Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga Seru di Lembang Bandung

rekomendasi destinasi wisata lembang bandung

Sebagai ibukota dari provinsi Jawa Barat, Bandung memiliki banyak pilihan destinasi wisata yang seru. Ada wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, hingga wisata budaya. Nah, untuk kamu yang mau menghabiskan waktu liburan bareng pasangan, teman, atau keluarga di Lembang Bandung, cobain yuk ke The Lodge Maribaya dan Fairy Garden by The Lodge. Kenapa The Lodge Maribaya dan Fairy Garden? Yuk cari tahu di ceritaku kali ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga Seru di Maribaya Lembang Bandung

Pada tahun 2016 lalu, di media sosial, terutama Instagram ada tempat wisata di Maribaya Bandung yang viral karena keunikannya. Kamu bisa berfoto di atas platform, di tengah-tengahnya ada pohon, terus pemandangan sekelilingnya pohon pinus. Indah banget apalagi kalau foto bareng pasangan, jadi romantis gitu. Yup, itu sky tree di The Lodge Maribaya.

Wahana sky tree viral di The Lodge Maribaya

Nah, saat ini, The Lodge Maribaya menawarkan wahana bervariasi lainnya. Suasana di The Lodge Woodlandnya juga menenangkan banget gengs. Cocok buat healing. Ada juga wahana kayak di Cappadocia. Penasaran, gak? Udah jujur aja, pasti iya hehehe. Tapi sebelum aku bocorin, aku mau cerita dulu soal destinasi wisata keluarga yang masih bagian dari The Lodge Group.


Fairy Garden by The Lodge, Where's The Magic Happens

Dari kecil sampai sekarang jujurly aku masih suka nonton tayangan anak-anak, dari anime, barbie, sampai peri. Jadi, pas berkunjung ke Fairy Garden, jiwa anak-anak dalam diriku bangkit. Masuk sini membuat aku merasa masih anak-anak hayoloh. Kok bisa? Karena seru banget ketemu Raya, para peri, main-main di area kastil, plaza dalam, dan melihat fairy garden menyala (KARA dan KALA).
 
Fairy Garden by The Lodge Maribaya

Apa Itu Fairy Garden?

Fairy Garden adalah destinasi wisata di kawasan The Lodge Maribaya (kurang lebih 300 meter dari The Lodge Woodland) yang dibuat secara khusus untuk mengajak anak-anak bereksplorasi di dunia peri. Tapi faktanya kastil Raya ini juga menyenangkan buat remaja dan orang dewasa lho. Apalagi yang suka seni, bisa museum date sama pasangan jadinya.

Fairy Garden memiliki kastil utama bergaya Eropa dengan dominasi warna ungu cerah. Cakep banget. Sehabis dipasangin gelang masuk area Kastil, pas jalan di jembatannya auto langsung berasa masuk kerajaan. Disambut hangat pula sama peri es dan peri antares.

Gerbang masuk dan jembatan kayu kastil di Fairy Garden

Macam-macam Area dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Fairy Garden

 1. Area Kastil

Saat memasuki area Kastil lantai 1, kamu akan menemukan Raya Kitchen Restaurant. Makanan sama minumannya asli enak-enak. Pas banget rasanya dilidah. Jadi enggak perlu takut kelaparan ya gengs ya. Harganya juga worth it. 

Ada juga area Magic Book Puppet Show dan sewa kostum. Buat sewa kostumnya ini mulai dari 25ribu. Ada yang buat anak-anak dan dewasa, mulai dari kostum Gypsy, Magic Mirror (kerjaan), Belanda, sampai sayap peri anak dan Dewasa. Nah, yang dari dulu pengen jadi ibu peri bisa diwujudkan di Fairy Garden.

Area kastil lantai 1 fairy garden

2. Lantai 2 KARA: Art Installations

Di lantai 1 kastil juga ada area Face & Hand Painting (dekat tangga menuju lantai 2). Aku kemarin nyobain hand painting aja, harganya 15ribu. Wajib cobain sebelum naik ke lantai 2 kastil rona flora alias KARA yang masih bagian Fairy Garden Menyala. Soalnya di salah satu ruangan KARA (art installations), face dan hand paintingnya bisa kelihatan menyala cakep banget lho.


KARA atau aku lebih seneng nyebutnya art museum ini ada hasil penelitian tanaman dari peri pohon. Terus ada art installations yang cucok meong aka instagramable. Fairy Garden Menyala berupa bunga-bunga dan akar tanamannya juga aestetik banget buat divideo maupun difoto. Di balkonnya juga ada taman bunga khas kastil kerajaan. Bikin betah banget.
 
fairy garden menyala kastil rona flora aka KARA di lantai 2 Fairy Garden by The Lodge

3. Plaza Dalam (Taman Bunga)

Habis dari KARA, aku turun lagi, terus melewati jembatan buat masuk ke plaza dalam. Aku lebih seneng nyebutnya area outdoor muehehe. Di sini ada area taman bunga dan show reguler peri di jam-jam tertentu waktu Indonesia barat (11.00, 13.00, 14.30, 16.00).

Di area sini ada book fairy gede banget dan gumush buat digunakan latar foto. Di area tengah plaza dalam ini ada wahana carousel, mini train, scooter (khusus hari jumat - Minggu), feeding rabit, terus rumah-rumah gypsy atau gypsy village yang asyik buat foto-foto. By the way untuk wahana tertentu kayak carousel, minu train, dan scooter tiketnya terpisah ya gengs ya. Area pembelian tiket wahananya tepat di depan Carousel, sebelah kanan.

Area plaza dalam Fairy Garden Menyala by The Lodge ada carouselnya

4. Woodland

Di woodland atau sisi kanan area outdoornya ada wahana ATV mini (tiketnya 50), Trampoline, Archery (bekas area gypsy lama), Fun Bike, Feeding Bird, dan Tangkap Ikan. Untuk ayunan dan perosotannya gratis. Anak-anak bisa main sepuasnya. Di area ini juga ada area santai joglo, musholla, toilet, dan P3K room. By the way pas sehabis liat Fairy Garden Menyala yang KALA Show) di sini dekat ayunan dan perosotannya ada bulan menyala lho. Cakep banget buat foto. Aku spill fotonya di bawah ini ya.

Ada moonlight di fairy garden menyala

5. Area Taman Bunga Matahari

Bunga Matahari ini mekar setiap 3 bulan sekali, mekarnya selama 3 bulan. Kalau aku kemarin lagi gak musim bunga matahari gengs. Aku penasaran asli, nanti mau balik lagi ke Fairy Garden buat eksplore taman bunga mataharinya ah. Di sini ada area gratis dan foto corner juga.


Fairy Garden Menyala, Pertunjukan Video Mapping di Kastil Pertama di Indonesia

Ini dia bagian paling berkesan setelah seharian eksplore Fairy Garden di hari Sabtu. Aku yang jomblo dan masih single pun jadi enggak menggalau sendirian di rumah hehehe. Aku menyaksikan Fairy Garden Menyala untuk sesi KALA show.

KARA aka kastil menyala di show fairy garden menyala

KALA aka kastil menyala ini ada di area plaza dalam Fairy Garden by The Lodge. Fairy Garden Menyala adalah pertunjukan wisata malam Bandung dengan video mapping di kastil. Kastil Menyala ini pertama lho di Indonesia. Aku sampe terkesima melihatnya. Mulus banget video mapping.

Background KALA ini kastil tampak luar, terus ada pertunjukan para peri dan gypsy menari. Ada drama musikalnya juga yang tema dan isi ceritanya original gitu dan meningatkan kita semua untuk menjaga lingkungan. Kamu harus saksikan sendiri pokoknya. Di bagian akhir show, pengunjung bisa ikut menari bersama dan foto session.

Video mapping dan drama musical di Fairy Garden Menyala Tiap akhir pekan

Tiket dan Jam Operasional Fairy Garden by The Lodge

  • Fairy Garden buka setiap hari, dari jam 09.00 - 17.00. HTM Rp35.000 untuk akses masuk Fairy Garden tempat wisata & Rona Flora Lt 2 (KARA)
  • Fairy Garden Menyala khusus Jumat sampai Minggu, di jam 17:00 - 20:00 (include KARA). Jadwal show KALA ini jam 18:20 dengan durasi 20 menit. HTM Rp50.000. Kalau weekend harganya Rp60.000 (include voucher makan Rp10.000)
  • Paket Hemat Fairy Garden Menyala tiket masuk Rona Flora Lt 2 (KARA) dan Kastil Menyala (KALA) & paket makan malam jam 16.00 - 20.00. Rp100.000.
Serunya wisata keluarga dan edukasi di Fairy Garden

Menikmati Keindahan Alam dan Wahana di The Lodge Maribaya

Meski salah satu wahana The Lodge Maribaya viral di tahun 2016, aku baru pertama kali ke kawasan The Lodge Maribaya tanggal 17 Desember 2022 yang lalu. Suer nyesel banget baru datang ke The Lodge Woodland. Soalnya menenangkan dan menyenangkan banget. Cocok buat healing dan melupakan segala rasa gundah gulana dan permasalahan yang kupunya.


Udara di The Lodge Maribaya sejuk banget, kalau malam agak dingin dikit. Lebih dingin dari di rumah aku. Kamu enggak perlu AC buatan. Nah, di The Lodge Maribaya ini terbagi menjadi 2 area gengs. The Lodge Maribaya Wisata aka The Lodge Woodland dan The Lodge Maribaya Resort aka The Lodge Camp & Village.

Wisata alam di The Lodge Woodland

Fakta dan Sejarah The Lodge Maribaya

Kok malah nyeritain sejarah sih? Jadi gini gengs, karena menurutku sejarah berdirinya The Lodge Maribaya dibuka untuk umum ini menarik. Kemarin aku dan akang teteh blogger BDG berkesempatan ngobrol sama CEO The Lodge Maribaya, Ibu Henni Smith. Nah, The Lodge ini dulunya hanya ada villa dan the pinus cafe yang dikhususkan untuk acara-acara private gitu.

Eh tahu-tahu jadi viral gara-gara ada yang upload ke media sosial. Akhirnya dibuka untuk umum, jadinya kita semua bisa merasakan udara sejuk, bersih, dan pemandangan jejeran hutan pinus (bagian dari hutan lindung) di sekitar The Lodge. Fakta menariknya adalah, setiap kamu membeli 1 tiket The Lodge Maribaya, kamu turut menyumbang penanaman 1 pohon lho. Keren kan, enggak cuma healing, kamu turut melestarikan lingkungan kalau main ke The Lodge Maribaya.

Sejarah The Lodge Maribaya dibuka untuk umum

Fasilitas dan Wahana Seru di The Lodge Woodland

The Lodge Woodland adalah area rekreasi keluarga yang berada di kawasan The Lodge Maribaya. Kamu bisa melihat pemandangan jajaran bukit hutan pinus yang asri. Dari pintu gerbang kedatangan kita akan menuruni sedikit anak tangga dan disuguhkan area foto yang ada frame The Lodge Maribaya. Tersedia dua kursi juga. Jadi kalau mau foto sambil duduk bisa banget.

spot foto cakep di The Lodge Woodland

Turun lagi ke bawah ada spot foto dengan undakan berbentuk pohon pinus lho. Turun lagi ke bawah, ada wahana-wahana berikut yang bisa kamu cobain. Eits kalau mau naik wahana, kamu harus bayar terpisah ya. Menurutku wajar sih, soalnya harga tiket masuknya murah dan setiap wahana ditangani oleh kru profesional dan peralatan yang mumpuni untuk keselamatan pengunjung. Dapet foto dari kamera profesional pula.


Wahana Zip Bike di The Lodge Maribaya seru banget

  • Zip bike aka sepeda gantung. Aku seneng banget naik ini karena akhirnya bisa gowes sepeda tanpa takut tiguling gengs. Iya gabisa gowes sepeda aslinya. Sensasi pas gowes maju tuh dag dig dug ser. Tapi pas foto lumayan berani lepas satu tangan dan bergaya ehehe.

Wahana hot air balloon di The Lodge Maribaya

  • Hot air balloon, di sini balonnya diangkat menggunakan hidrolic dan bagian alas kita berdiri di keranjangnya kaca gitu. Jadi menimbulkan sensasi seolah kita beneran terbang. Tapi mulai sekarang ada juga The Lodge Hot Air Balloon New. Apakah itu? Ah aku mau bahas paling bawah biar kamu penasaran hehehe.
  • Mountain Swing alias main ayunan di atas ketinggian disertai pemandangan hutan pinus. Ini asli seru banget duduk di ayunan dan diputer gitu ayunannya. Anginnya tambah kerasa sejuk. Bikin nagih wahana di The Lodge yang satu ini.

Wahana mountain swing The Lodge Maribaya

  • Sky Tree wahana yang pertama ada di The Lodge dan viral. Kamu bisa menaiki platform di pohon dan menikmati pemandangan indah khas pegunungan plus hutan pinus. 
  • Bamboo Sky, di sini kamu bisa foto cantik di menara bamboo yang khas dari The Lodge 
  • Sky Plane, cobain deh sensasi terbang di udara sambil ditemani semilir angin dari hutan pinus.
  • Star Frame, tempat berfoto dengan pemandangan langit dan hutan pinus yang terbentang.

Healing garden adalah area gratis di The Lodge Woodland

Di The Lodge Woodland ada banyak area gratisnya kok gengs. Cocok buat kamu yang memang mencari kedamaian atau tempat healing. Ada Healing Garden yang bisa kamu temui tepat setelah restoran Omah Bamboo. Selain kursi tempat duduk, Healing Garden punya area piknik keluarga yang ada hamparan rumput sintetisnya.

Terus ada juga Eagle Watch (spot area untuk melihat Elang Jawa yang terbang berkeliling hutan) dan Bamboo Tree (area pepohonan bambu).


Wahana new hot air balloon seperti di cappadocia

New hot Air Balloon, Lembang Rasa Cappadocia

Ihiy,  nah ini dia. Enggak cuma wahana hot air balloon yang lantainya kaca dan pas kita naik buat foto serasa lagi terbang aja. Sekarang The Lodge Maribaya juga punya New hot air balloon kayak di Cappadocia.

Yup, enggak cuma buat foto aja, kamu beneran bisa terbang bareng balloonnya. Syahdu banget kan ya apalagi udaranya Maribaya lembang tuh sejuk dan anginnya sepoi-sepoi. Terus pas terbang bisa lihat keindahan hutan pinus dari atas. Untuk kamu yang mau cobain, bisa pantengin media sosial terutama Instagramnya The Lodge Maribaya untuk info lebih lanjut. 

Pokoknya naik balloon raksasa kini enggak its my dream lagi. Udah ada di Bandung. 

Omah Bamboo resto loteknya enak banget

Area Food and Beverages (F&B) di The Lodge Woodland

Kalau lapar, kamu bisa melipir ke Omah Bamboo Resto, Food tenant (dekat Hot Air Balloon), dan The Pines Cafe. The Pines Cafe ini berada di area The Lodge Camp Village, tapi semua pengunjung  bisa menikmati cafenya. Mau yang menginap ataupun tidak. Buka setiap hari sampai jam 17.00 WIB. 

Nah kalau ada dinner package atau movie night, The Pines Cafe buka sampai jam 21.00 WIB. Ada paket Moonlight Dinner lho. Jadi kamu bisa makan malam sambil ditemani instalasi seni Bulan menyala. Unik banget lho dan instagramable. Mana bisa lihat matahari terbenam pula. Sungguh nikmat mana yang engkau dustakan. By the way di The Pines Cafe aku suka banget sama Gelatonya.

Gelato di The Pines Cafe enak banget

Pilihan Tempat Menginap di The Lodge Camp & Village

Kalau mau menikmati suasana alam yang menenangkan lebih dari satu hari di kawasan The Lodge Woodland, kamu bisa sewa penginapan lho. Ada 3 jenis penginapan, yaitu Fun camp, rumah pohon, dan villa joglo. 

Untuk fun camp ini adalah tenda permanen bentuknya kayak bawang merah tapi warnanya orange. Totalnya ada 14 tenda, lokasinya di belakang The Pines Cafe. Untuk satu tenda harga sewa per malamnya Rp.1.000.000 gengs. Muat untuk 2-3 orang. Ada kasur sama colokan listrik juga di dalamnya.

Menginap di fun camp the lodge maribaya

Mau yang lebih luas dan toiletnya misah sendiri? Kalau gitu kamu bisa pilih Rumah Pohon. Rumah kayu yang terdiri atas 2 lantai. Bagian lantai 1 buat santai, atas kamar tidur ini ada 3 unit di The Lodge Maribaya. Harga sewa per malamnya Rp.3.000.000. Muat untuk 2 - 4 orang. Ada toiletnya di lantai 1. Ini asli asetetik banget bangunan beserta fasilitas tempat duduk santai dan tempat tidurnya. Nyaman banget buat work from anywhere.


Selain fun camp dan rumah pohon, ada juga villa joglo. Ada 2 unit dengan harga sewa Rp.1.200.000 per malam. Ini interior desainnya khas rumah Jawa banget dan pemandangannya langsung menghadap ke hutan pinus. Muat buat 2-3 orang.

Rumah pohon the lodge maribaya aestetik banget

Fasilitas Ketika Menginap di Area The Lodge Woodland

Saat menginap di area The Lodge Woodland, kamu akan mendapatkan fasilitas lain, seperti:
  • Free breakfast untuk 2 orang di The Pines Cafe.
  • Free refill minum mineral water, coffee & tea.
  • Tiket kawasan wisata The Lodge Woodland
  • Api unggun dan movie night (*tergantung jadwal yang diberikan FO).
  • Trekking activities dengan additional charge termasuk guide, mineral water dan sepatu tongkat trekking. Jadwal trekking bisa setiap hari (tapi harus booking dulu ya gengs ya) Ada jalur Hutan Pinus The Lodge short dan long trekking. Short trek bisa untuk family dengan anak kecil. Kalau long trekking itu ke jalur trekking curug cibodas. Perjalanan pulang pergi 4 jam (Sebelumnya menaiki mobil pick up dulu untuk melewati kebun warga, terletak di desa sebelah bernama Sunten Jaya). Biaya trekkingnya Rp.175.000 per orang.
Eits kalau kamu bawanya rombongan keluarga besar, jangan khawatir. Bisa pilih untuk menginap di villa Mulberry Hills aja (masih di kawasan The Lodge Maribaya, dekat dengan Fairt Garden). Terus kalau mau pindah-pindah lokasi, kamu bisa naik mobil Wara Wiri secara gratis.

Pengalaman Seru Short Trekking di Hutan Pinus The Lodge Maribaya

Di hari minggu yang cerah, aku beserta akang teteh Blogger BDG, Jakarta, Garut, dan Purwakarta melakukan short trekking ke kawasan hutan pinus The Lodge Maribaya. Asri banget pemandangannya, meski capek jujurly (secara aku hari-harinya kaum rebahan hehehe) tapi kebayar banget sama suara air sungai, pohon-pohon pinus, pohon kopi, dan udara yang sejuk banget.

Short trekking the Lodge Maribaya ke hutan pinus

Jalurnya cuma 2 km aja, dan nanjaknya di bagian akhir pas mau udahan, jadi cocok emang kalau mau bawa anak-anak jalan di hutan pinus. Akang pemandunya juga siap kalau mau dimintai tolong motoin momen dan bawain P3K kalau-kalau kamu kenapa-napa.

Pastikan pakai pakaian dan sepatu yang nyaman (saran aku sih pakai sepatu boots yang disediakan aja kalau gak punya sepatu gunung) Soalnya lumayan ada jalan yang licin dan berlumpur kalau musim penghujan. Jangan lupa bawa bekal minum juga ya biar gak dehidrasi selama trekking.


Selamat Ulang Tahun yang Ke 7 Blogger BDG

3 hari 2 malam di kawasan The Lodge Maribaya Bandung kemarin merupakan pengalaman ter memorable di penghujung tahun 2022 buat aku. Bukan cuma akhirnya kesampaian jalan-jalan di The Lodge Woodland atau Fairy Garden aja. Lebih dari itu, aku seneng banget karena dapet kesempatan untuk ikut merayakan ulang tahunnya komunitas Blogger Bandung yang ke 7 tahun.

Aku yang sukanya duduk di belakang, diem-diem aja dan mojok pula ehehe, akhirnya bisa ketemu blogger-blogger kece dan hits. Terus kita dikasih oleh-oleh kaos kece dari Kaos Gurita. Mana masyaallah nyaman banget dipakai trekking. Aku yang gampang keringetan malah enggak ngerasa gerah sepanjang trekking.

Oleh oleh dari ulang tahun blogger BDG

Terus malam-malamnya nyemilin Siliwangi Bolu Kukus. Ada 2 box yang dibawa pulang pula buat masing-masing blogger. Plus minuman Coco Nico yang nyegerin banget. Kalian mesti cobain pokoknya!

Aaaah enggak nyangka udah di penghujung ceritaku kali ini soal rekomendasi tempat wisata keluarga di Lembang Bandung nih. Tumben banget ya aku nulis panjang gengs. Berasa throwback ke aku yang dulu. Semoga informasinya bermanfaat buat kalian yang terdampar di sini. Selamat ulang tahun Blogger BDG, kompak selalu dan panjang umur!

15 comments

  1. Seru banget ternyata ya wahana di fairy garden. Kalau lodge maribaya udah lama mupeng. Moga suatu saat bisa ke sana

    ReplyDelete
  2. Sebagai warga Bandung saya bel pernah ke lodge Maribaya, hahaha. Malah kebanyakan tempat wisata di Bandung Utara deh kayaknya. Cuman denger ceritanya aja katanya asyik gitu. Eh iya ya beneran asyik. Hutan Pinus dan penginapannya itu sih menurut saya paling menarik. Semoga nanti saya bisa staycation disana.

    ReplyDelete
  3. Alamak, ternyata banyak sekali wisata di Bandung yang belum saya datangi, Mbak hahaha. Terakhir ke Bandung bulan september, tapi hanya pas ada acara. semalam, langsung pulang.
    Keceh tuh, termasuk Fairy garden. Keponakan saya yang suka Elsa bakalan happy diajak ke sana.

    ReplyDelete
  4. Waaa seru bangett kak Gilang, aku kalo keinget Lembang itu jadi keinget sama film Petualangan Sherina bahahaha, soalnyaa daridulu belum pernah kesampaian kesana lohh.. duh seru banget pastinya acara kmrn yah

    ReplyDelete
  5. Keren banget nih kampanye jangka panjang yang dilakukan sama The Lodge Maribaya, karena beli 1 tiket bisa ikut serta berkontribusi dalam penghijauan lahan. Kapan hari pas main kr sekitar Lembang pengen mampir sini tapi batal karena malas keluar lagi pas nyampe villa.

    ReplyDelete
  6. Hiks, akutu belum pernah liburan ke Bandung dan asli pengen banget main ke daerah Lodge Maribaya ini. Modelnya kayak tempat wisata palugada, apa lu mau gue ada lah ya hahahaha. Semoga segera bisa mampir ke Bandung deh

    (Arai)

    ReplyDelete
  7. Kalau mau wisata ke Bandung harus betul-betul direncanakan dengan baik nih mau ke destinasi yang mana saja. Sepertinya kalau cuma sehari dua hari tidak bakalan selesai ke semua destinasi yang ada.

    ReplyDelete
  8. wahhh aku belum pernah semua tuh, klo ke bandung paling ke orchid forest cikole sama dusun bambu, sabiii nih jadi liburan selanjutnyaaa sama paksu hehe

    ReplyDelete
  9. Pertama-tama, Barakallahu untuk Komunitas Bloger Bandung.
    Pastinya di acara milad tersebut penuh warna ya kak, daku baca ulasannya ikut berasa nuansanya. Terlebih lagi belum pernah pula ke Woodland hehe. Sukses buat semua

    ReplyDelete
  10. The lodge maribaya luass banget dan setiap weekend dipastikan antri ramai. Maribaya ini.menjadi destinasi fav wisatawan yang berlibur ke.lembang bandung.(gusti yeni)

    ReplyDelete
  11. Bandung emang nggak ada matinya
    Banyak banget tempat wisata di Bandung yang sangat menarik untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  12. Terakhir ke Lembang, waktu itu ke Farmhouse, udah lama juga lumayan. Sepertinya harus masuk list nih Maribaya, banyak spot instagramable-nya, ya

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah,
    Kini bermain ke The Lodge Maribaya sudah bisa dilakukan lagi dan senangnya karena ada banyak yang bisa di explore. Paling pengen ke Fairy Garden by The Lodge. Karena waktu dulu beli tiketnya hanya di The Lodge Maribaya yang tempat foto-foto sama balon Capadocia.

    ReplyDelete
  14. Jadi kangen Bandung nih, udah lama banget gak ke Bandung, apalagi ada tempat wisata menarik begini. Next deh kalau sudah di Jakarta lagi, bakal melipir ke Bandung

    ReplyDelete
  15. Banyak banget destinasi pilihan yang bisa dikunjungi ketika ke Bandung yaa
    aku dulu cuma explore citynya aja. Jadi pengen menikmati suasana alamnya juga

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon