5 Tips Belanja Sayur Online

Ini dia tips belanja sayur online yang mudah dan aman
 
Sayur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Nah, di era society 5.0 saat ini, berbelanja sayur juga jadi lebih mudah lho. Yup, kamu bisa belanja sayur online melalui smartphone. Berikut tips berbelanja sayur dari rumah yang perlu kamu perhatikan.

Tips Belanja Sayur Online yang Mudah dan Aman

Meski teknologi memudahkan kamu untuk melakukan pembelian sayur online, kamu tetap harus bisa mengendalikan diri lho ya. Yup, jangan asal beli dan asal memilih tempat pembeliannya. Mengingat sayur ini seperti buah-buahan, rentan mengalami kerusakan. Jadi biar aman, mari coba ikuti beberapa tips belanja sayur online di bawah ini:

1. Membuat Daftar Sayur yang Akan Dibeli

Mencari dan membeli sayur online memang membuat proses berbelanja sayuran jadi lebih mudah dan cepat. Akan tetapi, kamu tidak boleh asal memilih sayur dan check out dalam jumlah banyak. Kamu harus mempertimbangkannya dengan matang.

Untuk memudahkan kamu dalam memilih sayur yang benar-benar dibutuhkan, buatlah daftar belanjaan atau sayur yang akan dibeli. Selain menghemat pengeluaran dan tidak menimbun makanan. Mencatat kebutuhan sayurmu juga bisa membuat pencarian barang jadi lebih cepat.

Kamu bisa mengecek stok bahan makanan (sayuran) yang masih ada di dapur maupun di lemari pendingin. Kemudian mulailah mencatat kebutuhan sayur dengan mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya kebutuhan sayur dalam 2-4 hari ke depan. Mengingat tidak baik juga menyimpan sayur terlalu lama karena bisa mengalami penurunan saat dimasak.

2. Mencari Tahu Tingkat Ketahanan Aneka Sayur

Selain mencatat kebutuhan sayurmu, jangan lupa untuk mencari tahu tingkat ketahanan sayuran yang ingin kamu beli. Sebab setiap jenis sayur memiliki tingkat ketahanan yang berbeda. Ada yang kuat disimpan lama hingga berbulan-bulan seperti kentang. Ada juga yang waktu simpannya singkat  seperti wortel, kol, tomat, dan lainnya.

Mengetahui tingkat ketahanan sayuran ini juga ada sangkut pautnya dengan lamanya pengiriman sayuran ke alamat rumah.

3. Memilih Melakukan Pembelian Sayur Online di Aplikasi Terpercaya

Membeli sayur online kini banyak pilihannya. Ya, ada banyak pilihan platform dan aplikasi e-commerce. Bahkan ada grocery atau toko khusus yang menjual sayur dan buah serta kebutuhan pokok harian. Nah, kamu bisa memilih aplikasi atau merchant terpercaya supaya aman saat bertransaksi.

Salah satu cara mengetahui keamanan toko sayur online yang ingin kamu gunakan untuk bertransaksi yaitu melihat reputasi tokonya. Perhatikan testimoni pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian. Bisa langsung di tokonya atau media sosial. 

Kamu juga perlu memperhatikan waktu pengiriman, pengemasan, keamanan, dan tingkat kesegaran sayurannya. Tapi, kalau kamu menemukan komplain dari pelanggan sebelumnya jangan langsung ambil kesimpulan pelayanan tokonya jelek lho ya. Perhatikan juga cara penjual sayur online mengatasi keluhan pelanggan.

Berbelanja sayur secara online tidak memungkinkan kamu melihat dan menyentuh langsung sayur yang akan dibeli. Oleh karena itu, pastikan kamu membaca deskripsi produk (sayuran) secara utuh ya gengs!

Beli sayur online jadi lebih mudah melalui sesa.id

By the way, kalau kamu masih bingung buat milih toko sayur terpercaya untuk berbelanja online. Aku saranin kamu belanja di sesa.id aja. Kamu bisa download aplikasi sesa.id ini di play store atau app store (sesuaikan dengan sistem operasi smartphone).

Sesa.id adalah toko online atau grocery yang tak hanya menjual buah dan sayur saja lho. Kamu bisa membeli kebutuhan pokok atau bahan makanan lainnya di sini. Sesa.id siap mendukung kebutuhan gaya hidup sehat kamu. Soalnya Sesa punya pertanian organik sendiri. Jadi kualitas buah dan sayurannya terjamin gengs. Udah gitu pengirimannya juga same day.

4. Cari Tahu Cara Pengemasannya

Saat belanja sayur online, kamu juga perlu mencari tahu cara toko melakukan pengemasan sayur yang kamu pesan. Soalnya sayur kan rentan banget aka cepet rusak kalau pengemasannya asal-asalan. Jadi pastikan kamu memilih platform belanja sayur yang menjamin kesegaran produknya sampai rumah. Kayak di sesa.id. 

5. Pilih Kurir Pengiriman yang Sesuai

Tak hanya dari segi pengemasan. Hal krusial lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah jasa atau kurir pengirimannya. Selain memperhatikan jangkauan pengiriman. Iya dong harus sampai dengan selamat ke alamat kamu. Selain itu untuk membeli bahan makanan yang mudah mengalami kerusakan seperti sayuran, pilihlah kurir pengiriman yang menyediakan fasilitas pengiriman same day atau di hari yang sama. Dengan begitu sayur masih segar dan bisa cepat kamu masak untuk yang mudah layu. Terus sisanya disimpan di lemari pendingin biar lebih awet untuk beberapa hari ke depan.

Nah itulah tips belanja sayur online yang bisa kamu coba terapkan. Belanja sayur untuk memulai healthy lifestyle kini tak perlu repot lagi ya gengs. Mudah dan aman. Selamat mencoba!

Referensi tulisan:
1. https://www.harianmassa.id/news/pr-273824157/tips-belanja-sayur-dan-buah-segar-online-nomor-1-penting-diingat
2. https://gopay.co.id/blog/tips-belanja-sayur-online
3. https://www.timesindonesia.co.id/news-commerce/383775/6-tips-belanja-sayur-online-dari-rumah-pilih-toko-terpercaya-dan-jangan-lewatkan-promo-menarik

Apabila sayuran tersebut memiliki tingkat ketahanan yang kurang baik pada suhu ruangan, sebaiknya hanya membelinya jika dilengkapi dengan paket pengantaran "same day".

Add Comments

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon