget. Yg jualan langsung kebanjiran order. Rekomendasi di Lazada emang bisa jd salah satu cara nyari barang apa yg baiknya dijual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, kalau jualan yang mengikuti trend memang bisa ningkatin jumlah order dan keuntungan juga pastinya

      Delete
  5. jadi penjual memang harus cari tahu terus informasi produk yg lagi ngetrend ya kak, biar tahu apa maunya pasar. Kalau ngga gitu, nggak akan bisa menigkatkan penjualannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, seller harus up to date dengan informasi produk yang sedang trend biar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan

      Delete
  6. Waaah jadi tertarik nih untuk menjadi seller Lazada. Ternyata banyak keuntungan yang kita dapat dengan berjualan di marketplace ini. Kuncinya kita berjualan produk yang lagi trend maka cuan pun akan mengalir. Apalagi saat ini banyak orang yang suka membeli barang secara online. Kalau barang dagangan yang kita tawarkan adalah barang yang lagi booming, sudah pasti bisnis online yang kita jalankan bakal laris maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak banyak keuntungannya kalau jadi Seller Lazada, apalagi jualaj produk yang sedang trend, hanya saja perlu tahu juga cara mencari produk yang sedang trend

      Delete
  7. Aku merasa jadul dan kudet banget karena nggak pernah pakai Google Trends buat nyari tau produk yang lagi tren buat dijual. Eh Nggi, ini Lazada beneran nggak pakai potongan ke penjual ya? Serasa nggak percaya gitu...tapi bener ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pendaftaran menjadi sellernya gratis. Namun, untuk penjualan ada biaya transaksi produk (tergantung jenis produknya) Itu pun persenan payment feenya kecil sih teh Eno dan menjadi satu2nya biaya yg ada di Seller Center Lazada. Bisa dipelajari lebih lanjut di Seller Center Lazadanya :)

      Delete
  8. Menarik nih jualan di Lazada. Ada fitur bocoran peluangnya juga. Jadi, kita bisa mencari produk jualan dengan lebih mudah. Tinggal cari supplier yang tepat deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, fitur bocoran peluang di Lazada bisa dimanfaatkan untuk mencari produk yang sedang trend

      Delete
  9. Kuisioner ini teknik yang bagus buat cari tahu pangsa pasar.
    Jadinya bisa dikategorikan berdasarkan gender, umur, dan kebutuhan yang dicari. Terus tinggal join deh bareng Lazada, biar makin membuka peluang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, kuesioner membantu untuk mencari tahu pangsa pasar

      Delete
  10. sebagai penjual online mesti update dengan trend agar dapat menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan trend saat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, kalau mau jualan online harus terus update soal trend produk yang disukai target pasarnya

      Delete
  11. Rupanya google trends bukan hanya bisa dimanfaatkan oleh para bloger melainkan juga para seller yang tengah bergelut dalam bisnis online ya. Asiknya kalau jualan di Lazada, bisa dapat banyak insight biar bisa mendapatkan banyak peluang laris manis.

    ReplyDelete
  12. Lazada emang kereen bisa di coba nih buat tambah cuan buat jajan anak2. Di lazada kita bukan hanya sebagai pembeli tapi bisa sebagai penjual, ambil.sisi.bisnisnya ya.(gusti yeni)

    ReplyDelete
  13. Sangat menjanjikan banget nih jualan di Lazada. Kita bisa mendapatkan insight baru melalui Lazada university agar bisa mengoptimalkan toko online di Lazada. Apalagi dengan memanfaatkan strategi jualan produk yang sedang ngetren, pasti langsung banyak pembelinya karena market yang tertarget.

    ReplyDelete
  14. Jualan online sekarang bisa jadi pilihan profesi menjanjikan ya kak. Apalagi sekarang jaman makin berkembang dan ada platform macem Lazada gini jadi memudahkan banget buat pemula jadi seller olshop cuan selangit

    ReplyDelete
  15. no 2 nih yang paling sering aku lakuin. Intip produk di terlaris di marketplace. Hehee.. Btw, bisa jadi pertimbangan nih buat jadi seller di lazada.

    ReplyDelete
  16. Jualan online sekarang bisa jadi pilihan profesi menjanjikan ya kak. Apalagi sekarang jaman makin berkembang dan ada platform macem Lazada gini jadi memudahkan banget buat pemula jadi seller olshop cuan selangit

    ReplyDelete
  17. Tips yang menarik, sudah pasti mnjdi inspirasi buat pembaca utk dpt menjual barang secara online

    ReplyDelete
  18. mba, saya tuh lagi galau ingin jualan tapi ko ya gitu deh banyak yang dipikirin, setelah baca ini langsung jadi semangat dan ingin coba jualan di lazada, thanks ya

    ReplyDelete
  19. Jualan online di Lazada tuh menguntungkan seller karena ada fitur bocoran peluang. Sebagai seller kita fitur ini ngebantu banget untuk mengembangkan bisnis..

    ReplyDelete
  20. Bocoran peluang di Lazada ini menggoda banget lho untuk dimanfaatkan para seller. Kan lumayan bisa intip produk laris atau yang sedang trend

    ReplyDelete
  21. Sekitar 6 atau 7 tahunan yang lalu, ketika marketplace belum seheboh sekarang persaingannya, saya pernah ikut seminar dengan pembicara penggede nya Lazada. Beliau menceritakan betapa teknologi informasi dan marketplace sudah menjadi the big thing an perlu dimanfaatkan sebesar-besarnya.
    Siapa sangka kurang dari 5 tahun, ada Covid dan dunia per onlinean makin diburu.persaingan antarmarketplace pun semakin menggila. Betapa beruntung mereka yang mau memanfaatkan teknologi dan platform yang ada.

    ReplyDelete
  22. Baca kalimat pertamanya bikin down, aku udah 30 lebih, gimana, dong? Wkwk.. Kecuali ada akhiran 'an'nya, jadi 30an tahun, ckck..

    Memang sih ya, zaman sekarang musti pintar² cari dan ambil peluang, contohnya berjualan online dimarketplace, bisa jadi ladang cuan yg menjanjikan apalagi kalo jualannya yg sedang trend bisa berlipatganda untungnya.

    ReplyDelete
  23. seneng ya sekarang jualan online jadi makin mudah, apalagi kaya lazada gini ngasih ilmunya juga. Jadi makin cuan deh hehe

    ReplyDelete
  24. Menjual produk yang sedang tren, akan lebih laris ya mbak
    Apalagi klo jualannya di Lazada

    ReplyDelete
  25. Sebenarnya kalau mau jualan sekarang enak banget ya. Tinggal buka toko online seperti Lazada dan cari tahu marketnya, udah deh bisa dapat penghasilan tambahan. Tapi ya itu emang butuh perjuangan dan siap naik turun hehe

    ReplyDelete
  26. Emang yaah, kalau kita ngga ngikutin tren ya bakal tertelan zaman yaa kak Gee. untungnyaa nih lazada selalu punya event yang bikin seller semangatt jualan dan dapatkan keuntungan sebanyak2nya hihi

    ReplyDelete
  27. Lazada adalah aplikasi jualan online yang sangat terpercaya dan aman, cocok banget buat orang yang mau jualan online, apalagi pasarnya sangat luas bisa mencapai Asia Tenggara sehingga potensi produk laku dna dikenal oleh para calon pembeli bisa lebih luas

    ReplyDelete
  28. Bisnis sampingan yang cukup menjanjikan nih, bisa dikerjain dirumah. Jangkauannya luas seindonesia, jadi berpotensi usaha semakin berkembang

    ReplyDelete
  29. Kdg kalo mencari suatu produk di market place, aku juga selalu cek yg paling laris apa 😄. Trus baru deh cari tahu harga dan perbandingannya. Memang sih belum ada niat utk ikutan jualan, hanya kadang aku suka nyobain produk2 yg sedang hype.

    Utk zaman skr ini, jualan tapi ga pakai market place online, rasanya bakal tergerus dan susah utk berkembang ya mbam market place kayak lazada dll nya itu bener2 membantu sih utk mempermudah si penjual juga pembeli

    ReplyDelete
  30. Waah.. jadi tertarik untuk ikut jualan online. Pingin juga dapat bocoran peluangnya. Menarik untuk dicobaa, Mbak.

    ReplyDelete
  31. Sepakat banget tipsnya mbak, lihat barang apa yang banyak dicari sama buyer, ini kuncinya yaa. jualan yang lagi viral itu bisa jadi menguntungkan apalagi didukung sama platform yang memudahkan kita berjualan online, tambah sukses deh

    ReplyDelete
  32. Jualan online di Lazada praktis banget ya Mbak, buka tokonya juga mudah trus dapat support juga. Sangat menarik.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon